Mengembangkan Bakat Anak dengan IndiHome Study

22 comments
Saya termasuk orang tua yang membatasi anak soal penggunaan gadget. Tapi kalau untuk edukasi, saya tentu akan setuju mereka menggunakannya. Saya pun harus paham bahwa ada sisi positif penggunaan teknologi untuk pendidikan anak. Teknologi bisa menjadi media pembelajaran anak untuk meningkatkan potensi akademiknya. Tak hanya sebagai pengguna, anak-anak mungkin saja kelak akan menciptakan sebuah karya. Nah, disinilah peran orang tua untuk mengarahkan anak agar teknologi bisa menjadi cara untuk memotivasi anak belajar.

IndiHome Study

Manfaat Teknologi bagi Pendidikan Anak

Teknologi memang tak melulu membawa dampak negatif, jika diarahkan teknologi juga bisa memberi manfaat untuk pendidikan anak.

Memotivasi Anak Untuk Belajar

Belajar lewat teknologi merupakan suatu cara yang inovatif agar anak-anak menjadi lebih memahami pembelajaran di usianya. Teknologi juga membantu anak untuk mendapatkan informasi dari hal-hal yang ingin diketahui. Dengan teknologi, mereka menjadi termotivasi untuk terus belajar. Semangat belajar menjadi lebih tinggi. Anak-anak juga mampu berkreativitas dengan membuat karya dari informasi yang didapat melalui sebuah teknologi informasi.

Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi

Informasi dari teknologi informasi yang didapat bisa membantu anak untuk saling bekerja sama dalam menciptakan sebuah karya. Anak-anak dapat saling berkolaborasi sejak dini melalui kemajuan teknologi.

Mengembangkan Pemahaman Terhadap Perbedaan

Teknologi mengenalkan anak pada perbedaan, baik pendapat, pandangan atau selera. Paling mudahnya ketika mereka membagikan karyanya kepada teman-temannya dan melihat hasil karya teman-temannya, mereka akan melihat perbedaan. Mereka jadi belajar menghargai perbedaan dan tidak mengejek karya temannya. Dampaknya ke depan, mereka akan menghargai perbedaan setiap individu.

Berkesempatan Terhubung dengan Ahlinya

Orang tua harus pandai-pandai mengarahkan bakat anak, termasuk memfasilitasi anak untuk mengembangkan bakat mereka. Salah satu fasilitas untuk mengembangkan anak yang diberikan adalah menghubungkan dengan para ahli di bidang yang ditekuni. Mereka akan belajar dari ahlinya dan bisa mengembangkan diri karena belajar hal-hal baru.


Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Pendidikan Anak

Jika digunakan secara bijak, dengan menggunakan teknologi, anak-anak akan mendapat sumber pengetahuan yang luas.

Berdasarkan Pricebook, saat menggunakan teknologi informasi, anak-anak perlu dibimbing oleh orangtua agar dapat memaksimalkan pendidikan mereka. Setiap anak juga perlu dibimbing berdasarkan tahap perkembangan anak. Beberapa tips memanfaatkan teknologi pada setiap tahap perkembangan anak adalah:

1. Teknologi untuk Pendidikan Anak Balita

Masa balita adalah perkembangan yang cukup krusial karena pada tahap ini anak mulai mengenal dunia sekitar begitu juga untuk meniru dalam bertindak dan mengucapkan kata. Emosi anak juga belum mudah dikontrol. Mereka cenderung ingin dituruti. Maka, perlu adanya pembatasan penggunaan teknologi bagi balita. Di masa ini, anak balita bisa dikenalkan pembelajaran melalui teknologi informasi untuk mengenal berbagai unsur visual, seperti gambar bergerak, hewan, tumbuhan, dan benda-benda. Orang tua tetap mendampingi anak saat menggunakan teknologi.

2. Teknologi untuk Pendidikan Anak Prasekolah

Emosi anak di tahap ini sudah mulai mudah dikendalikan sehingga orang tua bisa sepenuhnya percaya pada anak saat menggunakan teknologi meskipun orang tua harus tetap mengawasi.

Di masa ini, anak mulai kritis terhadap informasi yang didapat dari teknologi informasi. Teknologi bisa merangsang perkembangan otak anak di usia prasekolah. Orang tua bisa membantu mengenalkan cara penggunaan gadget, menggunakan aplikasi edukasi dengan batas waktu, dan penggunaan time screen.

3. Teknologi untuk Pendidikan Anak Usia Sekolah

Emosi di usia ini anak sudah bisa diatur dan lebih mudah sehingga anak harusnya sudah tahu batasan menggunakan teknologi dan memilih informasi yang bermanfaat atau tidak bagi dirinya. Anak usia sekolah juga biasanya sudah bisa menggunakan gadget dengan baik. Mereka lebih mudah paham bagaimana menggunakan aplikasi edukasi meski baru satu-dua kali diajarkan. Internet bijak perlu ditekankan orang tua saat anak menggunakan teknologi. Orang tua bisa menjelaskan tentang pentingnya menggunakan internet yang bijak, aman dan bermanfaat. Anak bisa dijelaskan mengenai larang menyebarkan informasi pribadi.

Mengembangkan Bakat Anak dan Mendukung Proses Belajarnya dengan IndiHome Study

Pengembangan bakat anak bisa didukung dengan teknologi yang mendukung sehingga bisa membantu anak dalam proses belajar.

Orang tua bisa memilih materi edukasi yang sesuai usia anak dan bisa mengasah bakat anak. Anda sebagai orang tua bisa mencoba fitur edukasi yang bermanfaat dan telah disediakan IndiHome dari Telkom Indonesia.

IndiHone memiliki fitur edukasi yang bernama IndiHome Study, sebuah layanan digital untuk memfasilitasi kegiatan belajar anak-anak dengan sistem yang mudah dimengerti. Fitur tersebut berisi berbagai materi edukasi dengan biaya langganan mulai dari Rp. 10.000,-. Anak-anak bisa memperoleh materi buku mata pelajaran, buku umum digital, soal try out atau materi ujian. Anak-anak bisa mengakses video tersebut melalui laptop atupun smartphone.

Tak hanya menjangkau anak sekolah, paket IndiHome dengan fitur IndiHome Study juga menyediakan Tes Minat Bakat agar potensi dan bakat yang anak-anak miliki bisa diketahui sejak dini.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

22 komentar

  1. Inovasi layanan IndiHome tak pernah henti-hentinya bikin kita sebagai pelanggan jadi makin suka, termasuk IndiHome Study yang bisa banget bantu anak-anak dalam belajar

    BalasHapus
  2. Selama ini memanfaatkan IndiHome hanya untuk nonton acara TV, nonton youtube atau menikmati film-film. Sepertinya nanti mau nyobain juga fitur edukasi-nya. Memanfaatkan layanan digital untuk memfasilitasi kegiatan belajar anak-anak dengan sistem yang mudah dimengerti.

    BalasHapus
  3. Menurut saya, kehadiran internet ini sangat membantu juga untuk mengembangkan bakat anak. Asalkan, digunakan dengan bijak. Soalnya banyak sekali panduan keren. Bahkan sekarang dengan mudah, kita bisa terhubung dengan mentor atau kursus, akhirnya bakat anak bisa berkembang dengan baik.

    BalasHapus
  4. wah lengkap ya layanannya, mendukung pendidikan anak juga nih :) anak-anak jadi lebih asik belajarnya deh

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran nih pengin nyobain IndiHome study juga buat si bocah. Keren sih inovasi IndiHome. Apalagi biaya langganannya terbilang masih terjangkau.

    BalasHapus
  6. ternyata menarik banget paket indihome study ini karena sampai ada tes minat bakat anak.. baru tau nih saya mba

    BalasHapus
  7. IndiHome lengkap nih pilihannya, apalagi teknologinya bisa untuk anak balita, usia dini, dan prasekolah. Ornag tua jadi ga perlu bingung dalam membantu mengembangkan bakat anak sesuai dengan umurnya. (Sugianto)

    BalasHapus
  8. Banyak juga ya fitur dari IndiHome, selain buat hiburan ternyata bisa juga dimanfaatin buat edukasi anak. bener bener top abis

    BalasHapus
  9. Keren ini IndiHome mendukung pendidikan dan bakar anak-anak ya. Sehingga dari sejak dini bisa diasah untuk makin berkembang lagi

    BalasHapus
  10. Lengkap bgt ya. Skrg kalo mau belajar gampang banyak pilihannya. Berkat internet juga anak2 bs belajar banyak hal di luar pelajaran sekolah. Tp, emg harus diawasi sih

    BalasHapus
  11. Nggak bisa dipungkiri sih emang sejak pandemi ada banyak hal yang berubah, termasuk sistem pembelajaran. Jagoan banget sih emang IndiHome, bikin PJJ jadi makin nyaman apalagi fitur pendidikannya keren banget. Orangtua jadi makin tenang anak akses internet pake IndiHome

    BalasHapus
  12. Langganan IndiHome Study ini terjangkau yaaa, mulai 10 ribu. Padahal manfaatnya banyak, jadi pengen langganan juga.

    BalasHapus
  13. Wah asli keren bangett ada IndiHome study jugaa, aihh >.< baru tahu loh aku mbaaa..
    Bisa nih ya buat nemenin Isya selama bulan Ramadhan biar ngga nontonin yucub muluuuu

    BalasHapus
  14. Belajar untuk anak balita rada susah ya hihi harus banyak stok sabar, suka banyak ngambeknya hihi. Belajar dengan dukungan internet juga bagus, apalagi kalau internetnya kenceng

    BalasHapus
  15. IndiHome selalu membantu kita ya kak, apalagi ada fitur IndiHome Study jadi lebih efesien dalam edukasi anak.

    BalasHapus
  16. Walau ada batasan penggunaan gadget, tetapi untuk edukasi tidak ada batasan ya Mba. Ditambah ada IndiHome Study jadi anak bisa menambah wawasan lebih luas lagi.

    BalasHapus
  17. waah harga langganan indiHome study terjangkau ya, mulai dari 10ribu ajah! saya juga pengen dong kak, hehehe. eits langganan indiHome dulu yaaa

    BalasHapus
  18. Pelanggan IndiHome semakin dimanjakan dengan berbagai paket yang customized ya mbak
    indiHome Study sangat pas membantu anak belajar

    BalasHapus
  19. internetnya IndiHome memang udah terbukti memudahkan kegiatan sehari2 kita ya mbak, bahkan membersamai anak tumbuh dan berkembang juga bisa dengan provider andalan ini

    BalasHapus
  20. Wow, bahkan di fitur IndiHome Study ada banyak sekali media pembelajaran dari mulai anak usia pra-sekolah hingga sekolah. Salut banget...
    Bikin orangtua menjadi semakin mudah mengarahkan ananda untuk akses internet dengan sehat.

    BalasHapus
  21. Anakku yang suka belajar bahasa alhamdulillah terfasilitasi dengan internet. Jadi bisa ambil course online. Nggak kebayang kalau nggak ada internet ya sedangkan kami gak ada kendaraan buat mobile anter-anter les.

    BalasHapus
  22. aku baru tau nih ada yang program indihome study, pokoknya bikin anak makin nyaman belajar ya mba

    BalasHapus

Follower