Sekilas sistem parkir di Paris

1 comment
Lagi pengen ngebahas masalah parkir di Paris. 
sebenarnya kurang tahu menahu mengenai masalah parkir, karena ngga pernah berurusan dengan parkir memarkir, tapi coba dibahas sedikit deh gimana sistemnya di Paris.
Cuma sempat foto-foto sih tapi belum sempat cari referensi disana, jadinya cuma baca-baca di websitenya www.paris.fr tentang pengaturan parkir disana.
Sebenarnya banyak juga sih mobil-mobil disana parkir di pinggir jalan, tapi entah kenapa masih rapi, dan yang terpenting ngga ada tukang parkir :D
jadi kalo tu mobil nyerempet bemper mobil orang, yawuda tabrak aja.
Kalo supirnya kaya saya sih, ngga bakal bisa ngeluarin mobil yang mepetnya kaya di gambar ini

  (doc.pribadi)

untuk parkir begitu, ada aturannya juga...
tujuannya apa kebijakan perparkiran diatur?
secara ngga langsung sih biar masyarakat yang punya mobil mau menggunakan transport publik kalo mau pergi kemana-mana. Yang utama ya biar lebih rapi aja.

Sistem parkir di Perancis, trutama Paris yang menjadi bahasan ini, memiliki dua tipe:


Parkir rotatif (stationnement rotatif). 

Tipe jenis ini merupakan parkir untuk visitor yang bukan merupakan penduduk di sekitar tempat parkir. 
Waktu parkir dari jam 09.00 hingga 19.00 dari senin hingga sabtu, sedangkan hari minggu dan hari libur nasional parkir gratissss!!
Lama parkirnya dibatasi sekitar dua jam ditempat yang sama. Jika lama parkir lebih dari dua jam bisa membayar lagi ke mesin tiket parkir atau minta kartu langganan.
Biayanya dari 1,2 sampe 3,6 euro per jam tergantung lokasi parkir dimana.
Bayarnya bisa pake kartu ATM, Paris Carte, Kartu Moneo dengan mesin tiket parkir.
Semakin ke pinggiran kota Paris, biaya parkir semakin murah.
Parkir Rotatif


Parkir campuran (stationnement résidentiel)

bisa dikatakan tipe campuran karena ngga cuma visitor (stationnement rotatif), tapi juga penduduk yang tempat tinggalnya tidak jauh dari tempat parkir.
Waktu parkir sama dan dibatasi dua jam. Bedanya, kartu yang dimiliki berbeda-beda.











Ini dia harga tarif parkir di Paris
Zona 1 (biru) : 3,6 euro per jam
Zona 2 (pink) : 2,4 euro per jam
Zona 3 (kuning) : 1,2 euro per jam





Perbedaannya antara Parkir Campuran dan Parkir Rotatif.

  • Parkir Campuran ---- untuk Parkir Rotatif dan Parkir Perumahan ----Sabtu: gratis ----Bulan agustus : Gratis (soalnya banyak yang liburan musim panas keluar prancis makanya gratis kali ya :D )


  •  Parkir Rotatif ---- hanya untuk visitor ---- Sabtu : bayar ---- Bulan agustus : bayar.


Parkir kendaraan barang
Selain itu, ada juga pengaturan parkir untuk kendaraan barang yang biasanya membawa produk-produk komersil, namax zone de livraison. Semua zona parkir itu memiliki perbedaan autorisasi.

1) Zone "partagées" atau zona umum yang memperbolehkan semua kendaraan untuk parkir.
2) Zone "sanctuarisées" atau zona khusus yang hanya memperbolehkan kendaraan pengiriman barang komersil.

Perbedaannya terletak pada marka jalan:

- Jika Satu garis putus-putus maka zona tersebut diperbolehkan untuk parkir mobil dari Senin hingga Sabtu dari 20.00 hingga 07.00, juga hari minggu dan hari besar nasional tanpa terbatas waktu. Dan zona tersebut harus bebas parkir pada jam 7 pagi, jika tidak biasanya terkena denda. Dan kendaraan untuk barang komersil pagi hari dari jam 7 pagi hingga 8 malam.





- Marka jalan ganda maka zona tersebut secara eksklusif untuk kendaraan barang komersil selama 24 jam. Jika ada yang melanggarnya, maka terkena denda sebesar 35 euro.



Parkir Sepeda

Transport lain yang biasa digunakan oleh Parisian adalah sepeda yang biasa disebut Velib' Paris




Tempat parkir sepeda Velib' ini ada di beberapa lokasi. 
Biayanya beragam biasanya tergantung usia, penerima beasiswa atau bukan, pekerja. Setahun dari 19 - 39 euro. kalo sehari sih 1,7 euro kurang lebih ama tiket métro.

Kendaraan Elektrik

Sistemnya kaya' sepeda sih, tapi yang ini berwujud mobil, seperti mesin penyewaan mobil.
tarifnya setahun 120 euro atau bisa nyewa setengah jam 5,5 euro (duh berasa agen promosi :D)






(doc.pribadi) Mobil elektrik yang di parkir di tempat khusus Autolib'

Nah kalo ini, sistem parkirnya jika di Parkir Rotatif maka biaya parkirnya gratis selama dua jam (jika punya kartu kendaraan elektrik)
Kalo Parkir Campuran gratissss selama 24 jam selama punya kartu itu.

Sekian cerita-ceritanya.. at least sedikit paham, walo ngga pernah mengurus masalah parkir2 disana.


Source:
http://www.paris.fr/pratique/deplacements-voirie/stationnement/zones-de-livraisons-pour-y-stationner/rub_369_stand_99971_port_1169

http://www.paris.fr/pratique/stationnement/payer-le-stationnement/paris-les-tarifs-du-stationnement/rub_5779_stand_4812_port_12654


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

Follower