Semen Instan Yang Cocok Untuk Area Basah Dalam Bangunan

No Comments
Saat ini, bangunan tinggi, tempat tinggal maupun untuk ruko sudah mulai banyak menggunakan semen instan yang memiliki banyak kelebihan dibanding semen biasa atau semen konvensional.

Semen instan atau biasa disebut mortar memiliki kandungan semen, pasir, filler, dan zat additif lainya yang diformulasikan khusus untuk pembuatan bahan bangunan yang disesuaikan dengan masing-masing jenis sehingga kualitasnya lebih baik daripada semen biasa.

Semen mortar


Semen mortar untuk bangunan tinggi bisa membuat bangunan lebih kuat, dinding tidak cepat retak dan lebih cepat selesai. Namun, masih banyak orang awam yang belum memahami perbedaan semen instan dan semen biasa. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis dan kelebihan semen instan.

Jenis semen mortar

Jenis-jenis semen mortar atau semen instan digunakan untuk berbagai macam kegunaan seperti semen mortar untuk perekat bata ringan, semen plaster dinding, semen acian.

Semen mortar perekat bata ringan

Semen instan digunakan untuk merekatkan antar bata ringan. Pakai semen mortar untuk merekatkan bata ringan akan membuat pekerjaan menjadi cepat selesai. Bangunan jadi lebih kuat.

Semen plaster dinding

Semen instan ini digunakan untuk melapisi bata yang sudah direkatkan dengan mortar perekat bata. Rumah yang telah diplester akan tahan dari hujan dan panas. Tentunya, rumah jadi terlihat rapi ketika sudah diplester.

Meskipun begitu, dinding yang diplester bisa juga mengalami kerusakan dari faktor eksternal seperti gempa bumi atau jika terkena benda berat sehingga bisa tampak retak. Bagian dinding yang lembap dan kurang cahaya bisa menimbulkan lumut dan jamur hingga dinding menjadi kotor. Lapisan plester bisa mengelupas jika tidak segera diperbaiki. MU 301 digunakan untuk plesteran dinding.

Semen acian

Semen instan yang digunakan untuk melapisi dinding yang sudah diplaster agar permukaan dinding menjadi lebih halus. Bisa dikatakan tahap ini adalah tahap finishing dari pembuatan dinding sebelum dicat. Dengan menggunakan semen instan pada acian akan memudahkan saat pengecatan dan menghindari retak rambut pada dinding. Tanpa perlu diampelas, dinding yang pakai acian semen instan lebih halus.

Kelebihan semen mortar

Semen instan memiliki kelebihan dibanding semen biasa. Kelebihan semen mortar adalah

1. Daya rekat lebih kuat dan lebih tinggi

Kandungan tambahan semen instan lebih banyak dan berkualitas sehingga memiliki daya rekat yang kuat antar bata.

2. Hemat biaya

Hemat biaya karena tidak perlu bahan baku pasir untuk membuat campuran semen. Semen instan hanya memerlukan air untuk mencampurkannya sebelum digunakan. Selain itu, saat digunakan, saat plester, lapisan plester pakai mortar hanya digunakan setebal 1 cm kurang, sedangkan lapisan untuk semen biasa bisa sampai 2 cm dan itu memerlukan waktu yang lama.

3. Praktis digunakan

Hanya dengan campuran air saja, semen instan sudah bisa digunakan untuk membangun rumah atau renovasi rumah. Tentu saja, membangun rumah jadi lebih hemat waktu.

4. Kualitas bagus

Semen instan sudah menggunakan teknologi yang terkomputerisasi dan sudah melalui quality control.

5. Hasil akhir lebih halus dan estetis

Campuran semen instan yang homogen membuat hasil akhirnya menjadi lebih halus, estetis dan rapi. Saat digosok, plester mortar hanya digosok biasa tidak perlu seperti semen biasa yang perlu digosok biar rapi.

6. Proses pengeringan lebih cepat

Mortar saat plester lebih cepat mengalami pengeringan dibanding semen biasa. Misal siang hari plester maka besok sudah kering. Semen biasa memerlukan waktu sekitar lima harian agar benar-benar kering.

Tipe Semen Mortar

Banyak macam semen mortar yang dijual di pasaran. Semua tergantung dari tujuan penggunaan, misal semen mortar MU 101 khusus untuk bangunan yang berada di daerah lembap atau yang mudah meresap air.

MU 200 bisa digunakan untuk bahan acian dinding agar lebih rapi. Acian ini sangat halus dan berwarna abu muda sehingga bisa digunakan untuk bangunan dengan konsep industrial tanpa harus dicat. MU 301 digunakan untuk plesteran dinding. Jika untuk merekatkan bata ringan bisa menggunakan MU 380 dengan ketebalan 33 mm. MU 400 digunakan untuk memasang keramik dan MU 420 untuk granit.

MU (Mortar Utama) yang merupakan brand untuk semen siap pakai (premixed mortar) yang menggunakan teknologi moderen saat produksi. Semen mortar MU ini semen paling bagus kualitasnya dan paling banyak digunakan untuk bangunan gedung bertingkat.

Semen Instan Untuk Area Basah

Jika kalian mencari semen instan untuk kamar mandi, dak beton, balkon, ground water water tank, dan kolam renang, kalian bisa menggunakan semen instan PRO-X 207. Alasan pakai semen instan PRO-X 207 karena semen mortar ini kualitas bagus, kuat, dan anti bocor. Semen instan PRO-X 207 berbahan dasar semen, filler, additif dan campuran lainnya seperti acrylic copolymer yang dibuat dengan teknologi modern agar semen kedap air dan mudah digunakan. Semen PRO-X 207 bisa digunakan pada dinding eksterior dan interior.

Semen instan PRO-X 207 memiliki perbandingan kandungan cairan dan bubuk 1:4 sehingga mudah diaduk. Kelebihan semen PRO-X 207 lainnya adalah mudah digunakan, tahan lama, daya rekat tinggi dan kedap air.

Satu kemasan semen memiliki berat 25 kg/ set atau 4 kg/set dengan luas sebar 10-12 m2/25 kg. Waktu pengeringan semen sekitar 2- 6 jam.

Semen instan untuk kamar mandi


Limbah buangan sisa semen

Pemakaian semen ini tentu juga menghasilkan sisa buangan air semen yang disarankan tidka dibuang di saluran pembuangan atau di aliran air. Wadah bekas pakai semen bisa dipakai lagi asalkan sudah dibersihkan. Pembuangan limbah sisa semen harus mengikuti peraturan pembuangan limbah di kota setempat.

Demikian penjelasan singkat tentang semen instan untuk bahan bangunan. Dari segi kualitas jelas semen instan lebih baik daripada semen biasa. Untuk harga semen dan luasan yang sama menurut beberapa referensi tidak jauh berbeda, namun untuk pengerjaan selesai lebih cepat karena pengeringan lebih cepat. Semen instan bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk bangunan rumah kalian.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower