5 Alasan Anak Muda Mengembangkan Bisnis Startup

No Comments
Bisnis start-up
Bisnis start-up (Sumber: Pexels/Rodnae Productions)


Melihat banyaknya peluang keuntungan dari bisnis startup menjadi salah satu alasan anak muda mengembangkan bisnis startup saat ini. Salah satu bisnis startup yang dikembangkan oleh generasi muda adalah aplikasi Spenmo.

Banyak anak muda sekarang juga yang termotivasi dengan kesuksesan startup yang kini sudah menjadi perusahaan unicorn, seperti Gojek, Tokopedia, Grab, Traveloka, dan perusahaan rintisan lainnya.

Jadi, mereka juga semakin bersemangat untuk membuat inovasi baru yang bisa memberikan solusi atas berbagai masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Berikut ini beberapa alasan anak muda mulai tertarik dan berlomba-lomba mengembangkan bisnis startup.

Alasan Anak Muda Mengembangkan Bisnis Startup

Selain menguntungkan, ada beberapa alasan lain yang membuat anak muda jadi ingin mendirikan perusahaan rintisan atau startup, berikut ulasannya.

1. Belum memiliki beban tanggungan ekonomi

Salah satu alasan anak muda ingin mengembangkan bisnis startup adalah karena mereka belum memiliki beban tanggungan ekonomi, seperti tagihan atau cicilan. Sehingga, mereka biasanya memanfaatkan uang tabungan sebagai modal awal mendirikan startup.

Mendirikan startup memang bisa menggunakan dana pribadi terlebih dahulu sambil nanti mencari investor yang mau mendanai bisnis yang sedang dirintis.

2. Bisa meningkatkan kemampuan membaca peluang

Alasan anak muda mengembangkan bisnis startup di tengah menjamurnya bisnis startup di Indonesia adalah karena dengan menciptakan dan mengembangkan bisnis startup maka kemampuan melihat dan membaca peluang akan semakin terasah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kini sudah banyak bisnis startup yang bermunculan di industri kesehatan, pendidikan, keuangan, sampai industri otomotif yang membuat anak mudah harus semakin jeli dalam melihat peluang dan potensi.

Sekecil apapun peluangnya, bila ternyata mampu memberikan solusi dari permasalah masyarakat sehari-hari maka hal tersebut harus diambil dan dikembangkan.

Maka, tak heran bila para pendiri dan pengembang bisnis startup memiliki kemampuan melihat dan membaca peluang yang lebih baik dibandingkan yang lain.

3. Bisa menciptakan lapangan pekerjaan

Sulitnya mencari pekerjaan saat ini bisa menjadi alasan utama anak muda mulai menciptakan dan mengembangkan bisnis startup sendiri. Ada rasa kebanggaan tersendiri bila di usia yang masih terbilang muda sudah memiliki bisnis dan karyawan sendiri.

Bekerja sama dengan karyawan yang usianya terpaut tidak terlalu jauh dengannya dan mengembangkan bisnis startup bersama-sama dengan karyawan adalah hal yang didambakan oleh kebanyakan anak muda.

Sejalan dengan itu, kamu juga telah memutuskan untuk mengambil peran dalam pembangunan perekonomian Indonesia dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

4. Mengembangkan koneksi dan relasi

Nilai plus lain yang tak terlihat saat mengembangkan bisnis startup selain profit yang menjanjikan adalah kamu jadi bisa mengembangkan koneksi dan relasi tak terbatas di seluruh Indonesia, bahkan mungkin saja sampai ke luar negeri.

Tak dapat dihindari lagi kamu akan bekerja sama dengan banyak partner dan rekan bisnis. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas pebisnis startup untuk berdiskusi terkait masalah yang dialami dalam mengembangkan bisnis startup ini.

Relasi dan koneksi ini penting untuk perkembangan dan kemajuan bisnis startup kamu. Sebagai pengembang dan pebisnis, kamu juga perlu untuk mengupgrade kemampuan diri pada keahlian tertentu.

Apalagi perkembangan teknologi dan informasi yang cepat, selalu ada hal baru di hari selanjutnya menuntut kamu harus terus upgrade skill dan update informasi terkait tren bisnis.

Dengan begitu, kamu dengan mudah dapat menemukan strategi pengembangan ekonomi kreatif terbarukan yang relate dengan keadaan masyarakat saat ini.

5. Mampu mengikuti tren bisnis

Alasan anak muda mengembangkan bisnis startup yang terakhir adalah karena melalui bisnis startup kamu jadi terlatih untuk mengikuti perkembangan tren bisnis dan teknologi.

Kemampuan ini akan sejalan dengan meningkatnya skill membaca peluang dan keresahan masyarakat untuk menciptakan solusi atas masalah yang terjadi pada masyarakat saat ini.

Namun, tren bisnis yang dimaksud adalah tidak melulu mengenai permintaan pasar, tetapi juga yang berkaitan dengan operasional bisnis. Teknologi tercanggih apa yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan kamu dan para karyawan dalam mengembangkan bisnis startup.

Begitulah mengembangkan bisnis yang bergandengan dengan teknologi dan informasi, kamu memiliki privilege berupa kemudahan pekerjaan untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Sebut saja teknologi SaaS atau Software as Service yang merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan para pebisnis tanpa harus menginstal aplikasi tertentu.

Kamu bisa mengoperasikan SaaS hanya dengan mengandalkan jaringan internet yang stabil dan browser untuk membuka situs khususnya.

Ada banyak jasa SaaS yang bisa dimanfaatkan, mulai dari SaaS absen karyawan secara online sampai software manajemen dan pengelolaan keuangan bisnis.

Sebagai contoh adalah aplikasi bendahara pengeluaran excel yang berfungsi sebagai pembuat laporan keuangan otomatis sehingga tak perlu lagi menggunakan pencatatan manual di mana sering terjadi kesalahan perhitungan akibat human error.

Bahkan tak jarang juga ada software manajemen keuangan yang lengkap, bisa sebagai kartu debit perusahaan, kartu kredit perusahaan, bisa membayarkan gaji dan reimbursement karyawan hingga membuat laporan keuangan otomatis dan pengelolaan keuangan bisnis.

Dengan begitu, kamu sebagai pendiri sekaligus pengembang bisnis startup bisa fokus terhadap produk bisnis yang akan ditawarkan kepada masyarakat sekaligus memikirkan strategi pengembangan ekonomi kreatif dan marketingnya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower