Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Saat PJJ Melalui Brain Academy

30 comments
Brain Academy


Ketika aku masih sekolah SMP, aku sering merasa kesulitan dengan PR sekolah yang diberikan guru. Pada akhirnya, aku bertanya pada orang tuaku, biasanya pada bapakku. Maklum ibuku hanyalah lulusan SMA dan sudah lupa dengan pelajaran sekolah dulu.

Sayangnya, setiap aku bertanya pada bapakku, beliau juga merasa kesulitan dan ujung-ujungnya menjawab, “Lihat saja contohnya. Pasti ada.” Padahal contoh yang ada di buku hanyalah satu contoh saja sedangkan di latihan soal tingkat kesulitannya lebih tinggi dan berupa pengembangan soal. Alias tidak ada seperti di contoh. Aku tidak bisa mengerjakan. Kalau sudah begitu, rasanya aku pengen nangis saja. Setelah itu, aku tidak pernah lagi bertanya soal-soal pelajaran pada orang tuaku.

Beruntung, ada kakak sepupuku yang bisa membantu. Itupun harus berlama-lama mencoba menjawab soal. Pada saat itu, aku tidak mengikuti les di sekolah. Jadi tidak bisa bertanya pada seseorang yang jago di bidangnya.

Masalah Pembelajaran Jarak Jauh

Sepertinya permasalahan anak yang sekolah saat ini juga tidak jauh berbeda denganku. Orang tua sering merasa kesulitan memahami materi sekolah. Jika dulu, jaringan internet dan media sosial belum berkembang jadi kesulitan pelajaran ya dibiarkan saja tanpa ada yang membantu. Beda dengan sekarang, jaringan internet sudah begitu maju sehingga kesulitan pembelajaran bisa diatasi dengan bertanya dengan orang yang jago melalui media social.

Semenjak pandemic merebak, kegiatan belajar mengajar tidak lagi dilakukan secara tatap muka di sekolah dan diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Semua dilakukan dengan online. Para siswa belajar dari rumah dengan bimbingan orang tua dan guru.

Namun, ternyata tidak selamanyan metode pembelajaran tersebut memudahkan siswa. Tetap saja, banyak siswa yang merasa kesulitan dengan penerapan PJJ.

Masalah Pembelajaran Jarak Jauh yang dialami siswa adalah:

1. Dukungan dan pendampingan orang tua dan guru yang belum maksimal.

2. Tugas sekolah yang berat tanpa bimbingan guru.

3. Kurangnya fasilitas pendidikan dan kapasitas pendidik yang sangat terbatas

4. Kurangnya konsentrasi saat belajar di rumah.



Solusi dari permasalahan tersebut memanglah sangat kompleks. Tidak bisa diselesaikan dari satu sisi atau satu instansi saja. Salah satu hal yang bisa menjadi solusi adalah mengikutkan anak bimbingan belajar yang mampu mendukung siswa dalam pembelajaran di sekolah.

Tips dalam memilih bimbingan belajar online

Sekarang banyak sekali bimbingan belajar online yang menawarkan segala macam kelebihannya. Namun, orang tua harus pintar-pintar memilih bimbingan belajar online agar bisa mendukung anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh.

Beberapa tips dalam memilih bimbingan belajar online adalah:

1. Memiliki tenaga pengajar yang berkualitas

2. Kesiapan dan kesediaan guru dalam membimbing murid

3. Fasilitas pengajaran yang memadai

4. Metode pembelajaran yang interaktif dan inovatif

5. Membimbing siswa dalam mengerjakan PR

6. Harga terjangkau

Keunggulan Bimbingan Belajar Online Brain Academy By Ruangguru

Nah, salah satu bimbingan online terbaik yang mengkombinasikan pengajaran online dan offline adalah Brain Academy Online dari Ruangguru. Bimbingan belajar ini bisa diikuti oleh murid kelas 3 SD sampai dengan kelas 12 SMA dan UTBK.

Bimbingan belajar ini memiliki keunggulan dalam memberikan bimbingan belajar online secara efektif. Beberapa keunggulan Brain Academy by Ruangguru adalah:

Bimbel dengan kelas interaktif

Bimbingan belajar ini dilakukan dengan Live Teaching interaktif bersama pengajar yang memang sudah jagoan di bidangnya (Star Master Teacher). Pengajar yang menjadi Star Master Teacher ini adalah pengajar yang memiliki prestasi nasional hingga internasional berdasar mata pelajaran yang ada di Brain Academy, seperti Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, dan lainnya. Pernah kebayang nggak diajar oleh seorang yang punya prestasi hingga olimpiade nasional dan internasional? Mereka punya ilmu dan cara praktis untuk memahami suatu soal. Kesempatan banget kan bisa belajar dari mereka.

