Mengurus Pembetulan Nama Orang Tua di Akta Lahir

114 comments
La bureaucratie est toujours compliquée.

Berurusan dengan birokrasi gampang-gampang susah. Walaupun gampang tapi sebenarnya complicated.

Kali ini, aku harus berurusan dengan Pengadilan Negeri Kota Malang untuk mengurus akta kelahiran karena nama ibu salah. Berhubung ibu ada di Balikpapan, otomatis ibu sudah mengurus terlebih dahulu disana. Nggak cuma akta lahir ibu tapi juga akta lahir adik.

Karena aku udah cabut berkas kependudukan, dan resmi jadi warga malang, maka kepengurusan akta lahir dilanjutkn di Malang.

Setelah dapat surat yang berisi berkas-berkas untuk diajukan di Malang. Kamis pagi pergi ke Pengadilan. Pengadilan Kota Malang ada di Jl. A. Yani di bawah fly over Arjosari.

Sumber www.seputarmalang.com

Sampai sana masih sepi.  Yang ngurus pergantian akta lahir pun nggak cuma aku. Nggak banyak sih antriannya, cuma ada dua sampe tiga orang. Dan setelah menunggu pegawai pengadilan memanggilku. Aku pun menceritakan kisahku sebagai pengantar. Karena dikiranya emakku di malang.

Belum juga selesei bekesah (cerita), langsung dipotong. Dan langsung menunjukkan syarat bla bla bla. Udah gitu ngomong nya cepet. Alhasil sempet bingung. Sampai akhirnya otot2an. Ya secara, urusan beginian ga bisa dijelasin dengan cara begitu. Ga semua orang paham sama urusan  hukum.

Halah sudahlah.

Yang jelas syarat-syarat mengajukan pembetulan akta kelahiran itu

  • Fotokopi kutipan akte perkawinan
  • Fotokopi ijasah
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi akte kelahiran
  • Surat keterangan kelurahan
Karena mau membetulkan nama ibu di akte lahirku sebagai pemohon, maka syarat yang dikumpulin
  • Fotokopi kutipan akte nikah ibu
  • Fotokopi ijasah ibu
  • Fotokopi KTP pemohon (KTP ku)
  • Fotokopi kartu keluarga pemohon (nama ibu masih salah)
  • Fotokopi akte lahir pemohon
  • Surat keterangan kelurahan
Dan itu semua harus di nas segel (legalisasi) di kantor pos pusat

Karena yang kurang surat keterangan dari kelurahan, maka dengan segera pergi ke kantor kelurahan. Sampai sana pun harus ke pak RT dan Pak RW karena harus minta blanko dari RT dan RW.

Akhirnya sampai rumah, bukannya langsung ke RT dan RW, tapi tiduuurrr. Keselll broooo.....

Datang ke ketua RT RW


Malamnya baru minta ke RT dan RW. Untuk minta blanko kemudian diisi pembetulan akta lahir. Setelah selesai ke pak RT lanjut ke pak RW.

Udah gitu lupaa nggak sekalian minta blanko untuk urus perbaikan KK. Hah ya sudahlah. Keburu udah nggak kuat, besok-besok ae.

Datang ke kantor kelurahan


Pagi harinya, langsung donk meluncur ke kelurahan. Dengan sabar menanti antrian, akhirnya dilayani juga. Setelah dapat suratnya, orangnya nggak nagih biaya administrasi. Akunya cuma plonga plongo. Akhirnya aku yang berinisiatif tanya. Eh, ternyata GRATISSSSS.

Setelah itu, meluncuuurrr ke Bank Mandiri. Ini udah beda urusan lagi. Ngurus kelanjutan rekening penipu. Dibahas disini di pengalaman melaporkan rekening penipu.

Datang ke kantor pos


Setelah urusan beres, langsung beranjak ke kantor pos pusat kota malang, di alun-alun. 

Ternyata untuk mendapatkan nas segel harus beli materai 6000 sebanyak lembaran yang dilegalisasi. 

Dan ternyataaa akte lahirku fotokopiannya habiiss.. inget, waktu ngasih akte lahir di kantor kelurahan belum aku copy... 

Akhirnya legalisasi berkas yang ada aja di loket 6 kalo di kantor pos kota malang. Sekitar 7 buah materai yang dibutuhkan. Enaknya beli materai dikantor pos itu harga sama kaya harga materainya (di loket 4 sampai 10).

Setelah menempelkan semua materai, terus di stempel sama pegawai posnya, diparaf juga. Ketok sana ketok sini lah pokoknya. Sampai ada tiga stempel satu lembar berkas.

Karena masih ketinggalan akte lahirnya. Akhirnya pulang dulu, buat boci, bobo ciang. Sekaligus tunggu selesai jumatan. 
Setelah boci dan pada solat jumat, lanjut lagi ke kantor pos buat stempel akte lahir dan KTP.

Datang ke pengadilan negeri


Setelah selesai, lanjut lagi ke pengadilan negeri. 
Sampi sana, dilihat berkasnya. Dan masih menyalahkan surat pernyataan dari pengadilan negeri balikpapan. Katanya isinya salah. Harusnya begini, tapi dia juga nggak begitu jelas menjelaskannya.

Aku disuruh benerin. Aku nggak mau donk cuma penjelasan lisan gitu disuruh buat surat yang pakai bahasa hukum. Yang buat pengadilan negeri balikpapan aja salah, apalagi aku yang bukan latar belakang hukum.

Karena tau wajahku yang serba ga tau. Alhasil orangnya yang mau benerin sendiri.

Nunggu beberapa saat, akhirnya di prin kan suratnya, trus disuruh tanda tangan.

Biaya untuk urus pembetulan nama di akte lahir aja ya harus keluar 250ribu. Mahalll euyyy.

Setelah bayar dan dikasih kuitansi, terus orangnya memberi gambaran tentang sidangnya. Dia memberikan kemungkinan terburuk jika ibu disuruh datang sidang di malang, semua tergantung hakimnya. Dan itu permintaan paling buruk.

Lah kan ibu sudah sidang di Balikpapan, ngapain harus sidang lagi di Malang, wong udah ada surat permohonan perubahan nama dari Pengadilan Balikpapan langsung. Ternyata surat itu tidak membawa pengaruh sama sekali. Bahkan disalahkan. Kenapa bisa berbeda begini.

Dan lagi harus siap dua saksi, yaitu:
  • Saksi dari pihak yang memiliki hubungan keluarga, kalau bisa dari ibu sendiri.
  • Saksi yang tidak memiliki hubungan keluarga, setidaknya orangnya di briefing dulu sebelum sidang mengenai masalahnya.
Masih dipikirin lah saksinya. Yang jelas ribet banget ni urusan.

Buat kita-kita ni, pelajaran kedepan, jangan sampai salah di akte kelahiran, baik nama anak ataupun orang tua. Beda satu huruf aja bisa berabe.

Apalagi berhadapan sama orang pengadilan, apa emang udah karakternya biasa menangani tindak kriminal, jadinya sama semua yang datang sikapnya sama. Hahaha. Kesimpulan yang aneh.

Kisah sidangnya berlanjut y..

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

114 komentar

  1. Ceritanya hampir sama dgn nasib saya mbak :D hampir 2thn ngurus pembetulan tgl lahir di akte smp skrg blm kelar juga

    BalasHapus
  2. Ceritanya hampir sama dgn nasib saya mbak :D hampir 2thn ngurus pembetulan tgl lahir di akte smp skrg blm kelar juga

    BalasHapus
  3. hendry_arta@yahoo.com.sg6 Oktober 2016 17.20

    jadi total biaya yang dikeluarkan dipengadilan negri hanya 250rb ya bu, saya sedang urus perubahan nama akta kelahiran kedua orang tua saya juga, dikarenakan marga orang tua saya tidak tertera di akte kelahiran. dan saya minta bantu org nya proseskan, baru sejam tadi dia info, dia minta biaya ke saya 3,5jt per orang. kaget saya dengarnyaaa.... mahal kali...
    dokumen sudah saya serahkan ke dia seminggu yang lalu, saya minta cancel, dia info tidak bisa dibatalkan.. sudah diproses.... gilaaaa !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ddaerah asal lahir sy jg segitu.. ini 250rb d daerah tinggal skrg yg memang ada aturan yg dikeluarkan oleh pngadilan negerinya..sudah trtera.. sy ada fotonya lupa truh dmn

      Hapus
    2. Mbak mau tanya itu sidangnya langsung dikabulkan sama hakim atau nggk

      Hapus
  4. Permisi, mau nanya mba. Ini pengurusan akta lahir mau buat paspor atau apa ya ?
    Karena saya mengalami hal yang sama, nama ayah di akta lahir berbeda dengan KK dan KTP ayah yang sekarang. Contoh : di akte kelahiran Sujarwo, di KK dan KTP sekarang Jarwo. Ini bermasalah juga ga ya mba ? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya kalau mau buat kk dan ktp kan harus sesuai akte. mungkin kalau merubah kk dan ktp aja gimana? kalau ubah akte jadinya ky saya deh berimbas ke akte anak2nya. atau namanya yg bener yg mana? soalnya nama di ijazah dan buku nikah ibu saya udah sama, hanya di akte saja yang beda. daripada ganti nama di ijazah yang tentunya lebih ribet, jadinya merubah di akte aja.

      Hapus
    2. Permisi mau nanya desi budy anugerah, saya mengalami hal yang sama seperti apa yang anda tanyakan adanya perbedaan nama ayah di kk dan akte lahir dan ijasah saya dikarena pembuatan kk baru, padahal semua akte dan ijasah saya memakai nama ayah di kk yang lama. Gimana tindak lanjut permasalahan ini dalam buat paspor?

      Hapus
    3. Hallo Desi & Radina,sy pernah tnyakan hal ini ke kelurahan,petugas disna bilang mnding rubah KK & KTP nya aj,lebih simple dibanding rubah akte ato ijazah.yg penting aktenya klo buat paspor mah,kan salah satu aj,akte atau ijazah,ga usah dikeluarkan klo beda huruf.

      Hapus
    4. Sekarang saya lagi urus perubahan akta anak saya karena nama saya berbeda d KTP dan KK dg yg d akta lahir anak saya. Dan ini utk kepentingan pembuatan pasrport anak saya. Krn mendesak, dan belum saya urus perubahannya, pasport pun d acc. Cuma repotnya saya sekarang tetap harus urus perubahan nama saya pada akta. Yg akan berimbas pada pasport nya juga. Pasport brarti akan ganti lagi. Jadi saran saya,bawa ijazah asli ato dokumen yg ada nama yg bener dan surat keterangan dari desa menerangkan bahwa itu orang yg sama. Kalo ubah akta lahir beneran repot. Kudu k KUA dulu minta surat keterangan ,trus ke kantor desa, trs k capil trs sidang dll.
      Huft
      Dan ini saya lagi antri d kantor desa

      Hapus
  5. pro minta doc surat permohonan ganti nama orng tua di akta kelahiran donk .. via email ya
    friant.ant@gmail.com skrng bro penting ane udh ngubek mbah google ga ktmu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sy memang sudah dpt surat dr pengadilan asal untuk diajukan ke pengadilan domisili skrg..

      Hapus
  6. Mbak, setelah selesai semua prosedur revisi, pada akhirnya kita dapat akta baru atau seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. akta nya tetap sperti dulu, cuma ketambahan surat perubahan nama orang tua saja

      Hapus
  7. Mbak mau tanya kira2 prosesnya mbk dulu ganti nama berapa lama ya mbak? Trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu dpt surat dr pengdilan negri balikpapan trus diurus di malang skitar 1 bulan sampe dpt prin2an penggantian nama..

      Hapus
  8. Kalau mau ubah nama ibu yg di akta gmn ya
    Soalny akta2 adik saya semua nya nama ibu berbeda2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya sprti diatas pak.. brarti pengajuan penggantian akte ibu, dan anak2...

      Hapus
    2. Sama,sy juga begitu,ank ank ibu saya 4" nya berbeda,yg penting bisa tembus mengurus paspor ga papa.
      Yg jadi masalah klo mengurus warisan,klo ga pke wasiat,ya ga da yg jadi anak ibu karena smuanya berbeda nama :)

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Mba mau tanya kalo di ijazah dengan akte nama bapak bebeda dengan di kk.karena orang tua menikah lagi.gmna cara benerinnya mba.apa jadi masalah..bpak yg dlu bernma edi purwanti.kalo yang sekarang muhammad ridwan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya kalau misal mau pergi haji atau umrah pak..yg berhubungan dg kepengurusan paspor

      Hapus
    2. Mas Eko,klo yg diperlukan nama di Ijazah,ya tinggal dtg ke Disdikbud aj,sprti sy ganti tbl lahir di ijazah,masa ijazah sy pke tgl lahir org lain.

      Hapus
  11. hallo mbak. sy mau nanya.

    Saya sudah ganti nama di pengadilan negri jaksel.
    di akte kelahiran saya, saya anak ibu krn ibu saya hanya nikah secara agama, dan di Kartu keluarga saya pun nama ayah Kosong.
    tapi di ijazah SMP dan SMA nama ayah saya berbeda jauh. gimana yah? mohon bantuannya. dan apakah sesudah ganti nama, di ijazah pun harus di ubah namanya,atau minta keterangan dari sekolah juga bahwa saya sudah ganti nama? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksdnya berbeda jauh? Kalo kk mudah diganti. Tp kalo ijasah sm akte beda mending aktenya aja yg diganti nyesuain ijasah sm seperti ibu sy..

      Hapus
    2. assalamualaikum,, ka@lita lestianti, saya bermasalah di akta kelahiran , tagal lahirnya beberda dengan ijazah dan kartu keluarga, saya uda urus ke catatan sipil ternayata tidak bisa, harus penetapan kepangadilan negeri? kira untuk merubah dipenetapan pengadilan negeri sangat sulit atau mudah?.. terima kasih

      Hapus
    3. mba @wita puspita... iya memang urusan begitu ke pengadilan negeri. sulit sih nggak, ribet tapi insyallah bisa selesai. hehe

      Hapus
  12. Mau nanya anak saya sd sampai sma nama benar terus mau buat akte nama bapak ke boal balik tidak sama seperti di ijasah mohon keterangannya thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending aktenya saja yg diganti.. kalo ijasah yg diganti lebih ribet karena ngurus ke sekokah2

      Hapus
  13. Mba mohon infonya yaa..
    Kan nama ijasah saya dr sd-sma kan harjo mukti. Sedangkan ini saya sblum lulus kuliah saya cek di akte nama ayah miidi harjo mukti. Kalo misal mau ngrubah nyamain ijasah gtu syaratnya pakai akta nikah ortu ya? Sedangkan akta ortu miidi harjo mukti. Gimana yaa saya bgung nanti klo beda sama ijasah saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending akte yg dirubah, kalo ijasah yg dirubah harus urus ke sekolah2 lebih ribet

      Hapus
    2. Oh itu buku nikah ya mksdnya bukan akte lahir? Cari yg mudah aja digantinya.. kalo cm ngerubah buku nikah lebih mudah dibanding ngerubah ijasah2 , lebih baik ubah buku nikah..

      Hapus
  14. Sy buat akte istri ternyata ga ada nama ayahnya eh di kk juga jadi ilang nama ayahnya. Itu karena waktu bikin akte ga ada surat nikah ortu. Skrang dah buat surat nikah lewat sidang isbat di pengadilan agama lumayan ribet padahal ikut isbat masal... kirain buat benerin akta yg ga ada nama ayahnya cukup dengan surat nikah ortu. Ternyata harus ke pengadilan juga....hadeuh urusannya tambah ribet az.
    Oia mba waktu sidangnya gimana...?
    Waktu legalitas di kantor pos dokumen asli di bawa ga...?
    Waktu dari menyerahkan berkas ke sidang lama ga...
    Mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy ngga sidang sih waktu di malang kebetulan ada tetangga kerja di PN cuma ditanya2 aja..kalo di balikpapan pas ortu sidang ditanyain ada saksi dan yg minta dirubah. Wakt ke kantor pos sy lupa dibawa apa ngga, kayaknya dibawa juga

      Hapus
    2. Maaf saya mau nanya, saya juga ada masalah dengan akta yg aktanya tidak ada nama ayahnya.
      Ceritanya begini, ini anak sudah yatim piyatu (ibunya sudah meninggal) ayahnya tidak tahu entah kemana. Nah saya menginginkan anak trst mengganti akta, ganti nama dan ganti nama orang tua yg ada nama ayah dan ibunya apakah bisa ? Bukan sistem adopsi, tpi langsung mengganti nama akta dan nama orang tuanya. Terimakasih atas jawabanya.

      Hapus
  15. Kalo misal aku mau ganti nama ayah di akte dan kk biar sesuai ijazah,, ktp ayah juga harus ganti nama dong mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kan buat ktp harus pake KK... tp kalo itu gampang mba..yg ribet ngubah aktenya

      Hapus
  16. Soalnya yg di ijazah sd-sma nama ayah salah semua
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti ibu saya akhirnya merubah akte ibu saya biar ijasah ngga diubah2. AKhirnya berimbas ke akte anak2nya yg harus ganti nama ibu juga

      Hapus
  17. Mba permisi kira" apa yg harus diurus kalo di akte ,sama ijazah saya nama orang tua deni tapi di kk ayah saya namanya deny . Bagaimana itu mba ? Kalo ngurus begituan brapa lama ? Saya mau daftar tni soalnya takut gugur karna ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending ganti KK aja mas,yg akhirnya pengaruh ke KTP/SIM aja lebih mudah dan ga ribet,.. ngurus akte dan ijasah lebih ribet krna harus datang ke pengadilan dan sekolah2

      Hapus
  18. Mba mau tanya kalo keterangan kota kelahiran diakta beda dengan ijazah ktp kk dll.itu gmn yah..saya mau buat paspor

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo gitu aktanya yg diganti, daripada merubah ijzah..

      Hapus
    2. Mba salam kenal maaf seblmnya saya mau tanya..klu merubah akte apakah hrus di tmpat kelahiran,sebabnya saya sdh cabut berkas jd warga dki,kelahiran saya sukabumi gmna caranya ya mba.trms

      Hapus
    3. Mba salam kenal maaf seblmnya saya mau tanya..klu merubah akte apakah hrus di tmpat kelahiran,sebabnya saya sdh cabut berkas jd warga dki,kelahiran saya sukabumi gmna caranya ya mba.trms

      Hapus
    4. saya pun begitu pak Diding, kelahiran Samarinda, sudah cabut berkas jd warga Malang, bisa kok yg penting ada yg mengurus dari kota kelahirannya. malah ibu sy mengurus surat2nya dari Balikpapan karena tinggal di Balikpapan

      Hapus
    5. Mba Nuha Inayah,klo buat paspor mah gampang,yg cocok aja yg dibawa,klo akte lahir cocok ya bawa akte lahir aj,klo ijazah yg cocok ya bawa ijazah aj,ga usah 2" nya diperlihatkan,ntar petugasnya bingung,sebenernya patokan nya itu akte lahir kata petugas" yg pernah sy tny gtu lho mba

