Bootcamp Data Science, Solusi Terbaik Untuk Upgrade Keahlian Tentang Ilmu Data

No Comments
Bootcamp data science

Photo by Lukas (Pexels.com)

Sekarang ini data science merupakan bagian yang penting dalam berbagai industri. Untuk mempelajarinya Anda bisa mengikuti bootcamp data science yang banyak tersebar di seluruh nusantara. Sejak bertahun-bertahun belakangan ini, popularitas data science berkembang pesat dan menjadi perbincangan hangat di kalagan para IT.

Bukan itu saja, kini banyak perusahaan yang mulai merancang teknik khusus untuk data science agar bisa mengembangkan bisnis. Lantas, apa sebenarnya data science tersebut, dan dimana bisa belajar data science hingga menjadi seorang yang ahli?

Definisi Data Science

Ilmu data atau data science merupakan ilmu yang sekarang sedang populer dan banyak perusahaan yang sudah menerapkannya. Sudah pasti, data science berkaitan dengan orang-orang yang ahli di bidang ini dan dibutuhkan oleh banyak bisnis. Terutama perusahaan-perusahaan dengan skala besar.

Berdasarkan Data Robot, data science adalah ilmu gabungan antara satu keahlian bidang ilmu tertentu dengan keterampilan pemrograman, statistika dan matematika. Penggabungan dua keahlian ini bertujuan untuk mengekstrak satu pengetahuan atau informasi dari sebuah data.

Mereka yang mahir pada bidang ilmu ini, kebanyakan menggunakan algoritma machine learning. Ini berguna untuk mengolah teks, video, gambar, audio dan lain sebagainya sehingga menghasilkan sistem kecerdasan buatan.

Apakah Penting Belajar Data Science?

Belajar data science sangatlah penting, karena semua membutuhkan dan bergantung pada data, tak peduli perusahaan tersebut besar atau pun kecil. Coba bayangkan, jika perusahan tak bisa mengolah data dengan baik, maka bisnis tak akan berjalan dengan lancar.

Bukan itu saja, strategi operasional perusahaan akan menjadi tidak efektif dan efisien sehingga perusahaan akan merugi. Oleh karena itu, penting bagi suatu perusahaan memiliki ahli yang menguasai data science agar bisa tetap relevan dan berkompetisi dengan perusahaan lain.

Maka dari itu, tak salah jika mempelajari ilmu data ini menjadi salah satu investasi yang nilai cukup tinggi saat ini. Pasalnya ilmu ini bermanfaat untuk menghadapi perkembangan digital yang melesat cepat. Dengan mempelajari ilmu ini dan menguasainya, kita akan punya kemampuan untuk menganalisa data, problem solving dan lain sebagainya.

Manfaat Data Science Dalam Dunia Industri

Penerapan data science tampak pada berbagai sektor industri mulai dari kesehatan hingga e-commerce. Terkait dengan penerapan tersebut, berikut adalah beberapa manfaat data science dalam dunia industri saat ini.
  • Mampu mengolah data dalam skala besar
  • Membantu dalam pengambilan keputusan
  • Dapat meningkatkan sistem produksi dan pendapatan pada suatu perusahaan
  • Memberikan hasil analisa dengan real time dan kreatif serta inovatif dalam hal pengolahan data.

Pekerjaan Yang Berhubungan Erat Dengan Data Science

Semakin berkembangnya data science, maka profesi yang berhubungan langsung dengan bidang ini menjadi populer dan banyak yang mencarinya. Berdasarkan data dari California University, data science merupakan pekerjaan yang paling berkembang mulai tahun 2017.

Lalu, apa saja jenis pekerjaan yang berkaitan erat dengan ilmu data ini, berikut daftarnya.

Data Engineer

Merupakan pekerjaan yang berkaitan langsung dengan data science. Mereka yang melakoni pekerjaan ini punya peran untuk merancang dan membuat sistem. Sistem ini mengumpulkan, menyimpan serta menganalisa data dengan skala besar.

Bidang yang menggunakan algoritma seperti machine learning dan deep learning tak akan pernah berhasil tanpa seorang data engineer. Pasalnya hanya merekalah yang bisa memproses dan menyalurkan data.

Data Scientist

Merupakan salah satu pekerjaan utama yang berkaitan dengan data science. Para data scientist inilah yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan lalu menganalisa big data baik yang terstruktur maupun tidak.

Peran penting data scientist ini yakni menggabungkan ilmu komputer, matematika dan statistika. Gabungan ilmu ini digunakan untuk menganalisa, memproses serta memodelkan data.

Data Analist

Pekerjaan berikutnya yang berkaitan dengan ilmu data adalah data analist. Orang-orang yang berprofesi sebagai data analist berperan untuk mengumpulkan, membersihkan serta menafsirkan kumpulan data. Gunanya untuk menjawab pertanyaan juga memecahkan permasalahan yang pelanggan alami.

Data analist ini bisa Anda temukan dalam banyak sektor industri. Sebut saja sektor bisnis, keuangan, sains, kedokteran, hukum juga pemerintahan.

Data storyteller

Data storyteller juga berkaitan erat dengan data science. Mereka bertugas untuk mengumpulkan poin data dari bermacam sumber serta melakukan identifikasi wawasan guna menarik kesimpulan.

Tak hanya itu saja, profesi yang satu ini juga mesti menentukan cara melakukan visualisasi data dengan sebaik-baiknya. Supaya para stakeholder serta pelanggan mudah dalam mencerna dan mengingat datanya.

Course-Net, Bootcamp Data Science Terbaik Dan Nomor 1 Di Indonesia

Tak punya background IT namun tertarik mempelajari data science? Anda bisa mencoba mendaftar dan bergabung di bootcamp data science dari Course-Net. Course-Net merupakan tempat pelatihan IT satu-satunya di Indonesia yang menerima 3 penghargaan internasional selama 3 tahun berturut-turut.

Di tempat ini Anda akan mempelajari data science dari basic dan di dampingi para coach yang sudah berpengalaman. Beberapa hal yang bisa Anda pelajari jika mengikuti bootcamp data science adalah:
  • Introduction and Data visualisation
  • Supervised learning
  • Unsupervised learning
  • Data preparation serta
  • Big data and reproducible result
Beberapa keuntungan juga bisa Anda dapatkan jika memilih Course-Net, diantaranya:
  • Course-Net merupakan praktical IT coaching no.1 di Indonesia
  • Mendapatkan bimbingan dari coach yang merupakan praktisi langsung dalam dunia industri dan bersertifikasi internasional
  • Mendapatkan jaminan belajar sampai bisa
  • Course-Net menjalin kerjasama dengan banyak industri besar dan mereka siap menyalurkan Anda setelah selesai pelatihan
  • Anda bisa mengikuti ujian sertifikasi
  • Bisa bergabung dengan komunitas yang saling memberi berbagi pengetahuan dan lowongan kerja
  • Mendapatkan sertfikat attendance dan sertifikat skill dengan catatan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.
  • Membantu Anda masuk dan mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar (bagi yang mendapat sertifikat).

Nah, tunggu apa lagi, upgrade skill dan karir Anda dengan mendaftar bootcamp data science. Dapatkan ilmunya dan jadilah data science yang ahli dan bersertifikat.




Referensi:
https://www.course-net.com/bootcamp-data-science/

https://glints.com/id/lowongan/data-science-adalah/

https://www.gramedia.com/literasi/data-science-adalah/







Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower