Deretan Tips Biar Makin Siap Menghadapi UTBK 2023

No Comments
Bagi para siswa-siswi yang sedang duduk di kelas 12 atau kelas 3 SMA saat ini sedang disibukkan dengan berbagai persiapan dalam menghadapi ujian masuk ke perguruan tinggi. Mulai dari persiapan memilih jurusan, mencari universitas tujuan, hingga belajar untuk persiapan mengikuti ujian masuk. Perlu diketahui, Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) pada tahun 2023 akan menerapkan sistem baru.

Jika sebelumnya, penilaian UTBK berdasarkan dua tes, yaitu Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). Di tahun 2023, yang diujikan hanya TPS saja. Agar persiapan menghadapi TPS semakin matang, kamu bisa belajar tambahan secara online dengan guru les privat Quipper. Apalagi, bimbel SBMPTN Quipper merupakan salah satu yang terbaik karena memiliki materi intensif UTBK 2023.

Bimbel SMBPTN Quipper


Terdapat 4 subtes yang akan hadir pada Tes Potensi Skolastik di UTBK 2023, yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, maupun literasi dalam Bahasa Inggris. Untuk itu, ada 3 kemampuan utama yang diperlukan dalam TPS. Ketiga kemampuan ini adalah kognitif, penalaran, dan literasi.

Kemampuan kognitif sendiri berhubungan dengan memecahkan soal-soal berupa informasi yang dikemas pada suatu teks atau peristiwa. Tugasmu adalah membuat hubungan, memaknai, serta menilai informasi sesuai instruksi yang ada.

Sedangkan penalaran adalah kemampuan berpikir secara logis maupun sistematis. Pada umumnya, kemampuan ini seputar kemampuan menganalisis, melakukan prediksi, dan menyimpulkan sesuai informasi yang ada.

Terakhir, literasi merupakan kemampuan yang berhubungan dengan menulis dan membaca. Selain membaca dan menulis, kemampuan yang diuji di sini adalah tentang memperoleh informasi secara detail pada suatu literasi yang menjadi persoalan.

Karena itu, menghadapi Tes Potensi Skolastik butuh persiapan yang tidak sebentar. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi tes tersebut di UTBK 2023. Simak ulasannya berikut ya!

Tips Agar Siap Menghadapi UTBK 2023

Terdapat beberapa tips efektif yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan diri menghadapi Tes Potensi Skolastik di UTBK 2023 seperti:

Perkuat Tekad Kamu

Tekad yang kuat perlu kamu miliki dalam menghadapi UTBK 2023. Sebab, jalan menuju perguruan tinggi negeri impian dan jurusan favorit tentu akan tidak mudah untuk dicapai. Meski begitu, kesulitan seperti apa pun pasti bisa kamu hadapi jika punya tekad yang kuat. Kekuatan tekad ini juga yang akan membantumu tetap fokus dalam meraih tujuan yang ingin kamu raih.

Susun Jadwal dan Tetapkan Target

Selain persiapan UTBK 2023, kamu sebagai kelas 12 atau kelas 3 SMA akan disibukkan dengan tugas dan ujian sekolah juga. Karena itu, bisa saja kamu akan cukup kerepotan dalam membagi waktu. Agar manajemen waktumu dapat berjalan dengan baik, sebaiknya urutkan dari materi terpenting serta buat durasi belajar sesuai keinginan kamu.

Di samping hal tersebut, kamu pun masih bisa menentukan target belajar agar semakin termotivasi. Namun, ada baiknya kalau target yang kamu tetapkan tetap logis untuk dicapai ya!

Belajar Sesuai Jadwal Yang Disusun

Tips berikutnya adalah belajar dengan konsisten sesuai jadwal yang telah kamu susun. Jangan pernah menunda-nundah jadwal belajar yang sudah disusun. Meski harus giat belajar, sebaiknya kamu tetap jangan lupa beristirahat. Sebab, otak kamu juga perlu relaksasi. Untuk memotivasi, kamu juga bisa memberikan hadiah kepada dirimu sendiri jika berhasil mencapai target belajar yang sudah ditetapkan.

Memahami Apa Itu Tes Potensi Skolastik

Perlu diingat, satu-satunya syarat kelulusan pada UTBK 2023 adalah Tes Potensi Skolastik. Karena itu, kamu sebaiknya sudah memahami dengan sungguh apa itu Tes Potensi Skolastik. Meski pada dasarnya Tes Potensi Skolastik bukanlah sesuatu yang bisa dihafal, kamu tetap bisa melatihnya secara rutin agar tetap berhasil menghadapinya.

Cari Tahu Topik yang Kemungkinan Muncul Di UTBK 2023

Meski baru kemungkinan, kamu sebaiknya mencari tahu topik-topik yang berpotensi muncul di UTBK 2023. Namun, ada baiknya kamu mencarinya lewat sumber terpercaya seperti di Quipper.

Lakukan Latihan Soal Secara Rutin

Agar siap menghadapi UTBK 2023, kunci terbaiknya tentu adalah dengan melakukan latihan soal secara secara rutin. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kemampuan diri sendiri sudah sejauh mana. Jika dirasa kemampuanmu masih kurang, kamu bisa meningkatkan intensitas berlatih soal.

Perlu kamu tahu, dengan ditiadakannya Tes Kemampuan Akademik, besar kemungkinan akan banyak mahasiswa tahun lalu yang sebenarnya sudah kuliah akan mencoba kembali mengikuti UTBK 2023. Karena itu, persiapan matang pun perlu kamu lakukan, satunya dengan belajar tambahan lewat Quipper.

Pasalnya, Quipper punya Materi Intensif UTBK yang terdiri dari 4 materi khusus. Keempat materi tersebut adalah materi persiapan, materi latihan soal, materi pemantapan, serta materi pembahasan online. Pada materi persiapan, kamu bisa belajar soal Konsep Dasar, Video Pembahasan Contoh Soal Tes Skolastik, serta Referensi Materi Lanjutan sesuai kebutuhan persiapan UTBK.

Sedangkan pada materi pemantapan, ada 10 topik yang diprediksi akan hadir pada masing-masing subtes UTBK 2023. Selain itu, ada juga latihan soal terbaru lengkap dengan video pembahasannya. Pada materi latihan soal, terdapat dua paket soal yang masing-masing punya subtes komplit sesuai dengan apa yang menjadi ujian UTBK 2023.

Terakhir adalah materi pembahasan online. Di materi ini, hadir pembahasan masing-masing soal secara detail. Tidak hanya itu, ada juga tips dan trik SUPER (Solusi Quipper) yang akan semakin membantumu dalam menghadapi UTBK 2023.

Kesimpulan

Bisa dibilang, saat ini adalah momen paling tepat buat kamu dalam mempersiapkan diri menghadapi UTBK 2023. Sebab, kamu bisa membuat persiapan yang lebih matang dan melatih diri dalam menghadapi Tes Potensi Skolastik sejak lebih awal. Apalagi, Tes Potensi Skolastik tidaklah sama dengan Tes Kemampuan Akademik yang dapat dihafal.

Tes Potensi Skolastik pada dasarnya bukan hafalan, jadi harus dilatih terus meneru agar berhasil menghadapinya. Agar dapat berlatih tentang Tes Potensi Skolastik dengan lebih baik, kamu bisa belajar lewat Quipper. Pasalnya, Quipper punya materi pembelajaran terlengkap, bahkan seputar Tes Potensi Skolastik.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, belajar di Quipper sekarang!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower