Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Saat PJJ Melalui Brain Academy

1 comment
Brain Academy


Ketika aku masih sekolah SMP, aku sering merasa kesulitan dengan PR sekolah yang diberikan guru. Pada akhirnya, aku bertanya pada orang tuaku, biasanya pada bapakku. Maklum ibuku hanyalah lulusan SMA dan sudah lupa dengan pelajaran sekolah dulu.

Sayangnya, setiap aku bertanya pada bapakku, beliau juga merasa kesulitan dan ujung-ujungnya menjawab, “Lihat saja contohnya. Pasti ada.” Padahal contoh yang ada di buku hanyalah satu contoh saja sedangkan di latihan soal tingkat kesulitannya lebih tinggi dan berupa pengembangan soal. Alias tidak ada seperti di contoh. Aku tidak bisa mengerjakan. Kalau sudah begitu, rasanya aku pengen nangis saja. Setelah itu, aku tidak pernah lagi bertanya soal-soal pelajaran pada orang tuaku.

Beruntung, ada kakak sepupuku yang bisa membantu. Itupun harus berlama-lama mencoba menjawab soal. Pada saat itu, aku tidak mengikuti les di sekolah. Jadi tidak bisa bertanya pada seseorang yang jago di bidangnya.

Masalah Pembelajaran Jarak Jauh

Sepertinya permasalahan anak yang sekolah saat ini juga tidak jauh berbeda denganku. Orang tua sering merasa kesulitan memahami materi sekolah. Jika dulu, jaringan internet dan media sosial belum berkembang jadi kesulitan pelajaran ya dibiarkan saja tanpa ada yang membantu. Beda dengan sekarang, jaringan internet sudah begitu maju sehingga kesulitan pembelajaran bisa diatasi dengan bertanya dengan orang yang jago melalui media social.

Semenjak pandemic merebak, kegiatan belajar mengajar tidak lagi dilakukan secara tatap muka di sekolah dan diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Semua dilakukan dengan online. Para siswa belajar dari rumah dengan bimbingan orang tua dan guru.

Namun, ternyata tidak selamanyan metode pembelajaran tersebut memudahkan siswa. Tetap saja, banyak siswa yang merasa kesulitan dengan penerapan PJJ.

Masalah Pembelajaran Jarak Jauh yang dialami siswa adalah:

1. Dukungan dan pendampingan orang tua dan guru yang belum maksimal.

2. Tugas sekolah yang berat tanpa bimbingan guru.

3. Kurangnya fasilitas pendidikan dan kapasitas pendidik yang sangat terbatas

4. Kurangnya konsentrasi saat belajar di rumah.



Solusi dari permasalahan tersebut memanglah sangat kompleks. Tidak bisa diselesaikan dari satu sisi atau satu instansi saja. Salah satu hal yang bisa menjadi solusi adalah mengikutkan anak bimbingan belajar yang mampu mendukung siswa dalam pembelajaran di sekolah.

Tips dalam memilih bimbingan belajar online

Sekarang banyak sekali bimbingan belajar online yang menawarkan segala macam kelebihannya. Namun, orang tua harus pintar-pintar memilih bimbingan belajar online agar bisa mendukung anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh.

Beberapa tips dalam memilih bimbingan belajar online adalah:

1. Memiliki tenaga pengajar yang berkualitas

2. Kesiapan dan kesediaan guru dalam membimbing murid

3. Fasilitas pengajaran yang memadai

4. Metode pembelajaran yang interaktif dan inovatif

5. Membimbing siswa dalam mengerjakan PR

6. Harga terjangkau

Keunggulan Bimbingan Belajar Online Brain Academy By Ruangguru

Nah, salah satu bimbingan online terbaik yang mengkombinasikan pengajaran online dan offline adalah Brain Academy Online dari Ruangguru. Bimbingan belajar ini bisa diikuti oleh murid kelas 3 SD sampai dengan kelas 12 SMA dan UTBK.

Bimbingan belajar ini memiliki keunggulan dalam memberikan bimbingan belajar online secara efektif. Beberapa keunggulan Brain Academy by Ruangguru adalah:

Bimbel dengan kelas interaktif

Bimbingan belajar ini dilakukan dengan Live Teaching interaktif bersama pengajar yang memang sudah jagoan di bidangnya (Star Master Teacher). Pengajar yang menjadi Star Master Teacher ini adalah pengajar yang memiliki prestasi nasional hingga internasional berdasar mata pelajaran yang ada di Brain Academy, seperti Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, dan lainnya. Pernah kebayang nggak diajar oleh seorang yang punya prestasi hingga olimpiade nasional dan internasional? Mereka punya ilmu dan cara praktis untuk memahami suatu soal. Kesempatan banget kan bisa belajar dari mereka.

Live Teaching Brain Academy



Pengajaran yang efektif adalah pengajaran yang dilakukan dengan interaktif. Mungkin banyak siswa yang tidak bisa menerima pelajaran dengan baik karena pembelajaran yang dilakukan tidak dilakukan dengan interaktif. Meskipun saat bimbingan belajar di Brain Academy dilakukan dengan online tapi metodenya interaktif dan secara langsung. Dengan begitu, murid bisa bertanya langsung tentang materi yang tidak dimengerti.

Live Teaching ini ada jadwalnya dan masih bisa ditonton ulang kelas yang sudah selesai. Tentunya setelah kalian berlangganan ya.

Klinik PR yang eksklusif

Brain Academy juga menyediakan Klinik PR bagi para murid dimana murid dibimbing pengajar di Brain Academy untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru. Bukan berarti pengajarnya memberikan langsung jawabannya secara mentah-mentah ya tapi pengajar membimbing agar murid memahami konsep dari soal yang diberikan. Klinik PR ini dilakukan secara eksklusif melalui video call. Jadi pastikan kalian mengambil paket bimbingan belajar yang menyediakan program Klinik PR. Pengajarnya pun dari para masternya.

Modul Belajar

Khawatir kalau tidak punya pegangan buku cetak selama bimbingan belajar. Saat mengikuti les di Brain Academy, setiap peserta akan diberi modul belajar berupa buku cetak yang akan dikirim ke rumah siswa masing-masing. Jadi, siswa akan termotivasi untuk belajar melalui modul tersebut. Manfaat modul belajar ini adalah agar siswa bisa mandiri belajar dari materi yang sudah terperinci dan jelas dari para pengajar. Ketika mengalami kesulitan mengerjakan soal, siswa bisa membuka modul belajar untuk menyelesaikan soal. Setidaknya modul belajar ini juga meringankan beban pengajar dalam memberikan materi belajar.

Modul Belajar Brain Academy



Konseling Pendidikan

Konseling pendidikan ini diberikan oleh guru wali dan dilakukan secara privat melalui video call. Pengajar juga memberikan laporan hasil mengajar melalui konseling pendidikan ini. Orang tua jadi mengerti bagaimana perkembangan anaknya selama mengikuti bimbingan belajar di Brain Academy karena memang yang dibutuhkan orang tua adalah informasi tentang hal tersebut.

Kelas Pengembangan Diri

Kelas pengembangan diri yang ada di Brain Academy bertujuan untuk memberikan pengetahuan soft skil yang bermanfaat untuk ke depannya. Apalagi di abad 21 sekarang ini sebagai individu tidak hanya cerdas dalam akademik saja, tapi juga perlu untuk bersaing di dunia professional. Soft skill yang biasa diajarkan di Brain Academy seperti problem solving, critical thinking, teamwork, leadership, technologi literacy, tips masuk PTN favorit, prospek karir, cara berbicara di depan umum atau public speaking, tips dan trik SNMPTN, fotografi atau membuat konten kreatif yang menarik, dan lain sebagainya. Kelas ini sebenarnya menarik dan bisa menghilangkan kejenuhan setelah belajar materi di sekolah. Oiya, kelas ini diberikan juga dengan online sekitar 120 menit.

