Peluang Bisnis Untuk Pemula di Pedesaan

3 comments
Banyak pemuda saat ini yang merantau ke kota karena di desa sudah tidak ada lagi lapangan pekerjaan yang cocok untuk mereka. Memang sih pekerjaan di desa biasanya sangat bergantung misalnya di sektor pertanian dan perkebunan. Namun, tidak semua orang punya lahan pertanian.

Nah, sebenarnya banyak sekali peluang bisnis yang cocok untuk pemula di pedesaan. Kita hanya perlu melihat pesaing bisnis di desa tersebut.

Usaha di desa dan manfaatnya

Desa bukan lagi tempat yang terbelakang karena sekarang pembangunan di desa sudah mulai berkembang. Masyarakat memiliki kesempatan untuk mengembangkan usaha di desa.

Manfaat mengembangkan usaha di desa adalah:

- Mengurangi perpindahan penduduk ke kota

Penduduk desa yang pindah ke kota untuk mencari pekerjaan belum tentu akan mendapat penghidupan yang lebih baik karena persaingan di kota juga cukup besar. Dengan mengembangkan usaha di desa, maka perpindahan penduduk dari desa ke kota juga akan berkurang.

- Mengurangi pengangguran di desa

Dengan usaha di desa, secara tidak langsung akan mengurangi pengangguran di desa. Satu usaha bisa berpeluang memberikan lapangan pekerjaan bagi penduduk di desa. Jika banyak penduduk desa berani melakukan usaha maka akan pengangguran akan berkurang. Desa semakin berkembang.



Usaha yang cocok untuk pemula di desa

Beberapa rekomendasi peluang usaha yang cocok untuk pemula di desa yaitu:


Rental PS

Membuka usaha rental PS (playstation) adalah salah satu usaha yang menjanjikan di desa karena banyak orang yang berminat dengan permainan tersebut. Makanya usaha rental PS yang menjanjikan ini tidak sepi pelanggan.

Ternak Lele

Kelebihan bisnis ternak ikan lele yaitu memiliki pangsa pasar yang kuat, perawatan relatif mudah, tahan penyakit, cepat panen, perputaran uang cepat, dan benih mudah di dapat. Hanya saja bau amisnya yang mungkin tidak membuat nyaman.

Studio cetak foto

Kebutuhan dokumentasi masih cukup besar maka membuka usaha studio cetak foto bisa menjadi peluang bisnis di pedesaan yang bisa dilakukan. Banyak juga masyarakat pedesaan masih mencari tempat untuk cetak pas foto untuk kebutuhan administrasi kependudukan. Itulah kenapa peluang usaha studio cetak foto masih diperlukan di desa.

Toko Sembako

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat desa tentu akan mencari toko sembako. Modal membuka toko sembako juga tidak terlalu besar. Membuka usaha toko sembako merupakan peluang usaha yang menjanjikan di desa karena pembelinya selalu ada.

Sewa mainan anak

Membuka usaha sewa mainan anak di desa cukup menjanjikan karena mainan anak-anak akan selaku diminati oleh penduduk di desa.

Menjadi Youtuber, Blogger atau Pemasaran Online


Perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini menuntut kita harus selalu kreatif, inovatif dan bisa mengikuti perkembangan jaman. 

Salah satu peluang usaha di dunia digital adalah menjadi Youtuber, Blogger atau marketing online. Untuk menjadi Youtuber, kalian harus sering membuat konten video di Youtube. Sementara untuk menjadi blogger kalian harus memiliki blog. 

Generasi progresif saat ini dituntut harus bisa kreatif dalam segala hal termasuk melakukan promosi untuk setiap usaha-usaha yang ada di desa. 

Pemasaran progresif bisa dilakukan melalui internet yang tentunya membutuhkan website. Untuk membuat website, kalian bisa membeli domain, VPS (Virtual Private Server) dan hosting di penyedia domain Niagahoster. 

Jika kalian ingin memiliki website yang diproyeksikan untuk traffic/pengunjung yang besar maka kalian harus memiliki VPS Indonesia  yang berfungsi untuk menyimpan data dan file pada website.


Kesimpulan

Bagi kalian yang ingin sedang mencari pekerjaan di desa maka kalian bisa membuka salah satu bisnis yang cocok untuk dilakukan di desa sesuai dengan karakteristik di desa masing-masing. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah sekarang jaman sudah berubah. Teknologi sudah berkembang. Mau tidak mau usaha yang dilakukan bersinggungan dengan teknologi agar terus berkembang seperti dalam pemasarannya yang menggunakan website.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar

  1. usaha rental PS ini masih eksis sampe sekarang di deket rumahku mbak, kayaknya nggak pernah nggak sepi
    apalagi pas awal-awal viral dulu, ruame banget antriannya

    BalasHapus
  2. Betul sekali, Mbak. Sekarang desa sudah banyak yang maju dan berkembang. Peluang usaha pun semakin terbuka. Misalnya rental PS. Bisa sekalian jual pulsa, camilan, minuman ringan. Termasuk jadi blogger dan youtuber. Soalnya banyak yang bisa diulas dari sebuah desa. Termasuk kehidupannya.

    BalasHapus
  3. budidaya ternak lele juga menjadi peluang bisnis yang bagus di daerah pedesaan.
    tapi jika dirasa berat, bisa jadi youtuber, bisa cukup modal hp dan kuota internet sudah bisa mengulas apa yang terjadi di sekitar desa.

    BalasHapus

Follower