Tiwul Goreng, Makanan Unik dan Viral dari Jawa timur

1 comment
Nama Tiwul tidak asing di telingamu, tetapi mungkin sebagian orang belum tahu apa itu tiwul. Tiwul adalah salah satu makanan pokok rakyat Indonesia kalangan ekonomi bawah di zaman penjajahan Belanda. Zaman itu, tidak semua rakyat Indonesia mampu membeli beras dan lauk-pauk. Untuk bisa bertahan hidup, mereka mengolah singkong menjadi tiwul.

Tiwul menjadi pengganti nasi dan rendah kalori sehingga bagus untuk orang yang sedang menjalani diet. Nggak heran kalau nasi tiwul ini tidak bikin gemuk. Jadi jangan khawatir bagi kalian yang sedang diet. Nasi tiwul juga aman untuk penderita diabetes atau pun darah tinggi.

Keistimewaan nasi tiwul selain rendah kalori adalah memiliki kandungan vitamin B Kompleks sehingga bisa mengurangi anemia dan tinggi protein sehingga cocok untuk melatih daya tahan otot.

Nasi tiwul ini biasa dikonsumsi oleh beberapa masyarakat yang ada di daerah Jawa Timur, seperti Kediri, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, dan sekitarnya.

Tiwul bisa diolah dengan berbagai macam rupa. Saya mengenali tiwul ketika saya sedang di rumah orang tua saya di Ponorogo. Nasi Tiwul disuguhkan dengan gula pasir dan kelapa, meskipun bisa juga disuguhkan sebagai pengganti nasi dan dimakan dengan berbagai sayur dan lauk.

Biasanya nasi tiwul disajikan dengan sayur santan atau bobor, ikan asin atau ikan goreng, tahu tempe, timun, dan telur. Tentunya tak ketinggalan sambal dan kerupuk yang menbuat nasi tiwul sangat enak dimakan.

Cara mengolah nasi tiwul

Cara mengolah nasi tiwul ini sebenarnya tidak susah karena setelah dikeringkan, singkong ditumbuk sampai hancur. Setelah itu, hasil tumbukan dikukus dengan daun singkong sampai lembut selama kurang lebih satu jam. Bisa juga ditaburi gula merah yang dihancurkan di atasnya. Di tempat terpisah, kelapa diparut dan dikukus dengan daun pandan. Setelah matang kemudian kelapa parut ditaburkan di atas nasi tiwul yang sudah dicampur gula merah atau diberi tambahan gula pasir.

Tiwul goreng, makanan viral di kaki pegunungan Wilis

Nasi Tiwul Goreng Kediri
Tiwul Goreng Kediri (Facebook/ Kuliner Kediri)


Olahan tiwul bisa berupa tiwul manis, tiwul dengan lauk dan sayur dan tiwul goreng. Yang terakhir, jenis olahan tiwul menjadi berita viral di dunia kuliner.

Tiwul Goreng ini menjadi makanan yang unik dan banyak dijual di sentra kuliner Kediri di kaki pegunungan Wilis. Tiwul goreng ini sama seperti nasi goreng dalam cara pengolahannya. Nasi tiwul digoreng dengan bawang putih dan bawang merah yang telah ditumis, kemudian ditambahkan telur, sayur ataupun lauk lain selayaknya goreng biasanya.

Rasa nasi tiwul goreng asin gurih membuat banyak orang menyukainya. Saya sendiri belum pernah merasakan tiwul goreng.

Harga tiwul goreng yang saya baca di website Satu Viral sebesar Rp. 8.000,-. Harga tersebut jelas murah dibandingkan nasi goreng biasanya. Jika kalian sedang diet, bisa banget konsumsi tiwul yang rendah kalori.

Menurut Satu Viral, kuliner khas Kediri ini sedang viral di Kabupaten Kediri, tepatnya di Kecamatan Semen, Desa Selopanggung. Karena keunikannya, tiwul goreng ini didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM dan mendapatkan Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal Ekspresi Budaya Tradisional.

Kuliner Tiwul Goreng Kediri

Jika kalian ingin mencari kuliner khas Kediri yang recommended kalian bisa cari nasi tiwul goreng Kediri.

1. Warung Kopi Giras Besuki

Warung ini ada di kawasan wisata Giras Besuki yaitu di Desa 0Besuki, Jugo, Mojo, Kabupaten Kediri. Warung ini menjual tiwul goreng yang menjadi makanan khas Kediri. Jam buka warung ini dari 07.0 - 17.30.

2. Wow Cafe Sumberpodang

Cafe dengan pemandangan yang keren ini juga menjual makanan khas Kediri, tiwul goreng. Dari hari Senin sampai jumat jam buka dari pukul 08.00 sampai 19.00. Dari sabtu sampai minggu buka pukul 07.00 sampai 20.00.

6. Rumah Makan Erlangga

Rumah makan ini menyediakan tiwul goreng dengan harga sekitar Rp. 13.500- Rp. 16.000,-. Warung ini buka setiap hari dari pukul 07.00 - 21.30. Alamat Rumah Makan Erlangga yaitu Jl. Erlangga No.9, Katang, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kabupaten Kediri.

7. Nasi Pecel Tiwul Goreng Lancar

Warung ini buka pukul 18.00 - 22.00 dan berada di depan toko Lancar, Jl. Raya Seketi, Tlukan, Seketi, Kec. Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

8. Nasi Jagung Goreng Nasjagor dan Tiwuler's

Warung ini menjual nasi jagung goreng dan juga nasi tiwul goreng. Warung ini buka dari jam 17.30 sampai jam 00.00. Buka setiap hari kecuali hari Senin. Lokasinya ada di Jl. Dr. Sahardjo No.219, Campurejo, Kec. Mojoroto, Kota Kediri.

Nasi tiwul goreng ini merupakan kuliner viral di Kediri yang harus dikunjungi siapa pun yang sedang berwisata ke Kediri.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

Follower