5 Rekomendasi Kuliner Kondang di Solo, Tak Perlu Diragukan Enaknya!

No Comments

Jawa Tengah memiliki segudang destinasi wisata yang menggoda untuk dijelajahi, salah satunya adalah Solo. Wilayah yang juga memiliki sebutan sebagai Surakarta ini menyimpan segudang pesona wisata yang indah. Mulai dari berbagai bangunan bersejarah, alam yang cantik, orang-orangnya yang terkenal ramah, sampai dengan deretan kulinernya yang menggoyang lidah.


Faktor keindahan serta warga lokal yang ramah, menjadikan banyak orang menjatuhkan hatinya ke Solo sebagai salah satu tempat wisata. 


Seiring dengan berjalannya waktu, Solo menyuguhkan beragam moda transportasi yang bisa kamu pilih ketika ingin ke Solo. Mulai dari kereta api, pesawat, rental mobil, sampai dengan, bus travel. Khusus untuk travel, ada banyak pilihan travel Jakarta ke Solo yang bisa kamu pilih, contohnya saja Pahala Kencana, Agra Mas, dan lain-lain.


Karena Solo terkenal dengan beragam wisata kulinernya yang menarik, berikut ini terdapat 5 rekomendasi makanan kondang yang ada di Solo wajib kamu kunjungi!


Gudeg Ceker Bu Kasno

Tidak hanya Jogja saja yang punya gudeg enak, Solo juga memiliki segudang rekomendasi gudeg. Salah satu rekomendasinya adalah Gudeg Ceker Bu Kasno. 

Gudeg Ceker Solo
Gudeg Ceker (Sumber: Aulia Ardiani)


Tempat makan ini sudah kondang dan sangat terkenal di kalangan penikmat kuliner. Meski jam buka Gudeg Ceker Bu Kasno pada dini hari, hal ini tidak menyurutkan rasa penasaran para pelancong untuk singgah menikmati gudeg ceker yang satu ini.


Tak bisa dipungkiri, kenikmatan yang ditawarkan di tempat makan ini juga karena jam terbangnya yang sudah tinggi, ada sejak tahun 1970-an. 


Seperti namanya, salah satu menu favorit banyak orang di sini adalah ceker yang sangat empuk dengan rasa yang nagih.


Bagi yang tidak terlalu suka ceker, banyak juga lauk lain yang bisa dipilih. Ada daging ayam, uritan, tahu, kepala, dan lain sebagainya. Gudeg Solo ini sekarang sudah memiliki 3 cabang.


Namun tetap tempat pusatnya yang paling ramai. Alamat pusatnya berada di Jl. Wolter Monginsidi, seberang SMA Negeri 1 Surakarta. Jam bukanya mulai dari 01.30 WIB.


Tengkleng Bu Edi

Tidak kalah kondang dari tempat sebelumnya, ada Tengkleng Bu Edi yang meski lokasinya berada di sekitar pasar, namun pembelinya padat merayap. 

Tempat makan ini juga sudah banyak diulas oleh food vlogger ternama di Tanah Air, contohnya saja Ria Sw, Nex Carlos sampai Dyodoran.


Menu utama yang ditawarkan di tempat ini adalah tengkleng yang isiannya mulai dari tulang kambing, otak, mata, telinga, sampai lidah. Dagingnya sangat empuk, jadi tidak perlu banyak tenaga untuk melahapnya. 


Tempat ini sudah ada sejak 1971, dan sekarang sudah diteruskan oleh anak pertama Bu Edi.


Ada dua tempat yang bisa disambangi jika ingin mencicipi tengkleng Bu Edi. Pertama yang terkenal di Pasar Klewer Solo, tepatnya di Jl. Dr. Radjiman, Kauman, Gajahan, Solo. Pilihan selanjutnya adalah di Wisata Kuliner Galabo, di Jl. Mayor Sunaryo, No. 32, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo.


Warung Sate Kambing Mbok Galak

Solo memang surganya kuliner enak, rekomendasi lainnya adalah Warung Sate Kambing Mbok Galak. Tempat makan ini jadi langganan para presiden Indonesia, mulai dari Soeharto sampai dengan Jokowi. Bahkan para pejabat Tanah Air pun kerap menyempatkan diri mampir ke tempat makan ini saat berada di Solo.


Salah satu menu unggulan di sini adalah sate buntel yang terbuat dari daging kambing yang dibungkus lemak daging. Teksturnya empuk dan tidak ada bau prengus sama sekali. Rahasia daging empuk di tempat ini adalah bahan bakunya yang memanfaatkan daging kambing muda yang berusia sekitar satu tahun.


Selain sate buntel, ada menu sate kambing, tengkleng, tongseng, sampai dengan gule. Sate enak di Solo ini sudah berdiri sejak tahun 1980 dan berlokasi di Jl. Ki Mangunsarkoro, No. 112, Sumber Banjarsari, Banyuanyar, Solo. Jam bukanya mulai 08.00-17.00 WIB.


Selat Solo Mbak Lies

Ada selanjutnya Warung Selat Solo Mbak Lies yang tidak hanya lezat namun memiliki tempat yang cukup estetik. Menu di tempat ini terinspirasi dari hidangan khas Eropa bernama bistik.


Selat Solo Mbak Lies termasuk tempat makan legendaris dan kenikmatannya sudah tidak diragukan sejak 1987.


Selain selat, ada juga beberapa menu lainnya yang bisa dipesan, seperti setup makaroni, timlo, sup manten, gado-gado, nasi langgi, sampai dengan sup matahari. Alamatnya sendiri berada di Jl. Yudhistira No. 9, Serengan, Solo. Jam operasionalnya, mulai dari 08.00 sampai 17.30 WIB.


Es Krim Tentrem

Jika di Malang ada es krim Toko Oen yang melegenda, Solo juga menawarkan Es Krim Tentrem. Ini merupakan toko es krim yang telah ada sejak tahun 1953 dan menyajikan aneka es krim jadul yang menggugah selera.


Ada berbagai rasa unik yang ditawarkan, misalnya saja red planet, dewa mabuk, casablanca, sampai dengan tumpeng sari.


Selain aneka es krim, juga menawarkan menu makanan khas Solo, contohnya nasi liwet, gudeg kendil, nasi langgi dan lain sebagainya. Alamatnya berada di Slamet Riyadi St No. 132, Keprabon, Banjarsari, Solo. Jam bukanya mulai dari 11.00 sampai dengan 20.00 WIB.


Jika jelajah Solo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai kuliner kondang di atas ya. Ada Gudeg Ceker Bu Kasno, Tengkleng Bu Edi, sampai dengan Es Krim Tentrem.


Itulah 5 rekomendasi tempat kuliner kondang yang ada di Solo. Jika kamu berencana menjelajahi Solo dalam waktu dekat, jangan lupa beli tiketnya di Traveloka Lifestyle SuperApp. 


Ada banyak pilihan moda transportasi yang dapat kamu pilih, mulai dari jalur udara atau darat. Selain itu, kamu juga dapat memesan akomodasi penginapan hanya dalam satu aplikasi. Sangat efektif, bukan?

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower