Mudah Mengenal Istilah Clodi dan Perawatannya

No Comments
Bagi emak-emak baru, seperti saya, mendengar kata clodi seperti sesuatu yang asing, belum lagi istilah-istilah lain -insert, liner, prefold- yang bikin bertanya-tanya. Nah, disini coba saya jelaskan dengan bahasa yang sangaaaattt sederhana dari bahasa saya sendiri mulai dari pengertian clodi, jenis clodi, atau bagian clodi, cara mencuci atau prewash clodi. Harapannya mommy baru dpat memahami istilah asing dalam dunia

Apa sih clodi?

Clodi itu singkatan dari Cloth Diaper artinya popok kain. Clodi ini memiliki merk dan kualitas yang berbeda-beda. Sedangkan istilahnya sebagian besar hampir sama.


Bagian-bagian Clodi

Jadi, clodi yang bisa dipakaikan ke anak ini terdiri dari cover, insert, prefold, liner.

Cover luar (outer)

Merupakan popok yang berbentuk seperti celana.

Untuk melekatkannya ada yang pakai kancing jepret (snap) atau kretekan (velcro).

Untuk menaruh insert ada jenis pocket atau cover. Kalau jenis pocket itu yang seperti ada kantongnya, sedangkan cover tidak.

Untuk lapisan luarnys, ada jenis outer beludru atau cuma seperti plastik jadi waterproof (tahan air) namanya PUL. Kalau PUL saat dijemur lebih cepat kering dibanding yang beludru.

Untuk penjepit samping, ada yang tipe snap (kancing jepret) atau pant (karet yang bisa dipasang dengan kancing jepret sehingga berbentuk

Insert

Insert ini digunakan untuk menyerap ompol yang bentuknya memanjang. Insert ini dimasukkan ke dalam kantong jenis pocket sedangkan jenis cover hanya ditaruh diatas outer. Insert ini bermacam-macam jenis tergantung merknya.

Ada insert microfiber, bamboo/litty bamboo, hemp, dan combo.  Untuk bahannya tidak perlu dijelasin daripada bikin bingung hehe. Yang jelas bamboo dan hemp daya serapnya tinggi bisa dipakai semalaman (katanya.. saya malah baru mau nyoba), sedangkan combo juga daya serapnya oke punya (combo itu perpaduan hemp dan microfiber). Kalau microfiber katanya tahan 3-4 jam saja. Adalagi insert long (long microfiber atau long bamboo) bisa sampai lipatan 3.

Prefold

Popok kain bentuknya segiempat jadi saat memakai harus dilipat-lipat. Daya serapnya juga tahan lama. Ini bisa digunakan bayi baru lahir atau disebut diaper fold. Kalau difungsikan sama seperti insert dilipat-lipat gitu namanya soaker pad.

Liner

Semacam kain tipis yang ditaruh diatas insert. Biasanya untuk pelapis pup karena mudah dicuci, daripada terken insert.

Prewash

Semua itu harus dicuci dulu sebelum dipakai. Pencucian pun ada aturannya.
Outer cover
- Cuci dengan deterjen tidak perlu banyak-banyak
- Lebih baik gunakan tangan
- Jangan diperas sampai melungker agar karet tidak mudah melar.
- outer cover cukup dicuci sekali saja. Insert dan liner sampai 3x. Prefold pakai air panas 3x atau air dingin 5x.
- outer cover jemur horisontal, jangan vertikal karena karet akan tertarik ke bawah mengikuti gravitasi sehingga dapat melar. Insert, prefold, liner jemur vertikal biar cepat kering.
- outer cover jangan dijemur dibawah terik matahari karena lapisannya akan rusak dan dapat merembes. Insert, prefold, liner kalau saya jemur dibawah terik matahari biar cepat kering, hehe. Alasan tidak boleh dijemur di bawah terik matahari agar tidak kaku.
- jangan direndam terlalu lama


Kalau mau lebih lengkapnya bisa lihat di petunjuknya. Saya hanya merangkum saja 

Ini copyan yang saya dapat dari teman dan temannya teman saya itu (haduh) yang jadi importir salah satu merk clodi dan ini aturan terbaru.

Kenapa Cover clodi anak saya rembes semua ya?!

Coba diteliti mom,apakah lapisan waterproof PUL nya sudah delaminasi, ditandai apabila lapisannya tidak licin lagi, ada keriting halus, retak bahkan mengelupas.


Kenapa insert hemp, bamboo, dan prefold saya semua kaku seperti keripik?

Coba diteliti mom, apakah dicuci dengan detergen dalam takaran yang berlebihan, membilas kurang bersih shg masih banyak residu atau selama ini menjemur dibawah terik matahari langsung dalam waktu berjam2?

Tips Menjemur Clodi
1. Cover (shell) berlaminasi waterproof PUL
- Jangan diperas dengan cara dipelintir tetapi dikepal dan diremas dengan lembut supaya lapisan PUL tidak mengalami delaminasi.

- Jika menggunakan mesin, gunakan laundry net dan jika perlu bungkus dengan handuk, setting dry low/ spin reduction/ kecepatan dan putaran yg rendah. Untuk cover sebaiknya tidak menggunakan mesin sebab lapisan waterproof tidak menyerap cairan sehingga cepat kering.

- Jemur secara horizontal (dry flat) supaya karet paha tidak mudah melar krn popok yang basah bisa dipengaruhi gaya gravitasi.

- Jemur ditempat teduh dan tidak terkena sinar terik matahari langsung, misal dibawah beranda atau tempat menjemur beratap fiber supaya lapisan PUL tidak mengalami delaminasi.

2. Insert dari bahan natural (serat alami dari tumbuh-tumbuhan, seperti hemp, bamboo, dan prefold cotton)

- Jangan diperas dengan cara dipelintir tetapi dikepal dan diremas dengan lembut supaya seratnya lebih awet.

- Jika menggunakan mesin, gunakan laundry net dan jika perlu bungkus dengan handuk dan setting dry low/ spin reduction/ kecepatan dan putaran yg rendah

- Jemur secara vertikal (line dry) untuk mempercepat pengeringan.

- Jemur ditempat teduh dan tidak terkena sinar terik matahari langsung, misal dibawah beranda atau tempat menjemur beratap fiber supaya insert tidak kaku karena kekeringan. Analoginya tumbuh-tumbuhan akan mati kekeringan jika terpapar sinar matahari terlalu lama. Itu sebabnya mengapa handuk berbahan cotton yang sering bunda gunakan menjadi kaku dan kasar setelah dijemur dibawah panas terik. Pernahkah bunda mengalaminya?!

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower