Samarinda,
12 Maret 1989

24 tahun lalu di kota itu,
sujud syukurku pada Allah SWT, memberikan kado terindah di umur yang ke 24,
dan merayakannya.. disini.. walo tanpa ayah, ibu, adik, maupun pacar..
dan tanpa kue tart..

Paris,
12 Maret 2013

Masih mengira ini mimpi, tapi... plok plok plookk #tamparwajah it's not a dream !

terbangun di pagi hari, sholat, dan berdoa, berucap syukur bahwa aku masih diberi umur, kesehatan, dan kekuatan untuk hidup di negara yang membuat hati "naik turun", alhamdulillah.. it will be ok, mec ! :)

menengok ke jendela, ternyata salju turun lagi di paris !!
jarang banget salju turun, dari 3 bulan musim dingin, paling cuma 2 kali turun salju, itupun cuma 1 atau 2 hari,
tapi yang dirasa adalah "la neige tombe au 12 mars" salju turun di 12 maret!

Tiba-tiba ada sms,
ternyata ajakan seorang kawan mengunjungi Eiffel saat salju turun, 
finally, cuma sikat gigi, cuci muka, makan bentar, pake t-shirt, sweeter,mantel panjang, kaos tangan dan syal, terus berangkat.

Keluar residence, bener2 putih bersiih salju itu, 
tapi sekali manusia menginjaknya, salju tidak lagi terlihat putih dan bersih.
Dan lagi, harus berjalan pelan2 kalo ngga mau kepeleset.

Sesampainya di Eiffel,
yang biasanya banyak turis, ini cuma beberapa saja, ada Bus tourist sih. Kebayang deh kalo jadi turis datang ke eiffel saat salju itu sayang banget.
Suhu saat itu - 2°C.
Badanku masih tahan dingin, tapi tangan dan kaki sudah kedinginan.


Gaya nge-rock !!! :D


Happy B'day Lita :)


Salju membuat kamera berembun -___-






Carrousel ala Paris, près de la tour Eiffel !



Grand Merci, Allah ... :)
Efek diluar saat salju itu :
jari2 kaki dan tangan beku, susah digerakkan, padahal udah pake sarung tangan, kalo untuk kaki, karena airnya masuk ke jari kaki, jadinya dingin buangett !
kerasa mau pingsan deh.
Pulang2nya segera di siram pake air pancuran yang hangat, tapiii... setelah itu gatal2, ngga tau kenapaa.. kaget kali dari dingin ke panas, kaki merah2, telapak tangan merah2 juga.
Tapi, nggak apa2 laah.. namanya juga baru sekali main salju2an :D
Read More
Hadeuhh.. emang ya slogan "Kalo bisa dibuat susah, ngapain di permudah" itu kerasaaa banget dah disini. Semua pengurusan administrasi, ribeeettt buangeeett -___-

Berawal gara2 residence ku yang lama mau ada travaux (pekerjaan perbaikan/rehab) bangunannya, jadi semua penghuninya harus disuruh pindah, dan semua yang di residence universitaire Crous Cîteaux harus di pindah ke Crous Ourcq. Pertama liat lokasinya di mana, byoohh, au bout du monde (ujung dunia) banget dah. Mepet pinggiran kota paris sih. Dan lagi itu termasuk Arrondissement (seperti kecamatan dalam suatu kota tapi dipimpin walikota) 19 yang notabene kebanyakan orang migran nya dan terkenal kriminalitas cukup tinggi.

Setelah ujian selesai, besoknya mulai ngurus ke admin di residence yang lama, terus dikasih attestation de loyer  (surat keterangan udah bayar bulanan).

Jadi, aku harus ke Crous Paris sebagai institusi publik dibawah menteri pendidikan perancis untuk membantu mahasiswa, termasuk mahasiswa asing, untuk studi di Perancis, dari membuka restaurant untuk mahasiswa, kegiatan kebudayaa, mencari pekerjaan sampingan, dan yang paling penting ini -- mengurusi tempat tinggal (logement). Dan hari itu juga aku ke Crous Pusat nya Paris, disana suruh nunjukin surat keterangan beasiswa dari Campus France namanya Attestation de Bourse, kalo misal ngga ada itu, pihak Crous ngga mau melayani. Setelah aku nunjukin surat itu, akhirnya aku diajak ke Madame yang bagian ngurusin logement. 

Setelah ngutarain maksudku mau laporan pindahan, diminta attestation de loyer dan attestation de bourse, baru deh Madame nya ngetik2 di komputer (mungkin database gitu) trus nyatet2, ga ngerti apaan, trus ditawarin kalo di Crous Ourcq yang baru ini harganya 427 euro per bulan dan garatie (uang jaminan kalo nyewa kamar, dan nanti dibalikin kalo kluar) 200 euro. 
"Quoi???"
(Apaa??) ekspresi yang kaget. Ya jelaslah seharga segitu, setengah dari beasiswa ku boowwk ! 
Trus aku tanya, "emang ngga ada yang paling murah Madame ??"
trus kata Madame nya kalo di tempat tinggalku yang lama itu yang paling murah di paris. 
Iya sih sebulan cuma 234euro yang chambre (semua fasilitas kecuali kamar mandi karena harus bareng2). Itupun dapat bantuan CAF jadi sebulan aku cuma bayar sekitar 120 euro. Muraah :D (Nb: kalo dapat CAF loh yah, soalx ngedapetinnya pun harus nunggu sampe 3 bulan, ckckckck )

Trus aku masih ngetet dunk, "emang di residence lain ngga ada yang lebih murah dari Ourcq, Madame??" (karena ada temen di residence lain, bisa lebih murah dengan fasilitas yang sama).
Si Madame bilang "kalo itu udah aturan, jadi semua yang di Cîteaux harus dipindah ke Ourcq". (bilang aja ga mau repot ya madame??)
Hufff... Ngga bisa jawab lagi daah kalo dah dikasih alasan "Aturan".
Aku bilang, "tapi segitu bagi saya udah mahal madame"
Madame nya bilang "ya terserah kamu, mau terima atau ngga?"
oh là là,, itu namanya pemaksaan.
Hmm... tapi yawuda deh, daripada harus rempong nyari tempat tinggal di paris, akhirnya dengan sangat pasrah dan terpaksa "yawuda deh madame, j'accèpte (aku terima)" dengan wajah melas tentunya. Yah kebayang deh makin ngirit2 aja buat makan nii, padahal selalu tergoda ama cemilan disini.
Trus madame bilang kalo tgl 1 aku harus bayar residence ourcq yang baru.

terus ke admin di residence yang lama, bilang kalo aku udah ke crous paris, dan ternyata gw di marah2in kalo aku harus ke crous ourcq, nah looh, padahal si madame sblumx bilang aku ke residence yang baru buat bayarnya mulai tgl 1. Akhirnyaa, aku ke crous ourcq, sampe sana untung ngga antri, setelah aku ngisi2 form2 gitu, aku harus balik lagi buat ngelengkapin berkas, dan bayar logement plus garantie-nya.
List yang harus dibutuhkan :
- Attestation de bourse
- Certificat de scolarité (seperti surat keterangan aktif jadi mahasiswa)
- RIB (no rekening kita) yang biasanya harus di prin dari website bank dg akun kita atau minta ke bank
- Pièce d'identité (identitas kita, aku pake paspor sih)
- Assurance d'habitation dan Assurance civile (asuransi tempat tinggal,ini minta ke bank, dan aku harus ganti assurance yang udah aku punya dengan alamat yang baru)

Alhasil karena aku kurang assurance d'habitation dengan alamat yang baru, akhirnya baru bisa besok ke bank deh. 
Besoknya..
ternyata kata bank nya, hari senin baru bisa di ambil (padahal aku kesana hari rabu) -__-
Akhirnya menunggu dengan sangat lama deehh..
Hari minggu aku udah mulai beres2 baju sih, pas hari senin, aku tinggal ambil assurance d'habitation ke bank trus ke crous ourcq, itupun pake rempong dulu dah pokoknya, ngantri disalip2 orang, walopun si orang lain merasa bersalah, aku malas aja dah. Udah tau adminnya rempong, lama, ngelayani orang yg nelpon, pake disalip segala pula. Hmmm.. Kalo aku ga ngijinin, pasti dibilangin "C'est pas gentille" (bukan orang baik) --males kan..

