3 Gorges Dam n ITIS

No Comments

-->A. THREE GORGES DAM IN CHINA
1. Latar Belakang
Pada sekitar awal abad ke 20, dataran China sering sekali terjadi bencana banjir besar, dan musibah tersebut terjadi lagi beberapa tahun kemudian. Bencana banjir yang sering melanda negeri ini mengancam perekonomian negeri tersebut, seperti di sektor pertanian, industri, infrastruktur dll. Sekitar 3 juta Ha lahan pertanian rusak (sepersuluh lahan pertanian), 1,5 juta rumah tergenang oleh banjir dan sekitar 100.000 jiwa meninggal dunia akibat banjir tersebut.
Terancamnya perekonomian negeri tersebut juga akan mempengaruhi perekonomian beberapa negara di dunia karena China merupakan salah satu negara yang memberikan sumbangan terbesar bagi perekenomian dunia. Tidak ada yang tau mengenai penyebab banjir yang sering melanda negeri tersebut. Beberapa pakar mencoba menyelesaikan masalah banjir tersebut dengan berbagai upaya, akan tetapi masih belum berhasil hingga seorang insinyur di bidang pengairan berinisiatif membangun sebuah dam atau waduk walau banyak terjadi kontroversi.






2. Permasalahan
Dari latar belakang di atas permasalahan yang ada yaitu bagaimana mengatasi banjir yang sering melanda China.
3. Cara Penyelesaian
- Pembangunan bendungan (Three Gorges Dam). Seorang ahli pengairan, Tim Liu Youmei, memulai pembangunan ini dari tahun 1994 di Sungai Yangtze dengan mempekerjakan 40.000 jiwa. Dam ini sepanjang 1,3 mil.
- Pembuatan pondasi bendungan dengan meledakkan batu-batu disekitar area pembangunan.
- Dam ini juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air (power plant)
- Pembangunan rumah bagi petugas disekitar waduk untuk mengatur operasional waduk bila telah selesai.
4. Konsekuensi dari Kebijakan
Tujuan dari pembangunan Three Gorges Dam sebagai penahan banjir yang sering terjadi di China. Pembangunan ini menyebabkan area yang berada dekat dengan proyek tersebut hingga sejauh 250 mil akan tergenang air dari proyek dam. Oleh karena itu, penduduk yang bermukiman denga jangkauan hingga 250 mil dari proyek harus pindah ke daerah yang lebih tinggi.
Pemindahan tempat bermukim ini menyebabkan wilayah yang sangat tinggi budaya tradisionalnya akan semakin memudar kaena akan meninggalkan peninggalan bersejarah yang telah ada dari leluhur mereka. Beberapa kota dan desa di China akan hilang dan akan terganti dengan pusat-pusat kota baru di wilayah yang lebih tinggi. Pengungsian penduduk dilakukan hampir seluruh penduduk di China yaitu sekitar 2 juta jiwa dengan 4000 desa dan 140 kota yang mengungsi.
Wilayah pertanian yang menjadi tempat tujuan perpindahan kurang subur bila dibandingkan dengan wilayah permukiman penduduk sebelumnya. Hal ini disebabkan letak topografi tempat tujuan perpindahan permukiman yang tinggi sehingga suhu untuk pertanian kurang cocok sehingga komoditi pertanian lebih terbatas walaupun bencana banjir tidak akan merusak wilayah pertanian tersebut.
Masyarakat desa membangun tempat tinggal mereka sendiri dengan mendapat ganti rugi dari pemerintah, sehingga mereka dapat dengan bebas menentukan permukiman yang mereka inginkan dan pemerintah hanya sebagai fasilitator. Adanya pusat pertumbuhan baru ini akan berguna bagi mereka untuk meningkatkan kualitas hidup dengan melihat kondisi hidup mereka sebelumnya.
Pembangunan waduk ini menggunakan bahan peledak untuk mengambil batu-batu di dekat pembangunan tersebut. Batu-batu tersebut digunakan untuk pondasi dam. Para pekerja dam ini tiap hari harus terkena oleh debu-debu hasil peledakan tersebut sehingga akan mempengaruhi kesehatan mereka.
Adanya Three Gorges Power Plant akan mengurangi emisi 100 juta ton CO2, 2 juta ton SO2, 0.37 juta ton nitrogen dioksida, limbah padat dan cair. China terkenal sebagai pemakai arang terbesar untuk penggunaan bahan bakar yang selama ini menyumbang emisi bagi lingkungan. Selain itu, Sungai Yangtze merupakan sungai yang paling berpolusi. Dengan adanya power plant ini akan mengurangi emisi tersebut sebagai pengganti bahan bakar.
Power plant yang dibangun di Three Gorges merupakan sumber energi yang paling utama dan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi penduduk di negara China, dengan menggunakan tenaga air sebagai pembangkit listrik.
Proyek dam ini akan sangat mempengaruhi perekonomian China yaitu akan ada peningkatan pendapatan dari proyek tersebut. Sarana prasarana akan dibangun di sekitar proyek tersebut sehingga memberikan kontribusi bagi perekonomian China.
B. INTEGRATED TRANSPORT INFORMATION SYSTEM
  1. Latar Belakang
Kebutuhan akan transportasi merupakan kebutuhan turunan yang artinya untuk memenuhi kebutuhan yang lain diperlukan transportasi. Transportasi sangat berpengaruh bagi peningkatan perekonomian suatu kota. Sebagian besar kota yang memiliki transportasi yang teratur, maka perekonomian kota tersebut juga akan membaik.
Permasalahan transportasi di beberapa negara seperti kemacetan akan mempengaruhi perekonomian negara tersebut karena perlu adanya kelancaran dalam perangkutan komoditi.
Studi kasus di Malaysia yaitu terjadinya kemacetan. Preferensi masyarakat terhadap kendaraan pribadi dibanding public transport lebih besar kendaraan pribadi. Selain itu pengaturan terhadap lalu lintas juga sangat berpengaruh terhadap kelancaran transportasi, dalam hal ini sistem pergerakan dan jaringan. Banyaknya alternatif penyelesaian kemacetan di Malaysia secara efisien belum menyelesaikan permasalahan tersebut.
Kurangnya manajemen transportasi bisa menyebabkan kecelakaan berlalu lintas baik organisator dalam pengaturan berlalulintas maupun dari individu pengendara.
  1. Permasalahan
- Kemacetan di Kuala Lumpur, Malaysia.
  1. Cara Penyelesaian
Penemuan teknologi yaitu Integrated Transport Information System (ITIS) menjadi alternatif baru dalam manajemen traffic yang telah diimplementasikan di Kuala Lumpur, Malaysia. Sistem informasi transportasi berkelanjutan memiliki komponen-komponen yang dapat memberi arahan atau informasi mengenai kondisi lalu lintas yaitu :
1. Pusat manajemen transportasi
Merupakan pusat yang mengatur sistem informasi transportasi yang berkelanjutan dimana didalamnya terdapat perangkat yang dapat memonitoring kondisi lalu lintas dan berlokasi di North-South Highway.
2. Sistem detektif kecelakaan otomatis,
Adanya jaringan yang dapat mendeteksi kecelakaan lalu lintas dengan adanya televisi monitor yang telahh tersambung dengan kamera di jalan.
3. Kamera monitor CCTV,
Kamera ini dipasang di tiap sudut jalan yang dapat memantau kondisi lalu lintas. Bila ada sesuatu kondisi yang tidak sesuai seperti kecelakaan maka kamera ini akan mendeteksi kondisi tersebut.
4. Variable tanda pesan,
Papan pesan ini sangat penting untuk memberi informasi bagi pengguna jalan mengenai kondisi lalu lintas menuju ke tujuannya.
5. Sistem lokasi kendaraan otomatis,
Penggunaan GPS dalam informasi transportasi dapat berfungsi agar mengetahui arus lalu lintas.
6. Sistem manajemen lalu lintas, dan
Terdapat software untuk analisis pergerakan lalu lintas dan untuk merespon secara cepat kecelakaan yang terjadi
7. Sistem infomasi pengguna jalan.
Informasi lalu lintas bagi pengguna jalan dapat diperoleh dari papan pesan elektronik, internet, televisi atau radio.
Dengan adanya komponen-komponen tersebut manajemen transportasi lebih teratur sehingga dapat mengurangi tingkat kemacetan dan kecelakaan.
  1. Konsekuensi dari Kebijakan
Adanya penemuan teknologi untuk sistem informasi transportsi yang berkelanjutan, ternyata mampu menjadikan transportasi di Kuala Lumpur menjadi lebih teratur. Manajemen berlalu lintas yang teratur ini akan menjadikan akses terhadap suatu tujuan menjadi lebih mudah. Tingkat aksesibilitas yang tinggi ini menyebabkan pembangunan di Kuala Lumpur lebih berkembang.
Pembangunan yang berkembang juga akan meningkatkan perekonomian negara tersebut sehingga kesejahteraan masyarakat juga lebih baik. Tujuan dari perencanaan sendiri yaitu menjadikan kesejahteraan bagi masyarakat. Perencanaan perlu adanya manajemen yang mampu mengatur suatu kota baik untuk transportasi maupun permukiman. Keteraturan tersebut membawa dampak positif bagi peningkatan perekonomian.

kalo ada salah dikomentari yaaa, sbg sistem pembelajaran.........
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower