Ujianku di Agro Paris Tech !

2 comments
Hey hey hey ...
Ini dia yang ditunggu2, membuat aku selalu kepikiran. Ujian tulis pertama di eropa, Perancis, mending ya pake bahasa inggris, ini pake bahasa perancis, ngga yakin deh si dosen ngerti tulisanku :'(

Belajar dari beberapa hari, baca2 catatan temen, sampe nemu ujian tahun sebelumnya yang dikasih temenku, yeay ! pas liat soalx, bingung mau jawab apa, hahaa !

Akhirnya, aku baca sampe habis tu catatan temen, terus baca catatanku yang acak kadut ! Karena kuliahnya tentang pengembangan pertanian, jadinya banyak kata2 yang ngga aku paham, terpaksa di catet di kertas kosong, mulai dari verbe, nom, adjective. Dan setiap catatan temen, aku cuma ngerangkum tentang pengembangan pertanian terutama tentang revolusi pertanian di berbagai negara, soalnya kuliahnya detail banget sampe rotasi tanaman, irigasi, kalender tanam, dll. dan aku ngga ada kapasitas untuk itu -____-
Setidaknya aku paham (sedikiiittt) tentang perubahan perkembangan pertanian di negara perancis, inggris, ukraina, senegal, vietnam, amerika, meksiko, dll, hehehe..

Besoknya, pas ujian, temen2ku donk, bawa catatan mereka yang setebel kamus prancis indo nya Winarsih en Farida, gilaakk ! trus aku tanya:
kamu sempet baca semua catatanmu ?? 
temenku jawab :
ngga ! -___-
terus pas ujian boleh liat catatan ngga ?? 
harusnya sih boleh, tapi ngga tau, kita liat aja nanti ! tenang aja, yang penting itu ini (sambil nunjuk otaknya)

kalo dia bilang gitu, berarti ujiannya bukan plek sama catatan, tapi lebih analisis. 

Duduknya pun mereka udah ngerti sendiri, ngga diatur2 mau deket siapa, ngga pake rebutan mau di belakang atau depan, pokoknya duduk aja, dan diatur jaraknya pula, jadi ngga ada yang duduk dempet2, yang biasanya bertiga jadi cuma berdua, biar ada jarak. Dan aku pilih duduk paling belakang, paling atas, soalxnya modenya kaya amphi teathre gt. Paling enak bisa ngeliatin cara mereka ujian juga :D
kalo nyontek mah ngga bisa, lagian tulisan mereka juga susah dibacaaaa !

Pas soal udah dibagiin, ternyataaa soalx mirip dengan tahun sebelumnya, antara senang atau ngga. Senangnya setidaknya aku udah nyiapin jawaban walau hanya beberapa poin. Ngga senangnya karena bingung memulai darimana.

Ngeliat temen.....
karena ujiannya cuma dua soal dan itupun pilihan, mau sintesis atau komentar teks, dan aku pilih sintesis, kalo pilih yang komentar, bisa2 ngga selese baca teks nya doank. Dan syukurnya bisa buka catatan, salahnya aku cuma bawa catatanku yg sedikiiiiitttt bisa diandalkan. Ya sudahlah.
Akhirnya mulai lah aku ngerjain jawabannya.
................
................
................
terus ngeliat mereka ada yang maju, kirain mau ngumpulin kerjaan; ternyataaaa nambah kertaaassss !! pas liat temen didepan dia nulis lembar yang ketiga. Waktu kurang setengah jam lagi, ternyata ada yang udah 4 lembar, ya ampuuunn mereka ngejelasin apaan sih ??? sampe bingung.
Sedangkan aku, cuma 1,5 lembar donkkk, itupun udah kehabisan kata2 mau ngejelasin apaan/
Akhirnya yaudah deeh, aku kumpul ajaahh !!!
Oh ujian di eropaaa !
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar

  1. Semangat ya Litaa..
    Keep posting Lit. I love to read ur post. :)
    Senengnya kamuu bisa ke Eropaah..

    BalasHapus
  2. makasii imeell :D
    baru sempet posting soalx, hehehe..
    ayo mel kesini jugaa,aminn,.. :D

    BalasHapus

Follower