Saat Bayi Gumoh Seperti Air Mancur, Kapan Harus Khawatir?

No Comments
Gambar dari merdeka.com


Seorang teman dari grup WAG bercerita tentang anak bayinya yang baru lahir mengalami gumoh. Beberapa teman mengatakan itu wajar. Setelah cerita-cerita lagi, ternyata gumohnya banyak banget bahkan seperti air mancur.

Aku pun teringat dengan anak bayiku dulu yang mengalami gumoh seperti air mancur. Jadi setiap aku habis menyusui si bayi, tiba-tiba dia gumoh seperti orang muntah bahkan keluar seperti air mancur. Nggak setiap menyusui sih. Pokoknya kalau stok ASI cukup banyak biasanya anakku gumoh parah. Kalaupun di stop juga nggak bisa karena si bayi pasti nangis-nangis.

Awalnya aku biasa saja, lama-lama kok mengkhawatirkan. Bingung harus gimana apalagi anak bayiku ini adalah anak pertama. Beberapa cara jika bayi mengalami hal itu.


Kepala Bayi Ditinggikan

Katanya setiap habis menyusui, kepala bayi ditinggikan biar nggak keluar. Memang sih, saat menyusui itu posisi bayiku tidur, tanpa bantal, jadi posisi keplaa dan perut itu sama. Tips itu coba aku praktekkin, eh ternyata tetap aja. Malahan, sebelum selesai menyusui, bayiku udah gumoh air mancur begitu. 

Menyusui dengan disangga bantal

Terus aku nyoba nyusui dengan memberi bantal di bawah badan bayi, tapi ternyata susah banget. Kadang aku malah menyusui sambil duduk dan bayiku kusangga dengan bantal atau tanganku yang kusangga bantal. Hasilnya? Malah capek banget. Karena nggak kuat, aku kembalikan dia di posisi semula. Menyusui sambil tidur.

Mengolesi minyak kayu putih

Ada yang bilang juga kalau air ASI nya nggak kental, atau ibunya masuk angin jadi berdampak sama ASI. Aku nggak tahu sih apa memang seperti itu karena aku merasa nggak masuk angin. Tapi ya namanya orang lain yang ngomong coba aja aku olesi kayu putih dll karena kan ibu menyusui nggak boleh minum obat-obat sembarangan. 

Sayangnya, gumoh tetap terjadi. Dan kejadian itu berlangsung selama enam bulan. Aku sampai cari di internet, siapa tahu ada yang mengalami hal serupa. Nyatanya malah membuatku khawatir berlebih. Katanya sistem pencernaan belum sempurna, katupnya juga belum sempurna jadi saat memasukkan ASI, cairan kembali lagi.

Ternyata...

Aku coba bawa ke dokter, tapi katanya nggak apa-apa dan dikasih obat. Terus dokter juga bilang karena belum mpasi jd begitu. Nanti kalau sudah mpasi nggak begitu.

Muncul kelegaan dalam hati meski aku harus menahan-nahan diri melihat anakku gumoh habis mimik. 

Benar saja setelah MPASI, anakku nggak pernah gumoh parah lagi. Bahkan sudah sembuh dan hilang sama sekali. Pas anak kedua malah nggak pernah seperti itu.

Mungkin yang perlu dikhawatirkan itu kalau gumoh muntah terus terjadi dan berat badan bayi yang mengalami penurunan. Kalau seperti itu memang harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut baik ke dokter umum, spesialis atau rumah sakit.

Apa bayi ibu-ibu juga pernah mengalami gumoh seperti air mancur? Terus gimana? Apa dibawa ke dokter?


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower