Resep Membuat Makanan Sehat Untuk Bayi

No Comments

Makanan yang dianjurkan untuk bayi adalah makanan yang mengandung banyak gizi dan jangan yang mengandung MSG. Jika makanan bayi tidak bergizi maka tumbuh kembangnya akan terganggu. Oleh karena itu anda harus memperhatikan makanan yang akan diberikan pada bayi anda. Bagimana jika makanan instan untuk bayi? Tidak apa sih jika sesekali saja bayi anda memakan makanan instan. Tetapi bagaimana pun tetap instan dan dibuatnya melalui proses yang mungkin berbeda jika kita sendiri membuatnya di rumah. Sehingga gizi bayi anda takutnya tak akan terpenuhi jika hanya mengonsumsi makanan instan walaupun yang diperuntukan untuk bayi. Maka sangat perlu memberikan makanan sehat untuk bayi. Dengan begitu bayi anda akan mempunyai pertumbuhan yang baik pula. 

Makanan Sehat Untuk Bayi Dibawah 1 tahun

Bayi mulai makan makanan pendamping adalah ketika sudah berusia 6 bulan. Bayi berusia 6 bulan boleh memakan makanan yang memang dianjurkan oleh WHO. Makanan tersebut harus bertekstur halus dan juga harus makanan yang tidak megandung bahan yang berbahaya. Sehingga untuk pertama kali makan ketika berusia 6 bulan, bayi dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan. Buahnya pun yang termasuk super food. Buah yang termasuk ke dalam kriteria tersebut adalah seperti alpukat, pepaya dan pisang. 

Anda bisa membuat buah tersebut menjadi jus. Jadi anda bisa menghaluskan alpukat tanpa tambahan gula dan pemanisa buatan lainnya. Biarkan bayi merasakan rasa yang original dari buah tersebut. Untuk buah pepaya juga anda bisa memblendernya hingga halus. Khusus pisang, anda bisa memberikannya lansung namun dengan disendok dengan tipis-tipis. Setelah memberikan buah selama seminggu atau 2 minggu. Anda mulai bisa memberikan makanan jenis lain seperti kentang, ubi, jagung, telur, ikan atau bahkan nasi. Jadi kenalkan 1 persatu dengan menjadikan semua bahan tersebut menjadi bubur. Jadi misalnya membuat kentang menjadi bubur dengan direbus dahulu baru diblender. 

 

Makanan Sehat Untuk Bayi Diatas 1 Tahun

Setelah diatas 1 tahun bayi mulai bisa memakan makanan yang sama seperti anggota keluarga. Artinya tidak lagi bubur atau sudah bertekstur kasar. Namun anda juga harus lihat kemampuan bayi. Jika bayi belum bisa, anda jangan memaksakan dulu. Kenalkan saja dulu, nanti jika mereka sudah terbiasa baru ubah tekstur dan menu. Untuk makanan bayi di atas 1 tahun juga tetap perlu diperhatikan. Janga mengandung MSG dan juga gula yang berlebih. Agar bayi  anda tetap sehat.
Anda bisa membuat makanan bayi dengan mempertimbangkan semua elemen masuk. Jadi karbohidrat, nabati, protein, dan juga sayuran harus anda. anda bisa memberi mereka sayur bayam dengan tambahan tahu putih, lalu goreng ikan salmon dengan margarin khusus bayi. Kemudian makan dengan nasi putih. Jika bayi belum bisa makan nasi putih yang seperti biasa, anda bisa membuatnya sedikit lembek. Untuk cemilannya anda bisa memberikan agar buah yang bergizi. Tentu anda bisa mengganti gula dengan susu murni atau madu. Cemilan sehat lainnya bisa anda buat kue kukus pisang. Tentu saja menggunakan bahan yang sehat seperti pisang, keju dan juga susu murni. Semua bahan dicampur jadi satu. Dicetak lalu dikukus hingga matang. 

Makanan sehat bayi untuk umur 1 tahun ke bawah atau 1 tahun ke atas sebenarnya tidak beda jauh. Hanya saja yang membedakan adalah tekstur makanan dan bagaimana makanan diolah. Maka bahan yang digunakan tidak jauh berbeda. Sehingga anda jangan  terlalu cemas atau pusing jika bayi mulai beranjak 1 tahun ke atas, tetap berikan makanan yang bergizi. Dan usahakan untuk tidak memberikan makanan cepat saji.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower