Cara Agar Ruam Popok Segera Hilang Tanpa Obat Kimia

1 comment
Namanya anak bayi dan hidup di daerah tropis rentan sekali kena biang keringat apalagi di daerah popoknya yang disebut ruam popok. Ruam popok ini membuat bayi tidak nyaman dan akhirnya rewel terus. Munculnya bintik-bintik warna merah kadang ada isinya berwarna putih. Pastinya gatal.

Tiap bayi juga punya tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Kalau Raceqy pakai popok sekali pakai yang bisa tahan sampai 12 jam malah mruntus-mruntus. Giliran dipakaikan pospak yang murah yang tahan 6 jam malah baik-baik saja. Semakin kesini, karena terbiasa pakai clodi terus keseringan pakai pospak juga mruntus-mruntus kecuali sesekali saja. Tapi ya gitu namanya juga pakai clodi pasti ada kekurangan dan kelebihannya seperti ceritaku dengan judul "Lika-Liku Menggunakan Clodi".

Nah kembali ke masalah ruam popok tadi. Banyak cara dilakukan agar ruam popoknya hilang yaitu

Minyak kelapa+telon

Ini resep dari bidan, tapi karena dirumah cuma punya minyak sawit ya pakai itu, kan minyak kelapa juga ya hehe. Misal 5 sdm minyak sawit ditambah 5 tetes minyak telon kemudian diolesi ke bagian kulit yang terken ruam popok. Sering-sering saja diolesi itu insyallah cepat kering.

Diaper-free-day

Waktu itu Raceqy ruam popoknya cukup parah, malam nangis-nangis, ternyata pas ganti popok di bagian pantatnya muncul bintik merah cukup banyak dan ada isinya putih. Jadilah semalaman tidak dipakaikan popok jneis apapun. Untungnya belum jadwalnya dia pup. Terus dikasih olesan minyak sawit dan telon. Paginya, ruam popoknya sudah mendingan. Jadi pagi dipakaikan popok dengan catatan tiap empat jam ganti (kalau dulu kalau udah penuh baru ganti sekitar 7 jam hehe)



Diberi bedak Herocyn atau Herocyn baby

Beda Herocyn untuk dewasa jelas lebih panas dibanding Herocyn baby. Kalau Herocyn dipakaikan setelah mandi, maka Herocyn baby dipakaikan sesering mungkin. Alhamdulillah berkurang. (eh, kalau herocyn ini termasuk obat kimia bukan? maksud judulnya sih yang biasa pakai salep atau cairan gitu).

Minyak tawon

Kadang ada rasa kurang sabar inginnya cepat sembuh, jadi kepikiran memakaikan minyak tawon. Berharap rasa panasnya membuat bintik-bintiknya mengempis. Alhamdulillah, si bayi tidak rewel karena panasnya minyak tawon. Hasilnya, kadang ampuh, kadang tidak.

Baby cream

Ini juga resep dari bidan saat kulit wajah bayi mulai kering karena asi atau bintik-bintik merah. Baby cream ini fungainya untuk melembabkan kulit bayi agar tidak kering.


Albotyl

Pasti pada mengira mengatasi ruam popok dengan albotyl apa bisa? tidak perih? ternyata bisa juga loh. Coba deh baca petunjuknya. Cukup beberapa tetes ke kapas terus diusap ke bagian bintik-bintiknya. Raceqy dikasih itu malah anteng diem, kesenangan kayaknya. hehe. emang habis itu yang bentol-bentol putih cepat mengering.

Dari semua itu yang paling ampuh adalah ditaburi bedak sesering mungkin dan albotyl. Tapi karena albotyl cukup mahal, jadinya jarang pake albotyl. Tidak berapa lama pasti kering dan bentol-bentolnya hilang. Insyallah. Ini baru di Kota Malang yang hawanya tidak begitu panas. Cobaa nanti kalau pindah ke Surabaya yang lebih puanass.. Ish.. semoga mruntus-mruntusnya tidak kumat. Aamiiinnn
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

Follower