Hai Maba, Lakukan 10 Tips Ini Agar Kuliah Kalian Lancar

1 comment
Menjadi mahasiswa baru tentu memiliki cara pembelajaran yang berbeda dengan masa SMA. Itulah mengapa mahasiswa baru perlu adaptasi mengenai kehidupan perkuliahan. Tidak sedikit mahasiswa baru yang memiliki permasalahan pada perkuliahannya di semester awal.

Tips kuliah lancar bagi mahasiswa baru

Tips Kuliah Lancar Bagi Mahasiswa Baru

Sistem penilaian saat perkuliahan pun tidak sama dengan sekolah menengah. Banyak cara agar mendapatkan nilai IPK tinggi. Namun, semua itu tergantung dari kalian dalam menjalani perkuliahan. Beberapa tips lancar kuliah bagi mahasiswa baru yaitu:

1. Niat

Selama ada niat, semua kesulitan dalam mata perkuliahan insyaAllah teratasi. Niatkan untuk mendapatkan nilai terbaik dari usaha terbaik. Niatkan untuk membahagiakan orang tua atau keluarga. Niatkan untuk menuntut ilmu yang bermanfaat.

2. Tidak datang terlambat

Usahakan tidak datang terlambat saat perkuliahan sehingga saat dosen menjelaskan tidak ada yang terlompat-lompat apalagi bagi kalian yang kuliah di jurusan eksakta yang membutuhkan materi step by step. Tak hanya itu, kebanyakan dosen akan menghafal mahasiswa yang sering terlambat. Dan tentu itu akan mempengaruhi penilaian dosen kepada kalian. Ada pula dosen yang tidak suka mahasiswanya terlambat. Sebagian dosen mungkin akan menghukum tidak diizinkan masuk kelas dan menganggap keterlambatan mahasiswa adalah sebuah ketidakseriusan dalam perkuliahan dan dianggap sama dengan ketidakhadiran.

3. Tidak malu bertanya

Mungkin materi kuliah saat pertama-tama terasa sulit karena perlu adaptasi. Tak ada salahnya jika kalian bertanya kepada dosen secara langsung materi kuliah yang tidak dimengerti. Dosen akan sangat senang sekali jika ada yang bertanya materi yang belum dipahami. Justru dosen akan bingung jika tidak ada yang bertanya, apakah kalian benar-benar mengerti atau justru materi yang disampaikan tidak masuk ke otak? 

Bertanya kepada dosen juga termasuk cara menghargai dosen saat memberikan materi. Jika penjelasan dosen masih belum mengerti juga, kalian bisa bertanya kepada teman sekelas yang lebih paham. Dengan bertanya kepada teman, kalian tidak ada rasa sungkan sehingga harapannya bisa memahami. 

Bertanya kepada senior juga menjadi salah satu cara kalian bisa memahami materi kuliah sebagai mahasiswa baru dan kalian akan memiliki pandangan mengenai perkuliahan dari dosen pengajar tersebut termasuk juga saat memberi ujian dan nilai. Kadang dari senior, kita bisa mendapatkan informasi apakah dosen tersebut sulit memberi nilai atau tidak. Strategi apa yang perlu dilakukan mahasiswa baru saat mengetahui informasi mengenai perkuliahan yang diajarkan oleh dosen tersebut.

4. Memperhatikan penjelasan

Selama dosen memberikan materi, kalian jangan suka bermain gadget, ngobrol sama teman atau malah melamun melihat ke jendela. Please jangan! Dosen paham dengan mahasiswa yang tidak konsentrasi menyimak penjelasan dosen.

Salah satu cara belajar efektif saat kuliah bagi mahasiswa baru adalah memperhatikan dosen sedang memberikan materi. Saat memberikan materi pun, kalian bisa mengkritisi mengenai materi yang diberikan. Setelah itu kalian bisa bertanya saat sesi tanya jawab. Dosen akan sangat senang jika kalian bisa mengkritisi dengan sopan mengenai materi perkuliahan. Dosen juga akan belajar berkembang dari case yang kalian berikan. Jangan pernah takut. Dosen akan sangat berterima kasih.

5. Mencatat dengan pena

Kenapa saya menekankan untuk mencatat dengan pena dibanding mencatat materi di gawai atau di laptop? Ini bukan masalah dunia sudah semakin modern atau tidak. Ini berhubungan dengan kinerja memori otak. Menurut penelitian dari Amerika Serikat, mencatat di kertas dapat meningkatkan memori otak meskipun tulisannya berantakan dibanding mencatat di gawai atau laptop. Jadi, siapkan kertas dan pena kalian sekarang juga!

6. Tidak banyak alasan

Dosen sudah memberikan tugas dan amanah yang harus kalian lakukan. Maka lakukanlah tugas dan amanah yang diberikan kepada kalian. Misalnya, saat dosen meminta kalian membawa suatu bahan, maka bawalah bahan tersebut saat jadwal perkuliahan. 

Jangan berikan alasan yang bahkan sangat tidak masuk akal seperti karena tidak masuk minggu lalu jadi tidak membawah bahan tersebut. Padahal kalian punya ketua kelas yang tugasnya mengingatkan kepada mahasiswa baru untuk membawa bahan yang diminta. Dosen bisa menilai apakah kalian benar niat atau tidak. Dosen juga tahu loh alasan yang dibuat itu bisa diatasi. Hanya perlu niat saja. 

So, coba tanyakan pada dirimu sendiri, alasan yang akan kalian berikan kepada dosenmu apakah tidak ada solusinya? Jika tidak ada, silakan bisa mengatakan itu pada dosenmu. Karena bisa saja alasan kamu dibantah oleh dosen. Dan itu sudah memperburuk citra kamu sebagai mahasiswa baru. Tentunya, akan berpengaruh pada nilai keaktifanmu di kelas.

7. Perhatikan Persentase Penilaian Mata Kuliah

Setiap mata kuliah memiliki persentase penilaian tersendiri. Misalnya Ujian Tengah Semester 25%, Tugas Besar 25%, Ujian Akhir Semester 35%, Keaktifan/Kehadiran 15%. Dengan persentase tersebut, kalian usahakan maksimal di setiap poin tersebut. Jika nilai di poin lain kalian rendah, maka kalian bisa memaksimalkan di poin lainnya. Jangan berkecil hati, masih ada kesempatan untuk mendapatkan IPK semester yang baik. Usahakan jangan bolos ya.

8. Kumpulkan tugas tepat waktu

Dosen sebenarnya tidak suka jika ada mahasiswa yang terlambat mengumpulkan tugas. Maka manfaatkan waktu kalian sebaik-baiknya untuk mengerjakan tugas. Jangan pernah menganggap remeh tugas dan waktu yang telah diberikan. Saat kalian terlambat mengumpulkan tugas mungkin nama kalian sudah dicatat di hati para dosen dan bisa mengurangi nilai keaktifan mata kuliah kalian.

9. Rajin mengulang materi

Ada baiknya jika setelah kuliah selesai dan sebelum mata kuliah dimulai di minggu selanjutnya, kalian mengulang materi yang sudah diberikan. Dosen mungkin akan menanyakan kembali mengenai materi yang sudah diberikan sebelumnya. Ketika kalian sudah pernah mempelajari sebelumnya, sementara teman kalian masih mengingat dan membuka catatannya kembali, kalian bisa menjawab pertanyaan dosen. Tentu, kalian bisa menambah nilai keaktifan mata kuliah tersebut.

10. Atur waktu sebaik mungkin

Bagi kalian yang berkuliah di jurusan yang sangat sibuk, kalian harus pintar-pintar membagi waktu antara belajar, mengerjakan tugas, beristirahat, beribadah dan kuliah. Jangan sampai kalian keteteran sehingga membuat kalian tidak bisa mengikuti materi perkuliahan dan membuat nilai IPK kalian anjlok.



Demikianlah 10 tips lancar kuliah mahasiswa baru. Lakukan tips tersebut untuk mendapatkan ipk tinggi di semester awal. Jika IPK tinggi di semester awal, maka bisa menutupi kekurangan di semester selanjutnya yang tentu tingkat kesulitannya lebih tinggi. Ketika IPK kalian tinggi maka kalian tidak akan susah mencari pekerjaan dan beasiswa saat lanjut kuliah. Semoga artikel ini cukup insightful bagi kalian ya Maba. Semoga sukses!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

Follower