Live Teaching Brain Academy



Pengajaran yang efektif adalah pengajaran yang dilakukan dengan interaktif. Mungkin banyak siswa yang tidak bisa menerima pelajaran dengan baik karena pembelajaran yang dilakukan tidak dilakukan dengan interaktif. Meskipun saat bimbingan belajar di Brain Academy dilakukan dengan online tapi metodenya interaktif dan secara langsung. Dengan begitu, murid bisa bertanya langsung tentang materi yang tidak dimengerti.

Live Teaching ini ada jadwalnya dan masih bisa ditonton ulang kelas yang sudah selesai. Tentunya setelah kalian berlangganan ya.

Klinik PR yang eksklusif

Brain Academy juga menyediakan Klinik PR bagi para murid dimana murid dibimbing pengajar di Brain Academy untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru. Bukan berarti pengajarnya memberikan langsung jawabannya secara mentah-mentah ya tapi pengajar membimbing agar murid memahami konsep dari soal yang diberikan. Klinik PR ini dilakukan secara eksklusif melalui video call. Jadi pastikan kalian mengambil paket bimbingan belajar yang menyediakan program Klinik PR. Pengajarnya pun dari para masternya.

Modul Belajar

Khawatir kalau tidak punya pegangan buku cetak selama bimbingan belajar. Saat mengikuti les di Brain Academy, setiap peserta akan diberi modul belajar berupa buku cetak yang akan dikirim ke rumah siswa masing-masing. Jadi, siswa akan termotivasi untuk belajar melalui modul tersebut. Manfaat modul belajar ini adalah agar siswa bisa mandiri belajar dari materi yang sudah terperinci dan jelas dari para pengajar. Ketika mengalami kesulitan mengerjakan soal, siswa bisa membuka modul belajar untuk menyelesaikan soal. Setidaknya modul belajar ini juga meringankan beban pengajar dalam memberikan materi belajar.

Modul Belajar Brain Academy



Konseling Pendidikan

Konseling pendidikan ini diberikan oleh guru wali dan dilakukan secara privat melalui video call. Pengajar juga memberikan laporan hasil mengajar melalui konseling pendidikan ini. Orang tua jadi mengerti bagaimana perkembangan anaknya selama mengikuti bimbingan belajar di Brain Academy karena memang yang dibutuhkan orang tua adalah informasi tentang hal tersebut.

Kelas Pengembangan Diri

Kelas pengembangan diri yang ada di Brain Academy bertujuan untuk memberikan pengetahuan soft skil yang bermanfaat untuk ke depannya. Apalagi di abad 21 sekarang ini sebagai individu tidak hanya cerdas dalam akademik saja, tapi juga perlu untuk bersaing di dunia professional. Soft skill yang biasa diajarkan di Brain Academy seperti problem solving, critical thinking, teamwork, leadership, technologi literacy, tips masuk PTN favorit, prospek karir, cara berbicara di depan umum atau public speaking, tips dan trik SNMPTN, fotografi atau membuat konten kreatif yang menarik, dan lain sebagainya. Kelas ini sebenarnya menarik dan bisa menghilangkan kejenuhan setelah belajar materi di sekolah. Oiya, kelas ini diberikan juga dengan online sekitar 120 menit.

Komunitas Diskusi Soal

Brain Academy juga memiliki komunitas diskusi soal dimana terdiri dari peserta Brain Academy. Jika ada soal yang sulit, kamu bisa menanyakannya di komunitas ini. Tutor dan teman dari seluruh Indonesia akan menjawab pertanyaan kamu. Tidak cuma soal yang sulit saja tapi juga bisa sharing mengenai minat dan hobi atau mungkin yang berhubungan dengan pengembangan diri.

Klub Hobi

Kamu hobi fotografi? Sastra? Atau music? Kamu bisa gabung dengan grup khusus hobi di Brain Academy. Ibaratnya kalau di sekolah namanya ekstrakulikuler atau kegiatan di luar sekolah berdasar minat para siswa. Di Brain Academy terdapat berbagai macam klub hobi seperti Japan Zone, Korea, Science Olim, Klub Fotografi, Klub Musik, Klub Film, Klub PAI, English Club, Klub Sastra, Klub Dance, Klub Psikologi, Klub Olahraga, dan klub lainnya. Kira-kira kalian tertarik masuk klub apa?




Try Out Ujian

Tidak hanya materi yang diberikan, untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman terhadap materi yang sudah diberikan, siswa akan diberikan try out ujian dengan tipe soal terbaru. siswa bisa lebih siap dalam menghadapi ujian.

Harga terjangkau

Dengan keunggulan yang didapat, harga yang ditawarkan oleh Brain Academy ini cukup terjangkau. Kalian bisa memilih paket yang berbeda harga berdasarkan fasilitas yang ditawarkan, seperti Brain Academy Online Reguler, Premium dan Elite.

Harga Bimbingan Belajar Online di Brain Academy




Bimbingan Belajar secara Offline

Saat ini, bimbingan belajar Brain Academy tersebar di 29 kota di Indonesia, seperti Denpasar, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Cilandak, Duren Sawit, Pulogadung, Bogor, Cibinong, Tangerang Selatan, Bekasi Summarecon, Bekasi Jatiasih, Depok, Buah Batu Bandung, Padjajaran Bandung, Semarang, Malang, Surabaya Jemursari, Surabaya Tambaksari, Riau, Padang, Palembang Bukit Lama, Palembang Basuki Rachmat, Medan, Yogyakarta, Lampung, Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, dan Manado.

Brain Academy online ini bisa sekali dimanfaatkan bagi kalian yang ingin diajar langsung pengajar agar lebih mudah memahami materi.

Oiya, karena sekarang sedang ada PPKM darurat hingga tanggal 20 Juli 2021 jadi segala aktivitas cabang Brain Academy Jawa Bali dilakukan secara daring. Jadi pastikan kalian mendapat informasi tentang ini ya.


Fasilitas Bimbel yang lengkap

Kalau kalian punya kesempatan berkunjung ke cabang Brain Academy di kota kalian, maka kalian akan menikmati fasilitas bimbingan belajar yang lengkap, modern dan didukung dengan teknologi terkini. Gadget dan WiFi yang kencang di kelas dapat memudahkan kalian selama pembelajaran digital. 

Fasilitas di Brain Academy

Fasilitas di Brain Academy



Setelah melihat keunggulan-keunggulan bimbingan belajar Brain Academy, kalian tertarik tidak belajar di sana? jangan sia-siakan kesempatan ini ya! Kesulitan belajar kalian insyallah akan teratasi di Brain Academt apalagi kalau kalian aktif dan tidak maul bertanya dengab para tutor dan memanfaatkan segala fitur yang ada. Selamat belajar!


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

30 komentar

  1. Bagus ya mbaa, cocok dengan kondisi saat ini, jadi tertarik tapi tar nunggu anak anak.kalau sudah mulai emak bapaknya kesulitan ngajari.

    BalasHapus
  2. Waaah menarik skali.. ini ekstensi dari ruang guru ya? ada kegiatan ekskulnya segala.. jadi orang tua nggak usah pusing pikir lagi anak nya harus berbuat apa...

    BalasHapus
  3. Kadang kasihan jika orang tuanya gaptek ya mbak. Untung skrng ada ruangguru, jadi orang tua bisa terkurangi bebannya ketika mendampingi anak

    BalasHapus
  4. Wah keren, Ruangguru tak henti berinovasi untuk meningkatkan kualitas dan mempermudah proses belajar siswa.

    BalasHapus
  5. Memang cara belajar (dipaksa) online yang mendadak gara-gara pandemi ini memberatkan banyak pihak. Namun, apa boleh buat ... harus diterima. Kehadiran pihak ketiga (paltform) seperti ini sangat membantu.

    BalasHapus
  6. Ruang guru ini bener2 memfasilitasi sekali ya mbak. Mantap

    BalasHapus
  7. Suka banget sama inovasi dari Ruang Academy, Brain Academy membuat anak bertambah pintar dan kesempatan meraih cita2pun sudah di depan mata

    BalasHapus
  8. Suka banget sama desain ruang kelasnya keliatan nyaman banget pasti.kalo.belajar disana nyaman banget nih

    BalasHapus
  9. Sepertinya aku juga perlu memikirkan bimbel online.

    Kadang kzl juga karena (mohon maaf) sebagian guru terutama yang sudah sepuh gaptek, jadi pelajaran tiap hari gitu-gitu terus, dan membosankan

    BalasHapus
  10. Ruang guru emang keren ya.. semakin membuat inovasi untuk memudahkan dalam belajar.

    BalasHapus
  11. Iya, sekarang semua mudah sih klo pjj. Cuma anak2 udah rindu sekolah nih. Tp lumayan membantu ya klo ada aplikasi belajar begini

    BalasHapus
  12. Kalau saya dulunya tuh belajar sendiri, nggak bisa nanya ke orang tua, karena seringnya mereka jawab ga tau😂

    Jadi saya belajar dari buku aja, bikin soal sendiri, jawab sendiri.

    Sekarang udah canggih ya, apalagi udah masanya semua serba online, bisa bimbingan belajar online maupun offline dari ruang guru, keren banget :)

    BalasHapus
  13. tar kalau dah bisa offlen aku bimbelin anak-anak aja deh, asli, capek banget jadi guru di rumah, hahah... untung skrg ada Ruang Guru yang bantu nih.

    BalasHapus
  14. Kemarin sempet nyoba ruang guru wkwkw nyamar jadi murid. Sepenasaran itu aku sama metodenyaa hihi

    BalasHapus
  15. ternyata brain academy ada hard file modulnya juga ya, jadi memotivasi anak yang sukanya belajar dengan buku tidak hanya melalui gawai

    BalasHapus
  16. Aku paling suka dari ruangbelajar ini tuh ada kelas buat mengembangkan soft skill, hari gini selain materi pelajaran, murid juga harus mengasah kemampuannya kan yaa, apalgi di era digital seperti sekarang ini

    BalasHapus
  17. Ternyata Brain Academy ada kelas offline gitu ya ...
    Makin mantep ya program-program dari ruang guru

    BalasHapus
  18. Brain Academy by Ruangguru memang keren nih, fiturnya juga asyik buat belajar.

    BalasHapus
  19. Enak ya anak-anak zaman sekarang, mau belajar mudah karena sudah banyak aplikasi atau platform yang dapat menunjang proses belajar mereka seperti Brain Academy ini. Apalagi di masa PJJ seperti sekarang, pastinya kehadiran Brain Academy sangat berguna sekali

    BalasHapus
  20. kehadiran brain academy ini pastinya sangat membantu kaum ibu dan anak-anak sekolah pastinya, kesulitan dalam kegiatan PJJ dapat diminimalisir dengan mendaftar di Brain academy

    BalasHapus
  21. setuju tuh Mbak, apalagi yang poin no.2 ya.
    seringnya anak dikasih soal aja terus padahal gurunya belum ngasih video/penjelasan.
    anak jadi belajar sendiri untuk tahu bagaimana isi materi, kalau dapat anak yang otaknya cemerlang sih mudah aja lah kalau yang udah pas-pasan atau mau terima beres mah yasalam, pas banget deh ya kalau aada solusi Brain Academy dari Ruangguru ini :)

    BalasHapus
  22. di zaman yang udah semakin canggih ini, anak belajar udah gampang yaa, banyak aplikasi belajar yang bisa dipilih, tinggal cari mana yang cocok dengan anak juga kantong kita

    BalasHapus
  23. uwuuuu biayanya luar biasa yaaa. Sama aku mehong sih itu wkwkkwk
    Tapi cucok laah yaa sama layanan dan fasilitas yg ditawarkan...

    BalasHapus
  24. Senengnya kalau semua ortu sadar mengenai pentingnya bimbel untuk membantu saat PJJ, dari segi guru pun banyak banget tantangannya mengajar saat PJJ tuh hehheheh

    BalasHapus
  25. owh ternyata ada kelas bimbel offline juga ya mba, kukira online aja brain academy ruang guru ini. kupdet bet yak aku. hihi

    BalasHapus
  26. Harganya jauh ya daripada ambil les sendiri. Recommended nih

    BalasHapus
  27. Iya betul, terkadang orangtua malah bingung gimana menyesuaikan waktu untuk pekerjaan rumah, kantor dan anak. Nah ini yang bikin gak maksimal kalo PJJ. Humm, cepatlah berlalu masa-masa ini.

    BalasHapus
  28. Sangat membantu banget ya Mba apalagi di tengan pandemi yang akses ke mana mana terbatas. Dengan brain academy jadi tertolong

    BalasHapus
  29. Wah brain academy online unik ya kak, bisa jadi solusi mengatasi kesulitan belajar saat PJJ karena banyak alternatif belajarnya. Sampai ada klub hobinya buset. Biaya bimbelnya dalam setahun juga terjangkau itu. Salut sama inovasi-inovasinya Ruangguru. Keren :)

    BalasHapus
  30. Pembelajaran jarak jauh memang penuh masalah yang perlu diperhatikan sih. Orang tua kadang pusing mendampingi. Lebih baik memberikan fasilitas belajar jarak jauh agar belajar anak lebih baik. Salah satunya dengan Ruangguru.

    BalasHapus

Follower