11 Tempat Wisata Terunik di Kota Paris!

No Comments
Setelah memposting artikel tentang Tempat Wisata Kota Paris Yang Wajib Dikunjungi, saya tertarik untuk mengulas Tempat Wisata Terunik di Kota Paris! atau biasa disebut Paris Insolites. Tempat wisata terunik ini bersifat musiman, sehingga pada waktu tertentu tempat wisata itu dibuka sedangkan di lain waktu ditutup. Tidak semua wisatawan mengetahui lokasi ini.

Apa saja ya Tempat Wisata Terunik di Kota Paris? Ini diaaa....


11.

Taman Buttes Chaumont

Taman ini termasuk salah satu taman terluas di kota Paris seluas 25 hektar dan dibuka tahun 1867. Berada di sebelah Timur laut kota Paris. Taman ini cukup unik karena kita akan disuguhkan danau buatan dengan kuil yang mirip seperti di Italia dan berada di atas bebatuan setinggi 50an meter. Sebenarnya dulu ini adlah lokasi penamnangan bebatuan untuk bahan pembuatan bangunan di kota Paris, kemudian pda masa Napoléon III tempat penambangan ini diubah menjadi taman. 
 

Yang paling menyenangkan lagi saat jalan-jalan di taman ini, ada gua dengan air terjunnya. Jarang sekali bisa ditemukan di daerah kota, seolah-olah kita berada di daerah yang masih alami. Lupa kalau ini didalam kota! Yah, walaupun sebenarnya ini airterjun buatan. Bahkan ada stalaktiknya juga. Gua ini cukup tinggi sekitar 20 meter.



Nggak ngebosenin juga pergi kesini! Untung lokasi apartemen dengan tamannya cukup dekat, jadi bisa datang tanpa lama di perjalanan.

Taman ini bisa diakses melalui Métro 7bis Buttes Chaumont, Botzaris.


10.

Replika Patung Liberty Paris di Île aux Cygnes

Banyak sekali replika Patung Liberty di seluruh dunia, termasuk juga di Paris. Walupun ukurannya tidak sebesar di Amerika, patung ini sudah ada sejak tahun 1889.  

Patung ini terdapat di pulau buatan di tengah sungai Seine, Île aux Cygnes, dekat dengan jembatan Grenelle. Ada plakat peringatan kemerdekaan Prancis dan Amerika. "IV Juillet 1776 et XIV Juillet 1789". 4 Juli untuk peringatan kemerdekaan AS dan 14 Juli kemerdekaan Prancis.

Kalau mau kesini cukup turun di Métro 6 Bir-Hakeim dan Passy atau nsik RER C turun di  Champ de Mars-Tour Eiffel.




9.

Parc André-Citroen

Taman ini seluas 14 hektar dibangun tahun 1986 dan dibuka untuk publik tahun 1992. Dulunya, taman ini lokasi pabrik mobil Citroen kemudian dipindah ke Aulnay-sous-Bois. Taman ini memiliki tema-tema tersendiri, seperti white garden, black garden, blue garden, dan central garden. Yang paling seru di taman ini ada balon udara mampu menampung hingga 30 dewasa dan 60 anak- anak di ketinggian 150 meter. Kita bisa melihat ketinggian kota Paris dengan melayang-melayang si udaraaa...


Akses

Metro 10 stasiun Javel- Andre Citroen
Metro 8 stasiun Lourmel dan Balard 
RER C stasiun Pont du Garigliano

Jam Buka

Taman
Mei - Agustus
Senin - Rabu: 08:00 - 21:30
Kamis : 08:00 - 00:00
Jumat - Sabtu : 00:00 - 00:00
Minggu : 00:00 - 21:30

September
Senin - Jumat: 08:00 - 20:30
Sabtu - Minggu : 09:00 - 20:30

Balon Udara
Setiap Hari 09:00 - 30 menit sebelum taman ditutup
Jika cuaca tidak memungkinkan maka Balon Udara tidak dibuka.

Tarif

Taman : Gratis
Balon Udara : 
dewasa 12 euro, 
usia 3 - 11 tahun 6 euro, 
usia kurang dari 3 tahun gratis.

8.

Parc Floral

Taman Bunga atau Parc Floral ini dekat Kastil Vincennes atau Château de Vincennes. Sebenarnya datang ke sini cuma buat foto di tulisan Paris aja. Soalnya kalau masuk ke Parc Floral harus bayar. :D
Kalau tulisan ini nggak sampe masuk tamannya kok.




Akses

Metro 1 Château de Vincennes

Jam Buka 

Parc Floral
Oktober : 09:30 - 18:30
Oktober -Februari : 09:30-18:30
Maret-Oktober: 09:30-20:00 

Tarif

Kalau untuk foto di tulisan Parc Floral de Paris sih gratis..karena diluar pintu masuk taman..

Ini tarif untuk masuk Parc Floral nya:
Gratis dari september -Mei
Untuk Rabu, Sabtu, Minggu (7 Juni -25 september, hari animasi, konser)
Full tarif 6 euro
Tarif diskon (7-26 tahun, keluarga besar): 3 euri
Gratis untuk usia kurang dari 7 tahun

7.

Bois de Vincennes

Tidak jauh dari Parc Floral ada juga taman namanya Bois de Vincennes yang ada danaunya. Saat jaman revolusi Prancis, hutan kota ini digunakan untuk latihan militer. Hutan kota ini dibangun tahun 1855. Disini kita bisa naik perahu dayung mengelilingi danau sambil menikmati hutan kota yang segar dengan luas sekitar 9,95 km2. Hutan Kota ini yang merupakan ruang terbuka hijau terbesar di Kota Paris. Bahkan luasnya melebihi luasnya Central Park di New York (3,45 km2), Richmond Park (terluas di London hanya 9,55 km2). 




Saking luasnya, hati-hati kalian bisa tersesat loh! Nah kalau tersesat di tempat yang bener sih tak apa. Coba kalau tersesat di titik yang banyak caravan nya. Wah, bisa bahaya. Karena menurut teman yang pernah tidak sengaja tersesat tempat yang banyak caravannya itu tempat prostitusi! Hati-hati juga kalau kesana cewek sendirian. Bisa-bisa kalian dikejar.

Akses

RER A stasiun Vincennes, Fontenay-sous-Bois, Nogent-sur-Marne, Joinville-le-Pont
Metro 1 Saint-Mandé, Bérault, Château de Vincennes
Metro 8 Porte Dorée, Porte de Charenton, Liberté, Charenton - Êcoles

Jam buka

Naik perahu
Setiap hari : 10:00-19:00 (musim panas sampai jam 20:00)
Tutup akhir november hingga pertengahan februari.

Tarif

Untuk masuk ke hutan kotanya sih gratis,
Naik perahu:
1 atau 2 orang sbyk 12,2 euro
3 -4 org 13,2 euro




6.

Conciergerie Paris

Bangunan ini dulunya bangunan tempat tinggal raja, kemudian sebagian bangunannya untuk penjara sejak 1370 di bagian bawah kemudian di bagian atas untuk gedung parlemen. Hingga sekarang bangunan ini digunakan untuk museum dan di sebelahnya gedung pengadilan negeri. Marie Antoinette pernah dipenjarakan disini.



Ruang Penjara Marie Antoinette dan patung ilustrasinya

Akses 

Metro 4 turun di stasiun Cité.

Jam Buka

Setiap hari jam 09:30 - 16:00
Tutup 1 Januari, 1 Mei dan 25 Desember

Tarif

Conciergerie
Full tarif 8,5 euro
Tarif diskon 6,5 euro

Conciergerie + Sainte Chapelle
Full tarif 13,5 euro
Tarif diskon 10,5 euro

5.

L'Hôtel des Invalides atau Army Museum

Awal konstruksi bangunan ini sekitar tahun 1670. Dulunya bangunan ini adalah rumah sakit tempat merawat para tentara yang terluka saat perang, selain itu juga digunakan untuk gereja, tempat tinggal pensiunan. Dan sekarang sudah digunakan untuk museum menyimpan peralatan perang, mulai dari senjata, baju besi, baju perang, bahkan baju raja Prancis pun ada disini. Sayangnya, untuk koleksi baju perang para raja disendirikan dan harus bayar lagi.



Yang paling menarik dan jangan sampai ketinggalan ini pergi ke Tomb du Napoléon 1er atau pusaranya Napoléon pertama (Napoleon Bonaparte).




Akses

Turun di Metro Invalides, Varenne, La Tour Maubourg

Jam Buka

Museum Militer
April - Oktober : 10:00 - 18:00
November - Maret : 10:00 - 17:00

Hotel National des Invalides
Buka setiap hari 07:30 - 19:00
Selasa : 07:30 - 21:00 (kunjungan malam hari bulan April - September) 

Tarif

Full tarif 9,5 euro
Tarif diskon : 7,5 euro (untuk semua pengunjung mulai jam 17:00 saat musim panas dan mulai jam 16:00 saat musim dingin, juga saat kunjungan malam hari April - September, pejuang perang jaman dulu, kelompok min 10 orang, militer, kartu SNCP keluarga tertentu)

Gratis untuk kelompok:
penduduk usia kurang dari 18 tahun, mahasiswa/pelajar 18 - 25 tahun, jurnalis, militer prancis dan luar negeri (berseragam), orang yang cacat dan yang menemani, masyrakat berpenghasilan rendah.

4.

Kunjungan ke Pengelola Transportasi Umum Kota Paris (RATP)

Kunjungan ini terbatas dan hanya dibuka di waktu tertentu sehingga harus daftar dulu. Kita bisa lihat behind the scene nya RATP (seperti BUMN gitu untuk transportasi umum) dalam operasional moda transportasi maupun jaringannya. Kunjungan yang dipandu ini memudahkan kita untuk mengetahui bagaimana sistemnya transportasi umum di paris, atau saat terjadi perbaikan di Line Metro.





Tarif

5 euro per kunjungan
please check http://www.ratp.fr/en/ratp/r_54601/guided-tours/
atau website http://www.tourisme93.com/ratp/ (sayangnya ini tidak tersedia dalam bahasa inggris)


3.

Saluran Pembuangan Bawah Tanah

Sayang sekali belum sempat mengunjungi salah satu tempat wisata khusus ini. Kita bisa melewati terowongan bawah kota tempat pembuangan air limbah kota Paris. Kalau di total saluran ini panjangnya 2500 km. Dari kunjungan ini kita tahu sejarah pembangunan saluran pembuangan ini dari jaman dulu sampai saat ini, sistem pembuangan limbah kota dan pengolahannya.

next info :
http://next.paris.fr/english/english/visit-the-paris-sewer-system/rub_8118_actu_130854_port_19237

Pintu Masuk Museum des Égouts de Paris

blog.parisstay.com

Akses

Pont de l'Alma Metro 9 turun di stasiun Alma-Marceau
RER C turun di stasiun Pont de l'Alma

Jam Buka

Setiap hari kecuali Kamis dan Jumat
Oktober - April : 11:00 - 16:00
Mei - September : 11-00 - 17:00

Tarif

Full tarif : 4,3 euro
Diskon tarif : 3,5 euro (untuk grup 10 orang atau lebih, usia 6 - 16 tahun)


2.

Catacomb Paris

Catacomb ini merupakan pemakaman bawah tanah Kota Paris, tepatnya di Place Denfert Rochereau bentuknya yang seperti terowongan dan bergua menampung banyak mayat yang sudah jadi tengkorak. Pemakaman ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 1806. Panjangnya kira-kira 1,7 km dengan kedalaman 20 meter di bawah tanah.






Akses

RER B Denfert Rochereau

Jam Buka

Selasa - Minggu : 10:00 - 20:00
Tutup tiap senin dan 1 Mei

Tarif

Full tarif 10 euro
Diskon tarif 8 euro (usia 18 - 26 tahun, anggota sejarahwan, seniman, etc)
gratis (pencari pekerjaan, usia kurang 18 tahun, penduduk yang cacat dan yang menemani, jurnalis, etc).


1.

Kompleks Pemakaman Père La Chaise

Ada lagi wisata unik di Kota Paris yaitu mendatangi kompleks pemakaman Père La Chaise. Kompleks pemakaman ini paling terbesar di Paris dan salah satu pemakamam yang terkenal di seluruh dunia. Luasnya 43,9 hektar. Bnyak orang-orang terkenal jaman dulu yang dikuburkan disini dan kebanyakan komposer, seniman, penulis, seperti Edith Piaf, Jom Morrison, Honoré de Balzac, Oscar Wilde, etc. Kuburan ini sudah dibuka sejak tahun 1804.

Monumen

Pusara Jim Morrison

Akses

Metro 2 Philip Auguste
Metro 3 bis Gambetta

Jam Buka

Setiap hari : 08:00-18:00


Tarif

Gratis


Sekian 11 tempat wisata terunik Kota Paris versi penulis yah! Semoga berguna bagi kalian yang ingin ke Paris dengan kunjungan yang unusual hehe
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Follower