Proses Pengembalian Uang dari Penipu via Bank

39 comments


Setelah melalui proses Pelaporan dan Pemblokiran Rekening Penipu seperti yang sudah diceritakan disini, akhirnya saya datang ke bank yang bersangkutan untuk menanyakan langsung progressnya seperti apa demi pengembalian uang dari penipu.

Sesampainya di Bank dan memberikan blanko pelaporan dari bank, maka saya pun diminta surat pernyataan bahwa kita tidak menuntut pihak bank untuk kasus penipuan ini.

Sayangnya, surat yang sudah saya buat masih kurang kata-kata tersebut, jadinya mereka yang buat sesuai format mereka sendiri. Yah, tahu gitu kenapa gak dari awal ajahh... hmm..

Untuk kasus ini, dari ceritanya pihak bank, yang mereka lakukan:

Mengirim surat ke bank cabang rekening penipu

Dari cabang bank terlapor mengirim surat ke cabang rekening penipu bahwa ada indikasi penipuan sehingga pihak cabang bank rekening penipu diminta melakukan konfirmasi ke pemilik rekening.

Investigasi via telepon 

Pihak bank dari cabang terlapor mengkonfirmasi bahwa ada indikasi penipuan dari pemilik rekening karena ada pelaporan. Nah disini si pemilik rekening sepertinya berpura-pura kalau dia tidak merasa menipu. Tidak melakukan transaksi dan dia hanya jadi korban 
Menurut cerita pihak bank, kalau pemilik rekening mengaku jadi korban, disuruh buka rekening oleh keluarganya kemudian buku tabungan dibawa keluarga korban. Pemilik rekening berniat menutup akunnya, bank akan menutup setelah uang yang diblokir dibalikin.

Membuat surat keterangan

Surat ini menunjukkan bahwa pelapor tidak menuntut pihak bank atas kasus ini dan menutup kasus ini karena sudah ada itikad baik dari pemilik rekening untuk mengembalikan uang.

Membuka rekening baru

Bagi pelapor, jika ingin uangnya di balikin maka harus mempunyai rekening bank tersebut. Jika belum punya, maka harus membuka rekening sendiri, tidak boleh pakai atas nama orang lain.. alasannya sihh... biar mengetahui transaksi pihak pelapor.. hmm.. dikira penipu ape... yang jelas modal untuk buka rekening min. Saldo di bank 100rb. Jadi intinya kalau ditipu kurang dari 100ribu, rugi deh kalau mau ngurus beginian. Udah ngabisin tenaga, waktu, pikiran. Duit yang balik juga nggak seberapa. Itu kenapa beberapa penipu juga jumlah uang di transfer nggak banyak, tapi sering.

Mengirim notifikasi ke bank cabang rekening penipu

Setelah semua proses selesai, maka pihak cabang pelapor akan mengirim pemberitahuan bahwa pelapor sudah buka rekening dan uang yng diblokir bisa di transfer. Kita menunggu sehari setelah semua selesai kemudian uang sudah masuk ke rekening kita.

Bahkan si penipu masih aja melakukan penipuan itu. Dan sekarang marak banget, bahkan orang yang kita kenal biasa bertransaksi pun bisa melakukan hal begitu. Yah, yang jelas kalau punya jaringan gampang lah nyari tuh penipu. Sayangnya, polisi juga nggak bakal ngusut laporan penipuan berjumlah satu juta dua juta. Rugi melacaknya!

Walaupun begitu kita tetap harus melaporkan dan memblokir uang di bank yang kena tipu. (caranya baca disini)



Updated:
Banyaakk sekali saya baca komentar dengan kasus yang sama atau berbeda tapi sama-sama mengalami penipuan. Maaafff sekali saya tidak membalas satu per satu. Yang pasti, saya tidak bisa menjamin apakah uang yang kena tipu itu akan kembali atau tidak kalau kita sendiri tidak mengusahakannya. Yang saya bisa berikan hanya tahapan-tahapan yang sudah saya jelaskan di atas.

