Tempat Wisata Kota Paris yang Wajib Dikunjungi

4 comments
Berkunjung ke kota Cahaya di Benua Biru banyak sekali tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungiKota Paris, sebagai ibu kota Prancis, sangat terkenal sebagai kota yang romantis. Memang pemandangan kota Paris masih didominasi oleh arsitektur klasik. Belum lagi penataan kotanya yang dirancang Haussmann, menambah indahnya kota tersebut. Tempat-tempat terkenal yang wajib dikunjungi saat ke Paris yaitu:

La Tour Eiffel atau Eiffel Tower

Ikon ini menjadi sangat terkenal karena pada waktu dibangun belum ada yang bisa menandingi tingginya menara tersebut. Menara ini dibangun sekitar tahun 1889 oleh Insinyur Gustave Eiffel. Tingginya sekitar 324 meter. Menara Eiffel termasuk struktur bangunan tertinggi di Kota Paris. Jadi wajiblah kita datang ke ikon ini.

Kalau bisa, pakailah Metro Paris untuk merasakan bagaimana kehidupan masyarakat megapolitan. Kalau naik metro turun di Stasiun Bir-Hakeim, Passy, Champs de Mars Tour Eiffel atau Trocadero. Kemudian jalan kaki ke menaranya. Menurutku lewat Trocadero lebih dekat karena begitu keluar pintu stasiun, banyak turis yang foto-foto. Dari Trocadero, pemandangan Eiffel terlihat jelas karena itu tempat tersebut jadi lokasi yang tepat buat foto. Yang biasanya foto tunjuk menara Eiffel tuh. Setelah itu jalan kaki sambil menikmati taman Trocadero yang cukup luas. 

Selain itu, kita akan menyebrangi jembatan sambil menikmati sungai Seine. Sekalian ambil foto, dari sini terlihat jelas bagaimana megahnya Eiffel. Dan kita akan terkagum-kagum saat melihatnya.

Menara Eiffel Paris
Menara Eiffel (Dok. pribadi)
Untuk pergi ke puncak nya, kita bisa menggunakan lift dan membayar sekitar 25 euro sampai puncak. Untungnya saat kesana umur kurang dari 25 tahun, karena ada diskon jadi bayar cuma 15 euro. 

Dan kalau datang kesini, mending pagi, karena antrinya panjaaangg. Saat beli tiket sudah antri panjang, sampai di lantai dua antri lagi untuk ke puncak. Nanti setelah di atas mau turun antri lagi. di Total bisa 2 jam hanya untuk mengantri. Dan kalau lagi peak visit, lagi ramai-ramainya, pas dipuncak waktu berkunjungnya dibatasi.

Metro
turun di Bir-Hakeim, Passy, Champs de Mars, Trocadero

Jam Buka 

Setiap hari jam 9 pagi sampai 12 malam (15 juni - 1 september)
Selain itu jam 09:30 pagi sampai jam 23:00 

Tarif 
Lewat Lift
Lewat lift sampai lantai 2:
full tarif / dewasa : 8,5 euro
umur 12 - 24 tahun : 7 euro
umur 4 - 11 tahun dan cacat: 4 euro

Lewat lift sampai puncak
full tarif / dewasa : 14 euro
umur 12 - 24 tahun : 12,5 euro
umur 4 - 11 tahun dan cacat: 9,5 euro

Tarif Naik Tangga

Full tarif/ dewasa : 5 euro
umur 12 - 24 tahun : 3,5 euro
umur 4 - 11 tahun  : 3 euro
kalau usia kurang dari 4 tahun gratis.

Louvre Museum

Setelah mengunjungi Eiffel, jangan lupa datang ke Museum Louvre. Disana selain menikmati Piramid yang terkenal itu dan bangunan arsitektur klasik. Kalau kita masuk ke museum harus bayar 25 euro (kalau gak salah pas tahun 2012). Di dalam Louvre akan banyak sekali melihat lukisan-lukisan dari berbagai ukuran dan tema. Bahkan di langit-langitnya pun dilukis.
Museum Louvre (Dok. pribadi)

Satu hal lagi yang menjadi daya tarik Louvre adalah lukisan Monalisa, yang sangat kecil dan diperebutkan untuk difoto oleh banyak orang.


