London dan Paris

No Comments
Lagi baca buku tentang metropolitan Paris yang salah satu bagiannya membahas London dan Paris. Ingin aja men-share disini, karena sepertinya cukup bagus.

London dan Paris merupakan dua kota yang selalu bersaing. Mereka bersaing untuk menjadi leadership di Eropa Barat pada Abad Pertengahan, pemimpin dunia selama periode kolonial, dan era pertama industri. Dua ibukota negara tersebut sama-sama memiliki kondisi yang stabil, sama-sama menjadi "kepala" pada masa imperium kolonial, sama-sama tempat terjadinya revolusi industri dan politik.

Perkembangan sains di Paris, sedangkan London merupakan perkembangan finansial dan komersial.

Untuk perencanaan kotanya, beberapa konsep dari inggris banyak dijadikan style dalam perencanaan kota di Paris, seperti di Le Vésinet yang mengadopsi Garden City oleh Ebenezer Howard. Napoleon III terinspirasi dari London untuk memodernisasi Paris.

Bentuk kota London tidak lagi dibatasi oleh dinding, perkembangannya secara horisontal tidak lagi ada batasan.

Perluasan perkotaan kota London pada abad ke 17 ditandai dengan adanya pembagian tanah Estates, kepemilikan tanah oleh aristokrat Inggris. Urbanisasi dimulai setelah adanya industrialisasi yang memberikan wajah Victorian pada kotanya.

Pusat kota London kecil dibanding Paris. Stasiun-stasiun besar berada di dalam pusat kota, sedangkan di London berada di luar pusat kota. Jaringan metro (subway) di London lebih sedikit dibanding Paris.

Taman di Kota London seluas sekitar 500 ha, sedangkan di Paris kurang dari 200 ha.

Panerai, Philippe. 2008. Paris Métropole: Formes et échelles du Grand-Paris. Editions de la Villette: Paris.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower