Meriahkan Kirab Obor di Kota Malang Untuk Dukung Bersama Asian Games 2018

1 comment

Ketika saya buka media social beberapa hari ini, ada rasa desir di hati membaca judul-judul tulisan yang berseliweran di lini masa. Apalagi kalau bukan prestasi besar atlet Indonesia di kancah Internasional. Zohri menjadi juara dunia dalam cabang olahraga atletik.

Zohri mengingatkan saya pada ajang olahraga Asian Games 2018 bulan Agustus mendatang. Sebentar lagi, atlet-atlet Indonesia akan menunjukkan kepiawaiannya dalam cabang olahraganya masing-masing. Indonesia harus mengukir prestasi besar di rumahnya sendiri.

Sejak Vietnam memutuskan mundur menjadi tuan rumah Asian Games 2018Indonesia kemudian dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Awalnya, Asian Games akan dilaksanakan tahun 2019. Jadwal itu berubah maju satu tahun karena Indonesia akan melaksanakan pemilihan Presiden tahun 2019 sehingga Asian Games dilaksanakan tahun 2018 ini. Jakarta dan Palembang siap menyambut kehadiran para atlet dari seluruh Asia dan juga para wisatawan yang ingin menyaksikan pertandingan Asian Games.

Pembenahan terus dilakukan untuk menyambut kegiatan besar itu. INASGOC, panitia pelaksana Asian Games 2018, terus berupaya memberikan yang terbaik agar pelaksanaan Asian Games berjalan lancar.

Kita harus bangga sudah dipercaya sebagai tuan rumah. Kita harus siap menjadi warga negara yang bisa mendukung jalannya pertandingan Asian Games 2018. Jadilah pendukung (supporter) yang supportive. Tidak membuat kekacauan saat pertandingan.


Spanduk dan Baliho Sebagai Salah Satu Bentuk Dukungan

Dukungan dari daerah-daerah pun terus bermunculan. Jangan sampai euforia Asian Games kalah dengan euforia Piala Dunia. Baliho dan spanduk banyak terpasang di pinggir-pinggir jalan untuk membangkitkan semangat daerah untuk mendukung Asian Games 2018. Anak muda Indonesia harus punya semangat dukung bersama Asian Games 2018.

Spanduk Dukungan Asian Games 2018
Beberapa titik di Kota Malang juga bermunculan spanduk dan umbul-umbul yang mendukung terlaksananya Asian Games 2018.

Spanduk dan umbul di Kota Malang (dok. Pribadi)

Kota Malang Ramaikan Kirab Obor

Kirab obor atau torch relay akan meramaikan Asian Games 2018 pertengahan Juli mendatang. Api abadi Asian Games diambil dari Stadion National Dhyan Chand, New Delhi, India.

Atlet-atlet legendaris akan membawa api obor Asian Games, seperti Taufik Hidayat, Susy Susanti, Budi Hartono, Yustedjo Tarik, Yayuk Basuki, dan Herman Sembalo.

Rencananya ada enam kota yang akan dilewati pawai obor yaitu Malang, Denpasar, Makassar, Palembang, Bandung, dan Jakarta.

Setelah kirab obor sampai di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, kirab obor ini masuk ke Kota Malang pada tanggal 20 Juli 2018. Masyarakat bisa melihat atau mengabadikan foto obor Asian Games 2018 ini. Kirab obor ini akan dimeriahkan oleh iringan konvoi dari penampilan atlet, seniman, konvoi komunitas dan elemen masyarakat.

  • Komunitas yang akan menyemarakkan kirab obor ini adalah HDCI Club (Harley-Davidson Club Indonesia), komunitas jeep Willys Club, pelari kolamara, pelari veteran, pelari Pasi, BMX, XCMTB, Fun Bike, Pelari pelajar SLTA, Sepeda Nusantara Atlet karate dengan total 750 atlet.
  • Juga ada support seperti freestyle, dribbling bola, senam ritmik, sepatu roda dan skate boarding berjumlah 75 atlet. 
  • Selain itu, pendukung utama di start dan finish 80 atlet atraksi pencak silat.
  • Mantan atlet torch relay pelari tingkat internasional sebanyak 10 orang ini juga akan meramaikan kirab obor.

Tak hanya kirab obor saja, tapi ada pameran produk dari PT. Pertamina. Mumpung ada acara seperti ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Malang akan gelar budaya agar banyak orang yang masih peduli dengan kebudayaan asli kita.


Rutenya dari kacuk, kirab obor akan melewati Jalan Raya Kepuh – Jalan S. Supriadi - Jalan Arief Margono – Jalan KH Hasyim Ashari – Jalan Kawi – Jalan Ijen – Jalan Semeru – Jalan Kahuripan – Jalan Tugu dan terakhir di Balai Kota sekitar pukul lima sore.

Kita bisa ikut menyambut kirab obor ini karena momen ini sangat jarang terjadi. TNI dan Polri seperti biasa bertugas mengamankan jalannya acara.

Uniknya, ini merupakan Asian Games yang ke-18 dan akan dilaksanakan tanggal 18 Agustus 2018. 18-8-18. Angka cantik dan semoga memberi keberuntungan bagi Indonesia

Jangan lupa, Rek! 20 Juli nanti saksikan Kirab Obor Asian Games 2018! Mari meriahkan dan  dukung bersama ajang olahraga bergengsi ini!



Sumber diolah dari:



https://asiangames.tempo.co/read/1106399/kirab-obor-asian-games-lewati-18-provinsi-libatkan-40-legenda

https://www.malang-post.com/berita/kota-malang/ayo-sambut-obor-asian-games-di-kota-malang

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

Follower