Kemerdekaan, Senang atau Sedih ?

1 comment
Tiba-tiba kepikiran ingin posting tentang kemerdekaan, 
sesuatu hal yang pasti memiliki sejarah yang panjang di setiap negara.
dan Indonesia akan "merayakannya" esok hari, 17 Agustus, yang biasanya diisi oleh upacara bendera di setiap sekolah dan juga di istana negara.
Dengan mengingat jaman ketika Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan.

tapi bagi saya, kebanyakan orang selalu menganggap kemerdekaan yang udah bertahun-tahun itu banyak menyedihkannya. Selalu saja bilang :
"Gimana kita disebut merdeka, kalo masih banyak aja kemiskinan?"

atau

"gimana disebut merdeka kalo masih ada korupsi? 
gimana disebut merdeka kalo pendidikan semakin mahal? "

dan semua hal-hal jelek tentang Indonesia selalu dikaitkan dengan kemerdekaan.

Padahal Pak Karno sudah bilang dengan tegas "..menyatakan Kemerdekaan Indonesia.."

kenapa kita sendiri belum mengakuinya ?? lagi2 kenapa kemerdekaan harus dikaitkan dengan masalah-masalah Indonesia.

Kenapa kita tidak seperti ketika kita masih kecil menyambut kemerdekaan dengan suka cita, ikut upacara dan yang paling menyenangkan kalau ikut lomba makan kerupuk. Itulah yang dinamakan "merayakan kemerdekaan"

Apa karena kita bukan lagi anak kecil? atau sudah saatnya memikirkan negara? 

Ketika saya di Paris, dan mengikuti perayaan kemerdekaan Negara Perancis, 14 Juli, saya mengikuti acaranya dari pagi sampe tengah malem. Pagi hari ada peragaan militer perancis dengan barisannya dan jalannya yang tegap, kemudian pesawat tempur, dan diakhiri dengan terjun payung. Sore hingga malem, duduk didepan Eiffel sambil mendengarkan konser musik, kemudian jam 11 malem ada kembang api diiringi musik dan cerita singkat tentang kemerdekaan perancis dan tiga simbolnya (Liberté, égalité, fraternité).

Sepertinya tidak ada kesedihan ketika hari perayaannya itu.
Semua mengucapkan selamat hari kemerdekaan.

permasalahan perancis pasti juga ada lah,, tapi bukan berarti harus mengaitkan permasalahan yang ada di negara itu dengan kemerdekaan yang udah dicapai kan..

Kenapa kita ngga menyambut kemerdekaan ini dengan suka cita dan melihat pencapaian yang sudah diperoleh Indonesia selama 68 tahun ? bukan mengatakan belum merdeka karena banyaknya permasalahan yang belum tuntas.

coba lihat,
teknologi udah jauh berkembang pesat. Bandingkan kalo dulu mau komunikasi aja harus pake telegraf, telegram, atau telepon yang nomornya diputer2 dulu. Internet susah banget pasti. Lah sekarang ? jauh lebih maju kan.

pendidikan mahal? eh bukannya jaman Soekarno, masyarakatnya masih sangat jarang ya yang punya kesempatan sekolah? bahkan yang keluar negeri saja hanya dari masyarakat golongan tertentu, atau kalau ga karena pinter banget terus disekolahkan keluar negeri. Tapi sekarang, udah banyak kan yang bisa masuk perguruan tinggi dibanding jaman dulu, udah bisa baca tulis semua, lumayan banyak yang punya kesempatan belajar diluar negeri, kenapa kita ngga mensyukurinya ?

Kemiskinan? eh di negara maju juga ada kemiskinan, gelandangan, rumah kumuh. walaupun jumlahnya ngga banyak, tapi bukan berarti banyak kemiskinan disebut belum merdeka kan? apa kalo merdeka itu artinya kemiskinan harus tuntas? lagian pas jaman Pak Karno masih banyak tuh yang hidupnya tidak senyaman sekarang atau mungkin kemiskinan jauh lebih banyak dibanding sekarang, tapi pak Karno (sekali lagi) sudah bilang dengan tegas ".. menyatakan kemerdekaan Indonesia.." ;-)

Korupsi? duh saya kurang paham korupsi di jaman Pak Karno ada apa tidak, apa sebenarnya ada tapi kita aja yang belum tahu, terus disebut2 ngga ada korupsi? ah saya ga mau bahas yang ini. Ga paham bener saya. Ilmu cetek :D

beginilah hasil leyeh2 saya ditempat tidur, ngga jelas ngapain, tiba2 terpikirkan dengan kemerdekaan yang selalu dikaitkan ama permasalahan2 di negara kita.

Apalagi baru saja nih negara kita jadi juara dunia bulutangkis. Keren banget. 

Bagi saya, kita tetap merdeka, permasalahan negara kita sekarang itu PR buat kita semua, ngga mudah menjadi mereka yang mengurusi negara :-D karena kita hanya melihat dr satu sisi, tidak di sisi lain.

Tapi tulisan ini hanya dilihat dari sisi saya saja, tanpa ada masukan dan dengan pengetahuan yang masih cetek banget :-D

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia !!!! Semoga saya bisa berkontribusi bagi negara ini, aamiin :-)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

Follower