Review RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Untuk Wajah Berjerawat

16 comments
Tulisanku kali ini akan membahas tentang sebuah brand kosmetik asli dari Filipina, RDL Sabun Papaya. Bagi kalian yang punya masalah dengan jerawat, merasa sudah tua :D coba baca ulasan tulisan berikut karena aku sendiri pernah pakai RDL Sabun Papaya untuk mengatasi jerawat saat hamil. Di tulisan ini aku bakal review RDL Sabun Papaya saat aku jerawat saat hamil dan kulit mulai mengerut serta aku bakal review RDL facial cleanser.

Review RDL Sabun Papaya

Tentang RDL sabun papaya

RDL sabun papaya ini merupakan brand kosmetik yang langsung diproduksi oleh RDL pharmaceutical Laboratory Inc dari Filipina dan didistribusikan secara resmi oleh PT. RDL Distribusi Indonesia. Jadi hati-hati ya kalau ada kemasan yang menyebutkan didistribusikan oleh distributor selain yang disebutkan.

Produk RDL lainnya sebenarnya banyak banget loh dan manfaatnya juga macam-macam, seperti RDL Cucumber Brightening Soap, RDL Avocado Brightening Soap, RDL Kalamansi Brightening Soap with Honey, RDL Kojic Brightening Soap.

Banyak yang mengenal RDL sabun papaya dengan bungkus yang berwarna oranye dengan gambar pepaya di covernya ini sebagai sabun pepaya. Mungkin biar lebih ringkas aja penyebutannya.

Distributor RDL sabun papaya
Distributor RDL Sabun Papaya

Kenapa ibu hamil banyak jerawat?

Saat aku sedang hamil, hormon mungkin sedang tak karuan. Satu jerawat muncul hingga wajah dipenuhi banyak jerawat. Ya meski ngga bisa dikatakan breakout. Aku berpikir kalau hamil bisa menyebabkan jerawat karena tergantung hormon masing-masing ya.

Jerawat saat hamil, yang dikenal sebagai "akne kehamilan" atau "akne hormonal kehamilan," cukup umum terjadi. Hal ini terkait dengan perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Berikut adalah beberapa penyebab jerawat saat hamil:

1. Peningkatan hormon

Selama kehamilan, produksi hormon, terutama hormon androgen, meningkat. Hormon ini dapat merangsang kelenjar minyak di kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Kelebihan minyak pada kulit dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan perkembangan jerawat.

2. Perubahan hormonal

Perubahan hormonal yang signifikan selama kehamilan dapat mengubah keseimbangan hormon di tubuh, termasuk meningkatkan produksi hormon tertentu yang dapat mempengaruhi kulit. Perubahan hormonal ini dapat memicu peradangan dan produksi minyak berlebih, yang berkontribusi pada jerawat.

3. Stres

Kehamilan dapat menyebabkan stres fisik dan emosional. Stres yang tinggi dapat mempengaruhi produksi hormon dan merangsang kelenjar minyak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

4. Perubahan dalam perawatan kulit

Selama kehamilan, beberapa wanita mungkin mengubah rutinitas perawatan kulit mereka atau menghindari bahan-bahan tertentu yang biasanya digunakan dalam produk perawatan kulit. Perubahan ini dapat mempengaruhi keseimbangan kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

5. Perubahan nutrisi

Selama kehamilan, perubahan nutrisi dan diet dapat mempengaruhi kulit. Makanan dengan indeks glikemik tinggi atau makanan yang memicu peningkatan produksi insulin dapat berkontribusi pada perkembangan jerawat.

Meskipun jerawat saat hamil umumnya tidak berbahaya dan cenderung membaik setelah melahirkan, jika Anda mengalami jerawat yang parah atau merasa khawatir, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter kandungan Anda. Mereka dapat memberikan saran dan pengobatan yang aman selama kehamilan untuk membantu mengelola jerawat Anda.

Kapan jerawat akan hilang saat hamil?

Setiap kehamilan dan pengalaman jerawat dapat bervariasi, dan tidak ada waktu yang pasti kapan jerawat akan hilang selama kehamilan. Pada beberapa wanita, jerawat dapat membaik pada trimester kedua kehamilan, sementara pada wanita lainnya, jerawat dapat tetap ada sepanjang kehamilan. Umumnya, jerawat yang muncul selama kehamilan cenderung mereda setelah melahirkan. Setelah melahirkan, perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan secara bertahap akan kembali ke tingkat sebelumnya, dan hal ini dapat membantu memperbaiki kondisi kulit.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap individu berbeda, dan respons kulit terhadap perubahan hormon juga dapat bervariasi. Beberapa wanita mungkin mengalami jerawat yang berat selama kehamilan dan memerlukan perawatan khusus untuk mengatasi masalah ini.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang jerawat saat hamil atau jerawat Anda parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter kandungan Anda. Mereka dapat memberikan saran dan rekomendasi yang tepat, serta pengobatan yang aman selama kehamilan untuk membantu mengelola jerawat Anda dan menjaga kesehatan kulit.

RDL sabun papaya untuk menghilangkan jerawat saat hamil

Aku disarankan oleh salah satu keluargaku untuk memakai RDL sabun papaya untuk menghilangkan jerawat. Akhirnya aku pakai RDL sabun papaya. Aku tidak begitu ingat berapa lama menggunakannya, tapi selama hamil aku pakai RDL sabun papaya.

Review RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser


Hasilnya, beberapa jerawatku mengempis dan beberapa jerawat yang mulai mengering. Memang hasilnya tidak instan dan tidak langsung berefek. Tapi bagiku itu sudah lumayan mengurangi jerawat di wajah saat hamil.

Setelah melahirkan, aku malah tidak menggunakannya lagi karena saat itu semakin lama jerawatku semakin berkurang dan lama-lama mengempis.

Sayangnya, bekas jerawat itu belum hilang meski sudah beberapa tahun kemudian sampai sekarang.

Dan aku sekarang coba lagi untuk menghilang bekas jerawat yang terlihat seperti titik-titik di wajah. Hasilnya belum seberapa terlihat hasilnya karena masih beberapa hari.

Penyebab wajah terlihat tua

Selain bekas jerawat yang masih tersisa, masalah lainnya adalah wajahku sekarang terlihat tua. Ya, memang sih karena faktor usia yang sudah kepala tiga. Aku pun sadar tidak mungkin benar-benar menghilangkan keriput biar terlihat seperti wajah anak bayi. Setidaknya kan, peningkatan kulit keriput bisa melambat.

Wajah terlihat tua karena berbagai faktor yang mempengaruhi penuaan kulit dan penampilan keseluruhan. Beberapa alasan mengapa wajah dapat terlihat tua adalah

1. Penurunan kolagen dan elastin

Kolagen dan elastin adalah dua protein yang memberikan struktur, kekuatan, dan elastisitas pada kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin dalam tubuh menurun. Hal ini menyebabkan kulit kehilangan kepadatan, elastisitas, dan kelembutan, yang pada akhirnya membuat wajah terlihat kendur dan berkerut.

2. Penurunan kelembaban

Kulit yang kering dan kehilangan kelembaban cenderung tampak kusam dan kasar. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit cenderung kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban alami. Kekurangan kelembaban ini dapat menyebabkan kulit terlihat kering, kusam, dan lebih rentan terhadap kerutan.

3. Hilangnya volume wajah

Penuaan juga dapat menyebabkan hilangnya volume wajah. Tulang pipi yang menonjol dan lekukan wajah yang tegas dapat berkurang karena hilangnya lemak di daerah tersebut. Hal ini menyebabkan wajah tampak lebih datar dan kurang berdimensi, memberikan kesan penuaan.

4. Garis-garis ekspresi dan kerutan


Ekspresi wajah yang sering kali dilakukan, seperti mengernyitkan kening atau melipat bibir, dapat menyebabkan pembentukan garis-garis ekspresi dan kerutan yang dalam. Seiring waktu, garis-garis ini menjadi lebih jelas dan tampak lebih dalam, memberikan kesan penuaan pada wajah.

5. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit. Radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari mempercepat proses penuaan kulit. Hal ini dapat menyebabkan penampilan kulit yang kasar, kusam, serta timbulnya bintik-bintik penuaan, kerutan, dan garis-garis halus.

6. Kebiasaan merokok

Merokok dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Zat-zat kimia dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin, serta menghambat sirkulasi darah yang baik ke kulit. Hal ini dapat membuat kulit terlihat kusam, keriput, dan kurang sehat.

7. Pola makan yang tidak sehat

Diet yang tidak seimbang dan kurangnya asupan nutrisi yang tepat dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Nutrisi yang cukup penting, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, diperlukan untuk menjaga kulit sehat dan memperlambat proses penuaan.

8. Kondisi lingkungan dan polusi

Faktor-faktor lingkungan seperti polusi udara, debu, dan radikal bebas dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Paparan terus-menerus terhadap lingkungan yang tidak sehat dapat menyebabkan kulit terlihat tua dan tidak sehat.

Penting untuk dicatat bahwa penuaan adalah proses alami yang tidak dapat dihindari sepenuhnya. Namun, dengan menjaga pola hidup sehat, melindungi kulit dari kerusakan lingkungan, dan merawat kulit secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kulit tampak lebih muda dan sehat dalam jangka panjang.

Salah satu cara merawat kulit dan mencegah penuaan dini bisa dengan menggunakan rangkaian face care dari RDL yaitu RDL sabun papaya dan RDL facial cleanser.

Apakah RDL sabun papaya bisa mengurangi kerutan di wajah?

Setelah waktu hamil itu aku pernah pakai RDL sabun papaya, sekarang aku pakai lagi sebenarnya ingin bekas jerawatku hilang. Ternyata manfaatnya RDL Sabun Papaya ini banyak dan sesuai dengan kebutuhan kulitku.

Kalau kalian beli RDL sabun papaya ini, kalian akan membaca tulisan Whitening Soap. Semua produk RDL memang untuk mencerahkan kulit wajah. Apakah sabun pepaya ini benar bisa mencerahkan? Dan apakah sabun pepaya bisa mengurangi flek hitam dan mengurangi penuaan dini? Baca sampai habis ya.

Kandungan dan manfaat RDL sabun papaya

Mari kita lihat dulu kandungan RDL sabun pepaya ini. RDL sabun papaya memiliki kandungan yang tertera dalam kemasannya yaitu:

COCOS NUCIFERA (COCONUT) OIL, AQUA DEMINERALISATA, SODIUM HYDROXIDE, FRAGRANCE MINERAL OIL, CARICA PAPAYA (FRUIT) EXTRACT, TOCOPHERYL ACETATE, ASCORBYL PALMITATE, SOYA BEAN OIL, RETINYL PALMITATE, BUTYLATED HYDROXYTOLUENE,CI 45370, OXYBENXONE.

Manfaat RDL sabun papaya


Skin whitening soap ini memiliki kandungan ekstrak Papaya dan sunscreen yang membantu mencerahkan dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dilengkapi dengan vitamin A, C dan E yang membantu memelihara kekenyalan kulit sehingga terlihat lebih halus, cerah dan segar sepanjang hari.

Ekstrak pepaya ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulit wajah serta mencegah penuaan dini.

Vitamin A ini bermanfaat untuk mencegah munculnya kembali jerawat, menghilangkan bekas jerawat, membantu mengurangi kerutan di wajah serta mencegah penuaan dini.

Vitamin C bermanfaat untuk mencerahkan wajah, merangsang produksi kolagen, melindungi kulit dari sinar UV serta membantu mengurangi kerutan di wajah.

Vitamin E ini membantu melembabkan kulit wajah, mengatasi hyperpigmentasi, membantu menyamarkan bekas jerawat serta membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Sunscreen ini yang melindungi kulit jadi kusam. Kulit kusam itu yang menyebabkan wajah terlihat lebih tua.

Dari kandungan ini membuat wajah lebih halus dan kerutan memudar. Dengan begitu bisa mengurangi penuaan dini.

Cara pemakaian RDL sabun papaya

Usapkan pada wajah dan leher secara merata dengan gerakan melingkar yang lembut. Diamkan selama tiga menit lalu bilas dengan air. Aku biasa menggunakannya sehabis mandi pagi dan sore.

