Setelah memposting artikel tentang Tempat Wisata Kota Paris Yang Wajib Dikunjungi, saya tertarik untuk mengulas Tempat Wisata Terunik di Kota Paris! atau biasa disebut Paris Insolites. Tempat wisata terunik ini bersifat musiman, sehingga pada waktu tertentu tempat wisata itu dibuka sedangkan di lain waktu ditutup. Tidak semua wisatawan mengetahui lokasi ini.

Apa saja ya Tempat Wisata Terunik di Kota Paris? Ini diaaa....


11.

Taman Buttes Chaumont

Taman ini termasuk salah satu taman terluas di kota Paris seluas 25 hektar dan dibuka tahun 1867. Berada di sebelah Timur laut kota Paris. Taman ini cukup unik karena kita akan disuguhkan danau buatan dengan kuil yang mirip seperti di Italia dan berada di atas bebatuan setinggi 50an meter. Sebenarnya dulu ini adlah lokasi penamnangan bebatuan untuk bahan pembuatan bangunan di kota Paris, kemudian pda masa Napoléon III tempat penambangan ini diubah menjadi taman. 
 

Yang paling menyenangkan lagi saat jalan-jalan di taman ini, ada gua dengan air terjunnya. Jarang sekali bisa ditemukan di daerah kota, seolah-olah kita berada di daerah yang masih alami. Lupa kalau ini didalam kota! Yah, walaupun sebenarnya ini airterjun buatan. Bahkan ada stalaktiknya juga. Gua ini cukup tinggi sekitar 20 meter.



Nggak ngebosenin juga pergi kesini! Untung lokasi apartemen dengan tamannya cukup dekat, jadi bisa datang tanpa lama di perjalanan.

Taman ini bisa diakses melalui Métro 7bis Buttes Chaumont, Botzaris.


10.

Replika Patung Liberty Paris di Île aux Cygnes

Banyak sekali replika Patung Liberty di seluruh dunia, termasuk juga di Paris. Walupun ukurannya tidak sebesar di Amerika, patung ini sudah ada sejak tahun 1889.  

Patung ini terdapat di pulau buatan di tengah sungai Seine, Île aux Cygnes, dekat dengan jembatan Grenelle. Ada plakat peringatan kemerdekaan Prancis dan Amerika. "IV Juillet 1776 et XIV Juillet 1789". 4 Juli untuk peringatan kemerdekaan AS dan 14 Juli kemerdekaan Prancis.

Kalau mau kesini cukup turun di Métro 6 Bir-Hakeim dan Passy atau nsik RER C turun di  Champ de Mars-Tour Eiffel.




9.

Parc André-Citroen

Taman ini seluas 14 hektar dibangun tahun 1986 dan dibuka untuk publik tahun 1992. Dulunya, taman ini lokasi pabrik mobil Citroen kemudian dipindah ke Aulnay-sous-Bois. Taman ini memiliki tema-tema tersendiri, seperti white garden, black garden, blue garden, dan central garden. Yang paling seru di taman ini ada balon udara mampu menampung hingga 30 dewasa dan 60 anak- anak di ketinggian 150 meter. Kita bisa melihat ketinggian kota Paris dengan melayang-melayang si udaraaa...


Akses

Metro 10 stasiun Javel- Andre Citroen
Metro 8 stasiun Lourmel dan Balard 
RER C stasiun Pont du Garigliano

Jam Buka

Taman
Mei - Agustus
Senin - Rabu: 08:00 - 21:30
Kamis : 08:00 - 00:00
Jumat - Sabtu : 00:00 - 00:00
Minggu : 00:00 - 21:30

September
Senin - Jumat: 08:00 - 20:30
Sabtu - Minggu : 09:00 - 20:30

Balon Udara
Setiap Hari 09:00 - 30 menit sebelum taman ditutup
Jika cuaca tidak memungkinkan maka Balon Udara tidak dibuka.

Tarif

Taman : Gratis
Balon Udara : 
dewasa 12 euro, 
usia 3 - 11 tahun 6 euro, 
usia kurang dari 3 tahun gratis.

8.

Parc Floral

Taman Bunga atau Parc Floral ini dekat Kastil Vincennes atau Château de Vincennes. Sebenarnya datang ke sini cuma buat foto di tulisan Paris aja. Soalnya kalau masuk ke Parc Floral harus bayar. :D
Kalau tulisan ini nggak sampe masuk tamannya kok.




Akses

Metro 1 Château de Vincennes

Jam Buka 

Parc Floral
Oktober : 09:30 - 18:30
Oktober -Februari : 09:30-18:30
Maret-Oktober: 09:30-20:00 

Tarif

Kalau untuk foto di tulisan Parc Floral de Paris sih gratis..karena diluar pintu masuk taman..

Ini tarif untuk masuk Parc Floral nya:
Gratis dari september -Mei
Untuk Rabu, Sabtu, Minggu (7 Juni -25 september, hari animasi, konser)
Full tarif 6 euro
Tarif diskon (7-26 tahun, keluarga besar): 3 euri
Gratis untuk usia kurang dari 7 tahun

7.

Bois de Vincennes

Tidak jauh dari Parc Floral ada juga taman namanya Bois de Vincennes yang ada danaunya. Saat jaman revolusi Prancis, hutan kota ini digunakan untuk latihan militer. Hutan kota ini dibangun tahun 1855. Disini kita bisa naik perahu dayung mengelilingi danau sambil menikmati hutan kota yang segar dengan luas sekitar 9,95 km2. Hutan Kota ini yang merupakan ruang terbuka hijau terbesar di Kota Paris. Bahkan luasnya melebihi luasnya Central Park di New York (3,45 km2), Richmond Park (terluas di London hanya 9,55 km2). 




Saking luasnya, hati-hati kalian bisa tersesat loh! Nah kalau tersesat di tempat yang bener sih tak apa. Coba kalau tersesat di titik yang banyak caravan nya. Wah, bisa bahaya. Karena menurut teman yang pernah tidak sengaja tersesat tempat yang banyak caravannya itu tempat prostitusi! Hati-hati juga kalau kesana cewek sendirian. Bisa-bisa kalian dikejar.

Akses

RER A stasiun Vincennes, Fontenay-sous-Bois, Nogent-sur-Marne, Joinville-le-Pont
Metro 1 Saint-Mandé, Bérault, Château de Vincennes
Metro 8 Porte Dorée, Porte de Charenton, Liberté, Charenton - Êcoles

Jam buka

Naik perahu
Setiap hari : 10:00-19:00 (musim panas sampai jam 20:00)
Tutup akhir november hingga pertengahan februari.

Tarif

Untuk masuk ke hutan kotanya sih gratis,
Naik perahu:
1 atau 2 orang sbyk 12,2 euro
3 -4 org 13,2 euro




6.

Conciergerie Paris

Bangunan ini dulunya bangunan tempat tinggal raja, kemudian sebagian bangunannya untuk penjara sejak 1370 di bagian bawah kemudian di bagian atas untuk gedung parlemen. Hingga sekarang bangunan ini digunakan untuk museum dan di sebelahnya gedung pengadilan negeri. Marie Antoinette pernah dipenjarakan disini.



Ruang Penjara Marie Antoinette dan patung ilustrasinya

Akses 

Metro 4 turun di stasiun Cité.

Jam Buka

Setiap hari jam 09:30 - 16:00
Tutup 1 Januari, 1 Mei dan 25 Desember

Tarif

Conciergerie
Full tarif 8,5 euro
Tarif diskon 6,5 euro

Conciergerie + Sainte Chapelle
Full tarif 13,5 euro
Tarif diskon 10,5 euro

5.

L'Hôtel des Invalides atau Army Museum

Awal konstruksi bangunan ini sekitar tahun 1670. Dulunya bangunan ini adalah rumah sakit tempat merawat para tentara yang terluka saat perang, selain itu juga digunakan untuk gereja, tempat tinggal pensiunan. Dan sekarang sudah digunakan untuk museum menyimpan peralatan perang, mulai dari senjata, baju besi, baju perang, bahkan baju raja Prancis pun ada disini. Sayangnya, untuk koleksi baju perang para raja disendirikan dan harus bayar lagi.



Yang paling menarik dan jangan sampai ketinggalan ini pergi ke Tomb du Napoléon 1er atau pusaranya Napoléon pertama (Napoleon Bonaparte).




Akses

Turun di Metro Invalides, Varenne, La Tour Maubourg

Jam Buka

Museum Militer
April - Oktober : 10:00 - 18:00
November - Maret : 10:00 - 17:00

Hotel National des Invalides
Buka setiap hari 07:30 - 19:00
Selasa : 07:30 - 21:00 (kunjungan malam hari bulan April - September) 

Tarif

Full tarif 9,5 euro
Tarif diskon : 7,5 euro (untuk semua pengunjung mulai jam 17:00 saat musim panas dan mulai jam 16:00 saat musim dingin, juga saat kunjungan malam hari April - September, pejuang perang jaman dulu, kelompok min 10 orang, militer, kartu SNCP keluarga tertentu)

Gratis untuk kelompok:
penduduk usia kurang dari 18 tahun, mahasiswa/pelajar 18 - 25 tahun, jurnalis, militer prancis dan luar negeri (berseragam), orang yang cacat dan yang menemani, masyrakat berpenghasilan rendah.

4.

Kunjungan ke Pengelola Transportasi Umum Kota Paris (RATP)

Kunjungan ini terbatas dan hanya dibuka di waktu tertentu sehingga harus daftar dulu. Kita bisa lihat behind the scene nya RATP (seperti BUMN gitu untuk transportasi umum) dalam operasional moda transportasi maupun jaringannya. Kunjungan yang dipandu ini memudahkan kita untuk mengetahui bagaimana sistemnya transportasi umum di paris, atau saat terjadi perbaikan di Line Metro.





Tarif

5 euro per kunjungan
please check http://www.ratp.fr/en/ratp/r_54601/guided-tours/
atau website http://www.tourisme93.com/ratp/ (sayangnya ini tidak tersedia dalam bahasa inggris)


3.

Saluran Pembuangan Bawah Tanah

Sayang sekali belum sempat mengunjungi salah satu tempat wisata khusus ini. Kita bisa melewati terowongan bawah kota tempat pembuangan air limbah kota Paris. Kalau di total saluran ini panjangnya 2500 km. Dari kunjungan ini kita tahu sejarah pembangunan saluran pembuangan ini dari jaman dulu sampai saat ini, sistem pembuangan limbah kota dan pengolahannya.

next info :
http://next.paris.fr/english/english/visit-the-paris-sewer-system/rub_8118_actu_130854_port_19237

Pintu Masuk Museum des Égouts de Paris

blog.parisstay.com

Akses

Pont de l'Alma Metro 9 turun di stasiun Alma-Marceau
RER C turun di stasiun Pont de l'Alma

Jam Buka

Setiap hari kecuali Kamis dan Jumat
Oktober - April : 11:00 - 16:00
Mei - September : 11-00 - 17:00

Tarif

Full tarif : 4,3 euro
Diskon tarif : 3,5 euro (untuk grup 10 orang atau lebih, usia 6 - 16 tahun)


2.

Catacomb Paris

Catacomb ini merupakan pemakaman bawah tanah Kota Paris, tepatnya di Place Denfert Rochereau bentuknya yang seperti terowongan dan bergua menampung banyak mayat yang sudah jadi tengkorak. Pemakaman ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 1806. Panjangnya kira-kira 1,7 km dengan kedalaman 20 meter di bawah tanah.






Akses

RER B Denfert Rochereau

Jam Buka

Selasa - Minggu : 10:00 - 20:00
Tutup tiap senin dan 1 Mei

Tarif

Full tarif 10 euro
Diskon tarif 8 euro (usia 18 - 26 tahun, anggota sejarahwan, seniman, etc)
gratis (pencari pekerjaan, usia kurang 18 tahun, penduduk yang cacat dan yang menemani, jurnalis, etc).


1.

Kompleks Pemakaman Père La Chaise

Ada lagi wisata unik di Kota Paris yaitu mendatangi kompleks pemakaman Père La Chaise. Kompleks pemakaman ini paling terbesar di Paris dan salah satu pemakamam yang terkenal di seluruh dunia. Luasnya 43,9 hektar. Bnyak orang-orang terkenal jaman dulu yang dikuburkan disini dan kebanyakan komposer, seniman, penulis, seperti Edith Piaf, Jom Morrison, Honoré de Balzac, Oscar Wilde, etc. Kuburan ini sudah dibuka sejak tahun 1804.

Monumen

Pusara Jim Morrison

Akses

Metro 2 Philip Auguste
Metro 3 bis Gambetta

Jam Buka

Setiap hari : 08:00-18:00


Tarif

Gratis


Sekian 11 tempat wisata terunik Kota Paris versi penulis yah! Semoga berguna bagi kalian yang ingin ke Paris dengan kunjungan yang unusual hehe
Read More


Setelah melalui proses Pelaporan dan Pemblokiran Rekening Penipu seperti yang sudah diceritakan disini, akhirnya saya datang ke bank yang bersangkutan untuk menanyakan langsung progressnya seperti apa demi pengembalian uang dari penipu.

Sesampainya di Bank dan memberikan blanko pelaporan dari bank, maka saya pun diminta surat pernyataan bahwa kita tidak menuntut pihak bank untuk kasus penipuan ini.

Sayangnya, surat yang sudah saya buat masih kurang kata-kata tersebut, jadinya mereka yang buat sesuai format mereka sendiri. Yah, tahu gitu kenapa gak dari awal ajahh... hmm..

Untuk kasus ini, dari ceritanya pihak bank, yang mereka lakukan:

Mengirim surat ke bank cabang rekening penipu

Dari cabang bank terlapor mengirim surat ke cabang rekening penipu bahwa ada indikasi penipuan sehingga pihak cabang bank rekening penipu diminta melakukan konfirmasi ke pemilik rekening.

Investigasi via telepon 

Pihak bank dari cabang terlapor mengkonfirmasi bahwa ada indikasi penipuan dari pemilik rekening karena ada pelaporan. Nah disini si pemilik rekening sepertinya berpura-pura kalau dia tidak merasa menipu. Tidak melakukan transaksi dan dia hanya jadi korban 
Menurut cerita pihak bank, kalau pemilik rekening mengaku jadi korban, disuruh buka rekening oleh keluarganya kemudian buku tabungan dibawa keluarga korban. Pemilik rekening berniat menutup akunnya, bank akan menutup setelah uang yang diblokir dibalikin.

Membuat surat keterangan

Surat ini menunjukkan bahwa pelapor tidak menuntut pihak bank atas kasus ini dan menutup kasus ini karena sudah ada itikad baik dari pemilik rekening untuk mengembalikan uang.

Membuka rekening baru

Bagi pelapor, jika ingin uangnya di balikin maka harus mempunyai rekening bank tersebut. Jika belum punya, maka harus membuka rekening sendiri, tidak boleh pakai atas nama orang lain.. alasannya sihh... biar mengetahui transaksi pihak pelapor.. hmm.. dikira penipu ape... yang jelas modal untuk buka rekening min. Saldo di bank 100rb. Jadi intinya kalau ditipu kurang dari 100ribu, rugi deh kalau mau ngurus beginian. Udah ngabisin tenaga, waktu, pikiran. Duit yang balik juga nggak seberapa. Itu kenapa beberapa penipu juga jumlah uang di transfer nggak banyak, tapi sering.

Mengirim notifikasi ke bank cabang rekening penipu

Setelah semua proses selesai, maka pihak cabang pelapor akan mengirim pemberitahuan bahwa pelapor sudah buka rekening dan uang yng diblokir bisa di transfer. Kita menunggu sehari setelah semua selesai kemudian uang sudah masuk ke rekening kita.

Bahkan si penipu masih aja melakukan penipuan itu. Dan sekarang marak banget, bahkan orang yang kita kenal biasa bertransaksi pun bisa melakukan hal begitu. Yah, yang jelas kalau punya jaringan gampang lah nyari tuh penipu. Sayangnya, polisi juga nggak bakal ngusut laporan penipuan berjumlah satu juta dua juta. Rugi melacaknya!

Walaupun begitu kita tetap harus melaporkan dan memblokir uang di bank yang kena tipu. (caranya baca disini)



Updated:
Banyaakk sekali saya baca komentar dengan kasus yang sama atau berbeda tapi sama-sama mengalami penipuan. Maaafff sekali saya tidak membalas satu per satu. Yang pasti, saya tidak bisa menjamin apakah uang yang kena tipu itu akan kembali atau tidak kalau kita sendiri tidak mengusahakannya. Yang saya bisa berikan hanya tahapan-tahapan yang sudah saya jelaskan di atas.

Untuk bisa kembali atau tidak, itu sudah kewajiban Bank atau polisi. Setiap bank akan berbeda kebijakan. Setiap kasus penipuan juga akan berbeda jumlahnya. Dan setiap kepolisian setempat juga akan mengusut pada kasus-kasus penipuan tertentu. Kalau penipuan cuma 100.000 "sepertinya" tidak akan diusut mengingat biaya pengusutan pasti lebih besar dari jumlah uang yang tertipu.

Saran saya coba saja seperti yang saya jelaskan di atas. Saya tidak bisa menjawab apakah uang akan kembali atau tidak.

Tetap selalu waspada ya terhadap apapun yang berhubungan dengan transaksi keuangan!!

Read More
Bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan, maka Surat Lamaran ini sebagai syarat yang harus ada untuk mengajukan lamaran, apalagi kalau yang dilamar perusahaan besar, nasional, atau internasional. Harus lebih memperhatikan surat lamaran nih. Banyak bentuk surat lamaran tergantung tujuan tempat yang dilamar. Jika anda baru lulus atau fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja, maka inti dari surat lamaran yang akan berbeda dengan surat lamaran lainnya, walaupun bisa jadi sedikit sama.

Untuk membuat surat lamaran perlu ada kerangka yang menarik.


Pembuka

         Format pembuka ini penting untuk menunjukkan 

  • Lokasi dan tanggal dibuat 

Penting untuk mengetahui kapan surat dibuat sehingga bisa diketahui apakah surat tersebut sudah lama atau baru jika terjadi kesalahan pemberkasan. 

  • Tujuan surat lamaran

Menyertakan tujuan perusahaan yang dilamar ditujukan kepada HRD perusahaan sebagai divisi yang melakukan penyeleksian calon pegawai.

  • Salam pembuka

Gunakan salam pembuka : Dengan Hormat.

Asal Informasi Pekerjaan

Jangan lupa untuk menyertakan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh dan juga posisi pekerjaan yang anda harapkan.

Inti Lamaran

Di bagian ini, kita harus mempromosikan diri kita. Tulislah sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan kita asal jangan berlebihan. Karena anda baru lulus dan belum memiliki pekerjaan, maka tulislah selama kuliah anda dituntut seperti apa, tulis sesuai dengan apa yang diminta oleh perusahaan.
Misalnya, saat kuliah anda sangat disibukkan dengan kerja kelompok maka tulislah bahwa lulusan anda dituntut dapat bekerja dengan tim, kerja keras, tekun, atau teliti seperti yang diinginkan perusahaan. Atau jika anda tidak memiliki prestasi akademis, dan hanya pernah mengikuti organisasi, maka tunjukkan kelebihan mengikuti organisasi. Tunjukkan bahwa lulusan anda itu dicari oleh perusahaan. Termasuk soft skill dan hard skill yang anda punya, jangan terlalu banyak, cari yang utama 

Lampiran

Setelah menuliskan kemampuan anda, maka tunjukkan secara mendetail di Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae.

Harapan

Beri harapan anda bahwa anda sangat ingin bergabung dengan perusahaan yang anda lamar.

Penutup

Ucapkan pula terimakasih atas waktu yang diberikan.


bagi mahasiswa fresh graduate

Read More
Well, bagi kita orang kurus dan tidak memenuhi standar BMI pasti melakukan berbagai cara untuk menggemukkan badan. Kalau menurut mereka-mereka yang sudah memenuhi BMI sih bagaimana menggemukkan badan ya tinggal makan yang banyak. Padahal mereka-mereka yang kelebihan berat badan kalau disuruh menguruskan badan dengan mengurangi makan dan cemilan kan susah.

Padahal saya ni termasuk orang yang "katanya" makan banyak. Perasaan sih biasa aja. 😆😆

Sebelum nikah berat badan cuma 42 kg, dan tinggi 155 cm. Kebayang kurus kan. Masih kurang sekitar 4 kg lagi untuk meng-ideal-kan berat badan menurut BMI.

Waktu itu kira2 tinggal sebulan lagi, acara nikah berlangsung. Seminggu pertama minum susu high fat gt, cari yang kandungan lemaknya sekitar 13%. Kalau nggak salah susu indomi*k. Minum sehari 3x. Kalau bisa sampai 4x. Dijamin dalam seminggu nafsu makan meningkat. Tapi belum nambah berat badan.

Dan karena sayanya nggak yakin dan nggak sabar. Akhirnya beli susu herbalife untuk menggemukkan badan. Ditambah dengan tablet fiber and herb.

Satu kaleng susu habis untuk satu minggu. Dan ditelateni sampai 4 kaleng susu alhamdulillah naik 4 kg.


Aneka macam rasa


Herbalife ada tiga rasa :

  • Vanilla
  • Strawberry
  • Chocolate
Kalau saya sih suka strawberry soalnya lebih segar. Pertama minum yang vanilla rasanya eneg banget.
Chocolate juga enak rasanya.

Setelah sebulan minum herbalife, berat badan sudah nambah 4 kilo. Walaupun tidak gemuk, setidaknya berisi. Dan saat nikah badan tidk terlihat kurus.

Tapi setelah nikah, sudah nggak minum herbalife lagi. Efeknya, berat badan kembali normal. 😐😐
Read More
Berkunjung ke kota Cahaya di Benua Biru banyak sekali tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungiKota Paris, sebagai ibu kota Prancis, sangat terkenal sebagai kota yang romantis. Memang pemandangan kota Paris masih didominasi oleh arsitektur klasik. Belum lagi penataan kotanya yang dirancang Haussmann, menambah indahnya kota tersebut. Tempat-tempat terkenal yang wajib dikunjungi saat ke Paris yaitu:

La Tour Eiffel atau Eiffel Tower

Ikon ini menjadi sangat terkenal karena pada waktu dibangun belum ada yang bisa menandingi tingginya menara tersebut. Menara ini dibangun sekitar tahun 1889 oleh Insinyur Gustave Eiffel. Tingginya sekitar 324 meter. Menara Eiffel termasuk struktur bangunan tertinggi di Kota Paris. Jadi wajiblah kita datang ke ikon ini.

Kalau bisa, pakailah Metro Paris untuk merasakan bagaimana kehidupan masyarakat megapolitan. Kalau naik metro turun di Stasiun Bir-Hakeim, Passy, Champs de Mars Tour Eiffel atau Trocadero. Kemudian jalan kaki ke menaranya. Menurutku lewat Trocadero lebih dekat karena begitu keluar pintu stasiun, banyak turis yang foto-foto. Dari Trocadero, pemandangan Eiffel terlihat jelas karena itu tempat tersebut jadi lokasi yang tepat buat foto. Yang biasanya foto tunjuk menara Eiffel tuh. Setelah itu jalan kaki sambil menikmati taman Trocadero yang cukup luas. 

Selain itu, kita akan menyebrangi jembatan sambil menikmati sungai Seine. Sekalian ambil foto, dari sini terlihat jelas bagaimana megahnya Eiffel. Dan kita akan terkagum-kagum saat melihatnya.

Menara Eiffel Paris
Menara Eiffel (Dok. pribadi)
Untuk pergi ke puncak nya, kita bisa menggunakan lift dan membayar sekitar 25 euro sampai puncak. Untungnya saat kesana umur kurang dari 25 tahun, karena ada diskon jadi bayar cuma 15 euro. 

Dan kalau datang kesini, mending pagi, karena antrinya panjaaangg. Saat beli tiket sudah antri panjang, sampai di lantai dua antri lagi untuk ke puncak. Nanti setelah di atas mau turun antri lagi. di Total bisa 2 jam hanya untuk mengantri. Dan kalau lagi peak visit, lagi ramai-ramainya, pas dipuncak waktu berkunjungnya dibatasi.

Metro
turun di Bir-Hakeim, Passy, Champs de Mars, Trocadero

Jam Buka 

Setiap hari jam 9 pagi sampai 12 malam (15 juni - 1 september)
Selain itu jam 09:30 pagi sampai jam 23:00 

Tarif 
Lewat Lift
Lewat lift sampai lantai 2:
full tarif / dewasa : 8,5 euro
umur 12 - 24 tahun : 7 euro
umur 4 - 11 tahun dan cacat: 4 euro

Lewat lift sampai puncak
full tarif / dewasa : 14 euro
umur 12 - 24 tahun : 12,5 euro
umur 4 - 11 tahun dan cacat: 9,5 euro

Tarif Naik Tangga

Full tarif/ dewasa : 5 euro
umur 12 - 24 tahun : 3,5 euro
umur 4 - 11 tahun  : 3 euro
kalau usia kurang dari 4 tahun gratis.

Louvre Museum

Setelah mengunjungi Eiffel, jangan lupa datang ke Museum Louvre. Disana selain menikmati Piramid yang terkenal itu dan bangunan arsitektur klasik. Kalau kita masuk ke museum harus bayar 25 euro (kalau gak salah pas tahun 2012). Di dalam Louvre akan banyak sekali melihat lukisan-lukisan dari berbagai ukuran dan tema. Bahkan di langit-langitnya pun dilukis.
Museum Louvre (Dok. pribadi)

Satu hal lagi yang menjadi daya tarik Louvre adalah lukisan Monalisa, yang sangat kecil dan diperebutkan untuk difoto oleh banyak orang.


Metro

turun di Palais Royal Musee du Louvre

Jam Buka 

Setiap hari kecuali Selasa jam 9 pagi sampai 6 malam
dan juga buka hingga malam sampai jam 21:45 untuk hari rabu dan jumat 

Tarif
15 Euro
Bulan April - September : tidak ada gratis
Bulan Oktober - maret : gratis untuk pihak tertentu hanya di hari minggu pertama awal bulan
Gratis tersebut hanya untuk :
  • kurang dari umur 18 tahun disertai kartu identitas
  • umur 18 - 25 tahun penduduk uni eropa disertai kartu identitas
  • Pengajar sejarah/ seni/ yang berhubungan dengan materi dalam museum
  • Seniman
  • Warga tanpa pekerjaan dengan bukti
  • Warga dengan pendapatan rendah dibuktikan dengan surat dari Badan yang berwenang
  • Penduduk cacat dan yang menemani


Place du Pantheon

Jangan lupa ke Place du Pantheon. Berlokasi di Latin Quartier, atau lingkungan Latin. Facade arsitekturnya mengikuti gaya bangunan neo-klasik di Roma. Selain berfungsi sebagai gereja jaman dulu, juga ada pemakaman (crypte) bawah tanah atau burial place khsuus orang-orang terkenal, baik dari politisi maupun penulis sastra yang berpengaruh, seperti Voltaire, Jean-Jacques Rousseau, Victor Hugo, Louis Braille (penemu huruf Braille), Alexandre Dumas.
Pantheon Sorbonne (Dok. Pribadi)
Metro
turun di Luxembourg (naik RER ya)

Jam Buka 

1 April - 30 September : jam 10:00 - 18:30
1 Oktober - 31 maret : jam 10:00 - 18:00
Tutup tanggal 1 januari, 1 Mei dan 25 desember

Tarif
8,5 euro
Gratis untuk usia kurang dari 18 tahun dan
Gratis untuk usia 18-25 tahun bagi penduduk di Uni Eropa

Versailles Palace

Istana Versailles sebagai lambang kebesaran monarki absolut ini dulunya ditinggali oleh Raja Louis, Marie Antoinette dan Napoleon Bonaparte. Dan sudah ada sebelum revolusi perancis atau dibangun sekitar tahun 1623.

Bangunannya sangat indah karena terdapat elemen-elemen dan ukiran-ukiran yang unik. Bahkan ada bagian bangunan yang terbuat dari Emas.

Istana Versailles (dok. pribadi)
Metro
turun di Versailles- Chantiers (naik RER C ya)

Jam Buka 

Musim Liburan
1 April - 31 Oktober
Buka setiap hari kecuali senin jam 09:00 sampai 18:30

Kastil Trianon dan Domain Marie Antoinette
Setiap hari kecuali senin jam 12:00 - 18:30

Kebun
Buka setiap hari dari jam 08:00 - 20:30

Taman
Buka setiap hari dari jam 07:00 - 20:30

Bukan Musim Liburan
1 November - 31 Maret
Setiap hari kecuali senin jam 09:00 - 17:30

kastil Trianon dan Domain Marie Antoinette
Setiap hari kecuali senin jam 12:00 - 17:30

Kebun dan Taman
Setiap Hari jam 08:00 - 18:00

Tarif
Full tarif 15 euro
Diskon tarif 13 euro dan 6 euro (berdasarkan usia dan pihak tertentu)
Tiket untuk Kastil Trianon dan Domain Marie Antoinette : 10 euro untuk full tarif, dan tarif diskon 6 euro.

Notre Dame de Paris dan Situs Arkeologi Bawah Tanah

Gereja ini merupakan salah satu gereja yang terkenal dan terbesar di dunia. Dengan gaya arsitektur gothik, gereja ini menjadi salah satu tujuan wisata dari berbagai mancanegara. 

Dibawah gereja tersebut ada Museum Arkeologi Bawah Tanah (Crypt) sebagai titik awal mula berdirinya permukiman di Paris. Crypt tersebut ditemukan saat konstruksi gereja sedang berlangsung. Jadi, jika berkunjung ke Notre Dame, coba kunjungi Crypt tersebut.

Selain itu, para pengunjung juga bisa naik ke puncak gereja untuk melihat keindahan kota Paris ada atas.

oiya didepan notre dame ini ada titik nol paris. Konon kalau kita menginjakkan kaki kita di lingkaran itu, maka suatu saat kita akan kembali ke Paris.

Notre Dame de Paris (dok. pribadi)
Metro
Turun di stasiun Saint Michel Notre Dame (RER B ya)

Jam Buka
  • Untuk Gereja buka Setiap Hari dari jam 08:00 - 18:45 (19:45 sabtu dan minggu)
  • Untuk Situs Arkeologi Parvis Notre Dame dari Buka setiap hari kecuali Senin dan hari libur nasional dari jam 10:00 - 17:30 
  • Untuk ke puncak Notre Dame buka setiap hari:

       - 1 April - 30 September : 10:00 - 18:30 (malam hari bulan Juli dan Agustus:
          jumat & Sabtu : 10:00 - 23:00
       - 1 Oktober - 31 maret : 10:00 -17:30
       - tutup 1 Januari, 1 mei dan 25 desember
       
Tarif

Full tarif : 7 euro
Diskon tarif : 5 euro (pengajar, warga usia 18-26 tahun, anggota komunitas sejarah, seni, arkeologi prancis)
Gratis yang kurang 18 tahun, tanpa pekerjaan, warga penghasilan rendah, mahasiswa seni, beberapa kampus seni, warga kota Roma, seniman, warganegara yang cacat, dll.


Sacre-Coeur Montmarte

Satu lagi gereja yang terkenal dan menjadi daya tarik wisatawan karena lokasinya di ketinggian kota Paris (daerah berbukit). Gereja ini berada di kawasan Montmarte dimana dulunya pernah tinggal seniman, penulis, pelukis, komedian terkenal dunia seperti Van Gogh, Pablo Picasso dan lainnya.

Dari Sacre Coeur kita juga bisa melihat kota Paris dari atas titik tertinggi Kota Paris. Jika capek berjalan kaki naik tangga, sudah disiapkan eskalator khusus (funiculaire de Montmarte). Funiculaire ini sudah dibuka sejak tahun 1900 sebagai water-driven funicular, kemudian direnovasi tahun 1935 menggunakan furniculaire elektrik. Tahun 1990 direnovaso kembali untuk diganti menjadi furniculaire modern. Kalau punya Pass Navigo atau kartu transport umum Paris bisa digunakan sebagai tiket naik furniculaire.

Kalau sudah di Montmarte, jangan lupa jalan ke Place de Tertre dan mengunjungi Le Mur de Je T'aime atau I Love You Wall. Dinding yang dipenuhi kata Aku cinta padamu dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia, Jawa, Sumatra dan Maluku (Kalau tidak salah).

Sacre-Coeur Montmarte Paris (dok.pribadi)

Metro

Turun di stasiun Anvers.
Kalau ke Le Mur de Je t'aime lebih dekat dari Metro Abbessess. 