Komunitas Diskusi Soal

Brain Academy juga memiliki komunitas diskusi soal dimana terdiri dari peserta Brain Academy. Jika ada soal yang sulit, kamu bisa menanyakannya di komunitas ini. Tutor dan teman dari seluruh Indonesia akan menjawab pertanyaan kamu. Tidak cuma soal yang sulit saja tapi juga bisa sharing mengenai minat dan hobi atau mungkin yang berhubungan dengan pengembangan diri.

Klub Hobi

Kamu hobi fotografi? Sastra? Atau music? Kamu bisa gabung dengan grup khusus hobi di Brain Academy. Ibaratnya kalau di sekolah namanya ekstrakulikuler atau kegiatan di luar sekolah berdasar minat para siswa. Di Brain Academy terdapat berbagai macam klub hobi seperti Japan Zone, Korea, Science Olim, Klub Fotografi, Klub Musik, Klub Film, Klub PAI, English Club, Klub Sastra, Klub Dance, Klub Psikologi, Klub Olahraga, dan klub lainnya. Kira-kira kalian tertarik masuk klub apa?




Try Out Ujian

Tidak hanya materi yang diberikan, untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman terhadap materi yang sudah diberikan, siswa akan diberikan try out ujian dengan tipe soal terbaru. siswa bisa lebih siap dalam menghadapi ujian.

Harga terjangkau

Dengan keunggulan yang didapat, harga yang ditawarkan oleh Brain Academy ini cukup terjangkau. Kalian bisa memilih paket yang berbeda harga berdasarkan fasilitas yang ditawarkan, seperti Brain Academy Online Reguler, Premium dan Elite.

Harga Bimbingan Belajar Online di Brain Academy




Bimbingan Belajar secara Offline

Saat ini, bimbingan belajar Brain Academy tersebar di 29 kota di Indonesia, seperti Denpasar, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Cilandak, Duren Sawit, Pulogadung, Bogor, Cibinong, Tangerang Selatan, Bekasi Summarecon, Bekasi Jatiasih, Depok, Buah Batu Bandung, Padjajaran Bandung, Semarang, Malang, Surabaya Jemursari, Surabaya Tambaksari, Riau, Padang, Palembang Bukit Lama, Palembang Basuki Rachmat, Medan, Yogyakarta, Lampung, Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, dan Manado.

Brain Academy online ini bisa sekali dimanfaatkan bagi kalian yang ingin diajar langsung pengajar agar lebih mudah memahami materi.

Oiya, karena sekarang sedang ada PPKM darurat hingga tanggal 20 Juli 2021 jadi segala aktivitas cabang Brain Academy Jawa Bali dilakukan secara daring. Jadi pastikan kalian mendapat informasi tentang ini ya.


Fasilitas Bimbel yang lengkap

Kalau kalian punya kesempatan berkunjung ke cabang Brain Academy di kota kalian, maka kalian akan menikmati fasilitas bimbingan belajar yang lengkap, modern dan didukung dengan teknologi terkini. Gadget dan WiFi yang kencang di kelas dapat memudahkan kalian selama pembelajaran digital. 

Fasilitas di Brain Academy

Fasilitas di Brain Academy



Setelah melihat keunggulan-keunggulan bimbingan belajar Brain Academy, kalian tertarik tidak belajar di sana? jangan sia-siakan kesempatan ini ya! Kesulitan belajar kalian insyallah akan teratasi di Brain Academt apalagi kalau kalian aktif dan tidak maul bertanya dengab para tutor dan memanfaatkan segala fitur yang ada. Selamat belajar!


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

  1. Bagus ya mbaa, cocok dengan kondisi saat ini, jadi tertarik tapi tar nunggu anak anak.kalau sudah mulai emak bapaknya kesulitan ngajari.

    BalasHapus

Follower