Memulai Karir dengan Mengikuti Kursus Online Skill Academy by Ruangguru

16 comments

Sepuluh tahun yang lalu, setelah lulus kuliah alias menjadi fresh graduate, aku selalu dihadapkan oleh banyak hal saat mendaftar pekerjaan. Seperti kurangnya penguasaan bahasa Inggris dan kurang mahirnya dalam penguasaan software pemetaan yang dibutuhkan suatu perusahaan. Banyak sekali perusahaan bonafid yang meminta persyaratan bahasa Inggris yang bagus, seperti nilai TOEFL dengan skor minimal sekian. Sementara skor TOEFL ku saat itu masih sangat rendah yaitu 450 saja belum sampai. Memang sih saat itu aku tidak pakai kursus bahasa Inggris. 


Aku sadar, aku harus berkembang untuk bisa berkompetisi dengan pesaing di luar sana. Aku tidak bisa mengandalkan kemampuanku yang begitu-begitu saja. Pikirku, kalau aku mampu bersaing maka aku akan mudah masuk ke dalam dunia kerja. Jadilah, aku mulai ikut kursus bahasa Inggris seperti TOEFL di luar kampus. Cuma aku memang tidak maksimal waktu itu. Dan aku hanya berani melamar di satu kantor perencanaan di Jakarta. Sayangnya, untuk standar hidup di Jakarta, gaji di sana rasanya tidak cukup. Orang tuaku pun tidak setuju karena mungkin takut anaknya jadi ‘kelaparan’ karena gaji yang kurang. Dan aku pun juga tidak berani menawar gaji karena tak ada kemampuan hardskill yang menjual. Apalagi saat itu aku masih fresh graduate. Siapa aku gitu loh?!


Apalagi pengetahuanku membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik saja masih sangat rendah. Alhasil mau dilirik perusahaan besar saja susah. Baru dilirik saja sudah tidak diminati. Jaman dulu mah siapa yang bisa mengajari membuat CV dengan baik kalau tidak mencari di internet atau ikutan kursus yang harganya fantastis untuk mahasiswa yang baru lulus. Apalagi untuk mencari pekerjaan pun tidak ada yang bisa dimintai pendapat atau tidak ada mentor khusus selama lulus. Alhasil persiapan menghadapi dunia kerja juga kurang.


Aku pun tidak berani melamar pekerjaan di luar bidangku karena aku tidak punya pengetahuan tentang pekerjaan di luar bidang perkuliahan. Apalagi sekarang dimana saat ini dunia sudah memasuki industri 4.0 dimana kemajuan teknologi menjadi fokus pengembangan. Kebutuhan dan tantangan juga semakin meningkat. Persaingan dunia kerja di era globalisasi saat ini semakin ketat. Dampak buruknya jika tidak mampu menghadapi persaingan tersebut adalah jumlah pengangguran yang semakin meningkat. 


Penguasaan Hardskill dan Softskill

Aku bisa membayangkan bagaimana para fresh graduate saat ini harus berjuang bersaing dengan banyak lulusan perguruan tinggi yang bonafid. Oleh karena itu, seseorang yang akan memasuki dunia kerja harus memiliki kemampuan baik hardskill maupun softskill. Kemampuan hardskill itu diperoleh dengan mengikuti kelas di sekolah atau perkuliahan atau training dan biasanya tercantum dalam portofolio kita seperti penguasaan ilmu pengetahuan, komputer, bahasa Inggris, teknik menulis, desain web, desain gambar, dan lain sebagainya. 


Sementara kemampuan softkill bisa dipelajari tanpa perlu mengikuti training atau tidak diajarkan dalam lembaga pendidikan seperti kemampuan presentasi di depan umum, kemampuan persuasive untuk menarik orang saat berbisnis, berorganisasi, berinteraksi dengan orang, bekerja dalam kelompok, berpikir kreatif, dan lain sebagainya. Maka jika ingin melatih kemampuan softskill maka seseorang harus terjun langsung dalam sebuah sistem sehingga kemampuan tersebut akan terasah, seperti mengikuti organisasi saat sekolah atau kuliah, berani menerima tanggung jawab menjadi koordinator kelas, berani menerima tantangan baru, maupun magang. Sebenarnya saat ini pun sudah banyak materi yang memberikan penjelasan tentang teknik presentasi yang baik dan public speaking yang memikat. Hanya saja memang perlu latihan dan dipraktikkan.


Banyak sekali manfaat yang diperoleh untuk mengasah kemampuan hardskill dan softskill, seseorang bisa masuk ke dalam dunia kerja yang kompetitif, gaji mencukupi, dipercaya banyak orang, disegani, dan tidak mudah berputus asa ketika seseorang berada di posisi bawah. 


Cara Mengasah Kemampuan Hardskill dan Softskill

Namun, jika di perkuliahan tidak pernah mengikuti kursus atau pun terjun langsung untuk berorganisasi, maka ketika lulus adalah waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan hardskill dan softskill. Beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan hardskill dan softskill adalah dengan mengikuti magang atau kursus. 


Semenjak satu tahun lalu, dunia dihadapkan dengan kondisi pandemic Covid-19 yang menyebabkan seluruh aktivitas di luar rumah dibatasi sehingga untuk mengikuti kursus ataupun magang pun menjadi sangat sulit dilakukan bagi para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengasah kemampuan hardskill dan softskill karena di rumah saja.


Justru karena di rumah saja, seorang fresh graduate memiliki waktu yang banyak untuk mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai macam kursus online persiapan kerja. Tak hanya itu, luangnya waktu bisa menjadi kontemplasi diri bagi fresh graduate untuk berkembang ke arah mana. Tidak seperti diriku waktu itu yang tidak berani mencoba hal baru di luar bidang perkuliahan karena minimnya pengetahuan. Sekarang sudah banyak kursus online persiapan kerja dari berbagai bidang. Tidak hanya dalam bidang bisnis dan keuangan tetapi juga dalam bidang teknologi dan pengembangan diri. Jadi tidak hanya berfokus pada kemampuan hardskill saja tetapi juga kemampuan softskill. Dan kursus online di jamanku baru lulus S1 sangatlah mahal. Tidak seperti sekarang yang terjangkau. 

 

Mengikuti Kursus Online Persiapan Kerja Skill Academy by Ruangguru

Apa itu Skill Academy by Ruangguru

Skill Academy merupakan inovasi terbaru dari Ruangguru, sebuah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran. Aplikasi Skill Academy dikembangkan oleh tim terbaik dari Ruangguru. Skill Academy sudah digunakan 4 juta pengguna dan mendapat penghargaan dari Dailysocial dan Best Personal Growth App dari Google Play Store. 


Di Skill Academy ini tersedia berbagai kelas untuk pengembangan bisnis sampai pada hobi dengan harga yang terjangkau. Ratusan kelas online yang diselenggarakan Skill Academy ini merupakan kelas terpopuler dan terefektif di era milenial sekarang ini. Materi juga disampaikan langsung oleh instruktur handal di bidangnya. Kursus online persiapan kerja Skill Academy by Ruangguru memungkinkan siapapun untuk berani maju karena pengembangan skill dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. 


Untuk siapa saja kursus online persiapan kerja Skill Academy?

Skill Academy bisa diakses oleh siapa saja yang ingin mengembangkan karir baik mahasiswa fresh graduate ataupun umum. Bahkan Skill Academy secara khusus memberikan programnya bagi perusahaan untuk peningkatan kompetensi karyawan perusahaan. Bahkan Skill Academy sudah dipercaya oleh kementerian, lembaga dan instansi atau perusahaan besar seperti :

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  • Bank BTN
  • Tripatra
  • KPN Corp
  • Tokopedia
  • Pertamina
  • Nestle
  • Kementerian Perindustrian
  • Nutrifood
  • Prudential
  • Ristekdikti
  • Surveyor Indonesia
  • Perumnas
  • Indonesia Power
  • Kementerian Ketenagakerjaan
  • Bank Indonesia
  • IDX
  • Astra Motor
  • OCBC NISP
  • Daihatsu
  • Kapal Api
  • Eigerindostore.com
  • East Bali Cashews
  • PT. Arutmin Indonesia
  • ASDP
  • Hardaya Perkasa
  • Multicrane Perkasa
  • Borwita
  • Bhumi Rantau Energi
  • STP
  • Telkom Corporate University
  • PGN
  • Jenius
  • SSG
  • Amman Mineral


Apa manfaat yang diperoleh mengikuti kursus online persiapan kerja Skill Academy?

Dengan mengikuti kursus online persiapan kerja Skill Academy by Ruangguru, maka pengguna akan mendapat ilmu pengetahuan dan pengalaman baru untuk meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi persaingan kerja yang ketat. Pengguna akan merasa siap dan percaya diri untuk masuk ke dunia kerja karena sudah memiliki bekal ilmu persiapan kerja. 


Bagaimana akses menjadi pengguna Skill Academy?

Untuk menjadi pengguna Skill Academy, sangatlah mudah. Tinggal daftar saja melalui email maka secara otomatis akan terhubung dengan Skill Academy. 


Apa saja kursus online persiapan kerja Skill Academy?

Kelas-kelas yang ada di Skill Academy didasarkan pada kebutuhan dan tuntutan di dunia kerja. Pengguna bisa memilih kelas yang sesuai dengan bidangnya maupun minatnya. Penggunaan filter pencarian memudahkan dalam mencari kursus online yang diminati sesuai harga, durasi dan urutan.



Beberapa kelas online Skill Academy adalah:


Kelas pengembangan diri terbaik

Sebagai seorang pencari kerja pastinya perlu kursus untuk pengembangan diri. Kelas ini bertujuan untuk mengasah kemampuan baik hardskill maupun softskill yang sesuai minat maupun bakat. Tidak hanya untuk pebisnis pemula saja, di kelas ini juga bisa melatih kemampuan menulis naskah film, menjadi seorang aktor yang dibimbing oleh sang actor langsung. Yang pasti tidak diragukan lagi fasilitatornya karena langsung dibimbing langsung dengan para ahlinya. Karena memang kursus online itu tidak bisa sembarang pengajar tapi harus yang sudah punya pengalaman tentang skill tersebut. Misalnya saat mengikuti kelas menjadi aktor dibimbing oleh Fedi Nuril, kelas fashion oleh Ivan Gunawan, dan kelas menjadi Youtuber professional oleh Gita Savitri.

Beberapa kelas yang ditawarkan saat ini seperti kelas Makeup, kelas fashion, kelas Youtuber professional, menjadi actor, bahasa Inggris, Teknik Memandu Talk Show, menulis naskah film, kelas presentasi, digital literacy, membuat brosur digital, korespondensi, mengelola stress, berpikir kreatif, dan lain sebagainya. 


Kelas Bisnis dan Keuangan Terbaik

Kelas ini diberikan tentunya memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelola bisnis dan keuangan sehingga bisa memberi kesuksesan bagi pebisnis. Kelas online Skill Academy yang diberikan terkait dengan pengembangan usaha atau UMKM, tutorial, pengelolaan keuangan, motivasi memulai bisnis, strategi bisnis, dan lain sebagainya. 



Kelas teknologi dan software terbaik

Pekerjaan berbasis teknologi informasi dan jaringan komputer saat ini mulai berkembang pesat ditambah lagi pekerjaan di dunia digital sekarang semakin diperlukan. Dengan mengikuti kelas ini, setidaknya calon pekerja memiliki pengetahuan tentang penguasaan teknologi informasi dan computer.   Kelas teknologi dan software terbaik di Skill Academy berkaitan dengan pengolahan dan analisis data dengan software, pemrograman, penggunaan jaringan computer Cisco, penggunaan software menulis, desain grafis, produksi audio digital, dan lainnya. 



Kelas persiapan tes terbaik

Kelas persiapan tes ini tidak hanya berkaitan dengan persiapan tes TOEFL untuk masuk kerja, tetapi juga persiapan tes CPNS. Bahkan ada juga kelas untuk persiapan masuk kampus Ivy League. Tahu kan? Kampus-kampus elit atau bergengsi di Amerika seperti Harvard University, Yale University, Cornell University, dan lain sebagainya. Jangan khawatir dengan kredibilitasnya karena instrukturnya yang handal dan memiliki ilmu dan pengalaman yang mumpuni. Sebut saja Ali Fikrie yang merupakan instruktur pada kursus online Bahasa Inggris dan TOEFL PBT. Ternyata beliau sudah lama menjadi trainer TOEFL dan menjadi penulis buku best seller Top Master TOEFL.



Kelas pemasaran terbaik

Kelas ini dengan kelas bisnis sebenarnya saling mendukung. Kalian yang ingin memulai bisnis bisa memadupadankan kelas-kelas yang ada dalam klasifikasi tersebut agar kalian menjadi percaya diri untuk memulai bisnis. Pemasaran ini dipisah dari kelas bisnis karena ilmu pemasaran bisnis memang tidak sederhana. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melakukan pemasaran seperti digital marketing, teknik storytelling dalam pemasaran, konten marketing, video marketing, dan lain sebagainya. Bagi kalian yang sudah memiliki bisnis dan hanya perlu jangkauan luas dari bisnis kalian maka kelas ini bisa menjadi rekomendasi untuk melakukan pemasaran. 



