Pengalaman Toefl ITP

1 comment
Hyaaaa.... Akhirnya aku memutuskan untuk ikut tes toefl ITP ! Tidak ada persiapan. Emang sebelumnya pernah les, tapi udah bulan januari, habis itu ditinggal keluar kota sampai 3 bulan, jadi deh tes toefl ntar dengan tingkat ke-pede-an tinggi, hehe.. harus latihan lagi buat meng-harm-kan otak. Setelah les, aku tes pre-toefl dapet 498, masih sangat kurang sih kalau mau dapet toefl ITP 500, harusnya buat ngedapetin toefl ITP score 500, setidaknya skor pre-toefl  530. Pfiuh...biar deeh,, aku nekaaadddd..
Buat tes toefl ITP pun jarang dilaksanakan, nggak kaya tes pre-toefl, daftar trus bisa tes. Kalau toefl ITP harus memenuhi kuota dulu, minimal 10 orang baru bisa dilaksanain. Karena waktu itu aku ngejar beasiswa DIKTI, soalnya toefl harus 500, kadang bertanya dalam hati, bisa nggak yaa... setelah mencari-cari info kapan dan dimana dilaksanakan tes toefl ITP dalam waktu dekat, akhirnya aku ikut tes di NESO Surabaya, pfiuhh..Kalau di Malang juga ada, tapi waktu itu jadwal belum ada yang pasti, ada di IDP, di unmuh, brawijaya juga ada. Akhirnya dapat tanggal 13 mei jadwal tes TOEFL ITP. Bener-bener kepercayaan diri tinggi. Aku menjadwalkan 2 minggu untuk full toefl, belajar sendiri. Benar-benar harus dipaksa ! Bismillah saja, ada keinginan, ada usaha, insyAllah ada jalan.. AMIIIIINNN..... 
Saatnya pun tiba, karena tesnya jam 9 pagi, maka aku nginep di kos temanku SMA.
Besoknya, dianter doi ke tempat tes, ya rasa-rasa dredeg sih, habisnya baru pertama kali ikut tes toefl ITP.
2 jam tes pun terlewati..
Hadeehh.....sekitar 15% gak keisi, 30% ngawur, sisanya gak tahu deh bener atau nggak..
Keteteran bener deehh.. dari listening lebih cepet dari tes pre-toefl, yang biasanya masih sempet liat jawaban-jawaban pada soal selanjutnya, ini bener-bener gak sempet ! baru melingkari satu soal udah baca soal selanjutnya. Bener-bener gak biasa ini..........
Structure yah seperti soal structure biasanya, tapi setingkat lebih susah, kudu cepet juga, soalnya belum melingkarinya.
Reading juga gitu, hadehhhh..udah sisa-sisa puyengnya..kudu tetep konsen, jadi bisa cepet ngerjain, melingkarinya...
Bener-bener persiapan itu perlu..mengerjakan soal dengan SANGAT CEPAT, juga melingkari jawaban.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

Arinta Agnie mengatakan...

hai, salam kenal.. kalo boleh tau skornya berapa ya? hehe.. aku lagi persiapan tes toefl itp juga nih

Follower