Jam Buka

Setiap hari 06:00 - 22:30  
     
Tarif

Gratis

Arc-de-Triomphe

Artinya adalah Gerbang Kemenangan. Monumen ini sangat terkenal karena dibangun atas peritntah Napoleon Bonaparte tahun 1800an sebagai simbolisme kemenangan dan juga sebagai penghormatan gugurnya para pahlawan Prancis. Di bawah lengkungan Arc de Triomphe terdapat makan prajurit Prancis tanpa diketahui namanya.

Biasanya kalau acara Bastille Day (14 Juli) atau hari kemerdekaan Prancis, Arc de Triomphe sebagai titik awal acara parade Militer ke arah sepanjang Champs-Elysees hingga ke Place de la Concorde.

Arc-de-Triomphe Paris (dok.pribadi)


Uniknya, saat pengumuman pemenang kompetisi balap sepeda La Tour de France, gerbang ini menjadi menarik karena disorot cahaya dengan gambar yang bermacam-macam. 

Arc-de-Triomphe saat La Tour de France, Paris (dok.pribadi)

Metro

Turun di stasiun Charles de Gaulle Etoile.atau kalau mau menikmati jalan Champs-Elysées dan tidak terlalu jauh jalan kaki bisa turun di stasiun George V.

Jam Buka

April - September : 10:00 - 23:00
Oktober - Maret : 10:00 - 22:30 
Tutup tanggal 1 januari, 1 mei, 8 mei pagi, 14 juli pagi, 11 november pagi dan 25 desember.        

Tarif
Full tarif 8 euro
Mahasiswa 18 - 25 tahun : 5 euro
Kelompok lebih dari 20 dewasa : 6,2 euro
Gratis untuk anak-anak dan mahasiswa diatas 17

Opera Garnier/ Palais Garnier

Bangunan ini merupakan bangunan teater untuk pertunjukkan seni. Dari segi arsitekturnya, bangunan ini elegant, gayanya klasiikkk banget, neo-baroque, seperti kembali ke masa-masa kerajaan. Ukiran, ornamen, patung, pilarnya semuanya dikombinasi agar terlihat mewah. Belum lagi saat masuk ke dalamnya. Bisa tersihir! Lapisan perunggu yang menghiasi patung dan lukisan. Semua patung dan lukisan bertemakan seni. 
visitepalaisgarnier.fr
wikipedia

Metro

Opéra (lines 3, 7 et 8), Chaussée d’Antin (lines 7 et 9) Madeleine (lines 8 et 14), Auber (RER A)

Jam Buka

tergantung jadwal pertunjukan         

Tarif
untuk menonton pertunjukan minimal 10 euro.hanya untuk menonton

Bateau Mouche atau Vedettes

Untuk menikmati indahnya Sungai Seine dengan pemandangan bangunan klasiknya di sepanjang sungai, kita bisa menggunakan kapal khusus, biasa disebut Bateau Mouche atau Vedettes. Perbedaannya pada rute dan harga. Di titik-titik tertentu sepanjang sungai Seine kita akan menemukan banyak kapal pesiar. Di dekat Eiffel juga ada. Semua tergantung rute dan harga. Kalau kita mau beromantis ria di sepanjang sungai Seine dengan kapal pesiar, juga bisa! Pesan Cruise Trip ditambah dinner atau lunch. Yang jelas, memang mahal! :D menu makan siang aja 55 euro, makan malam paling murah 90 euro atau sekitar 1,5juta rupiah :-o
Bateau Mouche nelewati Conciergerie (penjara) (dok.pribadi)


Vedettes melewati La Tour Eiffel (dok.pribadi)


Tarif

Bateau Mouche
Full tarif /dewasa 13,5 euro
anak-anak kurang dari 12 tahun : 6 euro
anak-anak kurang dari 4 tahun : gratis

Vedettes du Pont Neuf 

Full tarif /dewasa 14 euro
anak-anak kurang dari 12 tahun : 7 euro

Jam Buka

Bateau Mouche
April - September : 
10:15 – 11:00 – 11:30 – 12:1513:00 – 13:45 – 14:30 – 15:0015:30 – 16:00 – 16:30 – 17:0017:30 – 18:00 – 18:30 – 19:00
Setiap 20 menit dari jam 19:00 - 22:30

Oktober - Maret

11:00 – 12:00 – 13:00 – 13:4514:30 – 15:15 – 16:00 – 16:45 – 17:3016:15 – 19:00 – 19:45 – 20:30 – 21:20
Lama perjalanan sekitar 1 jam 10 menit

Vedettes du Pont Neuf 

15 Maret - 31 Oktober
10:30 – 11:15 – 12:00 – 13:30 – 14:00 –14:30 – 15:00 – 15:30 – 16:00 – 16:00 – 17:00– 17:30 – 18:00 – 18:30 – 19:00 – 20:00 – 21:00 – 21:30 – 22:00 – 22:30

1 November - 14 Maret (senin - kamis): 10:30 – 11:15 – 12:00 – 14:00 – 14:45 –15:30 – 16:15 – 17:00 – 17:45 – 18:30 – 20:00 – 21:30

1 November - 14 Maret (jumat - minggu): 10:30 – 11:15 – 12:00 – 14:00 – 14:45 –15:30 – 16:15 – 17:00 – 17:45 – 18:30 – 20:00 – 21:00 - 22:00

sumber: http://www.bateaux-mouches.fr/ dan http://vedettesdupontneuf.com/

Masjid Besar Paris/ Grande Mosquee de Paris


Bagi kalian yang beragama Islam, sempatkanlah solat di Masjid Paris ini. Satu-satunya masjid besar di negara sekuler, di kota Paris dan salah satu masjid terbesar di Prancis. Gaya bangunannya dipengaruhi gaya arsitektur dari arab/maghreban/afrika utara, seperti Maroko. Karena tempat kuliah tidak jauh dari masjid, dimanfaatkan banget datang ke masjid. Soalnya untuk mencari tempat yang aman dan nyaman untuk solat itu sangat susah sekali.  

Metro
turun di Place Monge atau di Censier Daubenton

Grande Mosquee de Paris

Sekian Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Kota Paris, semoga nanti ketemu dipostingan selanjutnya mengenai Tempat Wisata yang Tidak Biasa Dikunjungi di Kota Paris yaa... 
Read More
Jadi ceritanya habis minum madu batuk, merasa ada khasiatnya. Terus beli madu khusus ibu hamil. Itupun gara-gara pas beli madu batuk, ngeliat madu khusus ibu hamil. Wah, akhirnya beli deh.

Alasan lain sih karena nggak minum susu ibu hamil. Soalnya rasanya enegg. Ngalah-ngalahin susu dan*ow deh!

Sudah hampir sebulan sih minum madu ibu hamil. Hmm, kalau dari tulisan di botolnya sih khasiat madu ibu hamil:

  • Membantu memperkuat kandumgan
  • Membantu menyehatkan bayi
  • Membantu menambah tenaga saat persalinan
  • Memperkuat daya tahan tubuh ibu
Kalau dari pengalaman sih, nafsu makan meningkat. Saat usg, berat bayi normal. Tapi wallahualam ya.. 

ini fotonya.


Kalau mau beli ini, cari aja di toko habbatusauda, kemungkinan yg produksi beda. Harganya sekitar 60an ribu,

Read More
Jika kita hidup di negara Perancis dalam waktu lama, dan bergaul dengan sesama teman. Penting sekali untuk mengerti bahasa gaul yang sering digunakan di kalangan muda mudi Perancis. Tentunya agar kita bisa berbaur dengan mereka karena bisa memahami bahasa slang yang mereka ucapkan. Penting sekali dipelajari sebagai persiapan sebelum berangkat ke Prancis.

chezjerome.over-blog.com

Bahasa Perancis sendiri memiliki tiga jenis bahasa gaul, yaitu Le Verlan, Le Franglais dan L'argot

Le Franglais

Campuran Francais (Prancis) dan Anglais (Inggris). Banyak sekali percakapan sehari-hari anak muda Prancis yang menggunakan campuran Bahasa Prancis dan Inggris.

Contoh:
  • Longtemps, pas voir. – Long time, no see.
  • Je vais driver downtown. – I'm going to drive downtown. (Je vais aller en voiture au centre-ville)
  • Je suis tired. – I am tired. (Je suis fatigué)
  • Je ne care pas. – I don't care. (Ça m'est égal OR Je m'en fous)
  • J'agree. – I agree. (D'accord)
  • Le week-end 
  • Le shopping
  • Le sport
  • Le basketball
  • Un e-mail
  • C'est cool - it's cool
  • Le message

Le Verlan

Sebenarnya ini bahasa walikan nya Prancis. Nggak cuma Malang ya yang punya bahasa walikan, Perancis juga. Berasal dari kata "L'envers" (Lang-ver) kemudian dibalik menjadi Le Verlan. Banyak sekali contoh le verlan ini, tapi hanya beberapa yang sering digunakan.
Contoh:
  • Cecla (Classe) - kelas
  • Gnolba (Bagnole) - mobil
  • Jourbon (Bonjour) - Selamat Pagi
  • Sicmu (Musique) - Musik
  • Zonmai (Maison) - Rumah
  • Meuf (Femme) - wanita
  • Keuf  (Flic) - polisi
  • Beur/ rebeu (Arabe) - orang arab
  • Mifa (Famille) - keluarga
  • Reuf (Frère) - saudara laki-laki
  • Rega (Gare) - Stasiun
  • Relou (Lourd) - Berat
  • Géman (Mange) - makan
  • Keum (Mec) - guys! atau teman
  • Cimer (Merci) - Terimakasih
  • Trom (Métro) - Kereta Bawah Tanah
  • Portnawak (N'importe Quoi) - Tidak apa-apa
  • Béton (Tomber) - Jatuh
  • Keutru (Truc) - Sesuatu
  • Teuf (

    te) - pesta


L'argot

Bahasa slang yang biasa digunakan oleh anak muda Prancis.

  • Bouquin - buku
  • Truc - sesuatu
  • Flic - polisi
  • Bagnole - mobil
  • Bouffer/ Bouffe - makan/ makanan 
  • Bousser - bekerja
  • Toubib - dokter
  • Boulot, taf - kerja
  • Dodo - tidur
  • Dalle/ crocs - J'ai la dalle - saya lapar
  • Gosse - anak-anak
  • Gonzesse - wanita
  • Fringues - baju
  • Artiche, flouze, caillasse, fric - uang
  • Bouffon - idiot
  • Kiffer - mencintai
  • Grave - sangat
  • Joujoux - permainan
  • Misquina - miskin
  • les nanas - anak perempuan
  • les gars/ les mecs - boys - anak laki-laki
  • pote - teman
  • Flotte - air/ hujan
  • Gueule - wajah
  • Rencard - kencan
  • Rigoler/rigole - tertawa, bercanda/ candaan
  • Dingue - bodoh
  • Nul - tidak menarik
  • Vachement - sangat
Selamat menghafal! :D
Read More

Follower