Oiya ada tips dari aku selama kalian pakai RDL sabun papaya, karena sabun papaya ini mudah lunak saat didiamkan saja dalam kamar mandi karena bercampur dengan air, maka saat penggunaan cukup memotong sebagian kecil saja dengan pisau. Nah, yang masih utuh bisa disimpan lagi, sedangkan potongan kecil itu yang dipakai setiap habis mandi. Nanti kalau sudah habis bisa potong lagi sabun yang baru. Dengan begitu nggak mudah blenyek dan tahan lama.

Itulah kenapa sabun ini harus diletakkan di tempat yang kering dan tidak lebih dari 30°C.

Review RDL sabun papaya

RDL sabun papaya ini bentuknya kotak, berwarna oranye, teksturnya halus dan sedikit lunak. Tidak seperti sabun lain yang agak keras.

Setelah menggunakan sabun ini, aku merasa bagian kulit yang kasar karena komedo jadi halus dan lembut. Biasanya di bagian bawah bibir itu agak kasar, tapi setelah pakai sabun papaya jadi halus. Kulit yang berminyak pun berkurang. Kulitku yang kering jadi tidak terasa. Kulit juga terasa lembab.

Menurutku kalau untuk mencerahkan, memang benar sih. Setelah beberapa hari pakai sabun papaya ini, kulitku yang biasa terlihat kusam jadi terasa lebih bersih. Wajahku menjadi lebih segar dan cerah. Cuma kalau untuk menghilangkan kerutan dan tidak membuat wajah tampak tua, perlu proses yang tidak sebentar agar hasilnya terlihat karena aku juga masih menggunakan sabun papaya ini beberapa hari.

Apakah sabun papaya cocok untuk anak-anak?

RDL sabun papaya ini memang tidak disarankan untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun. Jadi untuk anak di atas usia itu sebenarnya aman saja. Yang perlu perhatikan lagi karena kulit anak-anak masih halus, kenyal dan bersih, penggunaan sabun papaya yang mengandung sunscreen ini perlu dipertimbangkan lagi ya.

Beli RDL sabun papaya

Harga RDL sabun papaya yaitu Rp. 30.000,-. Kalian bisa beli RDL sabun papaya ini di akun official di Shopee. Teman-teman hati-hati ya membeli produk RDL sabun papaya ini karena banyak juga yang produknya tiruan atau palsu dan ilegal. Lebih baik kalian beli di tempat yang resmi aja.

RDL facial cleanser

Nah, sekarang aku review RDL facial cleanser dengan ekstrak pepaya ini. Pembersih wajah ini diformulasikan secara efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran secara menyeluruh penyebab komedo dan jerawat.

Manfaat RDL Facial Cleanser


Kandungan RDL facial cleanser


Aqua Demineralisata, denatured ethyl alcohol, Carica Papaya (fruit) extract, Allantoin, Boric Acid, D-Phantenol, Fragrance, Menthol, PEG 40 Hydrogenated Castrol Oil, Benzalkonium Chloride, Cl 15985.

Cara menggunakan RDL facial cleanser

Cukup tuangkan facial cleanser ke kapas secukupnya dan ratakan ke seluruh wajah dan leher sampai bersih. Gunakan RDL facial cleanser 2x sehari pagi dan sebelum tidur. Oiya, tips dari aku saat kalian apply ke bagian pipi, arahnya jangan ke bawah ya biar pipi tidak ‘turun’ tapi arahkan ke atas.

Pemakaian RDL facial cleanser

Review RDL Facial Cleanser

Sejujurmya aku udah lama banget nggak pakai cleanser. Jadi saat apply RDL facial cleanser ke wajah, aku merasa kulitku kerasa kering sekali jadi aku mengusapnya pelan-pelan. Rasanya juga nyesss banget. Kayaknya memang kulitku perlu cleanser yang menyegarkan. Setelah itu kotoranku, termasuk sisa bedak, kayaknya keangkat semua. Ini bisa dilihat di kapas yang menghitam. Efeknya, sebelumnya setiap bangun tidur, biasanya kulit terasa berminyak, namun beberapa kali aku memakai RDL facial cleanser, minyak yang keluar dari pori-pori kulit menjadi berkurang.

Sekian review RDL sabun papaya dan RDL facial cleanser, kalian tertarik untuk mencoba? Jangan lupa beli di toko official yaa... Yuk, beli RDL sabun papaya dan RDL face cleanser ini di akun official RDL di Shopee.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

16 komentar

  1. Aku juga pakai ini dan memang ampuh mengatasi jerawat, ya. Aman lagi buat bumil

    BalasHapus
  2. Saya dulu waktu hamil puji Tuhan nggak pernah punya jerawat parah. Tapi produk berbahan pepaya memang bagus. Saya waktu itu pakai body butter pepaya buat menghilangkan selulit.

    BalasHapus
  3. RDL Sabun Papaya memang jadi andalanku buat bersihin wajah nih, Mbak. Walau bukan tipe berjerawat, pake sabun ini seriusan bikin wajah jadi ringan syekali. Plus cleansernya yg bikin kulit adem berkepanjangan.

    BalasHapus
  4. RDL Sabun Papaya ini memang sangat terkenal ya, Mbak. Orang rumah saya saja pakai. Makanya memang saya perhatikan rawan pemalsuan. Harus jeli dan teliti saat membeli RDL Sabun Papaya. Terus sekarang banyak ragamnya ya. Jadi perawatan wajah jadi lebih maksimal.

    BalasHapus
  5. Saya suka banget Kak sama cleansernya RDL Papaya ini. Beneran ngangkar kotoran di wajah, mengingat saya sering berkatifitas di kebun. Habis pakai cleanser, langsung mandi dan pakai RDLSabun Papaya. Wah, kulit langsung terasa ringan, bersih, kesat, dan lembut. Terus setelah semingguan, beneran wajahnya terlihat lebih cerah dan segar.

    BalasHapus
  6. Aku juga make Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract ini. Udah jadi favorit karena hasilnya di wajah jadi lebih kesat dan fresh. Kotoran terangkat menyeluruh😊

    BalasHapus
  7. Kandungannya sabun pepaya ini banyak juga ya kak, amat bermanfaat buat kulit wajah jadi lebih cerah juga. Apalagi wanginya itu daku suka

    BalasHapus
  8. RDL Sabun Papaya ini dulu sempat ngetrend dan jadi favorit kaum hawa, setelah beberapa tahun kini kembali hadir di tengah masyarakat dengan berbagai inovasi produk yang lebih kaya pilihannya

    BalasHapus
  9. Saya juga pakai sabun RDL Papaya ini mba. Memang enak di wajah terutama kalau sedang bruntusan atau bekas jerawat

    BalasHapus
  10. Aku juga oakai RDL sabun Papaya dan facial Cleansernya. Udah dua mingguan dan rasanya wajahku lebih halis dari sebelumnya..

    BalasHapus
  11. Aku kemarin ke minimarket dekat rumah, ternyata udh ada dong sabun RDL papaya ini. Ga hny mampir di kota besar, ternyata kota kecil pun tersedia.

    Emg beda banget sih ama sabjn2 biasa. Khasiatnya emg mantap bgt buat ngilangin jerawat dan masalah kulit lainnya.

    BalasHapus
  12. Aku sudah pakai dua produk ini
    Wajahku nggak hanya cerah, tapi juga bebas jerawat

    BalasHapus
  13. saya user RDL facial cleanser loh, saya suka karena bikin seger dan wajah auto bersih. saya pakai udah dua bulan terakhir ini dan belum repurchase sih, agak awet ya

    BalasHapus
  14. saya user RDL facial cleanser loh, saya suka karena bikin seger dan wajah auto bersih. saya pakai udah dua bulan terakhir ini dan belum repurchase sih, agak awet ya

    BalasHapus
  15. Ternyata RDL Facial Cleanser ini bukan jenis facial cleanser yang dibilas air ya.. Apakah sejenis micellar water?
    Untuk menghindari kulit berjerawat perlu banget effort mencari akar masalahnya yakni pori-pori yang tersumbat kotoran.

    BalasHapus
  16. produk RDL dengan sabun papaya, sudah terbukti karena pengalaman pada wajah teman saya yg selalu menggunakan sabun papaya, wajahnya jadi kinclong. Penasaran pengen coba juga, makasih atas rekomendasinya

    BalasHapus

Follower