Untuk bisa kembali atau tidak, itu sudah kewajiban Bank atau polisi. Setiap bank akan berbeda kebijakan. Setiap kasus penipuan juga akan berbeda jumlahnya. Dan setiap kepolisian setempat juga akan mengusut pada kasus-kasus penipuan tertentu. Kalau penipuan cuma 100.000 "sepertinya" tidak akan diusut mengingat biaya pengusutan pasti lebih besar dari jumlah uang yang tertipu.

Saran saya coba saja seperti yang saya jelaskan di atas. Saya tidak bisa menjawab apakah uang akan kembali atau tidak.

Tetap selalu waspada ya terhadap apapun yang berhubungan dengan transaksi keuangan!!

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

39 komentar

  1. Halo biasanya berapa lama ya proses pengembalian uang sejak kita melapor ke bank? Terimakasih. Saya baru habis ditipu juga soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy wktu itu ketepatan dg idul fitri.. jd sekitar 1 bulan.. hrusnya bs kurang dr itu..

      Hapus
  2. mau tanya, apa pengembalian uang itu pasti diproses bank atau tidak yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman saya waktu itu dikembalikan mas

      Hapus
    2. Mba sy sdh lapor ke bank, surat dr kepolisian jg sdh masuk, lalu proses pengembalian bgaimna ya? Krna sampai skrg prosesenya masih sampai tahap pemblokiran

      Hapus
  3. Mbak mau tanya mbak nya bank apa & terlapor bank apa?

    BalasHapus
  4. mau tanya kak... proses pengembalian uang oleh bank dikirim ke rekening kita atau gimana ?? terus kalau gak punya rekening itu gimana ?? apa pihak bank mengembalikan uang secara tunai ke korban

    BalasHapus
  5. Saya juga baru nunggu pengembalian uang dari bank BTN, saya mohon dari netizen sekalian doanya semoga uang saya bisa kembali, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang kembali ga ka? Soalnya ku juga pake BTPN masa uang ku ga dibalikin 4,jt

      Hapus
  6. Saya juga menunggu pengembalian dari bank BTN anehnya penipu masih ada saldo 1300.000 , tapi bank BTN gak bisa menjamin uang saya kembali, kan setidaknya gak papa gitu kalo kembali walaupun gak sepenuhnya

    BalasHapus
  7. Kalau saya kena tipu 51.900.000 mengatasnamakan bea cukai dan sudah melapor ke polisi dan bank BCA saya karena pelaku pakai Bank panin dan saya ke bank pelaku tidak mau memblokir rekening nasabahnya begitu dan apa kira2 uang saya bisa balik lagi ya

    BalasHapus
  8. mba saya minta tolong gmn caranya melaporkan dr ditaiwan keindonesia,saya kena tipu ±12 jt oleh org yg br saya knl modusny minjem uang Krn spy uangnya yg dibekukan diperusahaan bs cair,alasanny ingin berhenti krj,itu kejadiannya 1 bln yg lalu,,apa jika sy lapor msh bs diproses? mohon bantu saya gmn solusinya mba?

    BalasHapus
  9. Mbak mau tanyak kalo yg nipu sama dgn bank yg di tipu,prosesnya bisa gak 1 minggu selesai? Terimakasih ☺

    BalasHapus
  10. Mbak saya mau tanya ini.. saya kena fipu dari PT M KIOS 9.150.000. Gimana cara uang saya kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba ke bank dulu apa aja syarat2 nya baru ke polsek/polresta untuk menjelaskan kronologi nya. Jgn lupa bawa barang bukti ya

      Hapus
  11. Mbak saya mau tanya ini.. saya kena fipu dari PT M KIOS 9.150.000. Gimana cara uang saya kembali

    BalasHapus
  12. Mba, waktu pencairan uang kembali apakah minta persetujuan penipu. Karna saya lapor ke bca dia hanya mediasi, tdak untuk mengembalikan uang saya

    BalasHapus
  13. Mba, waktu pencairan uang kembali apakah minta persetujuan penipu. Karna saya lapor ke bca dia hanya mediasi, tdak untuk mengembalikan uang saya

    BalasHapus
  14. Mohon doa nya semoga uang saya dikembalikan oleh penipu sebesar Rp 8.500.000. padahal kerjaan saya cuma nyeterika baju yang bayaran nya Rp 2.000 // perkilo. Sedih banget rasanya

    BalasHapus
  15. Hari ini saya kena tipu dengan tf mLalui bank BNI sebesar 2,5jt...GIMNA caranya supaya uang saya bisa kembali.mnta solusinya kak

    BalasHapus
  16. Solusinya biar uang kembali ke rekening kita gimana ka? Saya baru saja kena tipu 80 jt.. saya mohon bank bisa membantu saya. 😥😥😥

    BalasHapus
  17. Saya ketipu 1.550.000 tgl 22 juli 2019 lapor ke bank pelapor dan bank penipu sudah trs klu via top up ovo ada yg tau bagaimana cara ngambil ya

    BalasHapus
  18. saya juga habis kena tipu puluhan juta, tapi beda bank. Saya BRI si penipu pakai BNI. apakah bisa langsung ke bank nya untuk dilakukan pemblokiran atau harus bikin laporan dulu di kepolisian?

    BalasHapus
  19. Bagaimana kalau kena tipu lewat BRIVA gan? Kita tidak tau nomor rekeningnya, terus bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Knp tipu krn p sy jg nih kena tipu omeklik lumayan byk gimana y dolusinya?

      Hapus
    2. Hubungi whatsapp saya, mari kita berbagi cerita 083148423600

      Hapus
  20. Saya kena tipu juga sebesat 4jt tapi anehnya bank BTPN ga menjamin uang balik padahal udh buat laporan gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekening penipunya pake btpn juga kah?

      Hapus
    2. Berarti percuma laporan lwt email.saya jg kena tipu lwt Bank BTPN.3 rekening sekaligus.

      Hapus
  21. Mba gimana caranya kalo kena tipu sudah transfer ke bank BTPN secara tunai dr bank bca tapi karna saya gak punya rek bca jd pake no reknya suami apakah bisa diproses sbab saya org gak punya kena tipu 2jt kan lumayan mba

    BalasHapus
  22. Mba mau nanya, sy kena tipu online shop, sy transfernya dari rek Maybank ke rek bptpn, sy lapor nya ke bank mana yah mba?

    BalasHapus
  23. Mba sy kena tipu online shop, transfer dari bank Maybank ke btpn, sy lapornya ke mana yah mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau uang 550 bisa kemabali engk ya kak Kira"

      Hapus
  24. Mestinya setiap Bank baiknya Bank milik Pemerintah dan baiknya Bank milik Swasta lebih sigap,adil dan bijaksana apabila terjadi indikasi penipuan baik itu dari nasabahnya maupun bukan nasabahnya. Apalagi Korban penipuan dengan mempermudah sekarang lewat via transfer lewat ATM atau via mobile Banking.kasian para korban yang mempercayakan uangnya ke Bank dan mempermudah bertransaksi.dan malaknya kasus penipuan dengan meminta korban mentransfer sejumlah uang. Kasian aja para korban yang kena tipu akhirnya uangnya tidak bisa di kembalikan lagi dan kecewa.mestinya itu hak nasabah (korban) dengan jumlah uang yang di transfer.asalkan sesuai dengan bukti dan kronologis kejadian, bukti transfer dan melaporkan ke pihak ke polisian. Bukan di bekukan saja nomor rekening si penipu. Dan kalau bisa di kembalikan juga uang yang di transfer lewat ATM maupun Mobile Banking si nasabah (korban).Itu baru namanya adil.

