Ribetnya pindahan !

2 comments
Hadeuhh.. emang ya slogan "Kalo bisa dibuat susah, ngapain di permudah" itu kerasaaa banget dah disini. Semua pengurusan administrasi, ribeeettt buangeeett -___-

Berawal gara2 residence ku yang lama mau ada travaux (pekerjaan perbaikan/rehab) bangunannya, jadi semua penghuninya harus disuruh pindah, dan semua yang di residence universitaire Crous Cîteaux harus di pindah ke Crous Ourcq. Pertama liat lokasinya di mana, byoohh, au bout du monde (ujung dunia) banget dah. Mepet pinggiran kota paris sih. Dan lagi itu termasuk Arrondissement (seperti kecamatan dalam suatu kota tapi dipimpin walikota) 19 yang notabene kebanyakan orang migran nya dan terkenal kriminalitas cukup tinggi.

Setelah ujian selesai, besoknya mulai ngurus ke admin di residence yang lama, terus dikasih attestation de loyer  (surat keterangan udah bayar bulanan).

Jadi, aku harus ke Crous Paris sebagai institusi publik dibawah menteri pendidikan perancis untuk membantu mahasiswa, termasuk mahasiswa asing, untuk studi di Perancis, dari membuka restaurant untuk mahasiswa, kegiatan kebudayaa, mencari pekerjaan sampingan, dan yang paling penting ini -- mengurusi tempat tinggal (logement). Dan hari itu juga aku ke Crous Pusat nya Paris, disana suruh nunjukin surat keterangan beasiswa dari Campus France namanya Attestation de Bourse, kalo misal ngga ada itu, pihak Crous ngga mau melayani. Setelah aku nunjukin surat itu, akhirnya aku diajak ke Madame yang bagian ngurusin logement. 

Setelah ngutarain maksudku mau laporan pindahan, diminta attestation de loyer dan attestation de bourse, baru deh Madame nya ngetik2 di komputer (mungkin database gitu) trus nyatet2, ga ngerti apaan, trus ditawarin kalo di Crous Ourcq yang baru ini harganya 427 euro per bulan dan garatie (uang jaminan kalo nyewa kamar, dan nanti dibalikin kalo kluar) 200 euro. 
"Quoi???"
(Apaa??) ekspresi yang kaget. Ya jelaslah seharga segitu, setengah dari beasiswa ku boowwk ! 
Trus aku tanya, "emang ngga ada yang paling murah Madame ??"
trus kata Madame nya kalo di tempat tinggalku yang lama itu yang paling murah di paris. 
Iya sih sebulan cuma 234euro yang chambre (semua fasilitas kecuali kamar mandi karena harus bareng2). Itupun dapat bantuan CAF jadi sebulan aku cuma bayar sekitar 120 euro. Muraah :D (Nb: kalo dapat CAF loh yah, soalx ngedapetinnya pun harus nunggu sampe 3 bulan, ckckckck )

Trus aku masih ngetet dunk, "emang di residence lain ngga ada yang lebih murah dari Ourcq, Madame??" (karena ada temen di residence lain, bisa lebih murah dengan fasilitas yang sama).
Si Madame bilang "kalo itu udah aturan, jadi semua yang di Cîteaux harus dipindah ke Ourcq". (bilang aja ga mau repot ya madame??)
Hufff... Ngga bisa jawab lagi daah kalo dah dikasih alasan "Aturan".
Aku bilang, "tapi segitu bagi saya udah mahal madame"
Madame nya bilang "ya terserah kamu, mau terima atau ngga?"
oh là là,, itu namanya pemaksaan.
Hmm... tapi yawuda deh, daripada harus rempong nyari tempat tinggal di paris, akhirnya dengan sangat pasrah dan terpaksa "yawuda deh madame, j'accèpte (aku terima)" dengan wajah melas tentunya. Yah kebayang deh makin ngirit2 aja buat makan nii, padahal selalu tergoda ama cemilan disini.
Trus madame bilang kalo tgl 1 aku harus bayar residence ourcq yang baru.

terus ke admin di residence yang lama, bilang kalo aku udah ke crous paris, dan ternyata gw di marah2in kalo aku harus ke crous ourcq, nah looh, padahal si madame sblumx bilang aku ke residence yang baru buat bayarnya mulai tgl 1. Akhirnyaa, aku ke crous ourcq, sampe sana untung ngga antri, setelah aku ngisi2 form2 gitu, aku harus balik lagi buat ngelengkapin berkas, dan bayar logement plus garantie-nya.
List yang harus dibutuhkan :
- Attestation de bourse
- Certificat de scolarité (seperti surat keterangan aktif jadi mahasiswa)
- RIB (no rekening kita) yang biasanya harus di prin dari website bank dg akun kita atau minta ke bank
- Pièce d'identité (identitas kita, aku pake paspor sih)
- Assurance d'habitation dan Assurance civile (asuransi tempat tinggal,ini minta ke bank, dan aku harus ganti assurance yang udah aku punya dengan alamat yang baru)

Alhasil karena aku kurang assurance d'habitation dengan alamat yang baru, akhirnya baru bisa besok ke bank deh. 
Besoknya..
ternyata kata bank nya, hari senin baru bisa di ambil (padahal aku kesana hari rabu) -__-
Akhirnya menunggu dengan sangat lama deehh..
Hari minggu aku udah mulai beres2 baju sih, pas hari senin, aku tinggal ambil assurance d'habitation ke bank trus ke crous ourcq, itupun pake rempong dulu dah pokoknya, ngantri disalip2 orang, walopun si orang lain merasa bersalah, aku malas aja dah. Udah tau adminnya rempong, lama, ngelayani orang yg nelpon, pake disalip segala pula. Hmmm.. Kalo aku ga ngijinin, pasti dibilangin "C'est pas gentille" (bukan orang baik) --males kan..

Setelah giliran aku, trus ngasi semua dokumen yang dibutuhkan, dengan wajah males. Apalagi yang petugas yang satu ini, agak kurang paham apa ya, bingung sendiri ngurus berkas2nya, surat2nya dibaca satu2, oh là là... repot daah... Apalagi mau bayar, udah aku bilang aku blm bayar loyer, masih aja repot nanya temennya aku udah bayar atau belum... Grrrrr..
Setelah bayar, akhirnya dapat kunci, 3 biji : kunci depan pake sensor, kunci kamar, dan kunci loker.
Setelah itu pake tanda tangan sebagai tanda terima kalo aku udah nerima kuncinya dengan kalimat2 persis seperti apa yg adminnya katakan. Dia bilang "tolong tulis disini 'trois clés réçus le 3 mars 2013'"

Setelah itu, balik lah ke residence yang lama untuk angkut2 barang, dibantu dengan Bulan dan Mba Ulfa, merrciii bcp mes chères amies :* :* :*
Udah ngotong2 bolak balik 2 kali, dengan 2 koper besar, tas ransel dan tas jinjing, bawa ember, sampe isi tas yang salade nya keliatan dan diliatin orang dg cekikikan. Ahh Je m'en fous banget laah (I don't care).
Akhirnya nyampe juga di kamar yang baru, beres2.

dan besoknya ke residence yang lama buat état de lieu (pengkondisian tempat) artinya pada saat keluar kondisi kamar harus sama kaya saat masuk. Makanya saat masuk pertama dikasih kertas isi nya semua list yang ada di kamar itu, seperti jenis lantai dan kondisinya, meja, lemari, tempat tidur, pemanas, dapur, selimut, bantal etc. Dan saat keluar, dicek sama petugas kebersihan. Ada beberapa temen malah disuruh bersihin lagi, karena harus bener2 bersih saat ditinggal, syukurnya sih aku ngga ada.

Dan sekarang aku harus ngelengkapi list di kamar yang baru.. Biasanya kalo ada barang yang rusak, nanti dipotong dari garantie nya. 





amar yang lama yg cuma tipe chambre, ngga ada kamar mandi;











kamar yang baru tipe studio lebih lengkap dengan kamar mandi

Habis ini masih ngurus CAF biar dapet potongan tempat tinggal, moga dapat caf yaa.. amiin :D
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar

Melifart mengatakan...

Aaaaakkk,,
Kamar barunya kereeeenn.. mau doonk yang kayak gituuuu... *wink

Lyeta mengatakan...

iyaaa ni meel... kalo tipe studio emang standarnya disini begitu :D

Follower