Membuat Laporan Kronologis Kejadian Penipuan Online

8 comments

seperti yang sudah diceritakan kasus penipuan online, Maka untuk melaporkan ke bank harus membuat permohonan pemblokiran, surat keterangan dari kepolisian, persyaratan lain yang harus dilengkapi adalah surat kronologis kejadian.


SURAT KRONOLOGIS KEJADIAN

Pada tanggal 2 Juli 2015 mulai pukul 11.49 WIB, saya melakukan transaksi dengan seseorang yang menggunakan rekening Bank ........... istrinya atas nama............ Transaksi itu untuk membeli Velg Enkei Compe 8 ring 15 seharga Rp. 2.500.000,-. Saya mengetahui informasi penjualan velg tersebut berawal dari Grup Facebook Bursa Velg. Akun yang digunakan bernama ...........

Kemudian saya menghubunginya lewat chatting whatsapp dengan nomor 082216409342 untuk meminta foto detail velg nya karena saya tidak mau membeli dengan kondisi cacat dan mahal. Ia memberikan foto-foto detailnya. Saya menawar harga sebesar Rp. 2.500.000, dan langsung disetujui oleh penjual.

Setelah itu saya meminta nomor rekening penjual dan ia memberi rekening mandiri istrinya :
Atas nama       : ...........
No rekening    : Bank.............

Karena tidak ingin cepat percaya, saya meminta foto KTP yang sesuai dengan atas nama rekening tersebut. Tapi penjual memberikan foto KTP miliknya , yaitu:

Nama KTP      : Fadlan Abdilah
Nomor KTP     : 3202270807910003
Alamat             : Jl. Kartini No. 21 RT 02/05 Kel. Cikole, Kec. Pelabuhan Ratu
  Kab. Sukabumi, Jawa Barat
Handphone     : 082216409342

Kemudian saya meminta kembali foto KTP yang sesuai dengan atas nama rekening tersebut. Ia memberikan foto KTP yaitu:
Nama KTP      : ................
Nomor KTP     : ................
Alamat : Jl. Kartini No. 21 RT 02/05 Kel. Cikole, Kec. Pelabuhan Ratu
  Kab. Sukabumi, Jawa Barat

Setelah yakin nama KTP sesuai dengan nama yang tertera pada rekening bank, saya transfer uang melalui rekening bank BTN. Setelah saya transfer, saya mengirimkan konfirmasi kepada penjual ini berikut print screen bukti transfer saya. Ia mengatakan ingin mengecek terlebih dahulu dan meminta no rekening saya dengan alasan cek mutasi di sms banking. Saya tidak mudah percaya dengan memberikan no rekening saya karena logikanya tidak perlu nomor rekening saya. Saya beralasan, bahwa saya pulang kampung.

Tanggal 3 Juli 2015, sekitar jam 10 pagi, saya menghubungi penjual kembali di pagi hari via telepon, tapi tidak diangkat. Kemudian ia sms dan saya menanyakan transfer sudah masuk apa belum dan kapan dikirim. Penjual mengatakan sudah masuk dan siangan akan dikirim. Tidak berhenti sampai disitu, saya meminta foto kondisi velg di pengiriman JNE. Dia menjawab ok.  

Siang harinya saya sms penjual tidak di respon. Sorenya, saya telepon via whatssap dan menanyakan kapan dikirim, penjual hanya menjawab “habis gini”. Ternyata, beberapa jam kemudian saya telepon kembali lewat nomor telepon (bukan via whatsapp), penjual tidak menjawab. Bahkan ia masih berani menjual barang yang sudah saya beli di grup lain yaitu “Bursa Velg”. 

Hingga hari Sabtu, 4 Juli 2015, facebook penjual tidak aktif (untungnya saya masih sempat screen facebook penjual). Semua foto jualannya di grup telah dihapus.

Dengan pertimbangan atas kejadian ini, saya memutuskan untuk menghubungi pihak Bank ............., agar menjadi pihak ketiga antara saya dengan penjual ini, supaya saya bisa menghubungi dan meminta keterangan serta meminta uang saya kembalikan.

Mohon bantuannya dan mohon kerjasamanya supaya masalah ini bisa diselesaikan pihak Bank ...........

Malang, 4 Juli 2015
Hormat Saya,



..................

Setelah semua berkas dilengkapi, maka pergilah ke bank si rekening penipu. Ini proses pengembalian uang penipu dari bank bersangkutan disini.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

8 komentar

  1. terima kasih mas,udah posting masalah ini,,,sy hampir aja ketipu jual beli fb, jual headlamp suzuki swift,skrang nomer ktp ini ganti nama jadi gunawan supriyadi no hp 081223378335 nomer rekening BCA 0073692820,atas nama gunawan supiyadi,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hati2..mreka mnggunakan akun palsu bgitu juga ktp nya..

      Hapus
  2. Iya hati2..mreka mnggunakan akun palsu bgitu juga ktp nya..

    BalasHapus
  3. Mbak lita..bkin surat kronologis kejadian itu tdk hrs yg bersangkutan yg memiliki rekening di bank yg sama dg penipu itu? Krn sy memakai rekening kakak sy agar sm dg rek.bank yg menipu itu.(supaya tdk kena biaya transfer).,bagi infonya y.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru balas..smoga sudah closed kasusnya. nggak apa2 kalo tidak sama, nanti di suratnya ditulis rekening pengirim atas nama siapa.

      Hapus
  4. HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
    DARI-rossastanleyloancompany

    Apakah Anda membutuhkan kredit yang mendesak?

    * Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman Anda di bank Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Long term payback (1-30) Long
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 48Hours setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman mudah untuk tulus, serius, korporat, legal dan publik dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besarnya, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan track record layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

    E-mail Resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Instagram resmi: Rossamikefavor
    Twitter resmi: Rossastanlyloan
    Official Facebook: rossa stanley favor
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silahkan mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi saat bekerja:

    9) Penghasilan Bulanan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  5. Mba Lita, saya baru saja kena tipu dan hipnotis dari seseorang untuk transfer ke sebuah rekening bank BTN. Jumlah nya termasuk banyak mba :(
    Yang digunakan pun KTP palsu, tapi saya berhasil menemukan data KTP asli nya, dari data diri tidak berbeda jauh. hanya nominal dari serial KTP nya yang berbeda.
    Dan saya punya foto selfie pelaku dan antek nya.
    Apakah bukti tersebut sudah termasuk bukti kuat?
    Posisi saya sekarang berada di daerah yang tidak ada kantor cabang Bank BTN. tpi saya hubungi call center untuk mengirim melalui email.
    Untuk surat permohonan blokir berarti membuat sendiri saja ya mba.
    Mohon sarannya juga ya mbaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Innalillahi... maaf yaa baru balas, semoga skrg sudah ada kabar baik..biasanya sih polis jg ga sembarang menerima foto yg kita kasih, blm tentu kuat di mata polisi. Cm waktu itu sy cantumin aja. Bahkan polisi bilang bisa saja kan ini pakai foto orang lain. Iya memang bisa sih...surat pemblokiran kita buat sendiri

      Hapus

Follower