Jet lag ??

No Comments
01:15

Oh My God.. ini udah hari 7 sejak saya tiba di tanah air.. dan di hari ketujuh saya belum bisa mengatur diri untuk menyesuaikan waktu setempat, dalam artian saya belum bisa tidur normal waktu tanah air :-(
Dari kemarin-kemarin, saya baru bisa tidur setelah jam 5 pagi dan bangun paling lama sekitar 15:30, atau jam 09:30 waktu Paris, dimana biasa saya bangun jam segitu. Perbedaan waktu antara Eropa dan Indonesia membuat jam biologis saya belum bisa menyesuaikan waktu sini. Entah ketika saya tiba di Paris, cukup mudah untuk menyesuaikan waktu sana, tapi ketika saya tiba di Indonesia, susah sekali merubah waktu tidur mengikuti waktu Indonesia.

Sekarang, di Paris baru pukul 19:15 dimana pada waktu itu masih sore, bahkan belum magrib. Musim panas. Dan pasti masih terik matahari sore. Biasanya saya tidur setelah isya, sekitar tengah malem. Jika tengah malem di Paris, waktu Balikpapan menunjukkan pukul 6 pagi, dan begitulah akhirnya sekarang saya baru bisa tidur setelah subuh.

Sampe saya searching di internet bagaimana mengatasi jet lag atau menyesuaikan jam biologis tubuh, tapi hasilnya... sekilas baca.. semua udah harus dipersiapkann sebelum berangkat, sedangkan saya sudah tiba di tanah air..

Alhasil, saya harus terus menikmati proses ini sampe saya bener2 bisa menyesuaikan diri :-(
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower