Tips Ujian Bahasa Perancis DELF A2, B1, B2

2 comments

olàlà... C'est le temps de passer l'examen du delf...Apa itu delf ? Delf (diplôme d'études en langue française) adalah tes bahasa perancis untuk orang asing yang ingin hidup di perancis.

Karena jurusanku S2 sekarang kerjasama double degree dengan perancis, jadi aku harus belajar perancis selama setahun sebelum ikut tes delf. Satu tahun belajar bahasa perancis tentu saja perlu perjuangan. Di tengah-tengah sibuknya kuliah, harus ikut les perancis dari pagi,siang,sore, dimana ada waktu kosong ya dimanfaatkan untuk les. Dan tanggal 19 juni 2012 adalah hari dimulainya perjuangan melewati tes delf. Ujian delf dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

Comprehension Orale (CO) : mendengar rekaman dialog bahasa perancis dan menjawab soal-soal yang dibicarakan dalam dialog tersebut, seperti listening di toefl.
Comprehension Ecrit (CE)  : menjawab soal-soal dari bacaan/artikel/pengumuman/iklan2, hampir seperti reading, tapi CE di delf biasanya ngga cuma bacaan, tapi juga iklan/lebih gambar.
Production Ecrite (PE) : menulis karangan dalam bahasa perancis yang sudah ditentukan, seperti writing.
Production Orale (PO) : berbicara dalam bahasa perancis dari tema-tema yang sudah ditentukan, seperti speaking.


Berdoa

Berbekal doa-doa, akhirnya bisa melewati ujian delf A2 walaupun saat PO (production orale=harus ngomong bahasa perancis didepan penguji) deg-degan. Ga tenang, takutnya ga bisa ngomong. Pada level ini, listening/CO dan reading/CE masih sangat gampang, walau saat CO ada tiga atau empat soal sih yang rada bingung mau jawab apa (eciyehh). Beneran dah, kalau udah belajar sampai B1, soal2 di A2 itu jadi gampang. Jadi kalau mau ikut A2, usahakan udah belajar sampai B1. Dan tentunya diperhatikan waktunya. Jangan sampai terlalu lama di satu soal,sampe soal lain ga kejawab. Dan harus udah sering latihan sesuai batas waktu, biar pas ujian bisa diselesaikan semua. Soalnya pas delf A2, ada yang nggak selese writing/PE-nya.

Datang lebih awal

Besoknya, tanggal 20 juni 2012, saatnya ujian delf B1. Ujian kali ini nggak bisa dianggap remeh. Susah-susah gampang ! Lebih baik datang lebih awal ketempat ujian, biar nafas nggak tergesa-gesa, jadi lebih tenang ngerjain soalnya. Dan hari itu, aku hampir telat,haha.. Kebiasaan ! setelah duduk manis, berdoa, dan mengisi identitas nama dan nomor peserta, kemudian mengerjakan soal-soalnya.

Konsentrasi

Untuk listening/CO delf B1, sudah mulai samar-samar kedengeran ngomong apa, jadi kalau nggak konsentrasi, ya udah kelewat tu orang perancis ngomong apa. Tapi kalau udah bisa konsen, insyallah bisa ngerjain kok :) . Sedangkan untuk reading/CE juga udah mulai sulit, vocab-vocabnya udah mulai bervariasi, at least, waktu itu ngerti sih maksudnya apa, tapi kalo udah ngerjain Vrai/Faux, itu harus bener justifikasi kenapa pilih vrai/faux, kalo justifikasi bener tapi jawaban vrai/faux salah ya tetep salah. Jadi mesti hati-hati, dan jadi kelemahanku itu.

Gunakan verb yang bervariasi/sinonim


Buat PE, yang diminta pun udah spesifik dan memaksa kita untuk menggunakan vocab yang lebih luas. Jangan lupa perhatikan waktu. Pas ujian ini, beberapa soal nggak keisi, pas writing/PE aku ngebut biar selese,biar bisa ngerjain yang lain. Pada akhirnya satu soal nggak kejawab.. Sayangnya.. Pas speaking/PO, olala dapet jam sore, dan syukurnya yang nguji bukan native, hehe..

Perhatikan perintah tiap bagian


Keesokannya, the final test that i should pass the exam, delf B2, the most difficult, wuah.. Yang ini, cuma pasrah, berusaha, en berdoa. Untuk CO, perhatikan aturannya apa dibaca sekali atau dua kali, soalnya ada yang dibaca sekali dan kalau kita ngga tau, bisa-bisa ngga keisi.

Jangan down! Jangan menyerah!

Nah, pas article 1 yang orang pertama ngomongnya udah ga jelas, aku tetep konsen, disaat seperti itu, kita ga boleh down gara2 suara ngga jelas, soalnya kita bakal tambah ngga ngerti apa-apa. Pas orang kedua ngomong, tambah ngga jelas, ampun daah, kaya' orang lagi sakit pilek direkam dengan kaset rusak. Parah banget. haduh, bener-bener ngga bole menyerah. Harus berusaha mengerti walau dengan keterbatasan memahami (kelemahan listening). Tapi secara overall, ngerti maksudnya apa. Pas disuruh jawab, yah sudah bingung2, tapi biarlah ngisi, yang penting ada diisi, kali aja ada upah nilai nulis (hehe..ga mungkin). Stres banget dah, soal article 1 sbagian besar isian, jadi ga bisa ngarang. Byohh. Article ke-2 lebih banyak pilihan ganda, tapi ya ntuh, cuma dibacain sekali. Tambah gila. Buat reading/CE, ngga kalah susahnya, walau ngerti secara keseluruhan, tapi kalau dijawab vrai/faux en justifikasinya, aiih sudah pasrah-pasrah resah. Pas writing/PE juga harus diperhatikan waktunya, kalau soal reading/CE belum selese, bagian writing/PE bisa cepet diselesaikan biar bisa ngerjain reading/CE.

Cek kembali tulisan anda!

Kalau writing, setelah ngerjain writing, dicek lagi siapa tau ada accen yang ketinggalan, ada huruf atau kata yang kelupaan.

Keep speaking! Dan tetap dengan pendapat kita!

Dan untuk speaking/PO, ini yang membuatku hampir nangis didepan penguji. Yang satu pengujinya native, yang satu org indo tp udah setengah native. boff! Waktu persiapan sebenernya 30menit, tapi aku belum 20menit udah disuruh masuk, jadi belum sempat nyiapain bahan/alasan untuk debat. Alhasil saat ujian aku ngga tau mau ngomong apa, tapi aku tetep ngomong, walo grogiku muncul, bingung. Verba ma objet itu bisa ketuker2 @.@ . Tapi aku benerin lagi. Sampe akhirnya penguji-pengujiku membantahku seolah-olah aku salah, tapi aku tetep pertahanin alasanku, ngomong aja walau alasanku belum tepat. Yang penting kita ngga blank. Karena debat ya seperti itu, ada pro kontra. Dan perdebatan diakhiri dengan rasa yg kurang puas. Aku sempet protes waktu kurang jadi aku belum nyiapin apa2. Tapi kata pengujiku , ya kan harus ngomong spontan. Bagiku masih kurang puas :(

yah semoga aku bisa lulus B2, amiiiinn allahumma amin..
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar

gun mengatakan...

luar biasa mbak.. selamat buat beasiswa ke perancisnya ya..:)

Lyeta mengatakan...

iya alhamdulillah,, terimakasiihh :)

Follower