Contoh Surat Lamaran yang Meyakinkan untuk Mahasiswa Fresh Graduate

No Comments
Bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan, maka Surat Lamaran ini sebagai syarat yang harus ada untuk mengajukan lamaran, apalagi kalau yang dilamar perusahaan besar, nasional, atau internasional. Harus lebih memperhatikan surat lamaran nih. Banyak bentuk surat lamaran tergantung tujuan tempat yang dilamar. Jika anda baru lulus atau fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja, maka inti dari surat lamaran yang akan berbeda dengan surat lamaran lainnya, walaupun bisa jadi sedikit sama.

Untuk membuat surat lamaran perlu ada kerangka yang menarik.


Pembuka

         Format pembuka ini penting untuk menunjukkan 

  • Lokasi dan tanggal dibuat 

Penting untuk mengetahui kapan surat dibuat sehingga bisa diketahui apakah surat tersebut sudah lama atau baru jika terjadi kesalahan pemberkasan. 

  • Tujuan surat lamaran

Menyertakan tujuan perusahaan yang dilamar ditujukan kepada HRD perusahaan sebagai divisi yang melakukan penyeleksian calon pegawai.

  • Salam pembuka

Gunakan salam pembuka : Dengan Hormat.

Asal Informasi Pekerjaan

Jangan lupa untuk menyertakan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh dan juga posisi pekerjaan yang anda harapkan.

Inti Lamaran

Di bagian ini, kita harus mempromosikan diri kita. Tulislah sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan kita asal jangan berlebihan. Karena anda baru lulus dan belum memiliki pekerjaan, maka tulislah selama kuliah anda dituntut seperti apa, tulis sesuai dengan apa yang diminta oleh perusahaan.
Misalnya, saat kuliah anda sangat disibukkan dengan kerja kelompok maka tulislah bahwa lulusan anda dituntut dapat bekerja dengan tim, kerja keras, tekun, atau teliti seperti yang diinginkan perusahaan. Atau jika anda tidak memiliki prestasi akademis, dan hanya pernah mengikuti organisasi, maka tunjukkan kelebihan mengikuti organisasi. Tunjukkan bahwa lulusan anda itu dicari oleh perusahaan. Termasuk soft skill dan hard skill yang anda punya, jangan terlalu banyak, cari yang utama 

Lampiran

Setelah menuliskan kemampuan anda, maka tunjukkan secara mendetail di Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae.

Harapan

Beri harapan anda bahwa anda sangat ingin bergabung dengan perusahaan yang anda lamar.

Penutup

Ucapkan pula terimakasih atas waktu yang diberikan.


bagi mahasiswa fresh graduate

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower