Keunggulan Sistem Komunikasi dengan Fiber Optik Dibanding Kabel Tembaga

14 comments
Sistem komunikasi dengan fiber optik sebenarnya sudah berkembang sejak lama. Hanya saja sejak fiber optik dikembangkan lebih lanjut oleh Laser tahun 1960, perkembangan fiber optik lebih memiliki kapasitas besar meskipun belum ditemukan serat optik yang efisien.

Keunggulan fiber optik

Fiber optik adalah untaian plastik atau kaca yang sangat tipis yang digunakan untuk mengirimkan pesan melalui cahaya. Untaian ini dibundel bersama dalam selubung atau penutup pelindung dan seluruh rakitan (serat optik dan bagian lain di dalam selubung) sering disebut sebagai kabel serat optik atau hanya serat.

Sebelum teknologi fiber optik berkembang, salah satu media transmisi untuk komunikasi data yaitu masih menggunakan kabel tembaga. Media kabel tembaga ini mentransmisikan data melalui media berbahan tembaga. Namun, kabel tembaga dalam komunikasi memiliki kekurangan yaitu rawan mengalami komunikasi akibat adanya gangguan fisik atau gangguan frekuensi, kapasitas bandwith kecil, instalasi rumit, redaman transmisinya besar sehingga perlu repeater untuk menjangkau perangkat yang jaraknya jauh.


Kabel fiber optik dengan kabel tembaga


Berbeda dengan teknologi fiber optik yang telah berkembang. Teknologi fiber optik adalah teknologi kabel yang menggunakan serat kaca atau plastik untuk mengirimkan data ke tujuan. Diameter serat optik ini sangat tipis seperti seukuran rambut manusia. Fiber optik dikumpulkan dalam kabel optik untuk mengantarkan data berupa cahaya dengan jarak yang cukup jauh.

Keunggulan Fiber Optik dalam Sistem Komunikasi

Fiber optik dalam telekomunikasi sudah banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan. Berbagai media teknologi banyak menyebutkan mengenai kelebihan fiber optik. Namun, saya akan meringkasnya menjadi beberapa kelebihan fiber optik. Kelebihan-kelebihan fiber optik dalam komunikasi dibanding kabel tembaga adalah:

1. Dapat digunakan pada telekomunikasi jarak jauh

Fiber optik pada jaringan telekomunikasi hanya memerlukan repeater yang sedikit sehingga bisa digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Berbeda dengan redaman transmisi pada kabel tembaga yang besar dan membutuhkan repeater yang banyak, redaman transmisi fiber optik per km relatif kecil sehingga tidak perlu repeater lagi. Contoh kabel fiber optik adalah kabel coaxial atau kabel PCM.

2. Dapat membawa sinyal informasi yang besar

Keunggulan fiber optik lainnya yaitu bisa membawa informasi dalam jumlah besar karena memiliki bidang frekuensi yang besar. Kabel optik fiber bisa dipakai pada kecepatan yang tinggi hingga mencapai beberapa Gigabit/detik.

Berkat adanya pemisah antara receiver dan transmitter, akan mencegah terjadinya ground loop dan hubungan api pada saat putus kontak atau serat optik putus.

3. Aman dipasang di tempat yang rawan terbakar

Jaringan serat optik bisa digunakan pada kondisi cuaca buruk karena sifatnya yang tidak menghantarkan listrik dan tahan terhadap interferensi elektromagnetik, petir atau sinyal radio. Kabel tembaga dirancang untuk menghantarkan listrik. Jaringan tembaga rentan terhadap daya induksi, petir, dan pengacakan sinyal yang disengaja. Kabel fiber optik cocok dipasang di tempat-tempat rawan terbakar seperti pabrik kimia atau kilang minyak.

Kabel serat optik tidak mengandung komponen logam, tidak seperti metode transmisi berbasis tembaga, sehingga, fiber optik tahan terhadap interferensi elektro-magnetik (EMI) dan interferensi frekuensi radio (RFI). Selain itu, kabel serat optik tahan terhadap perubahan suhu dan tingkat kelembapan yang ekstrem, yang keduanya dapat menghambat transmisi pada kabel tembaga.

4. Kualitas transmisi yang baik

Fiber optik memiliki kualitas yang baik karena kabel fiber optik bisa sampai 10 km dibandingkan kabel tembaga yang hanya 100 meter. Kabel fiber optik menggunakan cahaya atau sinar sebagai gelombang pembawa. Kualitas transmisi yang baik pada kabel fiber optik akan mencegah terjadinya interferensi sehingga bisa dipasang pada jaringan listrik tegangan tinggi.

5. Bandwidth yang besar

Kabel serat optik memiliki bandwidth yang jauh lebih besar daripada kabel tembaga. Informasi yang ditransmisikan per satuan waktu serat memberikan keuntungan signifikan pada kabel serat optik. Saat ini bisnis sudah semakin banyak yang membutuhkan ketersediaan bandwidth yang tinggi.

Dalam hal foton versus elektron, cahaya dalam kabel serat optik bergerak kira-kira dua pertiga kecepatan cahaya, sementara elektron dalam kabel tembaga hampir tidak mencapai satu persen dari kecepatan itu. Kabel tembaga sebagian besar terbatas pada jarak standar 100 meter, kabel serat optik dapat memperluas konten bandwidth yang besar pada jarak yang sangat jauh dengan diameter kecil.

6. Keamanan tinggi pada data

Kabel serat optik menjaga keamanan data. Data yang menggunakan fiber optik tidak bisa disadap. Keamanan fisik pada kabel fiber optik lebih tinggi karena semua perangkat keras dan elektronik dapat diinstal.

Karena kabel serat optik tidak menghantarkan sinyal listrik, tidak dapat mendeteksi sinyal data apa pun yang sedang dikirim dari jarak jauh. Upaya akses fisik akan dapat dideteksi oleh pengawasan. Keamanan ini menjadikan fiber sebagai metode transmisi pilihan bagi industri seperti pemerintah dan bank.

7. Memudahkan pengangkutan pemasangan

Berkat ukurannya yang kecil, kabel serat optik memudahkan pengangkutan pemasangan di lokasi.

8. Biaya operasional lebih rendah

Menurut Pricebook, biaya operasional fiber optik lebih rendah dibandingkan kabel tembaga karena tidak memerlukan perawaran yang intensif dibanding kabel tembaga yang mudah korosi. 

Jika jaringan Anda saat ini mengalami bandwidth rendah atau kesulitan mentransfer data, gambar CCTV Anda bermasalah atau Anda mengalami kesulitan mengakses aplikasi cloud, Anda mungkin bisa upgrade konektivitas serat optik.

IndiHome


Telkom Indonesia sekarang juga telah menyediakan kabel serat optik untuk mendukung kebutuhan internet cepat di Indonesia. 

Salah satu provider yang menggunakan kabel fiber optik adalah IndiHome dari Telkom Indonesia. Berkat fiber optik IndiHome, kalian tidak perlu khawatir jika terjadi perubahan cuaca yang membuat konektivitas internet super cepat IndiHome terganggu.




Referensi



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

14 komentar

  1. Kirain kabel serat optik ini cuma unggul di bandwidth yang besar. Ternyata banyak keunggulanhnya. Yang menarik, aman digunakan di daerah rawan. Yaaa....mengingat Indonesia kan rawan hujan petir, gempa, dsb.

    BalasHapus
  2. Banyak sekali keuntungan yang didapat dengan teknologi fiber optik ini ya, Mbak. Pastinya selain internet jadi lebih cepat, stabil, dan jangkauan luas. Pastinya sangat mendukung aktivitas harian kita yang wajib menggunakan internet.

    BalasHapus
  3. Pantesan ya, kualitas internet IndiHome cenderung lebih stabil, soalnya sudah menggunakan teknologi serat fiber optik. Dibanding pake kabel tembaga yang masih sering menemui kendala, fiber optik jauh lebih baik.

    BalasHapus
  4. Kabel tembaga emang udah jadul sih ya. Tetapi aku kita wireless tuh udah canggih juga, ternyata masih ada yg lebih canggih yaitu fiber optik. Mana lebih cepet juga ya kecepatan transmisinya. Memang IndiHome top lah...

    BalasHapus
  5. Lewat fiber optik ini jadi bikin simple semua ya, koneksi internet jadi berjalan lancar tanpa adanya hambatan.

    BalasHapus
  6. Ternyata fiber optik memiliki lebih banyak keunggulan ya. Selama ini tahunya keunggulannya internte jadi lebih cepat dan stabil aja, padahal lebih dari itu.

    BalasHapus
  7. internet kabel optik tuh lebih cepet yaa, lebih sesuai sama kebutuhan jaman sekarang, yang apa-apa serba online.

    BalasHapus
  8. Baru tahu ternyata fiber optik ini canggih banget ya dan jauh lebih aman daripada tipe yg lain. Alhamdulillah IndiHome udah pake kabel fiber optik jadi jaringan internetnya stabil dan lancar, dan jangkauannya lebih luas.

    BalasHapus
  9. Banyak sekali keunggulan dari fiber optik ini ya. Kita bisa menikmati internet yang cepat, stabil serta jaminan keamanan data.

    BalasHapus
  10. Dengan kabel teknologi fiber ini membuat jaringan stabil, lancar dan tidak ada gangguan walau hujan deras. Kabel ini awet dan tahan banting ya.

    BalasHapus
  11. Aku termsuk yg suka worry dg kabel. Tapi alhamdulillah IndiHome bisa memberikan pelayanan terbaik terkait kabel2 ini. Jadi rasa khwatir sedikiy berkurang

    BalasHapus
  12. Masih banyak yang beranggapan kalau menggunakan teknologi fiber optik biaya operasional nya lebih mahal, ternyata sebaliknya, ya, biaya operasional lebih rendah!

    BalasHapus
  13. teknologi fiber optik udah pasti jadi teknologi paling bagus ya terkait jaringan internet. teknologi lain belum sekuat dan se stabil FO, terbukti sih dengan provider yang aku pakai sekarang gak pakai FO, yah gitu deh banyak lemot dan matinya, hiks!

    BalasHapus
  14. dengan adanya fiber optik tuh bikin pengguna makin senang, karena jaringan lebih cepat dan stabil

    BalasHapus

Follower