Tips Cari Kerja untuk Lulusan SMK, Lulusan Baru Wajib Tahu!

No Comments
Bagi lulusan baru yang belum punya banyak pengalaman, pekerjaan merupakan hal yang cukup susah didapatkan. Baik itu lulusan anak SMA sederajat atau kuliah, Jika tidak punya kemauan yang kuat dan ilmu yang tepat, bisa-bisa nganggur lama tanpa penghasilan. Salah satu cara untuk segera mendapat kerja tentu saja dengan rutin mengecek lowongan kerja SMK, SMA, atau jurusan kuliah yang diambil.

Tips cari kerja

Tips Cari Kerja untuk Lulusan SMK, Lulusan Baru Wajib Tahu!

Agar semakin mudah, sekarang cari lowongan kerja bisa dilakukan secara online. Hal ini dapat dilakukan di berbagai media sosial atau juga platform-platform terpercaya. Salah satu rekomendasi platform untuk cari kerja untuk anak-anak lulusan SMA, SMK, dan juga untuk magang adalah Ceri, yang bisa diakses lewat aplikasi atau website resmi. Mari simak berbagai tips lain supaya kamu bisa dapatkan pekerjaan.

Kenali Potensi Diri

Sebelum tergesa-gesa melamar saat ada lowongan, ada baiknya untuk mengenali potensi diri sendiri. Pasalnya, kamu akan melakukan pekerjaan itu setiap hari. Jadi jika kamu merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang dimiliki, bisa saja merasa sangat tersiksa. Jadi misalnya, jika kamu sangat gemar menulis, bisa banyak pekerjaan yang dipilih. Contohnya saja content writer, copywriter, ghost writer dan lain sebagainya.

Jika kamu sudah mengenali kemampuan atau potensi diri, selalu gali lebih jauh ilmunya. Tidak harus di sekolah-sekolah formal, kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan online, baik itu yang berbayar atau versi gratis di YouTube. Jika memiliki dana yang cukup, usahakan perbanyak sertifikat untuk nanti dilampirkan ke CV (Curriculum Vitae) di lamaran pekerjaan.

Buatlah Alamat Email Profesional

Inilah salah satu alasan sepele yang membuat para fresh graduate tidak kunjung dapat pekerjaan. Masih menggunakan email alay dengan nama-nama yang cenderung nyeleneh. Supaya kamu bisa terlihat lebih profesional, ada baiknya untuk membuat email lebih profesional. Tidak perlu berbayar, bisa menggunakan nama sendiri.

Buat CV Sebagus Mungkin

Setelah membuat email profesional, cobalah untuk belajar membuat Curriculum Vitae yang semenarik mungkin. Jika kamu tidak punya kenalan untuk mengajari, sekarang sudah banyak sekali akun-akun besar yang mengajarinya. Kamu bisa belajar secara mandiri. Setelah membuat CV, jangan malas untuk terus mengupgrade informasi di dalamnya.

Tentunya, selain membuat CV manual yang dikirimkan, kamu juga bisa branding diri di media sosial profesional. Misalnya saja membuat akun di LinkedIn dan membagikan berbagai informasi bermanfaat. Dengan begitu, bisa saja peluang yang akan menghampirimu.

Belajar Wawancara Mandiri

Jika membuat CV bukan lagi sebuah masalah, kamu juga perlu belajar public speaking. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika rekruter langsung melakukan wawancara di hari yang sama. Pelajari sebelumnya, bagaimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan lebih lancar.

Pelajari juga berbagai informasi lengkap tentang perusahaan yang dipilih. Jika lancar, itu juga akan menjadi nilai plus menunjukkan ketertarikanmu untuk segera bergabung. Bukan semata-mata karena butuh uang saja.

Karena sekarang zamannya wawancara online, belajar juga cara menggunakan aplikasi meeting online seperti Zoom atau Google Classroom, supaya terlihat lebih profesional.

Memanfaatkan Koneksi Kenalan

Selain mengandalkan platform dan sosial media untuk dapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan, kamu juga bisa bertanya kepada kenalan. Sebagai seorang lulusan baru, jangan gengsi untuk bertanya. Tak bisa dipungkiri, seringkali informasi dari kenalan lebih cepat daripada di media sosial. Siapa tahu, kamu juga bisa dapatkan rekomendasi dari kenalanmu tersebut.

Selalu Perluas Networking

Saat melamar kerja, kamu akan bertemu dengan banyak orang. Jangan sia-siakan momen tersebut untuk memperluas networking. Siapa tahu orang-orang yang kamu temui itu akan jadi rekan kerja di masa depan. Bisa juga mereka akan jadi atasan atau bawahan, jadi tidak ada salahnya untuk terus memperluas networking.

Jangan ragu untuk bertukar nomor WhatsApp atau akun sosial media. Siapa tahu juga, kamu bisa berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan, tahapan tes yang dilakukan, dan lain sebagainya.

Jangan Terlalu Pemilih

Menjadi seorang fresh graduate tanpa banyak pengalaman, akan banyak sekali tantangan yang kamu hadapi. Salah satunya adalah saingan yang sangat banyak. Saingan tersebut bisa datang dari berbagai lini, sama-sama lulusan baru, mereka yang jenjang pendidikannya lebih tinggi, ada pula mereka yang sedang mencari kantor baru. Karena itulah, jangan terlalu pemilih sebagai awalnya.

Setidaknya, pekerjaan pertama yang didapatkan akan menjadi referensi untuk jenjang karir selanjutnya. Bukan berarti semua lowongan dilamar, namun pastikan kamu tetap enjoy menjalaninya dan masih sanggup dengan tanggung jawab yang diberikan.

Jangan Cepat Menyerah

Satu lagi tips yang perlu kamu terapkan, yakni jangan cepat menyerah. Gagal melamar pekerjaan satu atau dua kali bukanlah akhir dari segalanya. Dengan melamar banyak pekerjaan, kamu akan lebih siap menghadapi berbagai kemungkinan.

Saat melamar pekerjaan, sebar lamaran di banyak tempat. Supaya semakin banyak peluang yang terbuka. Proses seleksi biasanya memakan waktu yang lama, jadi kamu harus bersabar menunggu prosesnya.

Akan banyak sekali peluang jika kamu mampu melihatnya, jadi tetap berjuang dan sabar jika sampai sekarang belum kunjung dapatkan pekerjaan impian. Semoga berbagai tips di atas segera membuatmu mendapatkan pekerjaan.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower