Perlunya Pebisnis Online Membaca Artikel dari Situs Media Fortune Indonesia

41 comments


Menyesap teh pagi hari ditemani biskuit adalah me time yang menenangkan sebelum anak-anak terbangun dan keriweuhan terjadi. Tangan kiri sibuk mencari berita yang menarik dari layar smartphone.

Harapannya, bahan bacaan menjadi pelengkap agar otak memiliki nutrisi yang berkualitas. Nyatanya, berita pagi itu sering membuat geleng-geleng kepala. 

Sekarang banyak sekali berita yang hanya mengandalkan sensasi dibanding kualitas isi. Lebih suka nuansa viral dibanding berita yang bersifat intelektual.

Bukan bermaksud menyombongkan diri. Kadang kesal dengan berita yang memiliki judul yang bombastis ketika dibuka ternyata isi artikelnya membuat skeptis.  

Di balik artikel bombastis itu, banyak masyarakat yang terpuruk perekonomiannya dan harus berjuang untuk hidupnya.

Pandemi Mengubah Segalanya 

Tak jauh-jauh, om saya sedang mengalaminya. Tahun-tahun sebelum pandemi adalah masa kejayaannya. Bisa membangun rumah yang bagus, mobil, motor, dan bisa mendaftar haji plus, hanya dengan berjualan jilbab di pasar dan di depan pabrik. 

Setiap hari, subuh hingga siang beliau berangkat ke pabrik untuk menggelar lapaknya. Sore sampai malam beliau berjualan di pasar dekat rumahnya. Kerja kerasnya itu membuahkan hasil.

Ketika pandemi berlangsung, semua orang diminta belajar dan bekerja dari rumah. Pabrik tempat berjualan sepi. Pasar Sepi. Hasil penjualan om berubah drastis. Pendapatannya menurun. Seolah-olah sudah tidak ada tempat yang representatif untuk berjualan.

Saran telah diberikan oleh keluarga besar seperti berjualan secara online. Namun, beliau justru tidak yakin dengan pemasaran dan persaingannya. 

Beliau bukanlah orang yang mengerti soal penggunaan aplikasi market place dan media sosial. Beliau hanya bisa membuka aplikasi chat dan membaca berita online. 

Akhirnya, beliau masih tetap berjualan di pasar dan di depan pabrik menunggu pembeli.

Mungkin karena om saya tidak tahu apa yang harus dilakukan pertama kali saat ingin mengembangkan usaha offline menjadi online. 

Beliau terlalu takut karena kurangnya informasi terkait memulai penjualan online. Beliau juga takut jika tingkat keamanan penjualan online yang rendah karena harus transfer lewat bank. Belum lagi kekhawatiran akan penipuan online. Tidak tahu harus melakukan apa untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut.




Saya yakin tidak hanya om saya saja yang mengalami kekhawatiran seperti itu. Banyak masyarakat Indonesia yang terkena dampak pandemi tapi tidak berani memulai bisnis online karena kurangnya informasi.

Selain om saya, tak sedikit usaha yang meredup bahkan mati tak terlihat geraknya sama sekali. Masih ada yang mencoba bertahan meski tak bisa bernafas lega. Ada pula yang semakin berkembang di tengah keterpurukan ekonomi.


Fortune Hadir Membangkitkan Optimisme

Seperti Henry Robinson Luce, di tahun-tahun Great Depression atau keterpurukan perekonomian di Amerika tahun 1929, Luce malah meluncurkan majalah bisnisnya yang bernama Fortune. Ia berharap keberuntungan hadir di tengah-tengah kesemrawutan ekonomi.


CEO IDN Times Majalah Fortune Indonesia
CEO IDN Media bersama Majalah Fortune Indonesia (Sumber: IDN Media)


Di tengah pandemi sekarang ini, pada masa banyak bisnis yang kolaps atau berjalan lambat, William Utomo dan Winston Utomo selaku CEO IDN Media mencoba memberikan asa dan membangkitkan optimisme dengan menghadirkan media informasi bisnis dan ekonomi, Fortune Indonesia yang diintegrasikan ke dalam ekosistem IDN Media.

“Tak semata-mata hadir sebagai sumber informasi bisnis yang terpercaya atau penyedia perspektif yang mendalam, kami berharap Fortune dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia: memandang jauh ke berbagai peluang, melihat kesempatan di tengah problema, dan mengubah pejuang menjadi pemenang.

Tak hanya majalah Fortune Indonesia saja, website Fortune Indonesia juga dihadirkan agar masyarakat Indonesia bisa mengakses informasi bisnis dan ekonomi bahkan bisa memberikan inspirasi serta suntikan semangat bagi para pelaku bisnis yang jatuh perekonomiannya akibat pandemi.

Alasan Pebisnis Online Harus Membaca Artikel dari Situs Media Fortune Indonesia

Segera saya meluncur ke situs Fortune Indonesia untuk membaca-baca artikel dari media bisnis dan ekonomi yang terkemuka. Saya menyimpulkan beberapa alasan kenapa Pebisnis Online Harus Membaca Berita dari Situs Media Fortune Indonesia yaitu:



Memudahkan mencari artikel yang dituju

Begitu saya membuka situs Fortune Indonesia, desain situs yang minimalis membuat mata saya langsung tertuju pada banyak pilihan artikel yang siap dibaca. Tidak perlu bingung dengan tampilannya karena pengunjung langsung fokus pada tujuan di dalam situs. Pengunjung situs bisa langsung memilih judul artikel yang banyak ditampilkan dalam halaman beranda. Pengunjung bisa melihat artikel-artikel terbaru dari beberapa kategori.

Di bagian bawahnya terdapat beberapa artikel berdasarkan kategori yang ada. Di situs Fortune Indonesia ini terdapat tujuh kategori berbeda, seperti Market, Business, Finance, News, Tech, Sharia dan Luxury.




Kategori Market ini untuk berita pergerakan dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Kategori Business untuk berita perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi dan profil tokoh. Kategori Finance untuk berita ekonomi, kebijakan BI, pajak, perbankan dan Asuransi. Kategori News untuk berita politik, kesehatan, industri, energi dan internasional. Kategori Tech untuk gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru. Kategori Sharia untuk berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah. Kategori Luxury untuk barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner.

Tampilan yang sederhana ini bisa memudahkan om saya untuk membaca artikel tanpa kesulitan memilih judul artikel.

Loading time-nya cepat

Ada satu artikel menarik di kategori Tech yang menjawab kekhawatiran om saya mengenai memulai berjualan online. Saya pun mengklik artikel yang membahas tips penting berjualan online. Dalam waktu dua detik, artikel telah terbuka. Tidak perlu waktu lama (loading time) untuk membuka artikel di situs Fortune Indonesia. Sekitar 2 detik artikel sudah bisa dibuka (jika jaringan internet stabil ya).

Jadi kita tidak perlu menunggu lama karena menunggu membuat pengunjung buru-buru keluar dari situs tersebut.

Konten yang aktual, faktual dan terpercaya

Dalam artikel yang saya buka, artikel tersebut membahas tentang tips membuka usaha online. Seperti melakukan riset, memilih produk yang mau dijual, memilih pemasok yang tepat, menentukan nama toko yang unik, dan memanfaatkan media sosial serta e-commerce.

Konten yang disediakan sebenarnya bisa menjawab kekhawatiran om saya. Pastinya konten yang disediakan mengikuti perkembangan bisnis terbaru.

Dalam artikel lain juga dibahas, langkah apa yang harus dilakukan sebagai pebisnis online pemula. Seperti halnya konten lain yang mampu menciptakan inovasi bagi pelaku usaha online seperti berjualan dengan Live Streaming yang ternyata bisa membuat penjualan meningkat.

Bagi orang awam seperti om memang tidak mengetahui apa itu Live Streaming. Namun jika membaca artikel tersebut setidaknya jadi mengerti apa itu Live Streaming dan mengerti apa yang harus dilakukan untuk mempromosikan produknya. Dengan interaksi langsung antara brand dan konsumen jadi kunci maka penjualan bisa meningkat.