Kelas paket

Kelas paket ini merupakan gabungan dari beberapa kelas online yang saling berkaitan satu sama lain dalam satu tema besar. Seperti sukes kerja sampingan di masa Corona, paket mahir berbahasa Inggris, teknik lamar kerja di masa Corona, jago bicara di depan umum, menjadi content writer andal, dan lain sebagainya. Tentunya harganya sudah disesuaikan. Kelas paket ini tentu lebih murah jika dibandingkan dengan per satuan kelasnya.



Kelas mitra Skill Academy by Ruangguru

Selain kursus online yang dikelola oleh Skill Academy sendiri, terdapat kelas mitra yang merupakan pihak yang bekerjasama dengan Skill Academy. Bedanya, di kelas mitra ini kita tidak bisa melihat siapakah yang menjadi instrukturnya. Hanya profil perusahaan secara umum. Banyak kelas online yang diselenggarakan oleh mitra Skill Academy. 


Career mentoring

Dalam sesi ini, pengguna akan dibimbing fasilitator handal dalam mendapatkan pekerjaan, misalnya dengan membahas tuntas pembuatan CV, surat lamaran, menghadapi interview, menulis email dan follow-up notes, menyusun profil di Linkedin, dan mengasah soft skill. Alasan mengikuti sesi ini karena bimbingan dilakukan secara lebih intensif. Tidak hanya pemaparan materi yang interaktif, tapi juga bertanya secara detail kepada fasilitator. Fasilitatornya adan Human Resources yang berpengalaman


Apa kelebihan kursus online persiapan kerja Skill Academy?

Mengikuti kursus online Skill Academy maka kita akan mendapat materi berupa video, pretest, test, sertifikat dan dokumen. Selain itu, banyak kelebihan yang ditawarkan ketika mengikuti kursus online Skill Academy seperti : 

Ada flash sale

Pasti semua suka ya kalau ada flash sale. Dimana-mana itu ya. Kelas online Skill Academy ini memiliki banyak flash sale. Sering-sering saja cek kelas yang ingin teman-teman ikuti apakah ada flash sale atau tidak. Diskon ini terbatas dalam waktu tertentu. Oiya, bagi kalian penerima kartu Prakerja, flash sale ini tidak bisa menggunakan kartu Prakerja ya.


Banyak kelasnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau kelas online Skill Academy ini banyak sekali sesuai dengan temanya dan yang paling dibutuhkan di jaman sekarang.


Harga terjangkau

Harga untuk mengikuti kelas online bervariasi dari Rp. 300.000,- hingga satu jutaan rupiah. Namun, jangan khawatir karena kelas online Skill Academy by Ruangguru banyak potongan diskonnya hingga 89% sehingga jatugnya jadi lebih murah. Bandingkan saja dengan kelas online di luar sana dengan instruktur yang memadai.


Menjadi lembaga pelatihan kartu Prakerja

Kartu Prakerja ini adalah program bantuan dari pemerintah yang ditujukan kepada pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Kartu Prakerja ini disiapkan bagi warga Indonesia yang bingung mencari kerja, ingin lebih kompeten dan bisa mengembangkan diri tanpa harus keluar biaya banyak. Coba deh daftar. Lumayan kan bisa ikut kursus online Skill Academy dengan instruktur handal dan harga yang murah.


Dilakukan dengan online. Dengan keterbatasan waktu bagi pengguna memang bisa menjadi kendala untuk mengikuti kelas online. Namun dengan kelas online maka memudahkan pengguna untuk tetap bisa mengembangkan diri tanpa dibatasi dengan jarak dan waktu. Dengan begitu, pengguna tetap bisa dibimbing oleh instruktur handal. Apalagi di masa pandemic begini, rasanya kursus online menjadi salah satu solusi untuk tetap bisa mengembangkan diri tanpa harus keluar rumah.


Rekomendasi instruktur

Saya sempat khawatir dengan instruktur kelas online yang kurang professional atau handal. Ternyata tidak. Para instruktur kelas online Skill Academy merupakan instruktur yang memiliki banyak pengalaman pada kelas yang diajarnya. Hal itu terlihat dari profil yang ada dalam websitenya. Jika ingin mencari informasi tambahan dari instruktur tersebut mungkin teman-teman bisa mencarinya di google.


Terdapat sertifikat

Mau tidak mau sertifikat adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh seseorang yang sudah mengikuti kursus online dan akan mencari kerja. Karena sertifikat seumpama “tiket” seseorang untuk memperoleh pengakuan dari orang.


Ada voucher

Bagi kalian yang baru membeli kelas dari mitra Skill Academy, maka kalian bisa menukarkan kode voucher teman-teman.


Pembayaran kursus online yang mudah

Pembayaran kursus online Skill Academy bisa menggunakan Tokopedia, Bukalapak, Pintaria namun tidak bisa dilakukan dengan saldo prakerja. 


Rating dan komentar

Rating dan komentar dalam setiap kelas online memudahkan kita untuk meyakinkan diri memilih kelas online yang mau diikuti.


Mempersiapkan diri di dunia kerja tidak mudah. Tidak hanya membuat CV, surat lamaran, kirim, dan selesai. Tidak. Tentu ada teknik tertentu agar CV, surat lamaran bisa diterima perusahaan atau instansi. Kalau sudah membekali diri dengan materi di kelas online Skill Academy by Ruangguru seperti career mentoring, bahasa Inggris, dan kursus online lainnya, maka harusnya tidak perlu khawatir lagi untuk masuk ke dunia kerja. Kita menjadi lebih siap menghadapi persaingan yang ketat sehingga bisa membekali diri yang lebih berkualitas.


Informasi lebih lanjut bisa kunjungi website Skill Academy, Instagram Skill Academy, Youtube Skill Academy, Blog Skill Academy dan Blog Daftarprakerja.



Referensi:

https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-hard-skill/

https://www.cermati.com/artikel/amp/punya-4-hard-skill-ini-karier-kamu-dijamin-makin-bersinar

https://skillacademy.com/


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

16 komentar

  1. Waa ada buanyak sekali yaa Mbak pilihan kelasnya, dan saya jg baru tau kalo ivan gunawan n fedi nuril jg slah satu pengajar di ruang guru hihi.

    Sukse selalu tuk ruang guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kayanya pelatihannya jg tertentu di Skill Academy

      Hapus
  2. Aku dulu pernah ikut kelas SEO di Skill Academy. Abis itu udah ngga pernah ambil lagi. Mutung gara-gara daftar prakerja ditolak ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wduh sy malah belum lolos2 ikutan prakerja

      Hapus
  3. Beeuntung sekali Bun bisa mengikuti kelas di ruang guru, jadi kepingin ngikut untuk mengasah yg sudah tumpul, pinginnya sih kelas yg membahas SEO karena suka penasaran, pingin ngeblognya maksimal hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dicoba kaak pas ada promo pelatihan

      Hapus
  4. wah, ternyata banyak juga pilihan kelasnya dengan pengajar yang keren-keren. moga-moga makin sukses ya...

    BalasHapus
  5. Aku pernah nih tahun lalu daftar di skill akademi. Gara2 ikut program kartu prakerja. Memang skill academi lah menurutku yang paling mudah proses daftarnya. Banyak juga pilihannya, mungkin kapan2 bakal ikut pelatihan lagi.

    BalasHapus
  6. Menarik nih skill academy. Jadi pengen lihat2, siapa tahu ada kelas yang diminati

    BalasHapus
  7. Aku ada beberapa kelas di skill academy yang pingin aku ikutin juga. Tapi, masih nunggu jadwal dulu.

    Aku tipe orang yang nggak maruk ambil semua onlice course lalu tidak kupelajari. Aku tipe yang ambil dikit-dikit, terus bisa dipraktikkan dikit-dikit juga. Setelah tahu celah-celahnya, paham secara praktik, aku ambil course lain.


    Semoga Allah kasih kesempatan buat ikut kelas lain. Udah ada yang diincer juga. Skillnya juga dibutuhkan dengan aktivitas aku hari ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantab mbak.. emang hrus gitu ya dipraktekkin biar ngga sia2

      Hapus
  8. Lengkap banget ya mbak pilihan kelas di Skill Academy dalam hal memulai dan mengembangkan karir. Dari kelas-kelas di atas salfok sama kelasnya Gitasav buat menjadi Youtuber, hehehe dan ternyata harga kelasnya murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak.. masih terjangkau sama dompet hehe

      Hapus

Follower