      Hapus
  19. Mau nanya y mbak..KLo saat sidang kita hanya membawa ijazah foto copy bisa ng ya..Soalny saya mau ganti marianti menjadi mariyanti d akte anak saya sesuai ktp,ijasah,kk saya,tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah namanya hampirrrr sama ky ibu saya... mending dibawa lengkap seperti berkas-berkas yg dibutuhin

      Hapus
  20. Minta infonya dong saya sudah sidang dipengadilan untuk mengganti nama anak saya saya bayar 5 juta rupiah.hasil sidang saya bawa kecatatan sipil.namun yg saya peroleh akte anak saya tidak diganti baru melainkan dikasih catatan di belakang akte lahir lama bahwa nama anak saya sudah berubah.apa betul seperti itu??? Soalnya sebelumnya saya berfikir akte lama akan diganti akte baru.dan kalau begitu ledeoannya akte lahir anak saya jadi dua lembar dong.mohon info nya terimakasig

    BalasHapus
  21. Saya mau nanya saya 2 saudara ketika kecil saya diambil oleh orang tua angkat dan nama orang tua saya di kk jadi nama orang tua angkat .pada saat ini orang tua ibu bapak dan Kaka saya sudah meninggal dan meninggalkan warisan sebidang tanah besertifikat atas nama ayah saya
    Pertanyaan saya
    Bagaimana saya menjual warisan tersebut sementara di kk keluarga kandung saya nama saya tidak tercantum sementara sertifikat dll semua ada sama saya apakah bisa mengganti nama org tua saya ketika syarat balik nama ke pembeli harus jelas alih warisnya mohon sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh maaf sy kurang paham utk masalah seperti ini. mungkin bisa ditanyakan ke capil tau pengadilan negeri yg mengurus masalah perdata

      Hapus
  22. Ya ampun ribetnyaaa. Untung punyaku cuma KTP aja yg keliru, cuma kurang 1 huruf, koreksinya gak susah, pas bikin KTP lagi. Gak kebayang kalo yg semacam ini, urusannya ternyata panjang banget.
    Saran juga buat yg baru punya anak sebaiknya kasih namanya jgn susah-susah. Pengalaman aku sendiri nih, ngurus surat apapun jadi berbekal akte kelahiran buat dicontek, kuatir salah tulis 1 huruf aja. Hadehh..

    BalasHapus
  23. Ya ampun ribetnyaaa. Untung punyaku cuma KTP aja yg keliru, cuma kurang 1 huruf, koreksinya gak susah, pas bikin KTP lagi. Gak kebayang kalo yg semacam ini, urusannya ternyata panjang banget.
    Saran juga buat yg baru punya anak sebaiknya kasih namanya jgn susah-susah. Pengalaman aku sendiri nih, ngurus surat apapun jadi berbekal akte kelahiran buat dicontek, kuatir salah tulis 1 huruf aja. Hadehh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. saya juga lagi mengurus. Nama saya di akta kelahiran anak saya kurang 1 huruf. Skrng lagi menunggu jadwal sidang..

      Hapus
    2. betul mba biasanya sih sering disuruh cek berkali-kali namanya sudah benar apa belum... kadang masih salah juga sih

      Hapus
  24. Mbak minta tolong kirim ke email saya surat permohonan donk saya sufah 3x salah buat yg terakhir smp ke pak hakin taunya di cabut aliat di batalkan mana aku dah bayar uang 321rb lg setres aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini emailku aku lupa tulis email kickyklaudia@gmail.com

      Hapus
    2. wah saya ngga buat surat apa2, jadi dapat langsung dari pengadilan negeri balikpapan yg ditujukan untuk pengadilan negeri malang

      Hapus
  25. Assalamualaikum, Maaf mba mw tanya, kalo mw ganti nama BIN pada akte anak, gmna yaah ?
    Contoh :
    Nama anak : abcd
    BIN : "xxx" (ini yg salah) dan mw sya ganti dg "yyy".

    Jazakillah khoiron, mba.

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum, Maaf mba mw tanya, kalo mw ganti nama BIN pada akte anak, gmna yaah ?
    Contoh :
    Nama anak : abcd
    BIN : "xxx" (ini yg salah) dan mw sya ganti dg "yyy".

    Jazakillah khoiron, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Berarti ganti nama org tua di akte lahir anak ya? Sama seperti saya, jadi harus akte orang tua dulu yang diganti dg syarat berkas seperti di atas. Setelah itu baru akte lahir anak karena harus menyertakan akte lahir orang tua yg sudan dibetulkan.

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di ijazah sd sampai sma gak pake nama ibu cuma nama ayah saja

      Hapus
  28. Memang agak susah ngurus pembetulan nama di akte,apalagi nama orang tua. Tapi apa harus sidang bos?

    BalasHapus
  29. Ass gan..
    Jika nama orang bapak kita salah di akte. Ijasah. Ktp. Kk. Semuanya beda. Apakah masih bisa di betulkan gan..
    Mohon jawaban dan bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending merubah akte saja sesuai dengan ijasah..karena ijasah harus ke tiap jenjang sekolah..lebih ribet...ktp kk lebih mudah

      Hapus
  30. Halo mbak. Terima kasih utk share pengalamannya. Saya sedang mengurus perubahan nama di akte utk saya dan mama saya. Akte kelahiran saya dr Malang sedangkan akte kelahiran mama saya Ambon. Apa bisa perubahan nama di akte mama saya diurus di Pengadilan Negeri Malang? Atau harus ke Pengadilan Negeri Ambon? Makasih ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu saya juga gitu, malah ngurus akte di balikpapan..padahal aktenya dari sragen

      Hapus
  31. assalamualaikum maaf sy mau tny..kl mau merubah nama ortu di akta kelahiran prosesnya gmn.jd sy dl nikah agama lalu pny anak..lalu anak sy dl dibuatkan akta tp nama ortu nya ayah ibu sy..skr sy mau rubah nama ortu nya dr nama ayah ibu sy..jadi nama saya..tp persyaratan yg sy pny akta kelahiran sy aj..apa bs dproses n selesai trima ksh

    BalasHapus
  32. assalamualaikum maaf sy mau tny..kl mau merubah nama ortu di akta kelahiran prosesnya gmn.jd sy dl nikah agama lalu pny anak..lalu anak sy dl dibuatkan akta tp nama ortu nya ayah ibu sy..skr sy mau rubah nama ortu nya dr nama ayah ibu sy..jadi nama saya..tp persyaratan yg sy pny akta kelahiran sy aj..apa bs dproses n selesai trima ksh

    BalasHapus
  33. assalamualaikum maaf sy mau tny..kl mau merubah nama ortu di akta kelahiran prosesnya gmn.jd sy dl nikah agama lalu pny anak..lalu anak sy dl dibuatkan akta tp nama ortu nya ayah ibu sy..skr sy mau rubah nama ortu nya dr nama ayah ibu sy..jadi nama saya..tp persyaratan yg sy pny akta kelahiran sy aj..apa bs dproses n selesai trima ksh

    BalasHapus
  34. assalamualaikum maaf sy mau tny..kl mau merubah nama ortu di akta kelahiran prosesnya gmn.jd sy dl nikah agama lalu pny anak..lalu anak sy dl dibuatkan akta tp nama ortu nya ayah ibu sy..skr sy mau rubah nama ortu nya dr nama ayah ibu sy..jadi nama saya..tp persyaratan yg sy pny akta kelahiran sy aj..apa bs dproses n selesai trima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf kalau yg ini sy baru tahu.. mungkin bisa ditanyakan langsung ke pengadilannya ya...

      Hapus
  35. Selamat malam.. Saya ingin membuat akta kelahiran. Umur saya 25 tahun.Ijazah SD, SMP, SMA nama bapak kandung Jajak sedangkan di surat nikah nama nya Djaja. Ibu saya berpisah dengan bapak saya dari saya masih bayi. Jadi yang mengurus sekolah waktu itu nenek saya. Apakah bisa saya membuat akta kelahiran memakai nama Jajak sesuai dgn ijazah saya? Sedangkan di akta kelahiran bapak saya Djaja. Syarat apa yang hrs saya siapkan ya bu? Sedangkan saya saat ini tidak tau keberadaan bapak saya, yang tersisa hanya akta kelahiran bapak saya, dan surat nikah bapak ibu saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nggak mungkin juga mengganti surat nikah dan akta lahir bapak ya... memang satu2nya cara mengganti nama bapak di ijasah yg sesuai surat nikah dan akta lahir

      Hapus
  36. KASUS SAYA BEGINI.. DI KK, KTP DAN SURAT NIKAH AYAH SAYA TERCANTUM MUJIYANTO (PAKE Y) SEDANGKAN DI AKTEDAN IJAZAH SAYA DARI SD SMPE SMA ITU MUJIANTO (TANPA Y)
    MINTA SOLUSINYA MBAK,,, DIKASIH WAKTU SEHARI BUAT NGURUS, GIMANA CARANYA?
    NYAMAIN KK SMA AKTE N IJAZAHQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah susah juga ya.. kalau mau gampangnya mending merubah surat nikah ayah aja jadi mujianto (tanpa Y) biar akte ijazah jenengan ga perlu ganti..jadi mending ada yg mengalah..

      Hapus
    2. ba kalau nama orangtua di akta saya salah dan disurat nikah orang tua juga salah namany. Yang bener nama orangtua dijazah saya. Di ktp. Kk. Itu solusinya gimana y mba? Sebaiknya apa yg d rubah

      Hapus
  37. Sy jg kurang tahu apa gimana kalau mengubah nama di surat nikah, karena kalau merubah akte harus sesuai surat nikah..mgkn drpda harus merubah ijazah mending ngubah akte dn surat nikah

    BalasHapus
  38. Mba, saya masih smk kls 3 nih, kalo misalnya nama orang tua di akte lahir,ijazah sd,smp beda di kk gimana ya? Nama di kk:erwin lim dansia sedangkan di akte dansya. Apa yg harus saya rubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merubah KK saja karena lebih mudah drpda akte lahir dan ijazah

      Hapus
    2. Hallo Erwin,km kan blm lulus jd blm dpt ijazah SMA donk ya,lebih baik lapor ke sekolah bahwa nama di akte lahir km dansya,jadi yg nantinya muncul diijazah km sesuai akte lahir km,kk,ktp bisa dirh ah dikelurahan,akte & ijazah yg rumit.ijazah sd-smp biarkan sj,yg pnting ijazah terakhir yg sesuai akta lahir km.

      Hapus
  39. Mbak saya mau nanya kalau misalnya nama orang tua saya di ijazah sd, smp, dan sma gak sama itu gak boleh ta??
    Di ijazah sd smp nama orang tua saya Sapari Gito Siswoyo
    Di akta kelahiran juga Sapari Gito Siswoyo
    Tapi sebenarnya yang benar itu Safari Gito Siswoyo, di kk dan ktp juga Safari Gito Siswoyo, untuk itu saya pengen supaya nama orang tua saya di ijazah sma saya Safari Gito Siswoyo sesuai dengan kk dan ktp,gimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau ikut ktp dan kk ya jadi merubah akta, ijasah sd, smp dan sma kalo memang mau pakai nama Safari.. kalau mau gampang ya ktp dan kk ikut nama yg sudah tertulis di akta lahir, dan ijasah sd, smp dan sma yaitu Sapari

      Hapus
    2. Oalah berarti lebih baik ganti nama kk dan ktp ya mbak, tapi berpengaruh sama surat nikah gak?

      Hapus
  40. Kalau kasus nya seperti itu yang harus dirubah yang mana ya mbak? Kk dan ktp atau akta dan ijazah?

    BalasHapus
  41. Nama bapak saya salah di akta,dan itu berimbas sama ijazah saya, tp untuk kk dan ktp bapak sih sesuai.. ini gmn ya bu? Lebih baik mana yg di benerin? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau namanya sesuai ya nama di akte diubah, jadinya ijazah jg harus diganti... tapi kalau nggak mau repot, ikhlaskan saja nama yg di akte, jadi KK dan KTP menyesuaikan akta..walopun itu sangat berat... hehehe

      Hapus
  42. mbak mau nanya, nama ayah di akte sama di kk beda, tapi sudah dapat surat keterangan dari dinas kependudukan kalau nama yang berbeda itu adalah satu orang yang sama. kira kira berpengaruh tidak untuk kepengurasan paspor dan visa? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mbak sy kurang tahu kalau begitu hehe

      Hapus
  43. Mbak saya mau tanya klau diakt anak saya nama suami dan nama saya salah syaratnya apa aja ya.ini kesalahan dari buku nikah saya tapi di kua cuman diganti gitu aja nggk pakai sidang di pengadilan agama

    BalasHapus
  44. 😭kalau mau bikin akte nikah; nama ibu di akte lahir sm ktp beda penulisan gimana, ngaruh g ya? Apa g bisa bikin akte nikah ya? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  45. Mbak mau nanya kalo nama kedua ortu di buku nikah ortu beda sama di kk/ktp gmana? Nama di akte lahir saya sama dengan yang di buku nikah, tp ijasah saya pake nama ortu di kk, kira2 yg harus di ganti nama ortu di buku nikahnya apa di kk /ktp saja? Soalnya saya mau ngurus pernikahan dan ortu mau bikin paspor haji. Mohon infonya terimakasih.

    BalasHapus
  46. Sya mau tanya kalo buat akta anak apakah nama orang tua harus lengkap karna nama orang tua panjang

    BalasHapus
  47. Salaam sabar kawan, biarlah mreka sok kuasa menzalimi kita ,hilang tiada diujudken sila2 yg dibuatnya,yg katanya kemanusiaan yg adil dan beradab.

    "Nandur bakal ngundoh"

    Barangsiapa membantu permudahken urusan saudaranya maka ia pun akan ditolong oleh Allah dimudahken pula urusannya, begitu pula sebaliknya mengenainya yg mempersulit atau menyusahken saudaranya....


    Pada tau agama bahkan hafal dalilnya yg tertutur diatas, tetapi dilanggarnya, membuat repot diri sendirinya dunia akhiratnya

    BalasHapus
  48. assalaamu'alaykum,, mba sy mo nanya,,sy sdh buat akte anak" tnp nama bpkny krn bpkny menghilang,,tp sekarang sy mo rubah ada nama bpkny,dgn membawa akte cerai,,apa bisa y

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum .. Mbak mau nanya . Ijasah saya dari sd/smp/sma nama ayak saya ahmad.. Di kk sm ktp achmadi .. Tapi nama aslinya achmadi.. Solusinya gimana mbak

    BalasHapus
  50. Mba saya mau nanya, nama ayah sama di akte saya dengan KTP dan KK ayah saya berbeda. Di akte nama ayah saya ada penambahan huruf sedangkan yang benar di KTP dan KK. Karena akte saya salah berimbas ke ijazah saya dari SD-SMA. Lebih baik apa yang harus saya ganti yaa mba? Saya baru masuk kuliah dan semua data tentang ayah saya sesuai yang di KK. Jadi lebih baik gimana yaa mba? Mohon bantuannya mba

    BalasHapus
  51. Maaf saya mau tanya ...akta anak saya nama bapak beda sama ijazah .di ijazah sutiyo .di akta nikah setyo dan di kk..padahal kita sudah pisah dan sdh berkeluaraga .kalo syarat kan sdh ndak ada kk .srt nkh atau yg lain ...cara membetulkanya bagaimana ya ..mohon saran

    BalasHapus
  52. Saya mau tanya boleh tidak akte anak saya d atas nmakan orang tua saya.. soalnya saya mau urus suami krja jauh.. dan takut kalau tidak cepat d urus bisa rumit nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... utk kedepannya sepertinya kasihan anaknya bu kalau utk urus ijazah, surat nikah dll kalau bukan orang tuanya sendiri

      Hapus
  53. ITU SURAT KETERANGAN DARI KELURAHAN (SURAT KETERANGAN APA YA)

    BalasHapus
  54. Maaf sebelumnya,Sy ibu single parent,Akta kelahiran n ijazah SD-SMA anak pertama saya nama ayahnya Priyono,sedangkan akta kelahiran n ijazah SD anak kedua Priono,sedangkan dalam kk dan akta cerai saya priyono,bagaimana solusi menurut mbak2/mas2 yg sudah berpengalaman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alangkah lebih baik kalau akte kelahiran anak kedua yg harus diubah nama orang tua, biar nanti pas SMP SMA nggak salah lagi namanya. Sedangkan ijazah SD sy belum ada pengalaman utk proses perubahan nama di ijazah.. maaf ya bu...

      Hapus
  55. Asalamualaikum.
    Kasus saya
    Nama ijasah dan akta klahiran saya bambang sutrisno.
    Sedangkan nama di buku nikah/akta perkawinan,kk,ktp,dan nama ayah akta klahiran anak saya.dengan nama sutrisno.(tanpa nama depan)
    Karna dri awal salah langkah waktu nikah saya tidak melampirkarkan akta klahiran all hasil merembet ke dokumen yg sekarang.yg saya ingin tanyakan mana yang harus saya rubah senhingga dokumen saya lebih akurat agar tidak berdampak pada masa depan anak nanti.sertakan langkah awal apa yang harus saya tempuh.trima kasih

    BalasHapus
  56. Maaf mau tanya nama ibu di akta klhran anak saya beda ama di kk kurang satu huruf, tp akta ama kk beda domisili gimana ngurusnya mba?

    BalasHapus
  57. Mbak mau tanya, Saat sudah dapat surat penetapan pengadilan, apakah pembetulan akte harus di tempat diterbitkannya akte awal/yg salah

    BalasHapus
  58. terima kasih telah berbagi pengalamannya mbak. Akte saya, KTP, KK sama, nah pas mulai SMA, kuliah, sampe buku nikah beda akhirnya merember ke akte anak. nama saya di akta anak itu kebanyakan spasi. Misal nama di akta saya DENISA, sedangkan di akta anak DE NISA. enaknya ganti punya anak atau punyaku saja ya? bingung..-__-

    BalasHapus
  59. Siang mbak saya juga punya kasus yang sama ,,cuman saya dulu berdomisili di tangerang llulus sma saya buat ktp jadilah tp nama saya ujung belakang salah beda saya beranggapan gpp lah wong cuman buat cari keja,,,,berlanjut sampai saya nikah dan punya anak semua data nikah dan akte anak semua pakai data ktp tangerang,,,,dak ktp tangerang mati tdk saya perpanjang ,,,nah saya buatlah ektp baru di kampung halaman dengan nama yang sebenarnya ,,,saat ini saya binggung bagai mana cara ganti ini semua apakah nama saya yang di ganti apa akte anak dan akte nikah saya trimakasih

    BalasHapus
  60. Butuh waktu berapa Lama Pembetulan Nama Ibu yang salah di Akte Kelahiran Anak.
    Karena Saya Mau Urus akte Anak, dan Nama salah Ketik satu Hutuf.
    Terima Kasih

    BalasHapus

Follower