Setelah giliran aku, trus ngasi semua dokumen yang dibutuhkan, dengan wajah males. Apalagi yang petugas yang satu ini, agak kurang paham apa ya, bingung sendiri ngurus berkas2nya, surat2nya dibaca satu2, oh là là... repot daah... Apalagi mau bayar, udah aku bilang aku blm bayar loyer, masih aja repot nanya temennya aku udah bayar atau belum... Grrrrr..
Setelah bayar, akhirnya dapat kunci, 3 biji : kunci depan pake sensor, kunci kamar, dan kunci loker.
Setelah itu pake tanda tangan sebagai tanda terima kalo aku udah nerima kuncinya dengan kalimat2 persis seperti apa yg adminnya katakan. Dia bilang "tolong tulis disini 'trois clés réçus le 3 mars 2013'"

Setelah itu, balik lah ke residence yang lama untuk angkut2 barang, dibantu dengan Bulan dan Mba Ulfa, merrciii bcp mes chères amies :* :* :*
Udah ngotong2 bolak balik 2 kali, dengan 2 koper besar, tas ransel dan tas jinjing, bawa ember, sampe isi tas yang salade nya keliatan dan diliatin orang dg cekikikan. Ahh Je m'en fous banget laah (I don't care).
Akhirnya nyampe juga di kamar yang baru, beres2.

dan besoknya ke residence yang lama buat état de lieu (pengkondisian tempat) artinya pada saat keluar kondisi kamar harus sama kaya saat masuk. Makanya saat masuk pertama dikasih kertas isi nya semua list yang ada di kamar itu, seperti jenis lantai dan kondisinya, meja, lemari, tempat tidur, pemanas, dapur, selimut, bantal etc. Dan saat keluar, dicek sama petugas kebersihan. Ada beberapa temen malah disuruh bersihin lagi, karena harus bener2 bersih saat ditinggal, syukurnya sih aku ngga ada.

Dan sekarang aku harus ngelengkapi list di kamar yang baru.. Biasanya kalo ada barang yang rusak, nanti dipotong dari garantie nya. 





amar yang lama yg cuma tipe chambre, ngga ada kamar mandi;











kamar yang baru tipe studio lebih lengkap dengan kamar mandi

Habis ini masih ngurus CAF biar dapet potongan tempat tinggal, moga dapat caf yaa.. amiin :D
Read More
Hey hey hey ...
Ini dia yang ditunggu2, membuat aku selalu kepikiran. Ujian tulis pertama di eropa, Perancis, mending ya pake bahasa inggris, ini pake bahasa perancis, ngga yakin deh si dosen ngerti tulisanku :'(

Belajar dari beberapa hari, baca2 catatan temen, sampe nemu ujian tahun sebelumnya yang dikasih temenku, yeay ! pas liat soalx, bingung mau jawab apa, hahaa !

Akhirnya, aku baca sampe habis tu catatan temen, terus baca catatanku yang acak kadut ! Karena kuliahnya tentang pengembangan pertanian, jadinya banyak kata2 yang ngga aku paham, terpaksa di catet di kertas kosong, mulai dari verbe, nom, adjective. Dan setiap catatan temen, aku cuma ngerangkum tentang pengembangan pertanian terutama tentang revolusi pertanian di berbagai negara, soalnya kuliahnya detail banget sampe rotasi tanaman, irigasi, kalender tanam, dll. dan aku ngga ada kapasitas untuk itu -____-
Setidaknya aku paham (sedikiiittt) tentang perubahan perkembangan pertanian di negara perancis, inggris, ukraina, senegal, vietnam, amerika, meksiko, dll, hehehe..

Besoknya, pas ujian, temen2ku donk, bawa catatan mereka yang setebel kamus prancis indo nya Winarsih en Farida, gilaakk ! trus aku tanya:
kamu sempet baca semua catatanmu ?? 
temenku jawab :
ngga ! -___-
terus pas ujian boleh liat catatan ngga ?? 
harusnya sih boleh, tapi ngga tau, kita liat aja nanti ! tenang aja, yang penting itu ini (sambil nunjuk otaknya)

kalo dia bilang gitu, berarti ujiannya bukan plek sama catatan, tapi lebih analisis. 

Duduknya pun mereka udah ngerti sendiri, ngga diatur2 mau deket siapa, ngga pake rebutan mau di belakang atau depan, pokoknya duduk aja, dan diatur jaraknya pula, jadi ngga ada yang duduk dempet2, yang biasanya bertiga jadi cuma berdua, biar ada jarak. Dan aku pilih duduk paling belakang, paling atas, soalxnya modenya kaya amphi teathre gt. Paling enak bisa ngeliatin cara mereka ujian juga :D
kalo nyontek mah ngga bisa, lagian tulisan mereka juga susah dibacaaaa !

Pas soal udah dibagiin, ternyataaa soalx mirip dengan tahun sebelumnya, antara senang atau ngga. Senangnya setidaknya aku udah nyiapin jawaban walau hanya beberapa poin. Ngga senangnya karena bingung memulai darimana.

Ngeliat temen.....
karena ujiannya cuma dua soal dan itupun pilihan, mau sintesis atau komentar teks, dan aku pilih sintesis, kalo pilih yang komentar, bisa2 ngga selese baca teks nya doank. Dan syukurnya bisa buka catatan, salahnya aku cuma bawa catatanku yg sedikiiiiitttt bisa diandalkan. Ya sudahlah.
Akhirnya mulai lah aku ngerjain jawabannya.
................
................
................
terus ngeliat mereka ada yang maju, kirain mau ngumpulin kerjaan; ternyataaaa nambah kertaaassss !! pas liat temen didepan dia nulis lembar yang ketiga. Waktu kurang setengah jam lagi, ternyata ada yang udah 4 lembar, ya ampuuunn mereka ngejelasin apaan sih ??? sampe bingung.
Sedangkan aku, cuma 1,5 lembar donkkk, itupun udah kehabisan kata2 mau ngejelasin apaan/
Akhirnya yaudah deeh, aku kumpul ajaahh !!!
Oh ujian di eropaaa !
Read More
Ternyata bersama mereka itu hanya sebentaarr,, 6 bulan bagiku belum cukup untuk mengenal mereka dan dekat atau bercandaan dengan mereka, walaupun 6 bulan itu juga ada becanda sih, tapi kalo dibanding di indo, aku sering banget ketawa2 bareng temen, kalo disini ngga ngerti karakteristik mereka.

Pertama kali masuk kelas, jelas ya, harus ontime ! padahal kalo di indo suka telat ni masuknya, hihihi.. terus pilih tempat duduk di depan dunk, kelas masih sepi, belum ada orang ternyata, ya iyalah masih sepi, kuliah dimulai jam 9 sedangkan aku dateng setengah 9, rajin kaaan :D
Sedikit demi sedikit mereka pada datang, seperti biasa, karena orang indo itu sama orang baru ngga bisa kalo ngga senyum, jadinya aku senyum, dan mereka selalu menyapa dengan sapaan yang selalu diucapkan kalo bertemu seseorang. Bonjour ! aku juga menyapanya dengan Bonjour !
Aku memberanikan diri untuk kenalan, namanya Lola, terus tanya-tanya tentang kuliah selama seminggu dan tanya berapa mahasiswanya. Soalnya aku baru tau, kalau perkuliahan di Agro itu udah dimulai seminggu sebelumnya. Dan dia berbaik hati menawariku catatannya. Merci Lola ! :)

Ngga cuma dia, yang jelas aku memberanikan diri lagi kenalan sama Claire, Camille dan Pauline. Tiga teman yang selalu bersama-sama, dan aku berusaha untuk selalu bergabung ama mereka, walau kadang ngga ngerti mereka ngomongin apaan -__- tp ça va :D
aku juga pinjem catatan pauline, eh inget pas nyatet dirumah, ngga tau kok kena air, bsokx pas mau balikin, ditegur hrus hati2, -____- pardon !

Hari-hari berlalu, akhirnya kenal juga sama kaum2 adam di kelas, itupun gara2 pas makan di kantin kampus mereka ngajak aku makan bareng. Terus disini juga suka banget ama soirée, acara kumpul2 di rumah seseorang dan tiap orang bawa makanan sendiri2 terus dimakan bareng. Yah biasa lah, di soirée aku juga ajang mengenali mereka. Agak kurang nyaman sih, soalnya ngga ngerti mereka ngomong apa, lagi ngebahas apa, bahasa sehari2nya susah dimengerti, dan banyak kata yang aku ngga ngerti. Akhirnya nyari aman lah, deketin temen yang udah aku kenal, seperti Angelyke, yang aku kenal di kampus Nanterre, Pauline, Camille, dan Claire. Selebihnya kenalan sama Sybile dan Gemma.

