Pantai Batu Bengkung : Pesona Pantai Yang Terbendung Alami

12 comments
Pantai Bengkung adalah salah satu pantai yang jadi rekomendasi mertua untuk dikunjungi. Soalnya beliau-beliau udah pernah berkunjung ke beberapa pantai di Selatan Malang. Yang menarik dari pantai ini adalah garis batu yang membendung sebuah bendungan yang menghalang ombak menuju bibir pantai. Seolah-olah kita lagi foto di bawah ombak.

Akses

Akses menuju Pantai Batu Bengkung tidak sulit. Kalau dari kota Malang menuju Kepanjen-Gondanglegi-Pantai Balekambang. Masuk Jalan Lingkar Selatan (JLS) ada papan petunjuk menuju beberap pantai di selatan Malang. Salah satunya Batu Bengkung. Kondisi jalan sebelum JLS banyak berlubang, cukup berkelok, dan masih muat dua kendaraan saja, beda sekali dengan JLS yang lebih lapang dan halus. Masuk menuju loket Pantai Batu Bengkung, jalannya masih tanah. 
Landmark Batu Bengkung

Gerbang dan Loket ke Pantai Batu Bengkung

Tiket

Tiketnya cukup murah 5000 per orang dan tarif parkir mobil sekitar 10.000 siang hari, 15000 malam hari. Kalau motor jelas lebih murah dari itu, tapi tidak tahu tepatnya, hehe. 


Pesona Pantai 

Karena karakteristik ombak pantai selatan Malang yang besar maka pengunjung dilarang berenang. Sampai dititik ini, penasaran, mana sih yang katanya ada batunya. Suasana juga sepi, jangan-jangan bukan ini. Ternyata adik bilang "kalau yang seperti di foto itu jalan kesana lagi, banyak orang di sana", katanya sambil menyipitkan mata menahan silaunya matahari siang. Oh, oke. Kita pun kesana setelah parkir mobil di bawah pepohonan. Enak sih, belum banyak pengunjung, tukang parkir juga tidak ada, jadi asal-asal pengendara saja mau parkir dimana. Kelebihannya bisa pilih tempat yang teduh. Kekurangannya, kadang ada yang parkir yang ternyata itu adalah sirkulasi kendaraan. Jadinya beberapa bus dan mobil tidak bisa lewat.



Setelah mencari tempat di gazebo sederhana beralaskan pasir pantai, kami menggelar tikar dan mengeluarkan pasokan makanan yang dibawa dari rumah. Anginnya cukup kuat. Saat itu Raceqy masih enam bulan, diselimuti terus biar tidak masuk angin. Kasian kalau dibiarin seperti waktu wisata dan bermain air di Pantai Nganteb.


Baca juga : Pesona Pantai Nganteb

Wauw! itu pantai yang terbendung! 
Agak takjub lihat pantai yng dibendung dengan sebuah garis yang terbuat dari batu. Pasti ada maksud tersembunyi kenapa Allah ciptakan itu. Tidak saja unik untuk berfoto-foto karena seolah-olah kita berada dibawah ombak. Tapi juga bisa berenang dan main air tanpa harus khawatir dengan ombak yang ganas. Pantai ini bisa termasuk pantai yang aman untuk berenang (asalkan di sisi bendungan dekat pasir pantai ya!). Yang tidak kalah penting, airnya bening loh, bersih!


Banyaknya pengunjung yang sedang berenang membuat saya kesulitan wefie seolah-olah sedang di bawah ombak.


Karena narsis, fotonya kecil saja ya, hehe.. oh itu seolah-olah foto dibawah ombak? hemm.. (biasa saja deh, nah loh, haha). 

Asik berenang
Ada bukitnya juga tapi harus hati-hati karena jalannya masih tanah dan licin. Sebenarny ada tulisan dilarang naik, tapi banyak banget yang naik ke atas bukit, termasuk saya. Haha. 

Ternyata pantainya keren kalau dilihat dari atas. Kelihatan bendungannya. Warnanya juga terlihat beda. MaasyaAllahh...

Garis Bendung Terlihat Dari Atas

Sisi Lain Pantai Batu Bengkung

Berada di atas bukit dan melihat pemandangan ini betapa merinding sekaligus takjub dan tidak berdayanya manusia berada di pinggir lautan. Baru di pinggir loh, belum di tengah-tengah samudera.

Fasilitas

Walaupun tempat wisata ini tergolog baru, fasilitas tempat wisata ini sudah ada penginapan loh dan juga beberapa fasilitas utama.

Penginapan

Cocok untuk rombongan keluarga yang ingin menginap dan menikmati pantai di malam hari. Atau menghabiskan tahun baru, bakar jagung atau barbeque party di Pantai Batu Bengkung. Jangan tanyakan harga, saya tidak menanyakannya. hehe.

Penginapan Restu Alternatif

Warung, Toilet dan Musholla

Jenis makanan yang dijual standar warung saja, seperti lalapan dengan ikan laut bakar, mujaer, ayam goreng, mie instant. Minumannya juga standar seperti es degan, kopi, teh. Untuk harga masih dibatas normal, makanan sekitar 15000-20000. Harga minuman juga masih normal sekitar 3000-4000.


Parkir

Tidak hanya parkir mobil dan motor, tempat ini juga menyediakan parkir Bus. 



Nah, buat yang bingung lagi mau ke Pantai mana, bisa nih berkunjung ke Pantai Bengkung. 

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

12 komentar

  1. Belom pernah aku kesini Mbak... Gak terkenal.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkakakakaka skrg udah terkenal kan gara2 tulisanku haha

      Hapus
  2. Pantai ini emang cantik banget. ^_^ Kalau ada yang ngajak ke sana lagi, aku mau. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jya mba sy penasaran pantai tiga warna malah

      Hapus
  3. Wah, gambarnya menggoda untuk mengunjungi pantainya nih, sebagai orang Malang saya belum pernah ke pantai di selatan, hehehe

    BalasHapus
  4. sempet mau kesana tapi g jadi, padahal deket dengan gua cina kan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kmren rencana ke gua cina habis dr bengkung, lah kok trlalu menikmati bengkung, jadinya ga jadi, udah ksiangan juga hehe

      Hapus
  5. waaah...sudah lama nggak Mantai...padahal dulu sering banget pas pantai ini masih sepiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pasti jalanan masih jelek ya, blm ada yg jualan dnk mba

      Hapus
  6. indah banget ka tempatnya :)
    btw aku baru 1 kali loh main ke pantai hehe

    BalasHapus

Follower