Tips Menulis Surat Lamaran Kerja dan CV Agar Diterima

17 comments
Saat akan melamar pekerjaan, kalian pasti akan membuat surat lamaran kerja. Bagi yang baru pertama kali, tentu saja akan bingung dan tidak tahu bagaimana menulis surat lamaran kerja. Pada akhirnya kalian akan mencari contoh surat lamaran kerja yang banyak muncul di penelusuran Google. Sayangnya, tidak semua surat lamaran kerja di Google bisa kalian ambil secara mentah-mentah. Kalian harus mengedit dan menyesuaikannya dengan kondisi kalian.

Tujuan surat lamaran kerja ini adalah untuk meyakinkan perekrut bahwa kalian cocok bekerja di sana dan sesuai dengan kualifikasi yang diminta.

Tips menulis surat lamaran kerja
(Pexels/Anna Tarazevi)

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Meskipun begitu, kalian kadang tetap bingung mau menulis apa. Membuat surat lamaran kerja memang tidak bisa asal karena akan memengaruhi keputusan perusahaan untuk menerima kalian atau tidak. Surat lamaran kerja memang penting untuk kelanjutan awal karir kalian. Oleh karena itu, diperlukan tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan meyakinkan agar lolos diterima kerja.

Beberapa tips menulis surat lamaran kerja yang baik adalah:

1. Tidak salah ketik/typo

Jangan sepelekan salah ketik dalam penulisan karena ini bisa menunjukkan bahwa kalian membuat surat lamaran kerja dengan tergesa-gesa dan tidak teliti. Apalagi jika kalian melamar pekerjaan di bidang jurnalistik atau media yang membutuhkan kegiatan tulis menulis artikel. Ketika kalian telah selesai menulis surat lamaran kerja, silakan dibaca kembali agar tahu bagian mana yang salah ketik atau perlu diedit.

2. Kesan personal dalam surat

Agar surat lamaran kerja terkesan personal, kalian harus mencantumkan nama perusahaan, nama pimpinan perusahaan atau HRD dalam surat lamaran kerja. Dengan sentuhan personal ini, surat lamaran kerja dan memiliki ciri khas dengan surat lainnya.

3. Singkat, padat dan spesifik

Menulis surat lamaran kerja tidak perlu bertele-tele. Tuliskan secara singkat dan padat. Kalian bisa menulis isi surat dengan pembuka, perkenalan (nama dan lulusan dengan nilai IPK), pengalaman apa dan kemampuan kalian yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan dan juga prestasi yang kalian dapatkan. Tuliskan kepribadian kalian yang kemudian dihubungkan dengan prestasi atau kemampuan kalian. Baca secara saksama kualifikasi yang diinginkan sehingga kalian bisa menceritakan pengalaman dan prestasi sesuai kualifikasi. Tuliskan secara ringkas. Kalian tidak perlu mencantumkan semua yang ada di CV ke dalam surat lamaran kerja. Masukkan yang cocok dengan kualifikasi dan yang paling berkesan. Jelaskan pula alasan kalian ingin bekerja di perusahaan tersebut. Tuliskan secara spesifik dalam surat lamaran tersebut.

4. Gunakan bahasa Indonesia yang baik

Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Masih banyak surat lamaran kerja yang ditulis dengan struktur kalimat yang tidak rapi, bertele-tele, tidak efektif. Hal tersebut membuat surat lamaran kerja menjadi tidak enak dibaca. Jangan lupa untuk menulis dengan kata baku dan memperhatikan huruf kapital dan kecil sesuai panduan ejaan berbahasa Indonesia (PUEBI). Jika tulisan dalam surat lamaran kerja baik, maka penyelenggara pun tidak ragu untuk meloloskan ke tahap selanjutnya.

5. Pengetikan format rapi

Menulis surat lamaran kerja dengan desktop atau tangan harus ditulis dengan rapi. Urutannya biasanya tujuan surat sejajar dengan tanggal surat, kalimat pembuka, isi surat, kalimat penutup, dan tanda tangan. Semua ditulis dengan paragraf justified (rata) dengan font yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar seperti Times New Roman 12 pt atau Arial 11 pt. Kalau ditulis dengan desktop mungkin surat akan terlihat lebih rapi dibanding ditulis dengan tangan.

