seperti yang udah diceritakan mengenai Kasus Penipuan Online. Kali ini proses untuk melaporkan dan mengajukan pemblokiran rekening penipu dengan membuat atau mengajukan surat permohonan pemblokiran ke bank menggunakan format berikut. Bisa dimodifikasi tergantung permasalahan yang dihadapi.


SURAT PERMOHONAN PEMBLOKIRAN


Kepada            : Bank ..............
                        Di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama              : 
Alamat             : 
Handphone     : 

Memohon kepada Bank ............ untuk melakukan pemblokiran rekening .......... atas nama ...........dengan nomor rekening ........... Hal tersebut dikarenakan pemilik rekening tersebut bernama ................ telah melakukan penipuan jual beli terhadap saya dan meminta saya untuk melakukan transfer sejumlah Rp. xxxxxxxxxx ke rekeningnya, yang saya transferkan melalui ATM Bank.............. atas nama ............pada tanggal ...........

Hingga saat ini penjual tidak bisa dihubungi dan tidak bertanggung jawabnya sebagai penjual, maka saya memohon kepada Bank .............untuk memblokir rekening tersebut sampai yang bersangkutan menyelesaikan permasalahan yang terjadi dan tidak melakukan penipuan-penipuan lainnya dengan menggunakan rekening bank tersebut.

Terimakasih sebelumnya kepada Bank ...........untuk melakukan proses tersebut. Dan saya juga melampirkan Fotocopy KTP, Bukti Percakapan, Bukti Pembayaran, Kronologis Kejadian dan Surat dari Kepolisian.

.............,..............
Hormat Saya,


Materai 6000


.................




Read More
Jual beli online tentu saja ada resiko. Selain barang lama sampai tujuan, barang tidak cocok, kemungkinan terburuk adalah ditipu! Yap, dan itu udah terjadi sama diriku dan suami di awal bulan Juli 2015.

Ceritanya suami beli barang online. Velg enkei, murah. Setelah komunikasi, sang penjual memberi no rekening. Rekening istrinya. Suami minta foto KTP, dikasih KTP penjual. Suami tentu saja nggak mau, maunya KTP sesuai nama di rekening. akhirnya dikasih KTP istrinya juga. Ini penampakannya.

    


Biasanya ni, kalau udah begini, suami mesti nanyain ke aku, ini KTP bener apa nggak. Saat itu suami nanya, dan aku malah husnuzon, jadi menganggap KTP itu benar. Andaikan aku teliti, ga ketipu begini.

Padahal kalau kita mau teliti itu KTP palsu! Iya! coba cek aja, bisa tahu dimana palsunya nggak? Itupun aku mempelajarinya karena sering punya KTP pindah-pindah dan selalu memperhatikan angka NIK itu.

Setelah beberapa lama dihubungi ternyata, tidak ada kelanjutan, ditelepon tidak diangkat, di sms sempat dibalas setelah itu tidak dibalas, Di whatsapp juga tidak dibaca. Tapi nyambung.

Baiklah, setelah itu saya baru meneliti lagi KTP nya.

Benar saja kan!

Tipsnya ni melihat KTP itu palsu atau tidak. Lihat tanggal lahirnya. Di KTP pria itu lahir 08-07-1980. Tapi beda dengan NIK pria itu. Coba langsung lihat di angka 080791. itu artinya dia lahir 8 Juli tahun 1991. Beda sekali dengan tanggal lahir yang tertera di bawahnya. Nah kalau 320227 itu nomor wilayah kabupatennya. Banyak di internet, KTP kabupaten Sukabumi yang benar. itu bisa diindikasikan nama daerahnya. Walaupunbukan patokannya.
Baguslah, kita ketipu!

Ternyata teman suami aku juga transaksi ke orang dengan foto yang sama, beda KTP, beda nama, beda kabupaten, tapi tanggal lahir dan alamat sama, Masak iya alamat sama kabupaten beda.

Hmmpf. mana hari itu hari weekend. Nggak ada bank yang buka. Mau melaporkan segera juga tidak mungkin. Akhirnya kita melapor kasus penipuan ke kepolisian. Dengan membawa Surat Kronologis Kejadian. Kita pergi ke polsek terdekat.

Setelah berkisah begitu banyak, akhirnya dikasih wejangan-wejangan sama bapak polisi. Dan dari wejangan itu, ada hal yang harus diingat bagi pelapor sekalian.

Setelah mengobrol sekian lama, akhirnya dipanggil juga untuk dibuatkan surat pelaporan penipuan.
Bentuknya seperti ini.

Surat tanda penerimaan laporan kehilangan


setelah dapat surat laporan tersebut, kita menunggu hari senin untuk Melaporkan dan Memblokir Rekening Penipu ke Bank dengan membawa surat kronologis kejadian dan juga surat permohonan pemblokiran. Silakan baca disini proses Melaporkan dan Memblokir Rekening Penipu ke Bank.

Begitulah ceritanya, melaporkan penipu ke polisi.


Read More
La bureaucratie est toujours compliquée.

Berurusan dengan birokrasi gampang-gampang susah. Walaupun gampang tapi sebenarnya complicated.

Kali ini, aku harus berurusan dengan Pengadilan Negeri Kota Malang untuk mengurus akta kelahiran karena nama ibu salah. Berhubung ibu ada di Balikpapan, otomatis ibu sudah mengurus terlebih dahulu disana. Nggak cuma akta lahir ibu tapi juga akta lahir adik.

Karena aku udah cabut berkas kependudukan, dan resmi jadi warga malang, maka kepengurusan akta lahir dilanjutkn di Malang.

Setelah dapat surat yang berisi berkas-berkas untuk diajukan di Malang. Kamis pagi pergi ke Pengadilan. Pengadilan Kota Malang ada di Jl. A. Yani di bawah fly over Arjosari.

Sumber www.seputarmalang.com

Sampai sana masih sepi.  Yang ngurus pergantian akta lahir pun nggak cuma aku. Nggak banyak sih antriannya, cuma ada dua sampe tiga orang. Dan setelah menunggu pegawai pengadilan memanggilku. Aku pun menceritakan kisahku sebagai pengantar. Karena dikiranya emakku di malang.

Belum juga selesei bekesah (cerita), langsung dipotong. Dan langsung menunjukkan syarat bla bla bla. Udah gitu ngomong nya cepet. Alhasil sempet bingung. Sampai akhirnya otot2an. Ya secara, urusan beginian ga bisa dijelasin dengan cara begitu. Ga semua orang paham sama urusan  hukum.

Halah sudahlah.

Yang jelas syarat-syarat mengajukan pembetulan akta kelahiran itu

  • Fotokopi kutipan akte perkawinan
  • Fotokopi ijasah
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi akte kelahiran
  • Surat keterangan kelurahan
Karena mau membetulkan nama ibu di akte lahirku sebagai pemohon, maka syarat yang dikumpulin
  • Fotokopi kutipan akte nikah ibu
  • Fotokopi ijasah ibu
  • Fotokopi KTP pemohon (KTP ku)
  • Fotokopi kartu keluarga pemohon (nama ibu masih salah)
  • Fotokopi akte lahir pemohon
  • Surat keterangan kelurahan
Dan itu semua harus di nas segel (legalisasi) di kantor pos pusat

Karena yang kurang surat keterangan dari kelurahan, maka dengan segera pergi ke kantor kelurahan. Sampai sana pun harus ke pak RT dan Pak RW karena harus minta blanko dari RT dan RW.

Akhirnya sampai rumah, bukannya langsung ke RT dan RW, tapi tiduuurrr. Keselll broooo.....

Datang ke ketua RT RW


Malamnya baru minta ke RT dan RW. Untuk minta blanko kemudian diisi pembetulan akta lahir. Setelah selesai ke pak RT lanjut ke pak RW.

Udah gitu lupaa nggak sekalian minta blanko untuk urus perbaikan KK. Hah ya sudahlah. Keburu udah nggak kuat, besok-besok ae.

