The World's Most Lovable City versus Most Liveable City, Samakah?

No Comments
Setelah menerima penghargaan sebagai Kota Terbersih di ASEAN, di tahhun 2015, kota minyak tersebut meraih penghargaan internasional The World's Most Lovable City atau Kota Yang Paling Dicintai dari WWF (World Wildlife Fund) mengalahkan kota Paris yang diidam-idamkan banyak orang. kalau kita membuka website We Love Cities dari WWF maka akan muncul gambar berikut:

Sebuah ucapan Selamat untuk Kota Balikpapan telah menjadi pemenang dalam kontes Kota Yang Paling Dicintai di Dunia. Sebagai orang yang pernah tinggal di kota itu sangatlah bangga Balikpapan menjadi kota yang paling dicintai. Karena menurut saya pantaslah Balikpapan meraih penghargaan itu. Kota Balikpapan termasuk kota yang paling saya idam-idamkan untuk ditinggali. Untunglah saya sempat merasakannya tinggal disana.

Apa Sih Kampanye We Love Cities?

Adalah sebuah kampanye melalu media sosial untuk mendukung pengembangan kota yang berkelanjutan dengan metode voting pada kota finalis dan memberi saran pengembangan bagi kota-kota tersebut. 

Kota-kota yang masuk sebagai finalis adalah kota-kota terpilih yang mengikuti Earth Hour City Challenge. Tantangan ini sebenarnya untuk menyemangati setiap kota dalam menghadapi perubahan iklim dan menjadi kota yang (berproses) berkelanjutan. Banyak kegiatan yang dilakukan seperti mematikan lampu di jam tertentu, program pengurangan konsumsi energi, dll.

Bagaimana Prosesnya ?

Setiap individu melakukan vote di website We Love Cities, dengan memilih negara kemudian kotanya. di Indonesia dipilih tiga kota yaitu Jakarta, Balikpapan dan Semarang. (yang saya ingat) menjawab beberapa pertanyaan singkat (nggak sesulit ujian kok) terkait dengan kota yang berkelanjutan, seperti transportasi, energi, bangunan, dan pengolahan limbah.



Selain itu, kita mencantum data diri dan email, yang nantinya ada email ucapan terimakasih telah berkontribusi memberikan suaranya. Setelah itu, mereka akan menilai sesuai kriteria yang ditetapkan.

Kriteria?

Kriteria apa saja yang membuat Balikpapan menjadi kota yang paling dicintai?

Transportasi

Kriteria kota yang menuju ke arah sustainable dalam bidang transportasi adalah kota yang mendorong penduduknya untuk mengurangi penggunaan energi atau adanya kebijakan terkait hal tersebut, seperti area bebas kendaraan bermotor, mengutamakan kendaraan umum, mendorong pengguna sepeda, dan adanya jalur pejalan kaki.

Energi

penggunaan teknologi pemanas air tenaga surya, pemanas geothermal, biogas, energi angin untuk pertanian, tenaga listrik dari tenaga matahari, smart grids.

Bangunan

Bangunan yang desainnya menggunakan efisiensi energi (green building).

Pengolahan Limbah

Bagaimana mengolah limbah menjadi energi yang dapat digunakan, seperti biogas, kompos, pupuk, irigasi, semua barang yang diolah kembali dari sampah dan limbah, juga menciptakan lapangan pekerjaan.
Kota yang paling dicintai di dunia belum tentu menjadi kota yang paling nyaman untuk dihuni. Kenapa begitu? karena penentuan kota yang Most Lovable dan Most Liveable itu sudah berbeda. Kriterianya sudah berbeda. Prosesnya pun berbeda.

Perbedaannya?

Most Lovable
  • Menggunakan sistem voting, sehingga solidaritas warganya yang lebih diunggulkan. Semakin solid warganya untuk memberikan suaranya maka semakin besar kemungkinan kotanya akan menang.
  • Dilakukan oleh World Wildlife Fund (WWF)
  • Kriteria yang digunakan ada empat yaitu transportasi, energi, bangunan dan pengolahan limbah

Most Liveable
  • Tidak menggunakan sistem voting.
  • Dilakukan oleh tiga sumber berbeda dengan kriteria berbeda, yaitu Monocle's 'Most Liveable Cities Index', Economist Intelligence Unit's, dan Mercer Quality of Living Survey.
  • Kriteria yang digunakan oleh:
  • Monocle: kriminalitas, keterhubungan internasional, iklim, kualitas arsitektur, transportasi umum, toleransi, isu lingkungan dan akses alam, rancang kota, kondisi bisnis, pengembangan kebijakan pro-active dan kesehatan. Menurut Monocle, Tokyo menjadi kota Most Liveable.
  • Economist Intelligence Unit : ketersediaan barang dan jasa, resiko pribadi rendah dan infrastruktur yang efektif, yaitu Melbourne (Australia), Canada, Austria, Finlandia dan Selandia Baru.
  • Mercer Quality of Living Survey : keamanan, pendidikan, kebersihan, kesehatan, kebudayaan, lingkungan, rekreasi, stabilitas politik ekonomi, transportasi umum dan akses barang dan jasa. Kota Most Liveable adalah Vienna.
Pantaslah jika kota yang paling dicintai akan berbeda dengan kota yang paling nyaman dihuni. Balikpapan memang menjadi kota yang paling dicintai di dunia, tapi belum menjadi kota yang nyaman dihuni menurut tiga sumber penilaian seperti yang disebut. Semoga suatu saat Balikpapan atau salah satu kota di Indonesia masuk dalam daftar Kota yang Most Liveable.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower