Proses Pengembalian Uang dari Penipu via Bank

9 comments


Setelah melalui proses Pelaporan dan Pemblokiran Rekening Penipu seperti yang sudah diceritakan disini, akhirnya saya datang ke bank yang bersangkutan untuk menanyakan langsung progressnya seperti apa demi pengembalian uang dari penipu.

Sesampainya di Bank dan memberikan blanko pelaporan dari bank, maka saya pun diminta surat pernyataan bahwa kita tidak menuntut pihak bank untuk kasus penipuan ini.

Sayangnya, surat yang sudah saya buat masih kurang kata-kata tersebut, jadinya mereka yang buat sesuai format mereka sendiri. Yah, tahu gitu kenapa gak dari awal ajahh... hmm..

Untuk kasus ini, dari ceritanya pihak bank, yang mereka lakukan:

Mengirim surat ke bank cabang rekening penipu

Dari cabang bank terlapor mengirim surat ke cabang rekening penipu bahwa ada indikasi penipuan sehingga pihak cabang bank rekening penipu diminta melakukan konfirmasi ke pemilik rekening.

Investigasi via telepon 

Pihak bank dari cabang terlapor mengkonfirmasi bahwa ada indikasi penipuan dari pemilik rekening karena ada pelaporan. Nah disini si pemilik rekening sepertinya berpura-pura kalau dia tidak merasa menipu. Tidak melakukan transaksi dan dia hanya jadi korban 
Menurut cerita pihak bank, kalau pemilik rekening mengaku jadi korban, disuruh buka rekening oleh keluarganya kemudian buku tabungan dibawa keluarga korban. Pemilik rekening berniat menutup akunnya, bank akan menutup setelah uang yang diblokir dibalikin.

Membuat surat keterangan

Surat ini menunjukkan bahwa pelapor tidak menuntut pihak bank atas kasus ini dan menutup kasus ini karena sudah ada itikad baik dari pemilik rekening untuk mengembalikan uang.

Membuka rekening baru

Bagi pelapor, jika ingin uangnya di balikin maka harus mempunyai rekening bank tersebut. Jika belum punya, maka harus membuka rekening sendiri, tidak boleh pakai atas nama orang lain.. alasannya sihh... biar mengetahui transaksi pihak pelapor.. hmm.. dikira penipu ape... yang jelas modal untuk buka rekening min. Saldo di bank 100rb. Jadi intinya kalau ditipu kurang dari 100ribu, rugi deh kalau mau ngurus beginian. Udah ngabisin tenaga, waktu, pikiran. Duit yang balik juga nggak seberapa. Itu kenapa beberapa penipu juga jumlah uang di transfer nggak banyak, tapi sering.

Mengirim notifikasi ke bank cabang rekening penipu

Setelah semua proses selesai, maka pihak cabang pelapor akan mengirim pemberitahuan bahwa pelapor sudah buka rekening dan uang yng diblokir bisa di transfer. Kita menunggu sehari setelah semua selesai kemudian uang sudah masuk ke rekening kita.

Bahkan si penipu masih aja melakukan penipuan itu. Dan sekarang marak banget, bahkan orang yang kita kenal biasa bertransaksi pun bisa melakukan hal begitu. Yah, yang jelas kalau punya jaringan gampang lah nyari tuh penipu. Sayangnya, polisi juga nggak bakal ngusut laporan penipuan berjumlah satu juta dua juta. Rugi melacaknya!

Walaupun begitu kita tetap harus melaporkan dan memblokir uang di bank yang kena tipu. (caranya baca disini)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

9 komentar

  1. Halo biasanya berapa lama ya proses pengembalian uang sejak kita melapor ke bank? Terimakasih. Saya baru habis ditipu juga soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy wktu itu ketepatan dg idul fitri.. jd sekitar 1 bulan.. hrusnya bs kurang dr itu..

      Hapus
  2. mau tanya, apa pengembalian uang itu pasti diproses bank atau tidak yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman saya waktu itu dikembalikan mas

      Hapus
  3. Mbak mau tanya mbak nya bank apa & terlapor bank apa?

    BalasHapus
  4. mau tanya kak... proses pengembalian uang oleh bank dikirim ke rekening kita atau gimana ?? terus kalau gak punya rekening itu gimana ?? apa pihak bank mengembalikan uang secara tunai ke korban

    BalasHapus

Follower