Jangan Anggap Sepele, Ini Penyebab Sakit Pada Gusi

8 comments
Penyebab sakit gusi
Penyebab Sakit Gusi (Pexels.com/Engin Akyurt dari Pexels)


Masalah kesehatan mulut tak hanya pada sakit gigi saja tapi juga sakit gusi. Gusi yang bengkak sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab sakit gusi ini bermacam-macam yang akan dijelaskan lebih lanjut. Jika sakit gusi dibiarkan akan berakibat penyakit lain yang lebih serius. Sakit gusi yang mengalami komplikasi sangat berbahaya bagi otak dan jantung karena bisa merusak pembuluh darah. Tanda sakit gusi bisa dengan nyeri, bengkak, memerah, atau bernanah. Sakit gusi dengan gejala ringan akan sembuh dalam waktu dua hingga tujuh hari. Namun, jika sakit gusi lebih serius bisa sampai tiga hari atau lebih. Infeksi gusi atau radang gusi harus segera diatasi agar tidak menimbulkan penyakit lain.

Penyebab Sakit Gusi

Melansir British Heart Foundation, ada beberapa gejala sakit gusi yang jamak dirasakan penderitanya, antara lain: Gusi merah Gusi, gigi, dan sekitar area yang sakit terasa nyeri Gusi melunak Bau mulut Apabila sakit gusi ini tak segera diobati, tulang rahang yang menyangga gigi bisa rusak. Akibatnya, gigi jadi longgar, rawan copot, dan ompong.

Penyebab gusi sakit adalah:

1. Radang gusi

Sakit gusi biasa dimulai oleh gusi yang bengkak serta meradang. Radang gusi biasa berwarna kemerahan. Permasalahan ini biasanya diakibatkan oleh kurang terjaganya kebersihan mulut dan menumpuknya plak serta karang gigi di sela- sela gusi serta gigi. Tak hanya itu, radsng gusi bisa juga disebabkan oleh pemasangan gigi palsu yang tidak pas dan juga infeksi jamur. Radang gusi yang tidak diatasi bisa membuat gigi goyang dan lepas.

2. Menggosok gigi dengan keras

Menggosok gigi terlalu kuat merupakan pemicu sakit gusi yang sangat kerap dirasakan. Oleh sebab itu, kalian disarankan memakai bulu sikat yang lembut serta lentur dan menggosok gigi secara pelan dengan gerakan menggosok gigi yang benar. Demikian juga ketika mensterilkan gigi dengan dental floss.

3. Kekurangan vitamin A, B serta C

Menurut studi yang diterbitkan secara daring oleh Nutrition Reviews pada tahun 2021, kandungan Vitamin C yang rendah pada pembuluh darah dapat meningkatkan resiko gusi berdarah. Vitamin A mempunyai sifat antioksidan yang bisa menyembuhkan peradangan gusi dari dalam. Vitamin A pula berfungsi dalam melindungi keutuhan sel epitel selaku pembuat jaringan gusi dan pencegah kehancuran gigi.

Sayangnya, Vitamin A hanya berlaku pada mereka yang tidak merokok saja. Sedangkan untuk perokok, manfaat Vitamin A tersebut tidak bisa dialami dengan maksimal.

Bila badan kekurangan Vitamin B12 serta B9, hal ini dapat merangsang resiko pendarahan pada gusi serta periodontitis. Permasalahan kekurangan Vitamin B kompleks, paling utama B9, kerap terjadi pada mereka yang merokok.

Supaya tidak kekurangan Vitamin B kompleks, kalian bisa komsumsi daging ayam, daging sapi, ikan, telur, susu serta olahannya semacam keju, mentega, yogurt, serta kacang- kacangan. Terdapat pula sebagian sayur- mayur yang memiliki Vitamin B, contohnya bayam serta brokoli.

4. Tidak mensterilkan gigi dengan baik

Sisa makanan dan plak yang menumpuk di perbatasan gusi serta gigi dapat menimbulkan gusi meradang serta terasa perih. Apalagi jika makanan tersebut tidak bisa keluar dari gusi sehingga bisa menyebabkan sakit.

5. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup yang kurang sehat seperti banyak konsumsi makanan serta minuman yang asam ialah salah satu pemicu gusi jadi lebih rentan serta sensitif. Tak hanya makanan dan minuman asam saja, jenis makanan atau minuman yang bisa menyebabkan plak gigi adalah beralkohol, permen dan coklat, makanan manis, dan bersoda. Plak tersebut bisa membuat gigi dan gusi rusak.

6. Merokok

Merokok dapat membuat badan kekurangan konsumsi vitamin serta berdampak kurang baik pada gigi serta gusi. Kandungan nikotin dan tar yang ada dalam rokok bisa menimbulkan karang gigi dan menyebabkan gigi dan gusi rusak. Produksi saliva akan berkurang hingga menyebabkan mulut kering. Bakteri akan mudah berkembang biak pada mulut yang kering dari air liur.

Mengobati Sakit Gusi

Banyak cara mengobati sakit gusi ialah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki vitamin A, B serta C, memakai gosok gigi yang lembut serta kurangi merokok. Memanglah, cara mengobati gosok gusi tersebut lumayan lama. Bila kalian tidak tahan dengan sakit gusi, kalian dapat mengobati sakit gusi dengan cepat dengan memakai obat Cooling 5 Plus Orange.




COOLING 5 PLUS ORANGE adalah obat semprot rongga mulut yang berperan untuk menghilangkan rasa sakit misalnya pada saat sariawan, sakit gigi, radang gusi, serta sakit saat pertumbuhan gigi.

Komposisi Cooling 5 Plus Orange yaitu Benzocaine 3 miligram, Phenol 5 miligram.

Cara memakai Cooling 5 Plus Orange ialah dengan menyemprotkan ataupun mengolesi sedikit pada zona sakit, apabila butuh diulang masing- masing 3- 4 jam.

Obat sakit gusi


Jangan sampai ditelan ya. Konsultasikan pemakaian obat ini bila kalian wanita hamil ataupun menyusui sebab belum terdapat informasi tentang keadaan tersebut. Konsumsi obat biasanya mempunyai dampak samping tertentu serta cocok dengan tiap- tiap orang. Bila terdapat efek samping yang berlebih serta beresiko, harap konsultasikan kepada tenaga kedokteran. Cooling 5 Plus Orange telah terdaftar BPOM ialah DTL1833541735A1.

Harga produk ini adalah Rp34.300 – Rp46.200 Per Botol. Harga berbeda di tiap apotek.

Jika kalian ingin mengetahui obat sakit gusi lainnya kalian bisa membaca artikel Empat Pilihan Obat yang Ampuh Atasi Sakit Gusi. Jika sudah mengetahui penyebab sakit gusi, maka lebih baik kalian menghindarinya saja agar makan tetap terasa nyaman.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

8 komentar

  1. Sakit gigi dan gusi emang bikin nangiiiis. Alhamdulillah ada Cooling5 ya jadi sehat lagi.

    BalasHapus
  2. Gusiku baru bengkak semingguan yg lalu. Gak enak bangeeeeet. Coba ntar beli cooling5

    BalasHapus
  3. Aku baru beberapa hari lalu sakit gusi. Gak nyaman banget kalau pas makan.
    Ternyata bisa karena kekurangan vitamin A, B dan C ya. Baru tahu ini sih

    BalasHapus
  4. Aku sering bgt gusi bengkak mbak. Tapi, ga tau penyebabnya apa. Gak pernah diobati paling cuman kumur² garam aja. Ternyata ada obat semprotnya ya. Aku mau jcoba juga ahh nanti kalau gusi sakit lagi. Soalnya makan pun jadi gak enak.

    BalasHapus
  5. Okee nih masukin list emaang sakit gigi gusi itu sangat menyiksa badan kliatan sehat eeeg gigi cenut cenut (gusti yeni)

    BalasHapus
  6. Ini artikelnya semacam sindiran halus buat aku yang sering gak bener pas gosok gigi. Jadi yah, ada aja momen gusi kesodok lah, jadi sariawan lah, bengkak lah. Emang bener ya, gigi dan mulut itu penting banget dijaga dan dirawat... Keliatannya sepele, tapi kalo sampe sakit bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari

    BalasHapus
  7. Radang gusi emang gak enak banget, mau minum yang terlalu panas atau dingin gak bisa. Biasanya saya suka kumur2 dengan air garam biar rasa sakit akan infeksinya hilang, cooling5 boleh dicoba nih karena harganya termasuk murah

    BalasHapus
  8. pernah merasakan bengkak pada gusi dan kerasa banget nggak enak pas makan. Rasanya tersiksa. Dulu aku nggak ngerti kenapa gusi tiba-tiba bengkak, beruntung perlahan bisa kempes
    sekarang syukuran udah ada obat yang bisa mengatasi sakit pada gusi ya

    BalasHapus

Follower