Cara-Cara Melatih Anak Bermain Musik, Yuk Dicoba!

1 comment
Hai kawan, sudahkah mengetahui bakat anak? Jika anak cenderung audio misalnya dia lekas hafal lagu-lagu, bahkan iklan di televisi, maka amat baik. Karena dia bisa diarahkan ke bidang musik dan bermain satu bahkan banyak alat musik. Mengenalkan alat musik sejak dini amat baik karena anak bisa lebih mengendalikan emosi dan menyeimbangkan antara otak kiri dan kanan.

Cara mengajarkan anak main musik

Cara Melatih Anak Bermain Musik


Lantas bagaimana cara melatih anak agar ia bisa main musik seperti memetik dawai gitar atau menekan tuts piano dengan benar? Ini beberapa tipsnya.

1. Perdengarkan Musik Tiap Hari

Membentuk anak sebagai musisi bisa dilakukan sejak ia bayi. Perdengarkan musik tiap hari, pagi, siang, bahkan malam. Saat ia bangun tidur, pilih musik upbeat yang bisa menambah semangat. Sementara di sore hari bisa musik slow rock yang lebih lambat melodinya dan enak didengarkan sembari menyuapinya makan sore. Saat mau tidur bisa menyetel lagu lullaby atau lagu lain yang iramanya lambat sehingga ia mudah mengantuk.

Mengapa harus diperdengarkan musik tiap saat? Karena telinga anak akan terbiasa dengan musik sehingga lama-lama ia menyukainya, dan saat belajar alat musik akan semangat karena mencintai musik. Selain itu, dengan mendengarkan musik maka anak akan memiliki wawasan luas akan berbagai jenis lagu.

2. Belikan Alat Musik

Jika ingin anak menguasai satu atau beberapa alat musik maka harus modal dong, moms. Caranya belikan alat musik, misalnya gitar akustik. Ketika dana terbatas lalu bagaimana? Tenang saja, beli yang second juga tidak apa-apa. Yang penting anak semangat untuk belajar musik karena memang ada alat tersebut di rumah.

Misalnya jika anak cenderung suka main piano maka belikan piano yang kecil dulu (yang menyala dengan daya baterai). Ketika ada kemajuan maka bisa beli lagi piano keyboard yang sedikit lebih mahal tetapi bisa dibuat belajar.

3. Daftarkan ke tempat kursus dengan Kualitas yang Bagus

Memiliki anak musisi bukan berarti ayah atau ibunya juga musisi. Ketika ia memang suka lagu-lagu dan cenderung audio maka bawa saja ke tempat les musik di kota atau daerah moms sendiri. Pilih yang kualitasnya bagus, walau bayarnya cukup tinggi, karena memang membayar skill dari gurunya.

Kalau memang tidak ada kursus alat musik maka bisa dengan kursus privat. Biasanya yang memberi les privat tidak hanya mereka yang berprofesi sebagai musisi atau memiliki pendidikan formal musik. Akan tetapi bisa jadi mahasiswa pencinta musik. Yang penting ia sabar dalam mengajar dan menyemangati anak untuk bermain musik. Anak jadi senang karena skillnya makin terlatih.

4. Bebaskan Anak untuk Eksplorasi Alat Musik

Bagaimana jika anak bosan main gitar atau ukulele? Bisa jadi ia berada dalam fase jenuh. Oleh karena itu, bebaskan anak untuk eksplorasi alat musik, misalnya piano, pianika, bahkan biola. Siapa tahu memang ia bisa memainkan semuanya, walau misal hanya dengan menirukan permainan para musisi di Youtube. Dengan membebaskan anak maka ia makin mencintai musik dan bisa jadi musisi tangguh dan kreatif di masa depan.

5. Dengarkan Berbagai Jenis Musik

Sebagai orang tua juga kudu belajar, moms. Dengarkan berbagai jenis musik saat senggang, tidak hanya pop dan RnB, hiphop, rap, tetapi juga musik klasik, keroncong, bossanova, campursari, bahkan dangdut koplo! Tujuannya agar ketika mendampingi anak belajar musik tidak buta-buta amat terhadap lagu yang ia mainkan.

6. Mengekspresikan kemampuan dengan mengikuti ajang kompetisi

Salah satu cara untuk mengukur kemampuan anak adalah dengan mengikuti kompetisi. Saat kompetisi, orang tua akan tahu sampai sebatas mana kemampuan anak. Apakah kemampuan anak bermain musik bisa dikembangkan lagi?


Yupi’s Got Talent 2022

Jika kalian memiliki anak yang bisa bermain musik, kalian bisa mengikutkan anak kalian di Yupi’s Got Talent 2022, sebuah ajang untuk mengekspresikan bakat anak. Ada dua kategori untuk ajang Yupi’s Got Talent 2022 yaitu kids (anak-anak) dan teen (remaja). Yang suka makan Yupi pasti tahu permen ini kan.

Kategori kontes untuk Yupi’s Got Talent adalah singing, dancing, music Performance, sport performance, photo contest, modelling dan talent lainnya.

Yupi's Got Talent


Jika kalian tertarik, cara mengikuti Yupi’s Got Talent 2022 yaitu:

  1. Mendaftarkan diri sebagai member (sign up) di website Yupiland www.yupiland.com/ygt. Pendaftaran ini gratis ya! Kalau mau ikutan Yupi’s Got Talent Junior, orang tua dapat melakukan sign up member dengan data diri sebagai orang tua.
  2. Setelah registrasi, masuk ke bagian halaman registrasi Yupi’s Got Talent dan isi data-data tambahan sebagai berikut:
  • Masukkan kode unik yang ada dalam produk Yupi’s Got Talent. Untuk mendapatkan kode unik dalam produk Yupi’s Got Talent, Peserta bisa membeli variasi Paket Produk Yupi’s Got Talent (versi ‘Shine” atau “Bright” di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, JD.ID. Lazada, Tiktok Shop, Yupi Gummy Store di Yupiland seharga Rp. 15,000. Syarat Ketentuan Berlaku. Pastikan peserta mendapatkan kode unik di dalam box sebagai syarat registrasi.
Kode unik Yupi's Got Talent


  • Upload link video atau upload foto yang akan dilombakan sebagai syarat utama keikutsertaan.
  • Siapkan Identitas diri / anggota seperti (KTP/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga)

Bagaimana moms, sudahkah siap mengikuti Yupi’s Got Talent 2022? Ada hadiah uang elektronik ratusan juta rupiah, trophy, dan paket menarik lainnya loh!

Walau orang tuanya tidak bisa main musik bukan berarti anak tidak bisa jadi musisi. Yang penting telaten dalam mengarahkan dan tentu saja membelikan alat musik serta mengkursuskan di tempat yang tepat.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

  1. mba makasih tipsnya, ponakanku suka banget ama musik seneng ngedance juga cocok untuk ikutan nih. Suka yupie banget dia.

    BalasHapus

Follower