Berkunjung ke Wisata Kapal Selam Surabaya :)

No Comments

Liburan itu saat-saat yang menyenangkan, apalagi ketika kita belum bisa liburan bareng keluarga, masih ada teman bahkan kekasih kita yang bisa diajak liburan :)
Liburan kali ini sih aku memilih di tempat yang belum banyak aku kunjungi, yaitu Kota Surabaya. Sang kekasih pun mengajakku pergi ke Kapal Selam alias monumen kapal selam, wah... senang senang =D
maklumlah belum pernah melihat wujud kapal selam secara langsung. Harga tiket masuknya cuma 5000 per orang.

Kapal Selam ini berada di sisi Sungai Kalimas Surabaya. Kapal Selamnya bernama KRI Pasopati 410, panjangnya 76,6 meter, lebar 6,30 meter dan kecepatannya 18,3 knot diatas permukaan, kalo dibawah permukaan 13,6 knot, berat kosong 1050 tons, bahan bakar diesel, senjatanya pake torpedo uap gas.
Sedangkan sekarang Indonesia punya 3 kapal selam, tapi 1 kapal selam lagi diperbaiki, padahal peran kapal selam cukup penting untuk pertahanan negara. Kapal selam mulai berpartisipasi di Angkatan Laut 1962.
Tugas utamanya pastinya menghancurkan garis musuh (anti-shipping), pengawasan dan melakukan penggerebekan secara diam-diam.



Kapal Selam

Pintu Keluar Kapal Selam



Pertama masuk kapal selam langsung disuguhin pemandangan peluncur torpedo sebagai senjata untuk melawan musuh.


Tempat peluncur torpedo



Torpedo didalam peluncurnya


Torpedo Kapal Selam... Mantab gilakkk !




Di ruang selanjutnya, merupakan kamar tidur awak kapal selam.


Kamar tidur buat si kapten, ukurannya cuma sekitar 2x3 meter diisi lemari baju dan meja.



Pengatur mesin


Ini yang ku suka... bisa melihat pemandangan diluar kapal selam dari pengintai ini, digunakan untuk melihat kondisi di sekitar kapal dari dalam permukaan







eh eh... ini seperti speedometernya mobil ya =D 

WC kapal selam, cuma ada westafel tanpa shower tanpa bak mandi, ukurannya 2x2 meter,,, (kata mbak penjaganya, awak kapal selam emang ngga mandi >,<)




Ruang sonar digunakana untuk mendeteksi keberadaan dan lokasi benda di bawah permukaan laun dengan menggunakan gelombang suara yang dikirim dari piranti tsb kemudian dipantulkan kembali oleh benda yang diamati.


Ruang mesin kapal selam, sebenarnya ada dua sisi (kanan dan kiri) cuma yang sebelah kiri dipindahkan ke sekolah pelayaran (kalau gak salah), mungkin untuk kegiatan belajar SMK ya...



Tuk melihat kecepatan kapal selam



'Setirannya' kapal selam buat ngarahin ke kanan dan ke kiri








Setelah keluar dari kapal selam sambil menunggu videorama pemutaran film kapal selam jaman dulu, saatnya menikmati pemandangan Sungai Kalimas.



Pinggir Sungai Kalimas Surabaya 



Ruangan Videorama

Videorama menceritakan sejarah kapal selam, masa baktinya, para tokohnya, hingga cara memindahkan kapal selam ke sisi Kalimas Surabaya. Hayo hayo setelah melihat foto-fotonya, siapa yang ingin jadi pelaut ... ? angkat tangaaann =D


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower