Perkembangan Sistem Informasi Geografis (Geography Information System)

3 comments
Seringkali terdengar di telinga kita kata-kata ''sistem informasi geografis'', tapi mungkin kita tidak pernah membayangkan bagaimana awal mula sistem informasi mulai dikembangkan.

Sebenarnya, sistem informasi telah ada sejak dikembangkannya sistem komputer (generasi kedua). Pada akhir tahun 1950 ditemukan sistem komputer tersebut. Hingga akhirnya institusi swasta maupun pemerintah memerlukan analisis-analisis yang bersifat geografis untuk mengambil keputusan, oleh karena itu pada tahun 1963 dikembangkan sistem informasi geografis. Negara pertama dalam pengembangan SIG tersebut yaitu negara Kanada, bukan Amerika Serikat, dimana saat itu namanya CGIS (Canadian Geography Information System). Dua tahun setelah penemuan itu, kemudian Amerika Serikat membuat sistem yang serupa bernama MIDAS untuk memproses data-data sumberdaya alam.

Sebenarnya, lingkungan akademis juga sudah membuat sistem komputerisasi untuk pemetaan, walaupun pengembangan SIG dimulai di lingkungan pemerintah seperti CGIS dan MIDAS. Universitas Harvard sudah membuat laboratorium komputer grafik dan analisis spasial dan menghasilkan beberapa produk pemetaan yaitu SYMAP (synagraphic mapping) pada tahun 1964, CALFORM pada akhir tahun 1960, dan SYMVU juga pada tahun 1960, POLYVRT dan ODYSSEY tahun 1970-an.

Di Belanda, kampus ITC mengembangkan SIG pada tahun 1985 yang bernama ILWIS (integrated Land and water information system); dimana sistem ini sudah dilengkapi dengan kemampuan (features) untuk menggabungkan fungsionalitas pengolahan citra dijital, basis data relasional, dan lainnya. Di Universitas Minnesota juga dikembangkan MapServer dan sampai saat inipun Mapserver masih mendapat dukungan dari berbagai komunitas karena memiliki kelebihan yaitu output/image kartografis dengan kualitas tinggi, dan sebagai alat bantu visualisasi data SIG pada aplikasi browser dengan media jaringan internet.

Perkembangan tersebut tentu memunculkan berbagai industri baru untuk mengembangkan sistem SIG. Salah satu perusahaan pengembang SIG yang terkenal adalah ESRI (Environmental System Research Institute) didirikan oleh Jack Dangermond dan Laura Dangermond pada tahun 1969. Pada tahun 1999, salah satu majalah perangkat lunak di Amerika Serikat meletakkan ESRI pada urutan ke 49 dari 500 provider perangkat lunak terbesar di dunia yang dicapai pada tahun 1998.

Pada tahun 1981, ESRI mengeluarkan perangkat lunak Arc/Info. Tahun 1991, ESRI mengembangkan ArcView yang memiliki tampilan menarik, interaktif, tingkat kemudahan yang tinggi dan masih digunakan sampai sekarang. ArcGIS mengintegrasikan aplikasi-aplikasi ArcView (ArcMap), ArcInfo, ArcCaralog, ArcEdit, dan lainnya kedalam enterprise pengelolaan, analisis, dan presentasi data spasial.
Tidak hanya ESRI yang mengembangkan sistem SIG, tapi juga MapInfo Corp yang mengembangkan perangkat SIG  MapInfo pada tahun 1986. MapInfo juga cukup diminati karena mudah digunakan, harga yang relatif murah, tampilan yang interaktif dan menarik, user-friendly, struktur data spasial relatif sederhana, fungsionalitas editing dan digitizing data spasialnya sangat lengkap dan fleksibel, dan dapat di customized dengan menggunakan bahasa pemrograman atau script.

Jika ada yang kurang info,bisa ditambahkan, trims :)

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar

  1. Terimakasih atas infonya , sekarang saya jadi lebih tau tenteng perkembangan GIS

    Jangan lupa kunjungi Website Saya juga : https://titozd.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas infonya , sekarang saya jadi lebih tau tenteng perkembangan GIS

    Jangan lupa kunjungi Website Saya juga : https://titozd.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas infonya , sekarang saya jadi lebih tau tentang perkembangan GIS

    Jangan lupa kunjungi Website Saya juga : https://titozd.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Follower