Datang ke kantor kelurahan


Pagi harinya, langsung donk meluncur ke kelurahan. Dengan sabar menanti antrian, akhirnya dilayani juga. Setelah dapat suratnya, orangnya nggak nagih biaya administrasi. Akunya cuma plonga plongo. Akhirnya aku yang berinisiatif tanya. Eh, ternyata GRATISSSSS.

Setelah itu, meluncuuurrr ke Bank Mandiri. Ini udah beda urusan lagi. Ngurus kelanjutan rekening penipu. Dibahas disini di pengalaman melaporkan rekening penipu.

Datang ke kantor pos


Setelah urusan beres, langsung beranjak ke kantor pos pusat kota malang, di alun-alun. 

Ternyata untuk mendapatkan nas segel harus beli materai 6000 sebanyak lembaran yang dilegalisasi. 

Dan ternyataaa akte lahirku fotokopiannya habiiss.. inget, waktu ngasih akte lahir di kantor kelurahan belum aku copy... 

Akhirnya legalisasi berkas yang ada aja di loket 6 kalo di kantor pos kota malang. Sekitar 7 buah materai yang dibutuhkan. Enaknya beli materai dikantor pos itu harga sama kaya harga materainya (di loket 4 sampai 10).

Setelah menempelkan semua materai, terus di stempel sama pegawai posnya, diparaf juga. Ketok sana ketok sini lah pokoknya. Sampai ada tiga stempel satu lembar berkas.

Karena masih ketinggalan akte lahirnya. Akhirnya pulang dulu, buat boci, bobo ciang. Sekaligus tunggu selesai jumatan. 
Setelah boci dan pada solat jumat, lanjut lagi ke kantor pos buat stempel akte lahir dan KTP.

Datang ke pengadilan negeri


Setelah selesai, lanjut lagi ke pengadilan negeri. 
Sampi sana, dilihat berkasnya. Dan masih menyalahkan surat pernyataan dari pengadilan negeri balikpapan. Katanya isinya salah. Harusnya begini, tapi dia juga nggak begitu jelas menjelaskannya.

Aku disuruh benerin. Aku nggak mau donk cuma penjelasan lisan gitu disuruh buat surat yang pakai bahasa hukum. Yang buat pengadilan negeri balikpapan aja salah, apalagi aku yang bukan latar belakang hukum.

Karena tau wajahku yang serba ga tau. Alhasil orangnya yang mau benerin sendiri.

Nunggu beberapa saat, akhirnya di prin kan suratnya, trus disuruh tanda tangan.

Biaya untuk urus pembetulan nama di akte lahir aja ya harus keluar 250ribu. Mahalll euyyy.

Setelah bayar dan dikasih kuitansi, terus orangnya memberi gambaran tentang sidangnya. Dia memberikan kemungkinan terburuk jika ibu disuruh datang sidang di malang, semua tergantung hakimnya. Dan itu permintaan paling buruk.

Lah kan ibu sudah sidang di Balikpapan, ngapain harus sidang lagi di Malang, wong udah ada surat permohonan perubahan nama dari Pengadilan Balikpapan langsung. Ternyata surat itu tidak membawa pengaruh sama sekali. Bahkan disalahkan. Kenapa bisa berbeda begini.

Dan lagi harus siap dua saksi, yaitu:
  • Saksi dari pihak yang memiliki hubungan keluarga, kalau bisa dari ibu sendiri.
  • Saksi yang tidak memiliki hubungan keluarga, setidaknya orangnya di briefing dulu sebelum sidang mengenai masalahnya.
Masih dipikirin lah saksinya. Yang jelas ribet banget ni urusan.

Buat kita-kita ni, pelajaran kedepan, jangan sampai salah di akte kelahiran, baik nama anak ataupun orang tua. Beda satu huruf aja bisa berabe.

Apalagi berhadapan sama orang pengadilan, apa emang udah karakternya biasa menangani tindak kriminal, jadinya sama semua yang datang sikapnya sama. Hahaha. Kesimpulan yang aneh.

Kisah sidangnya berlanjut y..

