Mengenal HokBen Lebih Dekat Sambil Menikmati Menu Baru "Hot Spicy Teriyaki"

6 comments
Beberapa hari ini kota Malang lagi dingin banget. Mungkin karena sudah masuk musim kemarau jadi dingin. Eh kok aneh ya? Padahal kan musim kemarau itu panas kok malah cuacanya dingin. Tapi memang begitu kenyataannya.

Ada yang bilang lagi karena masuk musim mahasiswa baru (Maba) jadi kota Malang menyambut Maba dengan cuacanya yang sangat dingin. Nggak cuma cuaca aja sih, salah satu gerai makanan yang baru buka di Jalan Soekarno Hatta, Malang, siap-siap menanti kedatangan para agent of change itu. Lokasi strategis karena banyak sekali tempat makan di sana. Dan pastinya tidak jauh dari kampus Universitas Brawijaya.

Namanya Hoka-Hoka Bento !

Sabtu tanggal 4 Agustus 2018, saya dan anak saya ikut kumpul blogger di Hoka-Hoka Bento yang kebetulan dekat banget sama rumah mertua.


Memang Arti Namanya Apa?

Siapa yang tidak kenal dengan restoran ala Jepang itu? Orang-orang menyebutnya HokBen. Hoka-Hoka Bento itu artinya kotak hangat. Maksudnya kotak makanan yang selalu disajikan hangat.

Kenapa Harus ala Jepang?

Kita tahu kan negara yang terkenal dengan bunga sakuranya itu sangat disiplin sekali. Belum lagi kuliner Jepang itu sangat kaya sekali. Makanya harapannya Hoka-Hoka Bento bisa seperti orang Jepang yang disiplin dan bisa selalu menyajikan menu-menu yang bervariasi biar costumernya nggak bosan. Apalagi di jaman sekarang kalau nggak ada inovasi bakal ketinggalan sekali.

Bagaimana ya Sejarah Pendirian Hoka-Hoka Bento?

Ternyata Hoka-Hoka Bento memang sudah lama hadir di Indonesia. Saat kumpul Blogger tanggal 4 Agustus 2018, Bu Irma Wulansari, Divisi Komunikasi Hoka-Hoka Bento Group, menjelaskan HokBen berdiri pertama kali di Jakarta tangal 18 April 1985 dan berada di bawah lisensi PT. Eka Bogainti. Duh, lebih tua dari saya, hehe. Makanya Hokben sudah terkenal sekarang. Cabangnya di Indonesia sudah banyak. Restoran pertama hadir di Kebon Kacang, Jakarta.

Sejarah Pendirian Hoka-Hoka Bento (sumber: data HokBen yang diolah)


  • Tahun 1990, gerai Hokben dibuka di Bandung. Sampai saat ini ada 25 gerai yang tersebar di Jawa Barat.
  • Tahun 2005, gerai HokBen dibuka di Surabaya. Total ada 11 gerain HokBen tersebar di Malang dan Surabaya.
  • Tahun 2007, HokBen meluncurkan Call Center dan Hokben Delivery. Call Center Hoka-Hoka Bento dengan telepon 1-500-505.
  • Tahun 2008, setelah 23 tahun berdiri akhirnya HokBen meluncurkan website HokBen dengan fasilitas pesan Online. Di tahun tersebut juga HokBen memperkenalkan paket untuk anak-anak yaitu Kidzu Bento. Di tahun itu juga HokBen memperoleh sertifikat Halal. Di tahun ini sudah ada 97 gerai yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Banten, Surabaya dan Malang.
  • Tahun 2009, HokBen terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Tak perlu lagi turun dari mobil, HokBen meluncurkan HokBen Drive Thru di cabang Alam Sutera, BSD Square (Tangerang), Harapan Indah (Bekasi) dan Polisi Istimewa (Surabaya). 
  • Tahun 2010, HokBen membuka gerai baru di Jawa Tengah (Yogyakarta, Semarang, Solo) dan Bali.
  • Tahun 2012, HokBen mengalami kemajuan untuk terus memanjakan para pelanggan. Di tahun ini, HokBen membuka Hocafe. Di tahun ini juga HokBen mulai menggunakan pembayaran dengan cara multi-cashier service dan debit/credit card. HokBen sekarang sudah memiliki lebih dari 150 gerai di Jawa dan Bali.
  • Tahun 2013, Hoka-Hoka Bento melakukan peremajaan dan pembaharuan logo dari Hoka-Hoka Bento menjadi HokBen. Kenapa harus rebranding? Kata Bu Irma, Sekarang jaman terus berkembang jadi biar fresh dan nggak ketinggalan yang lain.
  • Tahun 2017, HokBen menerima berbagai penghargaan Brand of The Year sebagai restauran dengan pelayanan cepat di Indonesia yang dipresentasikan di Kensington Palace, London. Selain itu, HokBen juga dapat penghargaan dari Brand Asia sebagai Top 3 Most Powerful Restaurant Brand di Indonesia. Di tahun yang sama, HokBen sudah memperbaharui Sertifikat Sistem Jaminan Halal dari MUI.


Dimana Lokasinya?

HokBen di Kota Malang sendiri sudah ada di Mall Olympic Garden (MOG) di lantai dasar dan lantai tiga di food courtnya. Sedangkan di Jalan Soekarno Hatta ini baru buka tanggal 10 Juni 2018. Jadi yang pengen ke HokBen nggak perlu jauh-jauh lagi ke MOG. Dulunya lokasi HokBen ini dipakai oleh Dapur Kota tapi sekarang Dapur Kota pindah ke lantai atas dan HokBen di lantai bawah. Lokasinya bersebelahan dengan Indomaret di depan Big Burger dan Pecel Bu Tinuk.

Alamat HokBen cabang Soehat : Jl. Soekarno Hatta, Blok D-401, Lantai Dasar, Kota Malang

Buka Sampai Jam Berapa?

Biasanya restoran begini akan buka saat makan siang, tapi HokBen tidak. Dia sudah buka sejak jam tujuh pagi. Jadi kalau mau sarapan di HokBen juga bisa. Jam pelayanan HokBen Soehat dari jam 07.00- 23.00.

Ada Menu Apa?

Menu-menu HokBen juga sangat bervariasi. Menu terbaru dari HokBen yang patut dicoba adalah Hot Spicy Teriyaki. Selain itu ada Ekkado, Tori No Teba, Egg Roll, dan lainnya.

Hot Spicy Teriyaki

Menu terbaru HokBen 2018 ini ada dua pilihan yaitu beef (daging sapi) dan chicken (ayam). Perpaduan potongan cabe dengan daging teriyaki ini membuat rasa pedasnya keluar dan bersatu dengan rasa dagingnya.
Bagi saya yang tidak terlalu tahan dengan pedas (makan seperempat batang cabe sama tahu goreng aja sudah kepedesan) rasa pedasnya sudah cukup pedas sedangkan bagi teman-teman pecinta pedas sedikit kurang menantang. Nah, mungkin suatu saat HokBen bisa saja menerapkan level-level kepedasan untuk Hot Spicy Teriyaki ini.

Ekkado

Sebenarnya asal kata ini dari kata Egg (telur) dan kado (yang dibungkus seperti kado). Sedangkan isinya dari olahan udang berbumbu dikasih telur puyuh dan dibungkus kulit kembang tahu. Rasanya, guriiihhhh. Cocok dicocol saos sambel!

Tori No Teba

Ini adalah kulit sayap ayam yang dikasih daging ayam berbumbu gurih dan digoreng dengan teknik khusus. Kebayang gimana cara nguliti sayap ayam. Tapi rasanya juga nggak kalah enak! Jamin bisa ngehabisin saos sambel!

Beef Teriyaki, Ekkado, Tori No Teba 

Bento Special 

Menu-menu di Bento Special ini disajikan dalam sebuah Bento isi nasi, salad sayur dan bermacam-macam menu seperti Teriyaki, Ekkado, Shrimp Ball, Tori no Teba.

Tokyo Bowl

Dari namanya saja kita sudah menduga kalau menu satu ini disajikan dalam sebuah mangkok. Menunya pun sangat bervariasi.

Daftar Menu HokBen

Beberapa Menu HokBen


Banyak kan menunya. Kalau kesana pasti bingung mau pilih apa. Rasanya pengen dirasain  semuanya. Karena variasi menu ini dijamin kalian nggak cukup sekali ke HokBen, hehe.

Ada Fasilitas Apa?

Fasilitas-fasilitas yang ada di HokBen Soehat adalah :

Dine-In
Kita bisa makan di tempat dengan kapasitas yang cukup banyak sekitar 112 kursi.

Take-Away
Selain dimakan di tempat, HokBen juga bisa Take-Away. Ada counter khusus take-away jadi tidak perlu ikut antri dengan pengunjung yang Dine-In. Waktu tunggu sekitar 15 menit tergantung banyaknya pesanan. Waktu itu saya coba Take-Away dan waktu tunggunya tidak sampai 15 menit. Jika ada menu yang harus menunggu diolah, waktu tunggunya sekitar 20 menit.

Large order
Bagi yang ingin merayakan hari ulang tahun anak, atau acara lainnya, HokBen juga menerima pesanan dalam jumlah besar.

Meeting
HokBen juga bisa digunakan untuk acara kumpul-kumpul, seperti arisan.

Wifi
Wifi-nya ada kata kuncinya. Saya coba wifi-nya pas pagi hari. Dalam ruangan ada sekitar 40-an orang. Anggap saja yang menggunakannya baru separuhnya saja dan koneksinya cukup lancar. Begitu sampai siang hari saat HokBen sudah sangat ramai, koneksi sudah mulai melambat mungkin yang menggunakan koneksinya juga sudah lebih banyak.

Toilet
Toilet HokBen cukup nyaman.

Musholla
Kalau ingin berlama-lama d HokBen tidak perlu khawatir karena HokBen juga menyediakan musholla yang nyaman dan bersih. Maksudnya kalau ibu menyusui mau menyusui bisa pakai ruangan musholla ini, hehe.

