Bahayanya Food Waste dan Cara Hidup Minim Food Waste

28 comments
Food Waste


Enam belas tahun lalu, terdengar suara ledakan keras dan disusul longsor sampah hingga menimbun dua permukiman yang berjarak 1 km dari Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Leuwihgajah, Bandung. Total 157 jiwa tewas dalam musibah tersebut.


Tragedi tersebut memang sudah lama. Namun seharusnya bisa menyadarkan kita ada hal yang penting yang harus kita lakukan agar tragedi itu tidak terjadi lagi dan mengancam kehidupan orang lain. 


Dan akibatnya?


TPA Leuwihgajah ditutup. Semua sampah dari Bandung Raya menumpuk di Tempat Penampungan Sampah (TPS) hingga TPS tidak mampu lagi menampung sampah. Bandung menjadi daerah yang kotor. 


Sebenarnya kejadian ledakan di TPA tidak saja terjadi di TPA Leuwihgajah. Beberapa lokasi tempat pembuangan sampah di beberapa tempat juga pernah mengalami ledakan gas metan seperti di Mojokerto, di Tasikmalaya, di TPA Suwung (Denpasar, Bali). Bahkan di tingkat internasional pun pernah mengalami hal serupa seperti di TPA Payatas (Filipina) dan TPA Ano Liossia (Yunani).


Bahayanya Sampah Organik

Jika selama ini mindset kita mengatakan bahwa sampah anorganik atau sampah yang tidak bisa terurai seperti plastik dan sterofoam itu berbahaya, maka sepertinya harus pula berpikir bahwa tumpukan sampah organik pun bisa menjadi ancaman besar baik pada keselamatan manusia maupun pada kelestarian lingkungan. Sampah organik yang paling banyak menumpuk di TPA itulah yang memicu munculnya ledakan di TPA. Tentu karena selama ini banyak yang menganggap bahwa -bahkan saya sendiri- sampah organik ini tidak membahayakan karena mudah terurai. Nyatanya, pernyataan itu tidak sepenuhnya benar.


Apa yang membuat sampah organik ini berbahaya? Penyebabnya sebenarnya tergantung pada ada atau tidaknya oksigen dalam pada proses penguraian sampah organik. Penguraian tersebut yang dikenal menjadi dua proses utama yaitu proses aerob dan anaerob. Jika proses aerob membutuhkan oksigen dan menghasilkan kompos, maka proses anaerob ini tidak memerlukan oksigen dan menghasilkan gas metana. Biasanya gas metana ini digunakan untuk biogas atau biomassa.


Proses Terjadinya Ledakan Metana Sampah



Sampah organik yang menumpuk di TPA ini akan mengalami proses anaerob sehingga menghasilkan gas metana apalagi tidak menggunakan sistem pelapisan tanah setiap ketinggian satu meter. Hal tersebut menyebabkan akumulasi gas metan di bagian bawah. Ketika hujan mengguyur sampah, gas metan akan keluar naik karena berat jenis gas yang lebih ringan dari air sehingga gas metan terjebak dan volumenya semakin meningkat. Peningkatan volume gas yang bereaksi dengan udara tersebut akan memicu terjadinya ledakan dan dampak buruk pada nyawa manusia. 


Di Indonesia belum banyak TPA yang memiliki sistem pengelolaan untuk mengolah kembali gas metan sebagai sumber energi sehingga gas metan menjadi zat berbahaya. Oleh karena itu, perlu kesadaran dari masyarakat untuk mengolah sampah organik dari sumbernya atau dari rumah (domestik). Salah satu sampah organik yang cukup besar adalah sampah sisa makanan.


Satu fakta yang cukup mengejutkan adalah ternyata Indonesia menjadi negara kedua dengan sampah makanan (food waste) terbesar di dunia setelah Arab Saudi. Indonesia diperkirakan menghasilkan sampah sisa makanan sebesar 300 kg per orang per tahun. 

Rangking Food Waste


Sedangkan menurut Media Indonesia, dari total sampah sisa makanan sebesar 1,3 juta ton, sebanyak 113 kilogram per tahun per rumah tangga atau berkisar 28 kilo per orang per tahun untuk sampah domestik.


Dan dari semua jenis sampah makanan (food waste) domestik tersebut, sampah sayuran menjadi jenis sampah terbesar berkisar 7,3 kg.

Food Waste Tertinggi Di Indonesia



Dampak Negatif Food Waste

Sebenarnya dampak negatif sampah makanan (food waste) tersebut sangat luas dan berjangka panjang seperti:


Meningkatkan efek gas rumah kaca

Sampah organik yang selama ini didominasi oleh sampah food waste menumpuk di TPA hingga memicu timbulnya gas metana. Jika zat itu lepas ke udara akan menjadi gas yang 21 kali lebih berbahaya bagi lapisan ozon dibanding karbon dioksida yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dan asap pabrik. Lama-kelamaan lapisan ozon akan menipis. Tahu sendiri kan bagaimana bahayanya jika lapisan ozon menipis? 


Dampak negatifnya akan menjadi “multiplier effect” bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi. Cuaca yang tidak menentu membuat kegagalan panen terjadi. Tentunya akan berpengaruh pada produksi pangan yang sangat dibutuhkan manusia. Selain cuaca yang tak menentu, kenaikan muka air laut akan cepat terjadi sehingga banyak pulau-pulau kecil yang mulai tenggelam. Begitu juga kehidupan masyarakat di pesisir yang sering mengalami banjir. Kelangkaan air pun terjadi. Kekeringan terjadi di banyak daerah. Selain itu, keanekaragaman hayati akan punah karena tidak mampu menyesuaikan dengan kondisi cuaca yang berubah. 


Membuang-buang sumber daya air dan menyia-nyiakan tanah 

Penggunaan air untuk perkebunan atau pertanian tentu tidak sedikit. Menurut FAO, untuk memproduksi 1,3 milyar ton makanan yang terbuang memerlukan volume air 250 km3 per tahun (setidaknya sama dengan volume air danau toba). Wow, banyak sekali ya!


Sementara untuk memproduksi makanan yang terbuang ini diperlukan 1,4 milyar hektar lahan pertanian (28% lahan pertanian dunia) atau sama dengan 1,5 kali daratan China! Padahal lahan yang luas untuk pertanian ini dimanfaatkan untuk kegiatan produksi lainnya yang lebih bernilai tinggi. Begitu juga dengan air yang seharusnya bisa digunakan untuk aktivitas lainnya malah terbuang sia-sia. Bayangkan betapa banyak kerugian yang telah kita peroleh akibat pembuangan sampah makanan. 


Mengancam biodiversitas

Sampah makanan bisa saja mengancam biodiversitas secara tidak langsung. Food loss pada hasil perikanan kelautan bisa menyebabkan kelangkaan karena penangkapan terus terjadi. 


Boros penggunaan minyak bumi

Saat pengolahan tanah untuk lahan pertanian tentu juga menggunakan bahan bakar minyak bumi baik untuk produksi maupun untuk pengiriman hingga ke konsumen. Pemborosan penggunaan minyak bumi yang tidak dihemat juga akan berdampak pada kelangkaan sumber daya minyak bumi. 

Truk Sampah
Truk sampah di lingkungan rumah


Meningkatkan pengeluaran

Di negara maju, kerugian yang diakibatkan oleh food waste sebesar USD 680 juta dan di Negara berkembang seperti Indonesia sebesar USD 310 juta (sustaination.id). Belum lagi jika sampah tidak dipilah juga akan memberikan kerugian keuangan. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Joko Priono di kampus UI, kerugian akibat tidak dilakukan pemilahan sampah sebesar Rp 46 juta, sementara jika dilakukan pemilahan dan pengolahan sampah maka keuntungan yang diperoleh sebesar 73,6 juta.  

Dampak Negatif Food Waste


Jika kita tidak menguranginya dari sekarang maka tentu akan berpengaruh pada kelestarian bumi. Jika kita berpikir salah satu cara untuk mengurangi dampak negatif tersebut dengan cara memilah sampah sisa makanan atau organik, sebenarnya banyak cara yang lebih bisa berkontribusi untuk mengurangi sampah sisa makanan. Dari hal yang paling sederhana sampai paling kompleks.

Sembilan Cara Hidup Minim Sampah Makanan

Salah satu situs yang fokus pada food waste adalah Bandung Smart Food City yang memiliki program mengurangi sampah makanan.

Saya pun terinspirasi dari situs tersebut dengan membuat sembilan cara hidup minim sampah makanan yang biasa saya lakukan


1. Membuat menu makanan

Sebelum belanja sayur ke pasar, buat rencana menu makanan untuk beberapa hari. Baiknya dua hari karena sayur akan tahan lama dan tidak terbuang. 


2. List bahan yang akan dibeli

Setelah menentukan menu, buatlah list bahan yang akan dibeli. Menurut saya ini lebih efisien dan efektif ketika belanja di pasar katena tidak tergoda membeli bahan di luar list dan menghemat waktu. 


Oiya, daftar yang dibeli pun juga disesuai dengan porsi makan keluarga. Dan biasanya saya membeli sayur yang masih segar sehingga bisa tahan dua hari di kulkas. Kalau sudah agak layu, maka saya tidak akan membeli.



3. Hanya membeli sesuai list

Salah satu cara agar tidak banyak sampah sayur yang terbuang adalah membeli bahan makanan sesuai list/daftar. Selain itu, jumlah bahan yang dibeli disesuaikan dengan kebutuhan memasak. Disini kita harus peka terhadap kebutuhan bahan makanan yang akan dibeli. 


4. Masak secukupnya

Memasak secukupnya memang harus melalui tahap ujicoba. Tentunya porsi satu keluarga beda-beda. Jika ternyata tidak habis, maka makanan yang bisa ditaruh di kulkas lebih baik disimpan di kulkas. Sedangkan sayur-sayuran berwarna hijau tidak bisa dipanaskan jadi tidak perlu disimpan di kulkas. 


5. Mengambil makanan secukupnya

Lebih baik mengambil sedikit-sedikit dan mengambil lagi kalau kurang daripada mengambil banyak dan makanan terbuang.


6. Habiskan makanan

Usahakan habiskan makanan yang diambil. Menghabiskan makanan juga merupakan salah satu cara untuk menghargai pemasam. Dan tentu saja pemasam akan sangat senang jika makanan yang dibuat habis.


7. Saling mengingatkan antar anggota keluarga

Hal yang biasa dilakukan untuk anak saya adalah mengingatkan mereka untuk menghabiskan makanannya. Meskipun sedikit sulit, setidaknya mengajarkan mereka bahwa makanan itu harus dihabiskan. Mengingatkan mereka bahwa banyak orang di luar sana mengalami kekurangan makanan dan gizi buruk. 


8. Sisa makanan untuk hewan

Jika ternyata usaha di atas sudah dilakukan dan masih ada makanan yang tersisa, maka sisa makanan bisa diberikan untuk hewan peliharaan. Bisa diberikan untuk kucing atau ayam peliharaan. 


9. Mengolah menjadi pupuk kompos atau memisahkan sampah sisa makanan/organik

Kalau di lingkungan rumah saya jarang ada kucing atau ayam yang bisa dikasih sisa makanan, jadi sampah sisa makanan dipisahkan dari sampah anorganik lainnya. Setiap hari tertentu, sampah sisa makanan itu diambil oleh petugas sampah.

Pemilahan sampah makanan
Pemilahan Sampah Sisa Makanan Sebelum dimasukkan Tong Sampah Organik


Lebih baik lagi jika di setiap rumah terdapat fasilitas untuk pengolahan sampah organik menjadi kompos. Selain bagus untuk tanaman tentunya membantu mengurangi penumpukan sampah di TPA.

Minim Sampah Makanan


Perilaku sederhana itu tentunya sangat berpengaruh terhadap volume sampah sisa makanan (food waste) yang terbuang. Apakah kita mau sampah sisa makanan di TPA terus menumpuk bahkan membahayakan lingkungan sekitar? Apalagi setelah kita tahu begitu besar dampak negatif food waste dalam jangka panjang. Jika semua masyarakat memahami bahayanya dan peduli dengan keselamatan masyarakat bahkan kelestarian lingkungan, tentunya beban TPA tidak lagi besar. 

Mulai dari sekarang, mari kita terapkan gaya hidup minim sampah makanan untuk kehidupan bumi yang lebih baik!



Referensi :

https://m.mediaindonesia.com/humaniora/282977/wow-1-orang-indonesia-hasilkan-sampah-makanan-300-kg-per-tahun

https://m.kumparan.com/amp/kumparannews/bom-waktu-itu-bernama-sampah-makanan-1sey9ZZUcFw

http://www.kabar58.com/2021/02/tpa-leuwigajah-meledak-bandung-dijuluki.html?m=1

https://cimsa.ui.ac.id/2020/11/09/food-waste-dan-pengaruhnya-terhadap-lingkungan/


https://sustaination.id/jangan-buang-sisa-organik-di-tempat-sampah/

https://baliexpress.jawapos.com/read/2018/09/25/96529/tpa-suwung-kebakaran-lagi-diduga-akibat-ledakan-gas-metan

https://www.viva.co.id/amp/berita/nasional/289365-tempat-pengelolaan-sampah-di-denpasar-meledak

https://m.ayotasik.com/read/2019/08/27/3065/aktivis-lingkungan-sayangkan-kebakaran-tpa-nangkaleah

https://hsepedia.com/sampah/

https://faktualnews.co/2021/01/25/polisi-lokasi-ledakan-tempat-sampah-di-mojokerto-terindikasi-tidak-terdaftar/251784/amp/

https://sustaination.id/bahaya-sampah-organik/

https://gifood.id/2019/03/19/sampah-makanan-dan-dampaknya-bagi-lingkungan/

https://cimsa.ui.ac.id/2020/11/09/food-waste-dan-pengaruhnya-terhadap-lingkungan/

https://sustaination.id/food-waste-is-stupid-habiskan-makananmu-mulai-hari-ini/


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

28 komentar

  1. Thx infonya. Sampah makanan berikut sampah pembungkus makanan (plastik, kresek, Styrofoam, dsb) menjadi masalah lingkungan yang serius. Di Indonesia penanganannya belum sebaik di negara maju. Kesadaran masyarakat masih rendah dan anggaran pemerintah pun terbatas mengingat teknologi pengolahan sampah itu mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali.. itulah kenapa pemilahan sampah dar rumah cukup membantu untuk proses pengolahan sampah kembali atau dijual sehingga menghasilkan uang.

      Hapus
    2. benar sekali.. itulah kenapa pemilahan sampah dar rumah cukup membantu untuk proses pengolahan sampah kembali atau dijual sehingga menghasilkan uang.

      Hapus
  2. Wow, tulisan yang keren, saya sudah menerapkan 8 cara mengurangi food waste di atas, kecuali bikin kompos belum sempat mempraktekkannya, tapi sudah berencana mau bikin kompos sendiri.Sebagian pengolahan Sampah itu harusnya memang menjadi tanggungjawab kita terutama sampah rumahtangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh keren udah bisa membantu mengurangi food waste.. sy juga belum kelola kompos tapi masih memilah sampah saja mbak ehhe..

      Hapus
  3. Ternyata gak hanya smpah plastik dan garmen aja yg berbahaya ya mba, sampah makanan pun bisa menjadi berbahaya kalau pengelolaannya gak bagus, selama ini saya selalu penasaran dgn sampah yang dibuang ke tpa oleh tukang sampah, apakah akan dikelola dgn baik atau tidak ya. Saya dukung banget nih kalau setiap tempat sampah di perumahan disediakan cara membuat kompos agar meringankan tpa juga kan ya :), banyak juga yang bisa kita lakukan untuk mengolah sampah organik ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak. Pengelolaan TPA di Indonesia rata2 belum baik. Tipenya sanitary landfill yang hanya ditumpuk tanah. Kadang ha ya ditumpuk malah ga ada saluran yang mengalirka
      n air bekas tumpukan sampah atau air lindi/leachate yg beracun ke tempat khusus

      Hapus
  4. aku biasanya memilah sampah sisa sayuran dan sampah non organik, tapi apalah daya sama bapak tukang sampahnya di campur semua...
    Kalau untuk makanan di rumah, anak anak sudah aku tanamkan kebiasaan untuk menghabiskan makanan mereka yang di piring, jadi mereka mengambil makanan secukupnya saja agar tak terbuang

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk iya kesel kalo gitu.. ditempatku meski bak truk di dalamnya dibedakan baknya..

      Hapus
  5. Seringkali sampah organik dianggap sepele ya mbak. padahal bisa berbahaya juga jika gas metananya aktif maka bisa meledak. jadi sama bahayanya dengan sampah anorganik. karenanya kita perlu bijak dalam mengelolanya.

    BalasHapus
  6. sampah makanan juga punya dampak yang serius bagi lingkungan ya mbak
    jadi juga sangat penting untuk menerapkan gaya hidup minim sampah makanan

    BalasHapus
  7. Ngeri juga ya, Indonesia peringkat 2 sampah makanan tertinggi. Harus aware sih, mulai dari kita karena masalah sampah ini berawal dari individu sih

    BalasHapus
  8. Food waste juga jadi PR banget buat aku di rumah, mbak.
    Harus bener-bener konsisten untuk memilahnya.

    BalasHapus
  9. Ngeri banget ya Mbak kl gas metana bereaksi dengan udara, bakal terjadi ledakan seperti di banyak tempat itu, huhuu.. setuju deh kl kita mulai dari keluarga masing-masing berusaha meminimalisasi food waste ini

    BalasHapus
  10. Menarik banget mbak tips-tipsnya. Aku termasuk yang masih bandel nih masalah pengelolaan food waste. Ternyata dampaknya banyak banget ya. Sepertinya harus mulai belajar cara mengompos, biar food waste bisa lebih berguna.

    BalasHapus
  11. Sampah sisa makanan sebisa mungkin kita kurangi yuk, karena dampaknya besar juga kalau dibiarkan terus

    BalasHapus
  12. Ledakan ini yang berbahaya ya mba Les, kalau nggak dipilah dengan baik dan benar
    alhamdulillah aku sudah mulai menerapkan memilah sampah. Semangat kita

    BalasHapus
  13. Betul banget, sekarang tuh untuk pengelolaan sampah di TPA emang belum memadai ya tugas kitalah yang seharusnya mengelola sampah dari rumah dengan baik. Padahal sampah organik ini daripada dibuang sia-sia bisa aja sih ya dijadikan pupuk. Tapi, sayangnya kesadaran ini yang belum banyak dimiliki banyak orang. Semoga kedepannya semakin banyak orang yang dapat mengelola sampah dari rumah dengan bijak biar gak menimbulkan banyak tumpukan sampah di TPA.

    BalasHapus
  14. saya sudah lama pelan-pelan mengurangi sampah plastik termasuk dari makanan, biasa membli bawa alat makan sendiri gitu kalau mau beli makanan, atau masak di rumah dan bawa alat makan siri juga mungkin ini salah satu cara saya mengurangi sampah makanan untuk kebaikan alam kita

    BalasHapus
  15. wah mba, aku baru tau klo sampah organik itu bisa memicu ledakan! serem banget yaa. nah klo di kampung, keluarga ku juga terapin food waste dijadiin makanan hewan ternak.

    BalasHapus
  16. semua jenis sampah harus dikelola dengan baik, termasuk jenis sampah makanan. apalagi indonesia masuk dalam jajaran negara penghasil sampah terbanyak dunia, ini bukan prestasi melainkan aib negara

    BalasHapus
  17. Seharusnya ledakan di TPA bisa diambil sebagai pelajaran penting, dan harus segera mencari solusi yang tepat biar kejadian serupa nggak terulang lagi.

    Setelah liat grafis di atas, kok miris banget ya, ternyata Indonesia masuk ke urutan kedua sebagai negara dengan sampah sisa makanan terbesar di dunia.

    Dampak food waste ini besar sekali ya. Bahkan berpengaruh buruk bagi lingkungan, termasuk rumah tangga.

    Terima kasih telah berbagi melalui artikel yang sangat keren sekali ini!!

    BalasHapus
  18. Aku pernah lihat gunung sampah juga di Bantar Gebang nih, ngeri juga ya kalau sampai lonsong seperti di Leuwi Gajah. Ternyata sampah sayuran banyak juga ya, berarti harus betul2 bisa meminimalkan dalam memasak

    BalasHapus
  19. Baru dengar saya mba, pemahaman saya juga selama ini begitu anorganik yg berbahaya nyatanya organik juga ya. Warning ini buat saya lebih peduli lagi soal membeli makanan agar lebih tepat guna

    BalasHapus
  20. Nggak nyangka ya kak, sisa makanan kalau dibiarin bisa jadi 'bom'. Emang soal food waste ini kudu mesti dikencengin lagi deh, masih banyak yang suka nyisain soalnya

    BalasHapus
  21. Wiiih, sangar juga ya Indonesia, bisa ada di urutan no.2 kategori food waste

    Duh, mana bahaya banget lagi. But thanks kak, atas tips mengurangi sampahnya.

    Pokoknya mulai sekarang bakal berusaha hidup minim sampah deh

    BalasHapus
  22. di negara kita, sampah masih menjadi masalah yang agak susah dicarikan solusinya yaa, Mba. Masyarakat kita masih belum banyak yang sadar akan hal ini, hiks

    BalasHapus
  23. Gak sangka ya Indonesia berada di urutan 2. Gemes kalau lihat banyak sisa makanan, pdhl msh byk yg kekurangan utk bs makan aja susah.

    BalasHapus

Follower