Tips Membuat CV Agar Lolos Seleksi

Oiya tak cuma urusan surat lamaran kerja saja. CV itu juga penting loh. Saya baru tahu sekarang. Dulu saat membuat CV kenapa rata-rata CV dari luar negeri itu sederhana dan formatnya sama semua. Membosankan kalau dilihat. Ternyata justru itu yang bagus dan kemungkinan besar akan lolos saat perekrutan awal. 

Kenapa?

Karena banyak perusahaan sudah menggunakan software Applicant Tracking System (ATS) untuk proses perekrutan awal. CV dari calon pekerja akan disaring dan diseleksi yang memenuhi kriteria lowongan kerja dengan software itu. Nah, CV ATS ini akan memudahkan rekruter saat seleksi calon pekerja. Jika CV kalian kurang sesuai format dan tidak sesuai kriteria (kata kunci), maka CV kalian mungkin tidak akan terbaca software ATS dan tidak diloloskan. Dan rata-rata formatnya mirip. Dan ini untuk melamar yang menggunakan file ya.

Contoh CV ATS (resumeworded.com)


Beberapa tips menulis CV agar lolos ATS adalah:

Tentukan kata kunci

Di setiap lowongan pekerjaan selalu ada kata kunci yang harus dimasukkan dalam CV. Misalnya ketika perusahaan mencari jurnalis dan menyebutkan persyaratan dalam lowongannya harus bisa menulis feature, mala kalian harus memasukkan kata 'menulis feature' dalam CV kalian.

Buat judul heading yang jelas

Jangan menggunakan kata yang tidak biasa. Tulis Neading CV yang biasa dipakai. Misalnya: Profil, ringkasan, pengalaman, pekerjaan, pendidikan, dan kemampuan.

Hindari penggunaan tabel

Tabel tidak akan membuat CV kalian bisa terbaca di software ATS. Jadi jamgan gunakan tabel dalam CV kalian.

Tidak ada salah ketik

Keslaahan pengetikan bisa berakibat fatal bagi proses seleksi kalian karena bisa jadi hanya kurang huruf "a", kalian tidak lolos pad atahap awal. Sayang sekali kan padahal bisa saja kalian adalah potensi besar dalam perusahaan. 

Gunakan font yang terbaca ATS

Biasamya, font yang terbaca ATS adalah Calibri, Helvetica, Cambria, Georgia, Verdana, Arial. Nggak ada Times New Roman ya Guys!

Jangan menggunakan singkatan

Singkatan juga bisa membuat CV ada tidak diterima. Jadi tuliskan kepanjangannya juga. Tak hanya singkatannya saja.

Simpan dalam format doc.

ATS versi lama dan barubisa men-scanning dokumen berformat doc. Dan itu lebih baik daripada scanning dokumen format pdf yang belum tentu bisa di scan.

Generator Membuat Surat Lamaran Kerja

Sekarang kalian tak perlu bingung, karena untuk membuat surat lamaran kerja bisa menggunakan generator surat lamaran kerja SuratPlus. SuratPlus adalah pelopor transformasi surat digital di Indonesia. SuratPlus menyediakan segala macam template surat, CV dan invoice dari gratis hingga harga terjangkau.

Di SuratPlus ini kalian juga bisa buat CV ATS, jadi kalian tinggal masukkan data diri, dan pasti kata kunci yang sama dengan kualifikasi yang diinginkan perusahaan. Setelah itu kalian bisa mengunduhnya.

SuratPlus

Kelebihan SuratPlus

SuratPlus ini memiliki cukup banyak kelebihan. Kelebihan generator membuat surat lamaran kerja ini adalah :

Mudah dan cepat

Kalian hanya perlu mengisi data kemudian surat lamaran kerja secara otomatis dan realtime sudah bisa kalian gunakan.

Tanpa instalasi

Menggunakan suratPlus nggak perlu instal aplikasi. Kalian langsung masuk ke websitenya dan sudah bisa membuat surat lamaran kerja langsung dari website. Kalian tidak perlu repot mengatur layout, desain dan format, surat lamaran kerja dengan generator suratPlus.

Autosave

Surat lamaran kerja yang dibuat akan otomatis tersimpan di AutoSave dan tersimpan otomatis di sistem cloud sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Keamanan Data

Jangan khawatir dengan keamanan data yang sudah kalian input ke dalam website SuratPlus, karena menggunakan protokol transfer data untuk mengamankan proses transfer data. Selain itu, SuratPlus sudah terdaftar di PSE Kominfo sehingga data lebih terjamin keamanannya.

Jangan lupa share artikel ini ya. Agar teman-teman kalian yang mau mendaftar lowongan pekerjaan bisa terbantu. Terima kasih!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

17 komentar

  1. Nyari contoh surat lamaran di Google memang sangat banyak, tapi nyari yang benar-benar sesuai, tentu saja harus lewat platform pembuat surat lamaran. Salah satu yang recommended adalah SuratPlus. Keren sih ini, proses pembuatannya juga terlihat mudah dan pilihan template pun beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

    Selain itu juga bisa lebih ramah dengan ATS alias Applicant Track ing System, sehingga peluang untuk bisa diterima juga cukup besar.

    BalasHapus
  2. Paling takut banget kalau buat surat lamaran ada yg typo. Tapi gak usah khawatir sekarang ada ATS yang bantu kita buat surat lamaran jadi cepat dan mudah yaa tinggal input aja

    BalasHapus
  3. kalau sudah otomatis pakai software ATS, lebih bagus juga jadinya lamaran kerja kita yaa kak.. kemarin2 aku tuh bikinnya ya manual aja gitu ngelihat contoh di google

    BalasHapus
  4. Daku belum coba bikin CV pakai ATS ini, padahal se-simple itu bikinnya dan lebih rapi ya . Bisa dicoba ha

    BalasHapus
  5. surat lamaran kerja dan CV salah satu kunci saat melamar kerja, jadi emang harus banget untuk dibuat sebaik mungkin dan hindari kesalahan karena akan mempengaruhi penilaian awal kita dong ya, apalagi kalau udah pakai aplikasi segala ya, salah dikit lewat dah kesempatannya untuk ke step berikutnya.

    BalasHapus
  6. Salah ketik bisa gagal diterima kerja ya. Untungnya sekarang makin canggih bisa bikin surat lamaran kerja secara digital

    BalasHapus
  7. Di era digital ini cek CV pun sudah otomatis ya pakai CV ATS. Ada tips dan contoh juga nih bisa aku berikan ke saudara yang membutuhkan

    BalasHapus
  8. lebih muda banget lho sekarang, bisa pake software jadi lebih mudah. Plus pastinya sesuai dengan standar.

    BalasHapus
  9. Duh, gampang banget yah pake generator SuratPlus, cepat dan nggak pake ribet.

    BalasHapus
  10. Wah sekarang semua hal makin mudah dilakukan ya, Kak. Sekarang bisa bikin kebutuhan baik personal mauun lembaga dengan berbasis online, pastihya akan lebih cepat.

    BalasHapus
  11. Teknologi memudahkan pekerjaan manusia, dengan adanya ATS pekerjaan HRD diperingan, suratplus memudahkan pencari pekerjaan dalam membuat surat lamaran pekerjaan / CV.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, ada informasi bagus kalau mau buat invoice nih. Tinggal ikuti di SuratPlus ya. Terimakasih

    BalasHapus
  13. Sayangnya, aku hidup di zaman dulu yg nulis CV masih manual atau yg standar banget, haha..

    Makasih nih buat SuratPlus karena sudah bikin platform sebermanfaat ini.

    BalasHapus
  14. semakin berinovasi ya, ada suratplus ini

    BalasHapus
  15. Enak bgt ya kak ada software aplikasi kerja kayak gini. Ga kebayang dulu ada aplikasi kayak gini. Jd melamar kerjaan tuh mudah bgt ya. Dulu msh hrs nulis di kertas hingga kirim lamaran via pos. Udh repot, biaya mahal, dan blm tentu berhasil pula.

    BalasHapus
  16. Sentuhan personal dalam surat lamaran tuh bisa bikin surat yang dibuat jadi ada "nyawanya" gitu ya, Mba. Baru deh aku kenalan sama SuratPlus, memudahkan banget kalau lagi butuh lamar kerja.

    BalasHapus
  17. Wah ilmu banget nih buat saya kak. Ternyata harus pakai kata kunci ya kalau bikin CV ATS. Selain itu font juga harus diperhatikan. Baru tahu saya kalau gak ada font TNR untuk CV ATS. Noted banget semua tipsnya

    BalasHapus

Follower