    BalasHapus
  25. Saya ketipu bukan september 2019
    H+1 saya datang ke BR1 bank yg sipenipu pakai
    Untuk meminta perlengkapan dan pembekuan
    Saya diminta urus dulu ke Polda
    Sudah saya urus kepolda bawa laporan dari polisi atas tindak kriminal atas nama saya
    Lalu saya balik lagi ke br1 dia bilang harus ada laporan dari bank saya pakai yakni bc4 . Saya ke bc4 besoknya kan.. ga sampai sehari bc4 nelfon saya kata bc4 udah di kirim surat bahwa benar saya kirim ke pelaku .. trus saya tungguin ga ada respon dari br1 .. saya Dateng lgi ke br1 kan 1 bulan kemudian karena ngerasa kok ga ditelfon telfon.. begitu saya Dateng kesana saya disuruh ngisi kronologi.. padahal h+1 saya udh cerita tuh ke vs br1 dia juga udh bikinin ticker pengaduan gitu.. kenapa saya suruh isi lagi kronologi dikertas sama materai 6000 .. udah saya balik lagi kebesokanya kasih tuh kronologi.. terus kata dia nanti dihubungin lagi.. seprti biasa br1 ga pernah ngehubungin saya.. akhirnya sebulan kemudian saya Dateng lagi.. mereka bilang datanya ga ada.. lah.. kok bisa ga ada saya marah kan.. kemaren kemaren bolak balik .. tuh cabang br1 Bekasi nyuruh w datang langsung ke cabang br1 tempat si pelaku bikin kan.. di Cililitan.. persis samping PGC .. w datang dah tuh kesana.. ngomong segala macem kan nyerahin
    1. Laporan bahwa w udh ke kepolisian lapor ke polisi kasus tersbebut penipuan tersebut
    2. Bawa ticker pengaduan 2 biji
    3. Bukti struk dll yg udh difotocopy
    4. Kronologis materai 6000
    5. KTP
    6. ATM bc4 .. karena ni ATM ga pakai buku tabungan alias bc4 tapr3s jadi emng darisononya ga ada buku tabungannya ..

    Itu berbelit Belit tuh br1 .. dibilangnya nanti ditunggu saja 14 hari kerja kami mau ngunjungin si pelaku "kunjungan nasabah"

    14 hari berlalu bahkan 4 bulan w tungguin ga ada w ditelfon

    W Dateng lagi.. seperti biasa dia bilang si pelaku udah ga ada di alamat nya

    Anehnya lagi..pertama dia bilang sipelaku ga ada

    Terus dia bilang suruh nunggu lagi nanti dikabarin .. duitnya katanya ada di mereka udh dibekukan juga rekeningnya

    Oke w tungguin


    Kok ga ditelfon telfon.. itu sampe berbulan bulan

    Sampe detik ini w Dateng kesana lagi dia bilang minta keterangan ATM yg w pake transfer ke pelaku bahwa itu milik w

    Wkwkwk padahal dia tau itu tapr3s .. alias kartu ATM tanpa buku tabungan.. tetep aja vs nya goblok nanyain hal tersebut dan dia ga mau tau harus ada bukti

    Oke w balik kan Dateng ke bc4 minta bukti kepemilikan ATM tersebut

    Dengan jawaban yg sama kaya w
    BC4 bilang ga ada buktinya pak. Itu kartu ya itu buktinya .. nomor rekeningnya ya itu dia dtertera di kartu.. itu bc4 tapres ga butuh buku tabungan


    Ni skrng w mau balik lagi ke br1 dongo ini.. gimana nih kasus w hampir setahun ga beres beres.. boro boro pelakunya ketangkep lah ini duit w ga balik coba itu..

    BalasHapus
  26. Kan harusnya bisa pengembalian karena ada rekening pengirim dan penerima....
    Jika penerima tidak mengakui bisa dipertemukan dengan pengirim biar tidak dirugikan

    BalasHapus

Follower