Delivery 1 500 505 dan Ojek Online
HokBen juga menyediakan fasilitas delivery order dengan minimum order Rp. 50.000,- tidak termasuk pajak dan ongkos delivery. Pemesanan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Ojek Online.

Smooking Area
Jangan khawatir bagi ibu hamil dan anak-anak, untuk perokok bisa duduk di smooking area agar tidak mengganggu pengunjung yang lain.

Parkir
Mungkin bagi pengendara mobil akan merasa kurang nyaman dengan luasan parkir yang ada di depan HokBen. Apalagi saat pengunjung ramai. Mungkin parkir HokBen kurang luas. Tapi sebenarnya HokBen sudah menyediakan parkir tidak hanya di depan HokBen tapi ada juga di ruko sebelah HokBen.

Fasilitas Hoka-Hoka Bento Soehat, Malang

Merek Terdaftar Hoka-Hoka Bento?

Oh, saya baru tahu kalau restaurant juga bisa mendaftarkan merem makanan yang dia buat sendiri. Merek-merek yang ada di HokBen sudah terdaftar atas nama PT. Eka Bogainti. Total ada 382 merek yang sudah terdaftar seperti:

  • Hoka-Hoka Bento (no IDM000136356 –kelas 43, no IDM000124756 – kelas 29 dan 30, no IDM000368135 – kelas 32)
  • HokBen (no IDM000502817 kelas 43, IDM 000501877 kelas 30, no IDM000503138 kelas 32)
  • Ekkado (no IDM000072051)
  • Tori No Teba (no IDM000349320)
  • Dan merek lain seperti Hoka-Hoka Bento, HokBen, HHB, Hoka-Hoka, HokBen Delivry 500-505, Obento, Bento Express, Bento Station, Taro dan Hanako, Kidzu Bento, dan lain-lain.

Jika ada yang menggunakan merek yang sama pada keseluruhannya dengan merek terdaftar HokBen untuk baran dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan akan dikenai sanksi pidana maksimal 5 tahun penjara dan /atau denda maksimal 2 miliar rupiah.

Jika ada yang menggunakan merek yang persamaan pada pokoknya dengan merek terdaftar HokBen untuk baran dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan akan dikenai sanksi pidana maksimal 4 tahun penjara dan /atau denda maksimal 2 miliar rupiah.

Jadi jangan sampai menggunakan merek HokBen ya untuk buka usaha!

Indahnya Berbagi Kebaikan

HokBen juga punya CSR kepada masyarakat yang diwujudkan dalan bentuk buka bersama dengan yatim piatu, donor darah, dan beasiswa anak petani. HokBen juga pernah mengadakan buka bersama dengan 3300 anak yatim piatu. Bagi yang ingin menyelenggarakan kegiatan bersama anak yatim bisa banget mengajukan proposal ke HokBen.

CSR HokBen

HokBen Community Pattern, Apa Itu?

Kalau kita masuk HokBen, kita akan melihat stiker di kaca atau dinding bangunan HokBen yang kita kira hanya hiasan belaka. Ternyata ada artinya, loh. HokBen Community Pattern adalah simbol pola komunitas yang merepresentasikan pelayanan HokBen.


  • Parent and Kid. Simbolnya menggambarkan orang tua dan anak yang menunjukkan kasih sayang orang tua dan anak. Sekaligus, HokBen memberikan menu yang sehat untuk anak dan orang tua.
  • Welcoming Hello. Simbol ini menggambarkan seorang pelayan yang ramah terhadap pengunjung.
  • Friendship. Simbolnya seperti dua sahabat yang saling merangkul. HokBen juga bisa menjadi tempat berkumpul bersama teman untuk merekatkan hubungan persahabatan. 
  • Respect. Simbol yangmenggambarkan orang sedang membungkuk ini diibaratkan pelayan yang menhormati coatumer atau pelanggan HokBen.
  • Pride. Simbol yang menggambarkan kebanggaan dimana kehadiran HokBen yang dikenal masyarakat menjadi satu kebanggaan. Apalagi ternyata HokBen adalah produk lokal bukan produk asing. Hanya saja namanya yang ke-jepang-an.


Setelah kegiatan berakhir saya pun memesan Hot Spicy Teriyaki untuk suami dan Kidzu Bento untuk anak di rumah.

Mau Tahu Lebih Lanjut?

Kalau kalian nggak mau ketinggalan berita terbaru dari HokBen, kalian bisa follow akun-akun atau kunjungi web HokBen berikut:

Instagram : @HokBen_ID
Facebook : Hoka-Hoka Bento
Twitter : @hokben
Youtube : HokBen
Website : www.hokben.co.id
Kontak HokBen Soehat, Malang : 0341-4379373
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

6 komentar

  1. baca reportase ini bikin perut lapar hehehe...

    BalasHapus
  2. Jadi tau deh artinya Hoka Hoka Bento 😊. Ulasan yg menarik 👍

    BalasHapus
  3. Ulasannya lengkap bamget mbak. Jadi tahu deh sejarah Hokben yang luar biasa ya perjuangannya. Pantesan enak saladnya #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbaa...iya saladnya seneng deh

      Hapus

Follower