Read More

Apa itu Biji Jintan Hitam?

merupakan jamu tradisional yang telah digunakan selama ribuan tahun oleh orang yang tinggal di Timur Tengah dan beberapa bagian Asia serta Afrika untuk meningkatkan kesehatan dan melawan penyakit. Tanaman ini juga disebut "Blessed seed/ biji yang diberkahi"

Sejarah Biji Jintan Hitam

Selama lebih dari 2000 tahun Jintan hitam, tanama dari keluarga Ranunculaceae (buttercup), secara tradisional telah digunakan di seluruh dunia sebagai obat alami untuk berbagai penyakit dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Read More
Banyak diantara kita yang mengobati batuk flu menggunakan obat yang berbahan kimia. Jika ternyata, kita sedang hamil, dan tidak boleh sembarangan minum obat ? ternyata ada cara bagaimana mengatasi batuk pilek tanpa obat untuk orang hamil, bisa juga untuk anak kecil. Menurut pengalaman, kalau saya batuk pilek bisa sampai berminggu-minggu dan sudah konsumsi obat semacam OB* Comb*, Vi*ks 44 atau semacam itulah. Apalagi pas bulan Ramadhan, rasanya tiap taraweh nggak enak karena harus batuk-batuk melulu. Selain mengganggu orang, juga nularin orang.

Mencoba datang ke dokter (khususnya dokter kandungan), ternyata dikasih obat dua macam. Yang satu antibiotik yang katanya aman untuk kandungan, dan yang satunya tidak aman untuk kandungan. Otomatis, saya langsung khawatir. Haduh. Dokter bilang, tapi kalau sudah mendingan ya nggak perlu diminum. Dan saya disarankan untuk tidak puasa dulu, karena masih minum obat, kasian perkembangan janinnya.

Baiklah. Dari 10 tablet obat yang nggak aman itu akhirnya saya cuma minum 5 tablet. Nggak berani lanjutin, kalau kenapa-kenapa. 

Madu


Sampai akhirnya, seorang sahabat memberi saran untuk minum Madu Batuk Flu. Kata sahabat saya, malah mendingan. Kalau di kota Malang, belinya di Altara, depan Pasar Besar, toko jual obat herbal yang dari arab. Akhirnya, langsung cuuusss saya beli madu batuk pilek. Harganya agak mahal dikit dibanding obat-obat yang saya minum sekitar 60rb. 

Akhirnya saya rutin minum sehari sebanyak 3x selama 3 hari, dan alhamdulillah batuk flu saya mendingan. Bahkan orang dirumah yang ketularan sama batuk saya, langsung saya suruh minum dan alhamdulillah juga mendingan. Ini penampakannya:


  


Walaupun sudah mendingan, saya terus minum sampai mau habis. Dan saya cari Madu Batuk Pilek di tempat lain yang biasa jual habbatusauda dekat rumah, ternyata ada. Ukuran lebih kecil harga sekitar 34ribu. Walaupun beda merek tetaplah fungsinya sama.

  

  


  
Untuk komposisinya, semua dari bahan alami:
Madu batuk pilek yang pertama : Madu murni, adas, abstrak daun mint, minyak jintan hitam dan rempah-rempah pilihan.

Madu batuk pilek yang kedua : Madu, Habasy Oil dan Ekstrak Daun Mint.



Seperti apa yang di firmankan Allah dalam surah An-Nahl : 69 

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). ‘Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Begitu juga dengan Jintan Hitam atau Habbatussauda, dalam hadis Ash-Shohihain diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda’ , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.”


Jeruk Nipis



Nggak cuma madu batuk pilek, ada lagi jeruk nipis yang biasa kita pakai saat masak. Tapi harus telaten yaa....

Saat madu habis, aku coba lakukan ini. Setelah sarapan, makan siang dan makan malam, minum jeruk nipis satu sendok makan ditambah kecap manis. Bahkan di sela-sela jam makan itu, juga minum jeruk nipis, apalagi menjelang tidur biasanya batuk akan kumat parah-parahnya.

Insyallah kalau telaten seminggu maka batu akan berkurang. Jangan lupa pula makan juga dijaga, seperti kurangi makan makanan penyebab batuk seperti gorengan. 







Read More

Follower