Judul Artikel di Situs Fortune Indonesia Yang Menarik


Teknologi di jaman ini memang semakin canggih tapi yang harus diketahui bahwa penjahat siber juga bergerak cepat. Keamanan harus disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Dengan membaca salah satu artikelnya, pebisnis online juga bisa tahu media sosial mana yang menunjukkan perilaku berbelanja yang paling dominan.

Jangan khawatir dengan informasi yang diberikan media Fortune Indonesia karena sumber yang diperoleh untuk menulis tulisan adalah sumber yang bisa dipertanggungjawabkan

Didukung dengan data statistik

Memang tidak semua konten artikel di situs Fortune Indonesia disajikan dengan data statistik tapi ada juga konten artikel disajikan dengan prosentase untuk mendukung artikel yang dibahas. Data statistik yang disajikan bisa membantu memberikan keputusan bagi pebisnis online. Pengunjung yang juga pebisnis online ataupun calon pebisnis online bisa mengantisipasi bahaya saat berjualan online. Salah satu kutipan dalam artikel yang menyajikan data statistik:

Kategori paling banyak dibeli saat belanja online
Peringkat teratas adalah fesyen dan aksesori, dengan persentase 71 persen. Lalu diikuti oleh kecantikan dan perawatan tubuh (64 persen) dan elektronik (54 persen).
Di posisi keempat ada makanan dan bahan makanan (54 persen), kemudian kebersihan dan kesehatan (53 persen), peralatan rumah tangga (47 persen), perjalanan dan rekreasi (32 persen), serta peralatan anak dan bayi (24 persen).

Memberikan Inspirasi

Fortune Indonesia diharapkan mampu memberikan inspirasi terhadap pebisnis yang dilakukan dengan cara menyebarkan artikel terkait tokoh yang sukses di dunia bisnis.

In-depth reporting dengan sudut pandang yang berbeda

Tulisan-tulisan yang ada memberikan sudut pandang yang berbeda dan analisis yang mendalam (in-depth reporting) dengan teknik storytelling. Berita dan isu terkini di Fortune Indonesia diulas secara mendalam untuk mengetahui sesuatu yang baru di balik peristiwa.

Hal tersebut membuat artikel Fortune Indonesia selalu fresh, menarik untuk dibaca dan bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan pembaca.

Bahasa yang mudah dipahami

Salah satu penyebab masyarakat tidak mau membaca berita bisnis dan ekonomi adalah bahasa yang sulit dipahami. Saya pun yang bukan lulusan ekonomi dan bisnis akan membaca berulang kali artikel yang menggunakan bahasa yang berat. 

Artikel di situs Fortune Indonesia memiliki bahasa yang mudah dipahami oleh kalangan yang menjadi sasaran Fortune Indonesia seperti para pemimpin di industri bisnis, termasuk pengambil keputusan, pengusaha, eksekutif, dan calon pebisnis profesional, generasi milenial dan generasi Z. Jika ada istilah asing dalam artikel biasanya penulis akan menjelaskan secara singkat maksud istilah tersebut.

Iklan tidak mengganggu

Iklan dalam situs Fortune Indonesia ditempatkan di sebelah kiri, kanan dan bawah halaman. Menurut saya, tata letak iklan itu tidak mengganggu pembaca saat akan memilih artikel baik tampilan desktop maupun ponsel.


Pebisnis Online
Penempatan Iklan dalam Situs



Pilihan Bacaan Tepat Untuk Pebisnis

Dari alasan itulah maka media Fortune Indonesia direkomendasikan bagi pebisnis untuk menjadi inspirator dalam pengembangan usaha karena memiliki informasi yang lengkap dan analisis yang mendalam.

Seperti yang diungkapkan oleh Hendra Soeprajitno, Editor-in-Chief Fortune Indonesia.

“Dunia bisnis pastinya penuh tantangan, namun, di balik semua itu, pasti ada peluang yang bisa kita telaah, persiapkan, dan jalankan. Kita tidak bisa hanya mengikuti arus, melainkan harus menjadi game changer. Hal yang sama juga berlaku bagi FORTUNE Indonesia.”

Memang benar jika bisnis itu penuh tantangan tapi kita bisa melihat peluang dari masalah yang ada. 

Membaca artikel bisnis di situs Fortune Indonesia bisa memberikan informasi, menjadi inspirasi dan bisa menangkap peluang untuk pengembangan bisnis baik offline maupun online.

Lebih khusus lagi, membaca artikel di situs  Fortune Indonesia setidaknya ketakutan dan kekhawatiran Om saya bisa berkurang untuk memulai bisnis online karena sudah mendapat informasi apa yang harus dilakukan. 

Semoga media Fortune Indonesia tetap bisa memberikan informasi yang aktual, faktual dan terpercaya. Bahkan bisa menjadi inspirasi setiap pebisnis Indonesia untuk menjalankan usahanya. 
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

41 komentar

  1. Betul, arus informasi saat ini menuntut kewaspadaan pada berita2 hoaks. Saya baru tahu ternyata ini media mainstream, jadi bisa dipercaya.

    BalasHapus
  2. Kehadiran Fortune menjadi angin segar bagi pelaku usaha untuk update berita tentang bisnis dan ekonomi yang terpercaya sehingga bisa cepat memantau pergerakan ekonomi ya.

    BalasHapus
  3. iya banget kan jaman sekarang mah kalau mau berbisnis/berjualan ya harus terjun ke dunia digital dan toko online, juga harus belajar skill2 dasar digital marketing nya biar bisa tetep bertahan dan mengembangkan usahanya. Nah ini, Fortune kan kolaborasi sama IDN Media juga kan ya mba? salah satu referensi media generasi milenial dan gen z juga nih

    BalasHapus
  4. Selama ini cuma tahu majalah Fortune global sih dan ternyata sekarang sudah ada ya Fortune Indonesia. Bakal jadi media bisnis terbaik nih ke depan dan sekaligus sebagai barometer perkembangan bisnis di Indonesia.

    BalasHapus
  5. Memilih media terpercaya saat hoax menyebar dimana mana itu sudah banget ya. Tapi kalau pemerintah sudah mengumumkan mana hoak mana bukan mungkin kita batu bisa tenang. Untungnya Fortune udah mendeklarasikan diri sebagai media terpercaya nih. Jadi tahu dan tenang

    BalasHapus
  6. Widiih makin lengkap aja ya pilihan informasi yang ditawarkan IDN Media. Emang kadang kita perlu memperbanyak informasi soal bisnis gini nih, biar paham apa yang terjadi di dunia global

    BalasHapus
  7. Keren banget yaa fortune bisa masuk Indonesia. Ikut bangga lho akuu. majalah bisnis paling populer gitu lhoo

    BalasHapus
  8. Majalah legend banget nih.. Ditulis oleh profesional jurnalis di bidangnya, memang tepat sih kalau fortune diperlukan bagi para pebisnis online untuk menambah ilmu dan strategi marketing mereka

    BalasHapus
  9. saat ini memang sebaiknya menyerap informasi dari sumber2 yang terpercaya yaa dan tentunya yang kredibel. salah satunya kalau mau belajar tetang bisnis dan marketing ya lewat majalah fortune ini

    BalasHapus
  10. Bahasa ekonomi itu terkadang memang bikin pikiran meraba-raba dalam memahami maknanya. Dengan adanya Fortune online, pemilik usaha UMKM jadi punya rujukan ya.

    BalasHapus
  11. Saya juga suka membaca berita di Fortune Indonesia. Artikel-artikelnya mudah dipahami bahkan untuk yang awam seperti saya. Dan membuka banyak wawasan baru seputar dunia bisnis.

    BalasHapus
  12. Aku langsung buka nih fortuneidn.com, emang situsnya bagus: clean dan responsif. Ga lambat diakses, kategorinya lengkap pula. Selain bisnis dan pasar, ada rubrik Tech dan Sharia, semoga makin menginspirasi para pebisnis seperti Om Kakak untuk bangkit dan sukses lagi seperti saat jualan di depan pabrik bahkan tanpa hadir di sana. Makasih infonya. :)

    BalasHapus
  13. Ah iya, klo cari informasi harus dari sumber terpercaya ya mbak
    termasuk saat mencari informasi seputar bisnis dan keuangan, baiknya ya di majalah Fortune ini

    BalasHapus
  14. Mencari informasi memang nggak bisa ngasal sekalipun banyak referensi yang bertebaran di luar. Fortune Indonesia oke banget sudah menyediakan informasi yang layak baca bagi pebisnis ssbagai referensi terpercaya

    BalasHapus
  15. Memang adaptasi banget sih kalau awalnya bisnis offline harus banting setri jadi bisnis online. Untung ada Fortune, karena pebisnis online emang butuh media buat mencari informasi terjamin dan terpercaya untuk membasmi hoax.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daku setuju kak, dengan bacaan terpercaya dari Majalah Fortune sehingga lebih tepat sasaran pemilik usaha untuk update informasi mengenai bisnis dan ekonomi

      Hapus
  16. Fortune ini bentuknya majalah digital atau cetak mbak? Karena sampai saat ini saya kok belum lihat versi cetaknya. Apa memang belum sampai di kota saya ya. Penasaran pengen baca, biasanya media yang diampu IDN bahasanya bernas dan informatif apalagi ini majalah dari asing juga

    BalasHapus
  17. nggak zamannya lagi punya banya toko offline dengan biaya perawatan yang besar sekarang zamannya digital, dituntut kreatif untuk memulai usaha baru dan fortune majalah yang tepat untuk membaca situasi bisnis saat ini

    BalasHapus
  18. Banyak ya keunggulan dari majalah fortune ini apalagi semenjak bergabung dengan IDN, jadi melihat wajab barunya namun tentunya fortune emang bisa jadi pilihan tepat buat yang mau belajar bisnis atau tertarik dengan masalah ekonomi

    BalasHapus
  19. Hari gini memang bisnis online harus menjadi pilihan utama..Fortune bikin kreativitas tanpa batas ya. Banyak hal didapat dari sana ya lak

    BalasHapus
  20. Mantap nih Fortune. Bisa jadi sumber info terpercaya bagi pebisnis, ya. Aku meluncur ke sana ah

    BalasHapus
  21. Nah ini enak nih, ada iklan, tapi nggak mengganggu pembaca. Kan ada tuh portal berita yang iklannya seabreg, penuhin layar hape, jadi malas buka lagi tuh website. Bikin kesel gitu. Kita kan mau baca berita, bukan liat iklan mengganggu. Nggak usah disebutin mereknya, pasti udah pada tau kan.

    Boljug nih Majalah Fortune. Terima kasih atas ulasan super kerennya.

    BalasHapus
  22. Yup, setuju. Saya juga terkesan saat awal buka loading time-nya cepet bangeeet. Udah gitu tampilan iklan juga rapi, jadi bacanya nyaman tak ada gangguan. Fortune Indonesia kereen 💝

    BalasHapus
  23. Di zaman yang serba online ini, pebisnis juga sebaiknya berani berjualan online, ya. Memang butuh ilmu, sih. Harus banyak baca dari beragam referensi. Iya, saya kira web Fortune Indonesia ini bisa jadi referensi bagi para pebisnis online agar bisnis mereka lebih lancar dan tetap up to date.

    BalasHapus
  24. Namanya aja Fortune, beruntung. Semoga selalu menyediakan informasi baik buat pebisnis pemula, agar selalu untung.

    BalasHapus
  25. Fortune Indonesia hadir di saat yang tepat ya...Saat kebanyakan orang semakin terpuruk karena pandemi. Nah kehadirannya seakan membawa semangat lagi untuk bangkit bersama.

    BalasHapus
  26. Berita dengan judul click bait itu emang njengkelin, mending baca yang pasti2 aja kayak Fortune Indonesia, kan Fortune udah jelas udah puluhan tahun, trus digandeng sama IDN Media jadi bisa dipercayalah beritanya, gak menjerumuskan buat yang mau merintis atau mengembangkan usaha.

    BalasHapus
  27. Fortune sedang banyak dibahas di negara kita. Saya pun hanya bisa berdoa semoga Fortune Indonesia bisa memberikan informasi yang aktual, faktual dan terpercaya. usaha pembacaannya semoga makin sukses

    BalasHapus
  28. Fortune Indonesia layak dibaca siapa saja yang ingin memperoleh berita faktual terkait bisnis dan keuangan ya. Isinya edukatif dengan bahasa yang mudah dipahami.

    BalasHapus
  29. wah sebagai orang yang bekerja banyak dalam dunia bisnis, majalah-majalah seperti ini sangat penting niyk kak, terlebih bia diakses online bagus banget ini

    BalasHapus
  30. untuk bisa mengembangkan bisnis memang perlu referensi yang terpercaya ya mbak
    Majalah Fortune ini andalan untuk cari refernsi seputar bisnis dan keuangan

    BalasHapus
  31. Dengan dapat informasi terbaru tentang perkembangan ekonomi ngebuat pebisnis bisa memilih langkah yang tepat untuk pertumbuhan bisnisnya. mantap banget sih ini

    BalasHapus
  32. Media Fortune Indonesia ini memang sesuai untuk direkomendasikan bagi pebisnis untuk menjadi inspirator dalam pengembangan usaha karena memiliki informasi yang lengkap dan analisis yang mendalam. Solusi tepat.

    BalasHapus
  33. Senang deh ada media web seperti Fortune Indonesia yang menghadirkan informasi aktual sesuai fakta. Sejujurnya saya sudah mulai bosan dengan media yang mementingkan adsense dg trik click bait

    BalasHapus
  34. Jadi teringat bisnis keluarga saya pun terkena dampaknya sejak awal pandemi covid-19. Betul sekali, sulit sekali untuk sebagian orang memulai beralih dari penjualan offline menjadi online, banyak sekali alasan kenapa bisa demikian. Majalah Fortune ini sepertinya bisa membangun semangat pebisnis bahkan yang juga akan berencana berbisnis ya.

    BalasHapus
  35. kadang ya mba aku tuh pengen greget banget sama orang yang keukeuh sama model dagangnya tanpa mau baca even baca kondisi pelanggan, kondisi kekinian, maupun baca buku2 terakit. padahal tentunya tulisan yg mengajrkan ttg bisnis sekarang ini banyak, temasuk fortune ini

    BalasHapus
  36. Pandemi mengubah segalanya memang ya, dan banyak keahlian baru yang dibutuhkan dalam dunia bisnis untuk bisa bertahan. Fortune Indonesia bagus nih sebagai sumber informasi mengenai dunia ekonomi dan bisnis agar tak tertinggal

    BalasHapus
  37. Bagus nya udah ada media informasi bisnis dan ekonomi, Fortune Indonesia, para pebisnis bisa mendapatkan berita yang aktual, fuktual dan terpercaya bagi pengembangan bisnis mereka yah. Diakas secara online makin memudahkan

    BalasHapus
  38. Setuju banget nih Fortune Indonesia pilihan tepat buat pebisnis ya karena ragam informasi ekonomi tersedia lengkap di ulas di Fortune Indonesia

    BalasHapus
  39. Fortune Indonesia bisa sebagai tempat mencari informasi bagi para pelaku bisnis khususnya buat yang masih pemula nih.

    Selain itu, berita yang ditampilkan aktual dan jelas.

    BalasHapus
  40. Aku udah tengok situsnya fortune kak

    Simple ya web nya. Navigasinya juga jelas. Dan yang penting itu, gak lemot karena loadingnya cepet

    BalasHapus

Follower