Kalau kalian melihat pengusaha sukses jangan lihat saat mereka sudah sukses sekarang. Perjuangan untuk menjadi pengusaha sukses bukan jalan yang mudah. Kebanyakan pengusaha sukses harus merasakan derita saat memulia usahanya. 


Sama seperti pemilik PT. Semoga Berkah Sukses Group (SBS), Dhafi Adam, yang bergerak dalam bidang home living, di Sidoarjo. Saat ini Dhafi Adam bisa disebut menjadi seorang pengusaha sukses di bidang Home Living, seperti bantal, guling, karpet rasfur, dan lainnya, meski sebelumnya beliau pernah berada di kondisi terpuruk.

Pengusaha bantal Sidoarjo
Pengusaha bantal 109 Pillow, Dhafi Adam


Awalnya, Dhafi Adam bekerja di Bali tahun 2016. Pulang dari kerja masih mencari uang dengan menjadi Gojek hampir dua tahun.


Kalau kamu mau jadi orang baik, diam saja sudah jadi orang baik. Tapi kalau kamu mau jadi orang yang bermanfaat, maka harus berjuang.


Siapa sangka kesuksesannya saat ini berawal dari televisi yang beliau beli di marketplace online meledak.



Ide Jualan Online 

Berawal dari istri yang ingin memiliki televisi. Saat itu beliau punya uang 300ribu. Kemudian beliau beli televisi secara online. Ternyata saat dinyalakan di rumah, televisinya meledak. Bukannya sedih. Beliau dan istrinya malah tertawa.


Akhirnya mereka kepikiran untuk menjual kembali televisi yang meledak itu di toko online dengan deskripsi minus di bagian tertentu. Ternyata banyak yang merespons. Seorang servis televisi yang akhirnya membeli televisi bekas meledak itu dibeli dan untung 25ribu.


Dari situlah, beliau pun berpikir bahwa untuk jualan online itu bisa. Jualan online apa saja bisa. Barang yang tak masuk akal pun bisa dijual. 


Beliau pun akhirnya punya kepikiran untuk melanjutkan usaha jual beli di toko online. Beliau mencari barang bekas di kos-kosan untuk dijual lagi di toko online. Kemudian beliau usaha jual beli handphone bekas.


“Orang lain memang yang bisa melihat potensi kita dibanding kita sendiri.”


Bos beliau sampai berkata bahwa beliau punya bakat untuk jualan apa pun di toko online ketika beliau mengajukan resign di perusahaan tempat beliau bekerja. 


Mungkin bos beliau bisa menilai potensi anak buahnya itu setelah Dhafi Adam berhasil menjualkan meja milik bosnya yang sudah tidak dipakai. Dhafi Adam menjadi pengusaha dari nol dan tidak ujug-ujug menjadi pengusaha sukses.


Digerebek Polisi

Mulailah Dhafi Adam melanjutkan usahanya dengan menjual barang bekas online. Sayangnya, karrna barang bekas tidak bisa banyak stok, akhirnya beliau berjualan produk baru. 


Dhafi Adam merambah bisnis gendongan bayi. Beliau memproduksi gendongan bayi lewat tukang penjahit. Awalnya produksi sekitar 200 pcs kemudian diminta jadi 1000 pcs. Karena keterbatasan tenaga akhirnya dicicil. 


Berawal dari 2 penjahit jadi 5 penjahit kemudian ada yang mundur. Terus beliau ingin punya penjahit yang bagus yang mau bekerja dengan beliau. Karena usaha masih merintis jadi banyak yang tidak mau. 


Beliau memberikan fasilitas yang mau bekerja dengan beliau bisa klaim asuransi kesehatan dan dapat gaji per hari. Akhirnya banyak yang mau bekerja dengan beliau.


Usaha Dhafi Adam tidak hanya berupa produk gendongan bayi tapi tambah menjadi produk helm anak-anak. Satu hari bisa produksi hingga 1500 helm anak-anak. 


Sayangnya, dalam waktu beberapa bulan usaha berjalan, beliau ditangkap polisi karena produk yang dijual tidak ada SNI-nya. Beliau memikirkan anak buahnya karena kalau usaha berhenti anak buahnya tidak bekerja dan tidak memiliki penghasilan. 


Beliau mengatakan kepada polisi untuk memberikan jangka waktu satu bulan untuk beralih usaha. Beliau mengatakan kalau beliau tidak tahu  produksi helm wajib memiliki SNI. Beliau tidak pernah mendapat bimbingan sebagai pebisnis UMKM.


Akibat penggerebekan itu, bahan-bahan baku untuk membuat gendongan bayi dan helm tidak terpakai yang nilainya hingga 80 juta.


Beralih Produk Usaha

Pandemi Covid-19 datang membuat Dhafi Adam, pengusaha muda tersebut, sempat kebingungan karena banyak usaha yang tidak jalan. Beliau pun mikir kalau semua di lockdown dan tinggal di rumah saja, maka beliau membuat produk home living.


Dhafi pun mulai usaha jualan bantal guling. Setiap hari produksi 200 pcs tapi kebutuhan bisa sampai 1500 pcs. Sampai saat ini kapasitas produksi untuk bantal per hari saja sampai 25.000.


Dhafi adalah seorang pengusaha yang cepat beradaptasi dengan era digital. Dhafi Adam mulai kewalahan ketika harus produksi 700 per hari. Sampai kena asam lambung bolak-balik. Yang bisa menyembuhkan asam lambung adalah tidak boleh stres. 


Beliau mulai menata manajemen perusahaan dengan meningkatkan sumber daya manusia yang baik. Beliau juga mulai menetapkan visi misi perusahaan, mendisiplinkan pekerja, harus bisa adaptif dan inovatif. Profesionalitas itulah yang membuat perusahaan beliau terus berkembang dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. 


Titik balik kehidupan Owner 109 Pillow

Sebelum bekerja di Bali, Dhafi Adam pernah punya utang usaha, bekerja hingga mendapat penghargaan karena memperoleh customer leasing terbanyak di Jawa Timur. 


Akibat punya kartu kredit, Dhafi membuka usaha dengan memakai kartu kreditnya itu. Bukannya berkembang malah harus nutupi utangnya itu. Usaha tidak berkembang. 


Sampai saat menikah sudah punya utang 220 juta. Beliau berpikir bagaimana bisa menutupi utang itu. 


Kemudian beliau bekerja di Bali dengan kondisi awal-awal pernikahan yang serba kekurangan. Uang gaji beliau untuk menutupi utang 200juta itu. Uang makan pun tidak ada. Beliau masih sempat melakukan pinjaman dana saat kekurangan itu. 


Beliau pun introspeksi diri, kira-kira apa yang salah dengan kehidupannya? Beliau pun berpikir untuk meninggalkan segala hal yang berbau riba. Beliau pasrah dengan segala kondisi yang ada. 


Dari kepasrahan dan niat meninggalkan riba itulah, beliau akhirnya diberi jalan Allah untuk berjualan online dari tragedi televisi meledak itu. Kemudian berjualan barang bekas, handphone bekas, gendongan bayi, helm dan terakhir bantal guling yang memberikan kesuksesan bagi Dhafi Adam.


Beliau berprinsip untuk tidak berutang kembali. 


“Prinsipnya ada uang ya beli, nggak ada uang ya nunggu aja. Nggak utang lagi. Nggak kredit2 lagi.”


Bukan bermaksud sok-sok suci tapi itu terjadi pada pengusaha muda Dhafi Adam dan juga pengusaha lainnya yang diwawancarai oleb Pecah Telur.


Bantal Guling 109 Pillow

Dhafi Adam membangun branding produk bantal guling dengan bendera Amerika dengan tulisan 19 di tengahnya. Nomor 19 ini adalah nomor rumahnya Dhafi Adam. 


Awalnya ketika membeli bantal guling di Shopee dengan akun 109 Pillow Official Store, saya kira produk bantal guling impor dari Amerika. Ternyata bantal guling tersebut adalah produk UMKM yang dimiliki oleh PT. Semoga Berkah Sukses. 

Bantal Guling Berkualitas
Bantal Guling 109 Pillow


Tentu saja branding tersebut dilakukan untuk menunjukkan bahwa produk bantal guling tersebut berkualitas. Saya beli bantal guling di Shopee dari 109 Pillow Official Store dengan harga total 56.000 rupiah. Bantal guling murah area Surabaya Sidoarjo bisa kalian dapatkan di akun 109 Pillow Official Store. 


Saat saya membuka paket bantal guling 109 Pillow, bantal putih itu terlihat begitu nyaman. Bantal empuk 109 Pillow itu berisi 100% silikon. Isi bantal yang bagus terbuat dari bahan berkualitas seperti silikon.


Bantal 109 Pillow
Keunggulan Bantal 109 Pillow


Sebelum membeli bantal ada baiknya kalian mengetahui jenis isi bantal apa saja. Jenis isi bantal guling bermacam-macam seperti kapuk, dakron, bulu angsa, memory foam, latex, busa.


Sedangkan dakron ini ada tiga jenis yaitu dakron reguler, silikon dan polyester fiber. Sedangkan yang dipakai bantal guling 109 Pillow terbuat dari silikon 100%. 


Kelebihan bahan silicon pada bantal ini adalah lembut, tebal, halus, empuk dan padat. Bantal berbahan silikon ini aman untuk bayi dan anak – anak. Bantal ini bersifat fleksibel karena bisa dibawa kemana-mana karena tidak memakan tempat.



Keunggulan Bantal 109 Pillow

#1 Nyaman, sejuk, dan ringan

Bahan bantal guling 109 Pilloe berasal dari serat alami 100% silikon. Saat dipakai terasa nyaman karena empuk. Dengan bahan bantal berupa kain cotton mikro membuat bantal terasa lembut dan nyaman. 

Bantal Guling 109 Pillow
Bantal Guling 109 Pillow


#2 Solusi bagus untuk penderita alergi

Biasanya bantal kapuk itu bisa menyimpan debu dan tungau sehingga menyebabkan alergi. Sedangkan bantal berisi silikon dapat meminimalisir potensi timbulnya alergi bagi penggunanya. 


Kalau kalian sering batuk dan bersin mungkin salah satu penyebabnya adalah bantal dan guling yang menyimpan alergen tersebut. Maka, pilihlah bantal guling yang berisi serat poliester silikon yang baik. 


#3 Perawatan Mudah

Bahan cover bantal yang terbuat dari katun ini menjadikan bantal terasa lembut dipegang. Dengan adanya resleting, maka bantal dari 109 Pillow ini mudah dibersihkan. 

Bantal Beresleting
Resleting bantal

#4 Mudah dicuci berulang kali

Bantal berbahan silikon ini dapat dicuci berulang kali tanpa perlu khawatir rusak. Namun, agar bantal awet, disarankan untuk mencuci bantal dengan tangan.


#5 Bantal untuk menjaga kesehatan

Banyak yang mungkin tidak tahu bagaimana memilih bantal tidur yang menyehatkan. Memilih bantal tidur yang sehat untuk leher sangat berpengaruh pada kesehatan.


Saya terbiasa memakai bantal agak tinggi, ketika memakai bantal dari 109 Pillow ini bantalnya tidak setebal punya saya. Ternyata ketebalan bantal 109 Pillow ini sudah sesuai dengan standar kesehatan menurut dokter ahli dimana bantal ini tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. 


Ketebalan bantal yang sesuai standar akan berdampak positif pada kesehatan syaraf pada leger. Jika bantal terlalu tebal maka akan berdampak buruk pada kesehatan, seperti tidur tidak nyenyak, pusing, pegal pada otot leher, bahkan terjadinya penyempitan urat syaraf di leher.


Mungkin selama ini kalian sering merasa pusing dan pegal di leher? Bisa jadi bantal teman-teman kurang sesuai standar sehingga menyebabkan sakit. Nah, coba ganti bantal guling yang lebih menyehatkan.


Cara Mencuci Bantal Silikon

Biasanya jika bantal dicuci akan membuat isi bantal menggumpal di satu sisi dan membuat tidak nyaman dipakai. Mencuci bantal gulingp silikon ini tidak sulit dan tidak memerlukan teknik khusus. Cara mencuci bantal silikon 100% yaitu:


1. Rendam dengan deterjen. Rendam bantal sekitar 15 menit agar kotoran dan noda mudah dibersihkan. Jangan lama-lama ya.. nanti bantal jadi bau gara-gara kelamaan. Hehe.


2. Bersihkan bantal dengan cara disikat. Jangan sikat bantal terlalu keras ya. Sikat bantal secara pelan-pelan saja hingga kotoran hilang. 


3. Bilas hingga bersih. Bantal yang sudah direndam dengan deterjen, dibilas sampai tidak berbusa. 


4. Jemur tanpa diperas. Kesalahan saya ketika mencuci guling saya yang lama adalah memeras guling hingga terasa bagian isinya kopong dan menggumpal di satu sisi. Nah, jangan sampai seperti itu ya. Bantal guling 109 Pillow cukup dijemur aja tanpa diperas.


Penutup

Kalian bisa beli produk bantal guling 109 Pillow ini di shopee ya. Dengan beli produk dalam negeru, kita mendukung UMKM Indonesia dan mampu bersaing dengan brand luar.


Inspiratif sekali ya Dhafi Adam. Semoga kisah pengusaha muda Dhafi Adam bisa bermanfaat untuk siapa saja yang sedang memulai bisnis dari nol. 


Read More

Sekitar dua bulan lalu, pertama kalinya saya menerima lembar bilyet deposito di BPR yang dikirim ke rumah. Saya tidak tahu fungsi bilyet deposito berjangka itu. Kuper banget kan!! 


Saya memang melakukan deposito di Komunal DepositoBPR seperti yang saya ceritakan di blog saya sebelumnya tentang deposito BPR. Setelah berhasil deposito di Bank BPR Buana Dana Makmur Sidoarjo, saya pun mendapat bilyet deposito.

DepositoBPR Komunal


Komunal merupakan perusahaan teknologi finansial peer-to-peer atau P2P yang bekerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat untuk memberikan jasa perbankan deposito berjangka yang bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia. 


Saya tidak tahu apakah bilyet deposito termasuk surat berharga atau tidak tapi karena ini berhubungan dengan uang yang saya depositokan di BPR tentu saja pasti menjadi surat berharga yang tidak boleh diletakkan sembarangan.


Beberapa saat saya menatap bilyet deposito Bank BPR yang baru saja saya terima. Dalam lembar bilyet deposito Bank BPR, tertera nama bilyet, nomor bilyet deposito, jangka waktu, jumlah deposito, dan suku bunga. 

Bilyet deposito
Bilyet deposito BPR

Di baliknya, keterangan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan oleh deposan, seperti jangka waktu, penarikan kembali sebelum jatuh tempo, perpanjangan otomatis, ahli waris deposan, perubahan data, kehilangan bilyet.


Apa itu bilyet deposito

Bagi orang yang pertama kali melakukan deposito, mungkin juga mengalami hal seperti saya. Kebingungan dengan bilyet deposito. Jika kita menabung di bank maka akan memperoleh buku tabungan, sedangkan jika kita melakukan deposito maka kita akan mendapatkan bilyet deposito.


Jadi, apa itu bilyet deposito? Bilyet deposito adalah bukti kepemilikan uang yang didepositokan oleh nasabah di suatu jasa perbankan dengan jangka waktu tertentu yang berbentuk lembaran berisi nama nasabah, jumlah uang yang didepositokan, nomor deposito, suku bunga dan jangka waktu.


Cara pencairan deposito BPR Komunal

Ketika kita mendaftarkan diri untuk melakukan deposito di bank BPR lewat Komunal DepositoBPR, kita diminta memilih tenor atau jangka waktu deposito. 


Saya sendiri memilih masa tenor dua bulan dan terakhir tenor saya tanggal 19 Januari 2022. Artinya, pencairan deposito saya di tanggal tersebut.


Mengirim data lewat email dan tanda tangan bilyet

Sekitar 1-2 minggu sebelum masa tenor berakhir, pihak BPR tempat pengajuan deposito, saya di BPR Sidoarjo namanya BPR Buana Dana Makmur, akan mengirimi email yang berisi mengenai alamat pengambilan bilyet deposito.


Dari sini saya akhirnya tahu bahwa untuk melakukan pencairan deposito, maka bilyet deposito harus dikembalikan. Itu pun kita tidak menanggung biaya pengiriman. 


Dalam email itu, BPR menanyakan kapan bilyet bisa diambil? Kebetulan karena saya sedang ada acara di luar kota, jadi saya minta bilyet deposito diambil tanggal 21 Januari 2022.


Resikonya, uang deposito saya tidak ditransfer pada tanggal yang tertera di bilyet deposito tapi lebih lambat karena harus menunggu bilyet yang dikirim sampai di kantor BPR Buana Dana Makmur.


Selain itu, bilyet deposito ditandatangani oleh nasabah di bagian belakang bilyet kemudian difoto dan dikirim melalui email.


Eh, saya sempat ragu nih mau tanda tangan di bagian kanan, kiri atau tengah padahal sama saja sih yang penting di bagian belakang. Saya sempat tanya tapi jawabannya tetap di bagian belakang bilyet. Akhirnya saya tanda tangani saja di bagian belakang tengah bilyet.


Penjemputan Bilyet

Sebelum dijemput, saya memasukkan bilyet ke dalam amplop coklat dengan menuliskan alamat yang dituju dan nomor ID yang dikirimkan lewat email.


Satu hari sebelum 21 Januari pun tiba, seorang petugas kurir penjemputan bilyet menghubungi saya untuk janjian pukul berapa bilyet dijemput. Akhirnya bilyet dijemput oleh kurir sekitar pukul 11 siang karena pas saya lagi di rumah. 

Penjemputan bilyet deposito
Penjemputan bilyet deposito


Penjemputan bilyet deposito ini nggak bikin nasabah repot harus keluar-keluar rumah. Dan ini membantu banget.


Konfirmasi pencairan deposito

Hari Senin tanggal 24 Januari 2022, pihak BPR menghubungi saya terkait nomor rekening untuk pencairan dana deposito. Di data mereka, rekening saya tidak terdeteksi.


Ternyata saya dulu memasukkan data rekening saya yang lama padahal kan harusnya rekening yang baru. Saya lupa apakah waktu itu saya sudah mutasi rekening ataukah nggak ada pilihan bank saya ya? Teman-teman ada yang pernah mengalami? Atau mungkin saya yang terlewat ya?


Saya pun memberikan data rekening saya yang terbaru lewat nomor whatsapp pihak BPR yang menghubungi saya. Untungnya saja nggak repot-repot ya penggantian nomor rekening yang salah. Sekarang tinggal tunggu pencairan deposito. 

Komunal DepositoBPR


Deposito BPR Aman dan terpercaya

Kalian pasti mikir-mikir, dapat bunga tinggi kira-kira aman nggak mengajukan deposito di BPR? Kalau kamu ditawarkan bunga untuk deposito dengan bunga di atas 6%, jangan mau! Kenapa? Karena tingkat bunga yang dijaminkan oleh LPS hanya maksimal 6% untuk BPR dan 3,5% untuk bank umum. Sedangkan BPR memberikan bunga maksimal 6%. 


Berarti simpanan depositomu juga dijamin oleh LPS kalau misal bank tempat kamu menabung mengalami kerugian. Jelas kan kalau produk dari komunal.id aman dan terpercaya.


Komunal BPR sendiri sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) dan Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ). Kalian nggak perlu khawatir untuk mendepositokan uang kalian karena deposito BPR aman. Kalau ada apa-apa dengan simpanan deposito kalian, maka pihak LPS yang bisa menjamin dan pihak OJK yang akan mengatasinya.


Keunggulan deposito BPR

Keunggulan melakukan deposito di BPR ini adalah. 

#1 Imbal hasil yang lebih tinggi

Jika kalian melakukan deposito di BPR maka kalian akan memperoleh imbal hasil deposito yang lebih tinggi dibandingkan bank konvensional lainnya. Siapa yang nggak tertarik?


#2 Dana terjamin 

Jika kalian punya uang dan mendepositokan uang kalian sebanyak 2 Milyar Rupiah maka uang 2M itu DIJAMIN oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Nggak perlu cemas lagi kan?


Keuntungan menggunakan platform komunal

Komunal Indonesia merupakan perusahaan berbasis teknologi finansial yang bertekad untuk mendukung pertumbuhan perekonomian dan inklusi keuangan di Indonesia. Beberapa keuntungan yang saya peroleh ketika melakukan deposito di Komunal adalah:


#1 Akses yang mudah dan nyaman

Dengan platform Komunal, kita dapat melakukan deposito dengan mudah dan nyaman. Fitur yang ada dalam platform tidak ribet dan tidak membuat bingung. Kita bisa melakukan pendanaan dimana pun kita berada.


#2 Akses langsung ke BPR pilihan

Dengan fitur filter, kita bisa memilih BPR berdasarkan lokasi, tingkat bunga, maupun pilihan tenor. Setelah pilih Terapkan, maka akan muncul berbagai pilihan BPR yang diinginkan.


Fitur Komunal depositobpr

Deposito BPR Aman


#3 Aman dan transparan

Jangan khawatir tentang data kalian yang sudah terdaftar di Komunal karena data kalian akan terjamin keamanannya karena Komunal telah memiliki sertifikasi ISO 27001.


ISO 27001 ini adalah sertifikasi untuk standar manajemen keamanan informasi. Standar ISO 27001 ini bertujuan untuk mengelola keamanan aset seperti informasi keuangan, kekayaan intelektual, detail karyawan, atau informasi yang dipercayakan oleh pihak ketiga. 


So, deposito BPR lewat Komunal menjadi investasi yang baik dan aman ya.


#4 Mudah mendapatkan promo

Dengan adanya fitur kolom Kode Promo, kita tinggal memasukkan kode promo yang tersedia. Jangan sampai kosongin kode promo ini ya karena Komunal DepositoBPR selalu ada promo untuk para deposan. 

Kode promo deposito BPR komunal


So, rugi banget kalau sampai kosongin kolom kode promo. Ntar kayak saya deh rugi nggak pake kode promo, hehe.


Saat pendaftaran bisa pakai referral code saya ya LL7127.


Promo Nih Deposito Dapat Emas!

Yang lagi berlangsung sekarang nih Komunal DepositoBPR ngadain promo deposito dapat emas bagi nasabah yang ingin melakukan deposito. Syaratnya gampang aja sih, kalian melakukan depositobpr lewat Komunal minimal 8 juta rupiah.


Kemudian, masukkan kode promo DEPOSITODAPATEMAS untuk dapat emas minimal 0,5 gram. 


Kalau kalian deposito uang minimal 48 juta dengan pakai kode promo DEPOSITOLAGIDAPATEMAS maka akan dapat emas minimal 1 gram. 

Deposito dapat emas BPR Komunal
Deposito dapat emas


Deposito dapat emas dari Komunal DepositoBPR ini juga ada syarat dan ketentuannya.


Kalian harus perhatikan ini ya, jangan sampai kelewatan ketentuannya seperti saya karena ketika saya TIDAK memasukkan kode promo pertama kali mendaftar saya jadi kehilangan kesempatan untuk mendapatkan cashback. 


Jangan sampai terjadi sama kalian karena lupa masukkan kode promo untuk dapat emas kalian jadi nggak dapat emas.


Ini dia syarat dan ketentuan yang berlaku untuk deposito dapat emas. Jangan cemas selama kalian baca S&K berikut ini.

#1 Berlaku sampai tanggal 28 Februari 2022 dan selama promo tersedia.


#2 Minimal deposito 8 juta dengan minimal tenor 3 bulan.


#3 Promo berlaku untuk deposan baru dengan penempatan di minimal 8 juta.


#4 Promo berlaku untuk deposan baru dan setia dengan penempatan di nominal minimum 4 juta.


#5 Promo tercatat ketika Deposan memasukkan kode promo dan menekan tombol “Terapkan” saat mengajukan deposito.


#6 Hadiah emas didapatkan oleh Deposan sesuai dengan nominal deposito dan tanpa diundi.


#7 Promo berlaku 1x per user dan tidak berlaku bila deposito ditarik sebelum jatuh tempo.


#8 Promo tidak dapat diuangkan dan hanya dapat digunakan pada platform Komunal Deposito BPR.


#9 Hadiah berupa emas akan dikirim ke alamat pengiriman bilyet deposito user, mulai dari H+5  hari kerja setelah deposito jatuh tempo.


#10 Suku bunga yang berlaku adalah suku bunga sesuai dengan platform Komunal Deposito BPR dan mengikuti ketentuan dari LPS.


#11 Promo tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.


#12 Promo disediakan seluruhnya oleh Komunal Deposito BPR.


Selama kalian baca S&K di atas dan teliti saat mendaftar, kalian sudah bisa deposito dapat emas tanpa rasa cemas. Wohoo! Dan emas yang akan kalian dapatkan ini juga nggak pakai diundi. Langsung dapat! Selama promo tersedia ya! 


Jadi kalian tunggu apa lagi, depositokan uang anda di BPR aja! Deposito dapat emas tanpa cemas! 



Referensi:

https://universalbpr.co.id/blog/bilyet-deposito/

https://www.instagram.com/komunal.id/?hl=en

https://depositobpr.id

https://komunal.id

Read More

Selama tinggal di kota besar, melihat warung yang menjual soto ayam seharga 5000 rupiah sih sudah murah banget. Di tempat tinggal kalian berapa harga soto paling murah yang pernah kalian beli? 


Ternyata ada yang lebih ekstrim harga sotonya. Ini pertama kalinya saya melihat harga soto ayam paling murah. Mungkin bisa dikatakan soto paling murah se-Indonesia! Atau bahkan dunia!


Soto Bening atau Soto Seger

Ketika saya pulang kampung di Sragen, setiap bersepeda pagi saya selalu melihat banyak warung menjual soto seger Sragen. Iya, memang namanya soto seger atau soto bening karena memang kuahnya bening. Ada juga yang menjual soto seger rempah. 


Nggak cuma di Sragen sih. Tipe-tipe soto bening seperti itu memang ada juga di Solo juga daerah di sekitarnya seperti Boyolali.


Beda dengan soto Lamongan yang lebih keruh kuahnya karena bumbu. Bagaimana dengan rasa soto bening Sragen yang menjadi makanan khas Sragen?


Rasa kuliner khas Sragen ini memang seger dan enak. Soto seger juga terasa rempahnya. Daging soto seger biasanya pakai ayam biar harganya murah. Hanya saja saya kurang tahu ayam untuk soto itu pakai ayam kampung atau ayam babon. Biasanya soto Lamongan pakai ayam babon dan ada juga pakai ayam kampung.


Sementara ada juga soto seger yang pakai daging. Harganya tentu berbeda.

Soto Seger Sragen


Sekitar empat tahun lalu, di Sragen banyak yang jual soto kwali. Kuliner khas Sragen ini cukup digemari para warga Sragen karena setiap pagi selalu ramai dikunjungi orang untuk sarapan. 


Penjual mengambil kuah dari kwali yang terbuat dari tanah liat kemudian dusajikan di mangkok kecil. Aroma rempahnya begitu kuat. Rasa soto kwali asli Sragen ini pun tidak jauh berbeda dengan soto bening atau seger. Dulu, ada yang jual dekat Lapas Sragen. 


Tapi sekarang sudah nggak ada. Hiks. Padahal ramai banget soto kwali itu.


Selain itu, kuliner soto yang ramai di Sragen adalah soto Girin. Soto daging yang disuguhkan di mangkok kecil ini sampai sekarang masih ada dan menjadi tempat favorit warga untuk sarapan. Lokasinya di depan Taman Kridoanggo Sragen. Ketika kalian datang di pagi hari, banyak ramai orang yang datang ke sana untuk menyesap soto Seger berisi daging itu.


Lokasi Warung Soto Seger

Di Sragen, banyak sekali warung Soto Seger. Di daerah Plumbungan juga banyak jual Soto Seger. Sepanjang jalan Sukowati menuju alun-alun Sragen juga banyak jual kuliner khas Sragen Solo seperti Soto Seger Rempah, Sate Kambing, Tongseng, Tengkleng.


Yes, memang Solo sekitarnya memang terkenal dengan Tongseng-nya. Jadi saya kalau ke Solo biasanya cari kuliner khas Solo seperti susu segar Boyolali dan Tongseng. Berhubung lagi nggak memungkinkan pergi ke Solo, jadi saya cari kuliner khas Solo di Sragen saja seperti susu segar Boyolali sedangkan Tongseng saya belum sempat beli. Sedangkan Soto Seger dan susu segar adalah kuliner andalan kami selama di Sragen.


Tapi saya punya langganan soto seger dengan bau rempah yang khas. Namanya Soto Seger Sukowati di Jalan Rajawali No 13, Ngrandu, Nglorog, Sragen. Tempatnya lesehan dan menjadi tempat sarapan di Sragen yang tepat untuk keluarga.

Soto Seger Sukowati Sragen


Harga Soto Seger Paling Murah

Di soto seger Sukowati langganan saya itu harganya per porsi 4.000 dengan mangkok kecil. Bagi kalian yang makannya banyak memang bakal nambah porsi lagi nih. Hehe.  


Dengan harga yang murah, dalam satu mangkok Soto Seger, kita sudah bisa merasakan Soto Seger dengan nasi dan daging sapi. 


Dan yang paling ekstrim lagi, harga Soto Seger paling murah yang pernah saya lihat adalah Soto Seger 1000 rupiah! Iya. Seribu rupiah. Bayangin nggak apa saja isinya? Saya nggak sempat mencobanya sih. Dengan harga 4000 saja isinya begitu, bagaimana dengan harga 1000 rupiah? Mungkin dagingnya pakai ayam kali ya? Ah, nyesel deh waktu sepedaan nggak bawa duit jadi nggak bisa nyoba Soto Seger 1000 rupiah.


Resep Soto Bening atau Soto Seger

Saya sempat bertanya-tanya sih, kok bisa ya soto bisa bening begitu. Kuahnya itu nggak keruh seperti soto Lamongan yang saya makan. Ternyata memang agak beda bumbunya.


Jika soto kebanyakan pakai kunir atau kunyit, justru soto bening tidak pakai kunyit. Dan toge menjadi tambahan sayuran selain kubis.


Kalau mau bikin sendiri bisa banget nih pakai resep berikut. Ini resep soto Seger khas Sragen dengan daging sapi.


Bumbu halus:

2 siung bawang putih

3 siung bawang merah

1 sdt merica bubuk

1 sdt ketumbar bubuk

1 sdm penyedap rasa

2 biji kemiri

1 sdm ebi

1 Ruas jari kencur

2 ruas jahe


Bahan:

Daging sapi setengah kilo direbus

2 lembar Daun salam

1 batang Sereh

5 lembar Daun jeruk

2 ruas lengkuas

Gula

Garam

Jeruk nipis

Toge

Daun seledri dipotong kecil-kecil

Kubis dipotong kecil

Mie hun yang sudah direbus


Cara membuat:

#1 Rebus ayam sampai matang. Kalau saya dua kali ganti air karena biasanya rebusan pertama baunya masih anyir begitu. Atau buang yang warna cokelatnya.


#2 Bumbu halus ditumis dengan masukkan sereh, daun salam, daun jeruk, lengkuas. Tumis sampai harum. Kalau saya biasa agak mulai menyusut air-air bumbunya.


#3 Masukkan bumbu ke dalam rebusan daging. Karena mungkin hasil tumisan bumbu membuat lengket di wajan jadi coba kasih air sedikit digosok dengan sutil dan dimasukkan ke rebusan daging.


#4 Tambahkan gula, garam, penyedap rasa, jeruk nipis. Yah, kalau ini tergantung selera yaa. Kalau kurang-kurang tambahkan gula atau garam bergantian sedikit demi sedikit.


#5 Tata nasi, suwiran ayam, toge, potongan kubis, seledri, mie hun, di atas mangkok.


#6 Siram dengan air soto yang sudah diolah tadi. Siap makan.


Yuk, Wisata Kuliner Khas Sragen Soto Seger

Soto Seger Sragen saat ini bisa menjadi salah satu wisata kuliner ketika kalian pergi ke Sragen. Sebenarnya banyak warung yang menjual soto Seger Sragen ini. Tinggal kita pilih yang mana untuk wisata kuliner khas Sragen ini. Mau Soto Seger yang harga 1000, 3000, atau 4000?

Read More

Setelah dua tahun pandemi Covid-19, tahun 2021 akhir Indonesia sudah mulai menunjukkan geliat ekonomi. Banyak cafe, warung, Mall, sudah buka dengan menerapkan protokol kesehatan. 


Saya pun mengunjungi Kafe di Malang kota yang pernah diliput oleh Youtube Pecah Telur. Akun Pecah Telur itu memang khusus membahas bisnis-bisnis yang sekarang sukses tapi sempat jatuh sebelumnya. Di Youtube itu membahas juga titik balik kesuksesan mereka dari satu sebab yaitu menghindari riba. Coba cari saja judulnya Meninggalkan Mobil Mercy dan Memilih Motor Supra - Kedai Kopi.


Namanya Kedai Ramah Djiwa. Menurut cerita, pemilik kafe ini dulunya adalah pegawai bank yang kemudian sakit-sakitan. Istrinya pun begitu, seorang pegawai bank yang akhirnya resign demi keluarga meski sempat bekerja kembali. 


Mereka pun meninggalkan segala kesuksesannya, hidup yang tampak wah di mata orang tapi dibalik itu pendapatan mereka justru minus, beban pikiran lebih berat sampai harus bolak-balik opname. Meski sempat hidup serba kekurangan, tapi mereka justru merasa tenang, anak-anak lebih terkontrol, lebih menurut, tak lagi sakit-sakitan. Dan sekarang Kedai Ramah Djiwa adalah kedai kopi mereka yang bisa dibilang sukses dibanding kedai kopi yang pernah mereka bangun.


Lokasi Kedai Ramah Djiwa

Kedai Ramah Djiwa ini berada di Jalan Letjend Sutoyo IV, Lowokwaru, Kota Malang. Saya pun pergi ke Cafe di Malang kota itu dengan motor. 


Akses jalannya memang agak sempit menuju ke Cafe Ramah Djiwa. Jangan sampai kelewatan ya karena Kafe Kedai Ramah Djiwa tidak dipinggir jalan besar tapi harus masuk lagi ke dalam gang. Tenang. Jalannya masih cukup kok untuk dua mobil mepet.


Jalan masuknya tidak jauh dengan tempat makan pangsit mie Pak Gendut Jalan Mawar yang terkenal itu.


Kami melihat papan nama yang tidak terlalu besar di pinggir jalan. Andaikan saya tidak teliti mungkin kami akan kelewatan. Akhirnya kami sampai juga ke kafe hits itu.


Saya kira agak susah membawa mobil ke Kafe Kedai Ramah Djiwa, dari jalan Letjend Sutoyo IV saja rasanya tidak mungkin bawa mobil ternyata begitu masuk ke tempatnya sudah disediakan parkir mobil yang cukup luas.


Dari luar Kafe Ramah Djiwa tidak terlihat seperti Kafe karena berdinding bata tanpa dicat. Seperti kafe dengan konsep industrial ya.


Begitu masuk Kafe Ramah Djiwa saya merasa lapang karena tempatnya luas. Saya kira ketika datang jam 10 masih belum ada pengunjung ternyata sudah ada pengunjung yang mengadakan meeting di meja yang bisa disambung juga satu atau dua pengunjung di sudut lain


Suasana Kedai Ramah Djiwa Malang


Jam buka Kedai Ramah Djiwa

Biasanya tempat nongkrong di Malang buka setelah dzuhur bahkan sampai dini hari. Tapi jika kalian mencari cafe di Malang yang buka pagi dan tidak sampai dini hari maka datanglah ke Kedai Ramah Djiwa.


Jam buka Kedai Ramah Djiwa dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam, kecuali hari Ahad dan Jumat. Hari Ahad kedai Ramah Djiwa buka jam 8 pagi sampai jam 9 malam. Sedangkan hari Jumat, Kedai Ramah Djiwa buka jam 2 siang sampai jam 9 malam. 


Suasana Kedai Ramah Djiwa di pagi hari

Kami pergi ke Kedai Ramah Djiwa sekitar pukul 10 pagi. Alhamdulillah jam segitu masih sepi. Hanya ada beberapa pengunjung saja. Maklum agak ngeri sih kalau pergi ke tempat nongkrong di saat pandemi begini. 


Dan agak lega setelah melihat suasananya tidak begitu ramai karena memang saya mencari cafe yang tidak terlalu ramai dan cafe yang ramah anak. Saat itu saya memang membawa anak saya. 


Begitu melihat desain interior Kedai Ramah Djiwa, saya sangat senang dan nyaman ketika berkunjung ke sana. 

Kedai Ramah Djiwa


Meja dan kursi ditata sedikit berjauhan di ruangan semi outdoor. Jika di satu sisi, desain kafe semi outdoor berkonsep industrial dengan atap tinggi dan berlantai bebatuan, di sisi lain, desain kafe semi outdoor berkonsep rumah klasik Jawa yang sangat kuat. Dua karakter yang berbeda ini bisa menyatu berkat konsep taman setapak dan gazebo yang berada di antaranya. 


Rumah klasik semi outdoor ini memiliki lantai dua terbuka untuk tempat duduk-duduk. Di lantai satu ada tempat untuk pemanggangan (roasting) kopi dan meracik kopi asli.

Roasting Kopi di Kedai Ramah Djiwa


Gazebo terpisah berada di tengah-tengah. Kasir untuk memesan menu dan motor model chopper gitu berada di depannya menambah uniknya Cafe instagrammable ini. Iya. Banyak spot di Kedai Ramah Djiwa untuk berselfie ria. Cocok untuk diposting di media sosial.

Kafe instagrammable di Malang


Keunikan lainnya adalah adanya motor klasik dan sepeda klasik terpajang di beberapa titik di Kedai Ramah Djiwa yang memperkuat kesan klasik Jawa di kedai Ramah Djiwa. 


Meubel seperti kursi meja dan jendela di rumah klasik pun dibuat klasik agar karakternya semakin kuat namun tetap sedap dipandang.

 

Beda dengan meja dan kursi di ruangan berkonsep industrial yang berupa meja dan kursi kayu panjang yang sederhana tapi terkesan kokoh.


Tumbuhan hijau di sekeliling Kedai Ramah Djiwa membuat suasana menenangkan dan menyenangkan serta sangat menyegarkan mata. Tak heran saya meminta suami untuk memotret saya di antara tumbuhan-tumbuhan hijau.

Selfie di Kedai Ramah Djiwa Malang


Kedai Ramah Djiwa menurut saya cocok untuk siapapun untuk nugas alias mengerjakan tugas, menulis, atau sekedar we time dengan pasangan atau dengan teman. Bahkan juga dengan keluarga. Saya sendiri tidak terlalu khawatir membawa anak saya karena saya bisa memilih tempat duduk di gazebo yang tidak berdekatan dengan pengunjung lainnya. 

Kalau kalian mau nugas, meeting atau rapat kecil-kecilan juga bisa kalian lakukan di Kedai Ramah Djiwa. 


Musholla dan toilet juga disediakan di sana. Kesannya rapi dan bersih kalau saya lihat dari luar.


Harga dan Menu Kedai Ramah Djiwa

Saya bukan penikmat kopi karena saya punya maag yang bisa kambuh saat konsumsi minuman berkafein. Jadi saya tidak memesan kopi. Suami pun begitu. Bukanlah orang yang suka ngopi. Tapi ketika mengajak saya ngopi di Kedai Ramah Djiwa, saya kurang yakin dia akan memesan kopi.


Benarlah, ketika kami berada di depan kasir untuk memesan makanan minuman, suami saya malah tidak memesan kopi. Akhirnya dengan sedikit memaksa saya menyuruh suami pesan kopi. Wkwkwkwkwk. 


Saya memesan matcha dan suami pesan kopi susu. Selain itu, kami memilih menu Kedai Rumah Djiwa yang khas. Pemilik kedai mengatakan kalau makanan khas Kedai Rumah Djiwa adalah Roti Ramah Djiwa yang di dalamnya ada beef patty, donat gula aren dan cui mie Ramah Djiwa.


Kami pun memesan satu Roti Ramah Djiwa, tahu walik dan french fries. Harga menu makanan Kedai Rumah Djiwa pun tidak mahal, termasuk biasa untuk ukuran kafe. Saya menghabiskan uang sekitar 60ribu untuk memesan tiga jenis makanan dan dua jenis minuman. 


Makanan pun datang. Roti Ramah Djiwa dalam toast box yang terkesan sedap. Saya sangat suka dengan Roti Ramah Djiwa yang tebal rotinya tapi empuk, patty yang enak, mayones dan saos nya yang pas membuat saya ingin nambah lagi. Tapi karena sudah mau masuk jam makan siang jadi saya menahan diri saja. Hehe. 


Sementara french fries-nya tidak seperti biasanya yang hidangkan ala kadarnya. French fries Kedai Ramah Djiwa dipotong bergelombang kemudian ditaburu persley di atasnya membuat siapa saja yang melihatnya ingin segera menyantapnya, termasuk anak saya.


Bagaimana dengan rasa kopinya? Duh, maaf. Saya dan suami tidak bisa berkomentar banyak. Saya hanya merasakan kopinya cukup kuat. Dan mungkin bagi penikmat kopi itu adalah yang dicari-cari. 


Sedangkan matcha milk-nya enak. Terpaksa saya harus mengerem agar tidak saya habiskan seketika. Anak saya pun suka dengan matcha milk. 

Menu di Kedai Ramah Djiwa Malang




Kapan-kapan ke Kedai Ramah Djiwa Lagi

Kalau kalian mencari tempat makan aman saat pandemi, kalian bisa datang ke Kedai Ramah Djiwa. Yang pasti perhatikan waktunya ya. Berdasarkan pengalaman berkunjung ke Kedai Ramah Djiwa, ternyata enak juga ngopi di waktu-waktu itu. Suasana lebih santai dan tenang. Kalau sore sampai malam sih sepertinya pengunjungnya banyak.

Roti khas Kedai Ramah Djiwa patut dicoba ketika kalian pergi ke Kedai Ramah Djiwa. Dan bagi kalian penikmat kopi, jangan lupa nikmati sajian kopi Kedai Ramah Djiwa yang ternyata diambil dari perkebunan kopi Arjuna dan lereng Kawi. Dan membuat para petani di sana merasa senang. Ya, soalnya selama ini asal kopi-kopi di Malang ngambilnya dari Dampit.

Kapan-kapan saya mau ke sana lagi pesan Roti Ramah Djiwa dan matcha milk, ah! Bikin nagih!

Read More



Investasi penting untuk perencanaan keuangan di masa depan. Bahkan investasi sudah harus mulai dipupuk sejak dini saat masih remaja. Saat ini, dengan hadirnya aplikasi investasi, kalian bisa berinvestasi dengan mudah karena bisa dilakukan sambil rebahan.

Investasi adalah solusi perencanaan keuangan untuk biaya pendidikan, biaya pernikahan, dan lainnya. Kini melalui aplikasi investasi, kalian bisa memulainya kapan saja dan dimana saja.

Tips Memulai Investasi Melalui Aplikasi

Meski mudah, memulai menjalankan investasi melalui aplikasi tidak boleh asal-asalan. Berikut sudah saya rangkum beberapa tips memulai investasi melalui aplikasi agar mendapatkan hasil optimal.

1. Memilih Aplikasi yang Kredibel

Pastikan kalian hanya memilih aplikasi investasi terbaik. Salah satu kriteria aplikasi yang bagus dan kredibel adalah aplikasi dari broker atau lembaga keuangan yang sudah terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Perlu diketahui, tidak semua aplikasi investasi yang ada saat ini sudah terdaftar secara resmi di OJK. Maka dari itu, kalian wajib selektif saat memilihnya.

2. Kenali Produk Investasi Pada Aplikasi

Saat ini ada banyak jenis penanaman modal yang bisa kalian jalankan melalui aplikasi. Beberapa yang paling populer seperti reksadana, saham, Peer to Peer, dan lainnya. Ketahui terlebih dahulu jenis investasi apa yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut.

Pastikan juga kalian mengetahui secara detail jenis produk investasi tersebut. Dengan begitu, kalian tidak akan kesulitan saat memulainya. Untuk pemula, pilihlah aplikasi investasi yang mudah dijalankan.

3. Perhatikan Tingkat Risikonya

Setiap produk investasi memiliki risiko yang berbeda-beda. Tingkat risikonya ada yang tinggi juga ada yang rendah. Contoh investasi dengan tingkat risiko yang rendah dan menawarkan keuntungan pasti seperti reksadana campuran.

Setiap aplikasi investasi terbaik biasanya menjelaskan produk dan juga tingkat risikonya. Tujuannya untuk bahan pertimbangan investor yang ingin menginvestasikan uangnya.

4. Berapa Modal yang Diperlukan?

Jangan lupa juga untuk mengecek minimum penempatan atau modal investasi. Pasalnya, setiap produk investasi ada yang ditawarkan dengan minimum modal yang rendah, menengah, hingga minimum modal yang tergolong tinggi.

Terkait tinggi atau rendahnya modal, silahkan sesuaikan saja dengan kemampuan finansial masing-masing.

Cara Memulai Investasi dengan Aplikasi

Perlu kamu ketahui, bahwa semua aplikasi investasi terbaik adalah platform yang disediakan oleh broker atau lembaga keuangan. Kebanyakan bahkan sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Bagi yang berencana berinvestasi melalui aplikasi, berikut kami paparkan cara memulainya.

1. Tentukan Jenis Investasi

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, aplikasi investasi menawarkan produk yang berbeda-beda. Pertama-tama, silakan tentukan jenis produk apa yang kamu inginkan. Contohnya produk reksadana campuran yang menawarkan risiko lebih ringan.

2. Cari Aplikasi yang Sudah Terdaftar di OJK

Setelah memilih jenis produk penanaman modal, selanjutnya silahkan kalian cari aplikasi yang menyediakan produk tersebut. Pastikan aplikasinya sudah terdaftar di OJK. Cara mengecek keterdaftaran di OJK bisa langsung melalui www.ojk.go.id

3. Persiapan Modal

Sebelum menentukan modal yang akan kalian investasikan, pertama-tama kalian ketahui terlebih dahulu minimum penempatan atau modal pada aplikasi tersebut. Saat ini, penanaman modal melalui aplikasi sudah bisa kalian jalankan dengan modal ratusan ribu saja.

4. Pelajari Produk Investasi Sebelum Memulai

Beberapa produk penanaman modal bisa langsung kalian jalankan dengan mudah. Contohnya seperti investasi reksadana dan deposito. Kamu cukup menanamkan modal untuk memulainya karena nantinya modal kamu akan dialokasikan oleh manajer investasi atau lembaga keuangan terkait.

Namun, ada beberapa jenis aplikasi investasi yang memerlukan pengetahuan secara mendalam. Contoh investasi tersebut yaitu seperti saham.

Investasi Modal Kecil Untung Besar di digibank by DBS

Aplikasi digibank by DBS merupakan aplikasi perbankan yang bisa membantu kalian tidak hanya sebagai tempat menabung tapi juga sebagai tempat investasi reksadana. Bersama digibank by DBS, kalian berkesempatan untuk mendapatkan untung besar dengan risikonya yang tergolong kecil.

Ingin tahu apa saja keuntungan berinvestasi di aplikasi digibank by DBS? Berikut sudah kami rangkum apa saja keuntungannya.

● Proses membuka rekening kini tidak perlu pergi ke kantor cabang bank terkait. Selain itu juga tidak perlu mempersiapkan dokumen atau berkas-berkas fisik seperti pada umumnya.

● Proses verifikasi mudah karena hanya memerlukan e-KTP dan juga sidik jari kalian saja.

● Melalui aplikasi digibank by DBS ini, kalian juga bisa mentransfer uang dan juga tarik kalian tanpa dikenakan biaya.

Bagaimana, tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasi investasi? Yuk, pasang aplikasi digibank by DBS yang sudah tersedia di Play Store maupun App Store sekarang juga! Dapatkan imbal hasil besar dengan minimum penempatan modal yang terbilang ringan.
Read More
Previous PostPostingan Lama Beranda

Follower