Ngga cuma mereka, akhirnya aku kenal Zab yang tiba2 negur aku, terus cerita kalo dia punya teman coloc (colocataire=teman sekamar) bernama Mémé yang pernah ke indonesia penelitian selama 6 bulan, akhirnya aku diajak dia untuk kenalan dengan Mémé, dan dia cerita macam2 waktu dia di indo.

Nggak cuma soirée, ada juga acara pique-nique. Pas kuliah, tiba2 disodorin kertas isinya nama, dan pilih salé atau sucre,, nah loh, aku ngga ngerti itu apaan, akhirnya aku ngga ngisi dulu. Pas istirahat, aku tanya temen, ternyata itu pique-nique habis kuliah, makan bareng didepan kelas, seperti soirée tapi dalam waktu singkat. Kita disuruh pilih makanan yang akan dibawa mau salé (makanan yang asin) atau yang sucre (makanan yang manis). Oh gitu,, akhirnya pada saat pique nique aku bawa pisang goreng doonk. Nah itu ada di cerita Kisah Pisang Goreng. Ini dia pique-nique nya :)





















Dan ngga terasa, 6 bulan berlalu dan ada soirée lagi, bedanya soirée yang terakhir, mereka langsung menyerbu makanan yang aku bawa, pada seneng soalnya :D
temenku bernama Michael memujiku "Tous ce que tu fais sont bons !" artinya semua yang kamu buat itu enak ! Hahaha .. merci michael ! padahal kalo di indo, pasti itu ngga ada rasanya :D

Read More
Dynamiques démographiques et socio-économiques des pôles intermédiaires périurbains et ruraux: le rôle de la distance à la ville
Mohamed HILAL et Emanuelle RENAUD-HELLIER

les pôles périurbains sont plus proches des pôles urbains (en moyenne 23 minutes contre 29 minutes pour ceux du "rural", les valeurs médianes sont de 21 et 26 minutes). Par ailleurs, qu'ils soient périurbains ou "ruraux", les pôles de services intermédiaires sont d'autant plus péuples qu'ils sont proches des pôles urbains: à moins de 10 minutes. (p.101)
Les structures par âge périurbaine et urbaine présentent de grandes similitudes
Beaucoup la population vieille dans une pôle périurbaine
les pôles périurbaines demeurent jeunes
la distance au pôle urbain ne semble influencer ni la structure par âge ni son évolution qui restent assez homogènes
les pôles périurbaines se situent à plus de 20 minutes présentent une composition par âge aussi jeune que celle des pôle plus proches. (p.106)

Les espaces agricoles périurbains : des espaces-frontières entre ville et campagne?
Isabelle DUVERNOY et Sandrine BACCONNIER

les espaces périurbains semblent  non seulement comme lieux de transactions entre rural et urbain, entre la société et l'activité agricole, mais aussi en tant que le lieux de confrontation et de négociation des identités urbaines et rurales et de leur continue (p.203)

Les espaces périurbains en mettant fortement en présence agriculture et développement urbain (résidence, activités économiques) jouent un rôle moteur dans les transformations sociales portant sur la légitimité de l'agriculture. Les espaces périurbains sont identifiés comme les lieux d'interaction entre agriculture et ville, en considérant la participation des agriculteurs et la profession agricole à leur construction et reproduction (p.205)

Le Regard de l'aménagement du territoire sur les nouvelles frontières entre l'Urbain et le Rural
Christel ALVERGNE

le périurbain est en rapport dialectique avec la ville. Ces espaces sont des réceptacles des dynamiques centripètes et centrifuges et dont les caractéristiques sont définis par rapport à la croissance urbaine. Les coûts fonciers jouent un rôle de repoussoir pour ces populations qui viennent s'installer dans le périurbain. La périurbanisation résulte de processus d'intégration spatiale et fonctionnelle d'espaces jusqu'alors ruraux dans des ensembles constitués autour de villes importantes (p.21)
les périphéries auraient non seulement un avantages relatif sur le centre, mais elles seraient porteuses de plus de nouveauté (p.22)
le processus d'évolution procède d'une genèse continue du processus d'urbanisation et de construction du système urbain. Une première phase, c'est la croissance urbaine qui procéderait la croissance d'une ville principale jusqu'à ce que elle se forme les villes secondaires comme les lieux de transits. Une nouvelle suivante, c'est la gentrification rurale et les nouvelles formes de ruralisme (p.22).

L'agriculture périurbaine ou les limites de la campagne à la ville. La construction socio-politique de la question agricole dans la région urbaine grenobloise
Nathalie BERTRAND, Anne-Cécile DOUILLET et Alain FAURE

La concurrence spatiale entre l'agriculture et la ville au périurbain provoque l'affaiblissement de la contribution du secteur agricole à la valeur ajoutée productive locale (p.190).

La population agricole (les ménages agricoles) diminue.
Grâce aux outils de planification dont les collectivités locales disposaient, ces réserves foncières ont été placées sur des terrains céréaliers productifs de plaine, où les exploitations agricoles maintenues sous un statut précaire ont permis d'entretenir des surfaces à moindre coût (p.191)

Le schéma de développement économique relègue ainsi l'agriculture à une fonction de réserve foncière où les intérêts agricoles sont de peu de poids devant "l'intérêt général".
Si les agriculteurs, agents économiques en tant que propriétaires et/ou exploitants agricoles, ont aujourd'hui peu de poids dans le développement économique local, à titre individuel ou comme groupe socioprofessionnel organisé, "l'agriculture" est largement invoquée dans le dernier schéma directeur et est appelée à jouer un rôle essentiel dans l'aménagement et la structuration du territoire.
la préservation d'espaces agricoles a été négociée dans les schémas d'aménagement comme pendant à la densification urbaine: cette "convention territoriale" (Souchard, 2000) pose un principe de défense, des espaces naturels, y compris agricoles, vus comme des espaces de coupure, limites intangibles de l'urbanisation: dans le SDAU de 1973, l'agriculture est identifiée à une coupure verte contenant l'urbanisation. Dans le schéma directeur de 2000, où la réflexion a été menée au regard des 5 secteurs de la RUG, des espaces agricoles sont reconnus à "fort potentiel agronomique ou facilement mécanisables", en fonds de vallée ou sur les balcons montagnards, tandis que des espaces ouverts à enjeux multiples ont une vocation écologique, touristique ou autre; les modalités de mobilisation de la question agricole se sont diversifiées. (p.192)
L'agriculture périurbaine est en effet une agriculture exigeant un traitement spécifique lié aux contraintes et atouts spécifiques de sa situation tandis que d'autres acteurs défendent l'idée que c'est avant tout un certain modèle d'agriculture qu'il faut défendre, quelle que soit sa situation géographique.

ADAYG - la puissante association défend l'idée que l'agriculture de la région doit s'adapter aux conditions périurbaines et tirer parti des atouts périurbains.

L'agriculture périurbaine est un atout pour la ville qui a tout à gagner à conserver un environnement agréable et un cadre de vie. C'est aussi un atout pour l'agriculture et les agriculteurs: un potentiel de consommateurs existe près des villes qui peut les servir s'ils savent exploiter les marchés de proximité (p.194)

L'approvisionnement de proximité est valorisé en l'associant aux termes de qualité ou de traçabilité.
les espaces agricoles comme un moyen de "respirer" le monde urbain. ces espaces proposent un cadre de vie agréable, des activités récréatives, la disposition des espaces verts.
les promoteurs de l'agriculture insistent sur la nécessité d'élargir les fonctions de l'agriculture.
la défense de l'agriculture périurbaine rejoint la notion de multifonctionnalité, mise à l'honneur dans nombre dispositifs de politique agricole.
l'entretien de ces espaces favorise la lutte contre les risques naturels, un débouché pour es déchets urbains.
L'agriculture - fonction environnementale, paysagère, identitaire et de service.
L'agriculture périurbaine est définie comme une agriculture au service de la ville, attentive à des fonctions autres que la fonction de production (p.195).

La principale action de la chambre d'agriculture depuis une dizaine d'années vise à contrôler l'évolution du foncier agricole, en veillant à ce que la profession soit présente ors des discussions des différents documents d'urbanisme, de l'échelle communale à l'échelle de l'aire urbaine.
les identités professionnelles agricoles - jeux dans ces espaces avec différente vision des fonctions des formes souhaitables de l'agriculture pour les documents urbanisme (p.210)

Rural-Urbain: Nouveaux liens, nouvelles frontières
Samuel ARLAUD, Yves JEAN, Dominique ROYOUX
Colloque de Poitiers
4 - 6 Jui 2003
Presses Universitaires de Rennes 
2005

Read More

Follower