Metro

turun di Palais Royal Musee du Louvre

Jam Buka 

Setiap hari kecuali Selasa jam 9 pagi sampai 6 malam
dan juga buka hingga malam sampai jam 21:45 untuk hari rabu dan jumat 

Tarif
15 Euro
Bulan April - September : tidak ada gratis
Bulan Oktober - maret : gratis untuk pihak tertentu hanya di hari minggu pertama awal bulan
Gratis tersebut hanya untuk :
  • kurang dari umur 18 tahun disertai kartu identitas
  • umur 18 - 25 tahun penduduk uni eropa disertai kartu identitas
  • Pengajar sejarah/ seni/ yang berhubungan dengan materi dalam museum
  • Seniman
  • Warga tanpa pekerjaan dengan bukti
  • Warga dengan pendapatan rendah dibuktikan dengan surat dari Badan yang berwenang
  • Penduduk cacat dan yang menemani


Place du Pantheon

Jangan lupa ke Place du Pantheon. Berlokasi di Latin Quartier, atau lingkungan Latin. Facade arsitekturnya mengikuti gaya bangunan neo-klasik di Roma. Selain berfungsi sebagai gereja jaman dulu, juga ada pemakaman (crypte) bawah tanah atau burial place khsuus orang-orang terkenal, baik dari politisi maupun penulis sastra yang berpengaruh, seperti Voltaire, Jean-Jacques Rousseau, Victor Hugo, Louis Braille (penemu huruf Braille), Alexandre Dumas.
Pantheon Sorbonne (Dok. Pribadi)
Metro
turun di Luxembourg (naik RER ya)

Jam Buka 

1 April - 30 September : jam 10:00 - 18:30
1 Oktober - 31 maret : jam 10:00 - 18:00
Tutup tanggal 1 januari, 1 Mei dan 25 desember

Tarif
8,5 euro
Gratis untuk usia kurang dari 18 tahun dan
Gratis untuk usia 18-25 tahun bagi penduduk di Uni Eropa

Versailles Palace

Istana Versailles sebagai lambang kebesaran monarki absolut ini dulunya ditinggali oleh Raja Louis, Marie Antoinette dan Napoleon Bonaparte. Dan sudah ada sebelum revolusi perancis atau dibangun sekitar tahun 1623.

Bangunannya sangat indah karena terdapat elemen-elemen dan ukiran-ukiran yang unik. Bahkan ada bagian bangunan yang terbuat dari Emas.

Istana Versailles (dok. pribadi)
Metro
turun di Versailles- Chantiers (naik RER C ya)

Jam Buka 

Musim Liburan
1 April - 31 Oktober
Buka setiap hari kecuali senin jam 09:00 sampai 18:30

Kastil Trianon dan Domain Marie Antoinette
Setiap hari kecuali senin jam 12:00 - 18:30

Kebun
Buka setiap hari dari jam 08:00 - 20:30

Taman
Buka setiap hari dari jam 07:00 - 20:30

Bukan Musim Liburan
1 November - 31 Maret
Setiap hari kecuali senin jam 09:00 - 17:30

kastil Trianon dan Domain Marie Antoinette
Setiap hari kecuali senin jam 12:00 - 17:30

Kebun dan Taman
Setiap Hari jam 08:00 - 18:00

Tarif
Full tarif 15 euro
Diskon tarif 13 euro dan 6 euro (berdasarkan usia dan pihak tertentu)
Tiket untuk Kastil Trianon dan Domain Marie Antoinette : 10 euro untuk full tarif, dan tarif diskon 6 euro.

Notre Dame de Paris dan Situs Arkeologi Bawah Tanah

Gereja ini merupakan salah satu gereja yang terkenal dan terbesar di dunia. Dengan gaya arsitektur gothik, gereja ini menjadi salah satu tujuan wisata dari berbagai mancanegara. 

Dibawah gereja tersebut ada Museum Arkeologi Bawah Tanah (Crypt) sebagai titik awal mula berdirinya permukiman di Paris. Crypt tersebut ditemukan saat konstruksi gereja sedang berlangsung. Jadi, jika berkunjung ke Notre Dame, coba kunjungi Crypt tersebut.

Selain itu, para pengunjung juga bisa naik ke puncak gereja untuk melihat keindahan kota Paris ada atas.

oiya didepan notre dame ini ada titik nol paris. Konon kalau kita menginjakkan kaki kita di lingkaran itu, maka suatu saat kita akan kembali ke Paris.

Notre Dame de Paris (dok. pribadi)
Metro
Turun di stasiun Saint Michel Notre Dame (RER B ya)

Jam Buka
  • Untuk Gereja buka Setiap Hari dari jam 08:00 - 18:45 (19:45 sabtu dan minggu)
  • Untuk Situs Arkeologi Parvis Notre Dame dari Buka setiap hari kecuali Senin dan hari libur nasional dari jam 10:00 - 17:30 
  • Untuk ke puncak Notre Dame buka setiap hari:

       - 1 April - 30 September : 10:00 - 18:30 (malam hari bulan Juli dan Agustus:
          jumat & Sabtu : 10:00 - 23:00
       - 1 Oktober - 31 maret : 10:00 -17:30
       - tutup 1 Januari, 1 mei dan 25 desember
       
Tarif

Full tarif : 7 euro
Diskon tarif : 5 euro (pengajar, warga usia 18-26 tahun, anggota komunitas sejarah, seni, arkeologi prancis)
Gratis yang kurang 18 tahun, tanpa pekerjaan, warga penghasilan rendah, mahasiswa seni, beberapa kampus seni, warga kota Roma, seniman, warganegara yang cacat, dll.


Sacre-Coeur Montmarte

Satu lagi gereja yang terkenal dan menjadi daya tarik wisatawan karena lokasinya di ketinggian kota Paris (daerah berbukit). Gereja ini berada di kawasan Montmarte dimana dulunya pernah tinggal seniman, penulis, pelukis, komedian terkenal dunia seperti Van Gogh, Pablo Picasso dan lainnya.

Dari Sacre Coeur kita juga bisa melihat kota Paris dari atas titik tertinggi Kota Paris. Jika capek berjalan kaki naik tangga, sudah disiapkan eskalator khusus (funiculaire de Montmarte). Funiculaire ini sudah dibuka sejak tahun 1900 sebagai water-driven funicular, kemudian direnovasi tahun 1935 menggunakan furniculaire elektrik. Tahun 1990 direnovaso kembali untuk diganti menjadi furniculaire modern. Kalau punya Pass Navigo atau kartu transport umum Paris bisa digunakan sebagai tiket naik furniculaire.

Kalau sudah di Montmarte, jangan lupa jalan ke Place de Tertre dan mengunjungi Le Mur de Je T'aime atau I Love You Wall. Dinding yang dipenuhi kata Aku cinta padamu dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia, Jawa, Sumatra dan Maluku (Kalau tidak salah).

Sacre-Coeur Montmarte Paris (dok.pribadi)

Metro

Turun di stasiun Anvers.
Kalau ke Le Mur de Je t'aime lebih dekat dari Metro Abbessess. 

Jam Buka

Setiap hari 06:00 - 22:30  
     
Tarif

Gratis

Arc-de-Triomphe

Artinya adalah Gerbang Kemenangan. Monumen ini sangat terkenal karena dibangun atas peritntah Napoleon Bonaparte tahun 1800an sebagai simbolisme kemenangan dan juga sebagai penghormatan gugurnya para pahlawan Prancis. Di bawah lengkungan Arc de Triomphe terdapat makan prajurit Prancis tanpa diketahui namanya.

Biasanya kalau acara Bastille Day (14 Juli) atau hari kemerdekaan Prancis, Arc de Triomphe sebagai titik awal acara parade Militer ke arah sepanjang Champs-Elysees hingga ke Place de la Concorde.

Arc-de-Triomphe Paris (dok.pribadi)


Uniknya, saat pengumuman pemenang kompetisi balap sepeda La Tour de France, gerbang ini menjadi menarik karena disorot cahaya dengan gambar yang bermacam-macam. 

Arc-de-Triomphe saat La Tour de France, Paris (dok.pribadi)

Metro

Turun di stasiun Charles de Gaulle Etoile.atau kalau mau menikmati jalan Champs-Elysées dan tidak terlalu jauh jalan kaki bisa turun di stasiun George V.

Jam Buka

April - September : 10:00 - 23:00
Oktober - Maret : 10:00 - 22:30 
Tutup tanggal 1 januari, 1 mei, 8 mei pagi, 14 juli pagi, 11 november pagi dan 25 desember.        

Tarif
Full tarif 8 euro
Mahasiswa 18 - 25 tahun : 5 euro
Kelompok lebih dari 20 dewasa : 6,2 euro
Gratis untuk anak-anak dan mahasiswa diatas 17

Opera Garnier/ Palais Garnier

Bangunan ini merupakan bangunan teater untuk pertunjukkan seni. Dari segi arsitekturnya, bangunan ini elegant, gayanya klasiikkk banget, neo-baroque, seperti kembali ke masa-masa kerajaan. Ukiran, ornamen, patung, pilarnya semuanya dikombinasi agar terlihat mewah. Belum lagi saat masuk ke dalamnya. Bisa tersihir! Lapisan perunggu yang menghiasi patung dan lukisan. Semua patung dan lukisan bertemakan seni. 
visitepalaisgarnier.fr
wikipedia

Metro

Opéra (lines 3, 7 et 8), Chaussée d’Antin (lines 7 et 9) Madeleine (lines 8 et 14), Auber (RER A)

Jam Buka

tergantung jadwal pertunjukan         

Tarif
untuk menonton pertunjukan minimal 10 euro.hanya untuk menonton

Bateau Mouche atau Vedettes

Untuk menikmati indahnya Sungai Seine dengan pemandangan bangunan klasiknya di sepanjang sungai, kita bisa menggunakan kapal khusus, biasa disebut Bateau Mouche atau Vedettes. Perbedaannya pada rute dan harga. Di titik-titik tertentu sepanjang sungai Seine kita akan menemukan banyak kapal pesiar. Di dekat Eiffel juga ada. Semua tergantung rute dan harga. Kalau kita mau beromantis ria di sepanjang sungai Seine dengan kapal pesiar, juga bisa! Pesan Cruise Trip ditambah dinner atau lunch. Yang jelas, memang mahal! :D menu makan siang aja 55 euro, makan malam paling murah 90 euro atau sekitar 1,5juta rupiah :-o
Bateau Mouche nelewati Conciergerie (penjara) (dok.pribadi)


Vedettes melewati La Tour Eiffel (dok.pribadi)


Tarif

Bateau Mouche
Full tarif /dewasa 13,5 euro
anak-anak kurang dari 12 tahun : 6 euro
anak-anak kurang dari 4 tahun : gratis

Vedettes du Pont Neuf 

Full tarif /dewasa 14 euro
anak-anak kurang dari 12 tahun : 7 euro

Jam Buka

Bateau Mouche
April - September : 
10:15 – 11:00 – 11:30 – 12:1513:00 – 13:45 – 14:30 – 15:0015:30 – 16:00 – 16:30 – 17:0017:30 – 18:00 – 18:30 – 19:00
Setiap 20 menit dari jam 19:00 - 22:30

Oktober - Maret

11:00 – 12:00 – 13:00 – 13:4514:30 – 15:15 – 16:00 – 16:45 – 17:3016:15 – 19:00 – 19:45 – 20:30 – 21:20
Lama perjalanan sekitar 1 jam 10 menit

Vedettes du Pont Neuf 

15 Maret - 31 Oktober
10:30 – 11:15 – 12:00 – 13:30 – 14:00 –14:30 – 15:00 – 15:30 – 16:00 – 16:00 – 17:00– 17:30 – 18:00 – 18:30 – 19:00 – 20:00 – 21:00 – 21:30 – 22:00 – 22:30

1 November - 14 Maret (senin - kamis): 10:30 – 11:15 – 12:00 – 14:00 – 14:45 –15:30 – 16:15 – 17:00 – 17:45 – 18:30 – 20:00 – 21:30

1 November - 14 Maret (jumat - minggu): 10:30 – 11:15 – 12:00 – 14:00 – 14:45 –15:30 – 16:15 – 17:00 – 17:45 – 18:30 – 20:00 – 21:00 - 22:00

sumber: http://www.bateaux-mouches.fr/ dan http://vedettesdupontneuf.com/

Masjid Besar Paris/ Grande Mosquee de Paris


Bagi kalian yang beragama Islam, sempatkanlah solat di Masjid Paris ini. Satu-satunya masjid besar di negara sekuler, di kota Paris dan salah satu masjid terbesar di Prancis. Gaya bangunannya dipengaruhi gaya arsitektur dari arab/maghreban/afrika utara, seperti Maroko. Karena tempat kuliah tidak jauh dari masjid, dimanfaatkan banget datang ke masjid. Soalnya untuk mencari tempat yang aman dan nyaman untuk solat itu sangat susah sekali.  

Metro
turun di Place Monge atau di Censier Daubenton

Grande Mosquee de Paris

Sekian Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Kota Paris, semoga nanti ketemu dipostingan selanjutnya mengenai Tempat Wisata yang Tidak Biasa Dikunjungi di Kota Paris yaa... 
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

4 komentar

rinda septiani mengatakan...

tempat yang sangat indah

Rental Travel Wifi Luar Negeri mengatakan...

wah artikelnya lengkap kaa. lumyana bisa prediksi jajan di paris berapa

rental travel wifi luar negeri

Lita Lestianti mengatakan...

iya kak romantisss...kalo ada pasangannya hehe

Lita Lestianti mengatakan...

semoga berguna yaa

Follower